Membuat Bakso Ayam Gampang Bersama LocknLock

 


Menjelang ramadhan seperti sekarang saya biasanya mulai menyetok kebutuhan dapur. Terutama sih bahan makanan yang mudah diolah terutama untuk sahur dan berbuka. Karena aslinya ingin memperbanyak ibadah jadi ga mau repot untuk urusan menyiapkan menu berbagai macam untuk buka maupun sahur. Salah satu favorit kami adalah frozen food. Dan senangnya kemarin saya ikutan cooking class membuat bakso ayam wortel bersama LocknLockLocknLock dan Sayur Box. 

https://www.catatansiemak.com/2016/06/pepes-gurame-bumbu-kuning-belimbing.html



Oia, saya sudah beberapa kali mereview produk Lock & Lock di blog ini. Kebetulan saya punya beberapa alat masak, lunch box dan tumbler dari Lock & Lock. Kebetulan kemarin yang saya gunakan untuk cooking class adalah easy wok dari Lock & Lock. Terhitung ringan dengan lapisan anti lengket yang memudahkan kita saat akan memasak.

https://www.catatansiemak.com/2016/06/keunggulan-oven-glass-steam-hole-lock.html

Ada dua resep yang didemokan kemarin oleh chef Imelda Thahir. Oia ini adalah chef alumni Master Chef Indonesia season 6 lo. Penggemar Master Chef Indonesia pasti kenal nih sama chef Imelda. Dua resep yang didemokan mudah untuk diikuti lo.

1.     Kurma Dessert Box

Bahan:

100 gram margarin (lelehkan)

1 bungkus biskuit marie regal (dihancurkan)

250 ml susu cair

30 gr margarin

1 butir kuning telur

10 buah kurma kupas rendam air panas

3 buah kurma kupas belah 2

Vanilla essence/ rum essence pilih yang halal ya

Gula secukupnya

Alat yang digunakan

Sauce pan

Piping bag

Spatula

 

2. Bakso Ayam (Langsung dicoba di dapur #catatansiemakdotcom) 



Bahan: 1 buah wortel ukuran sedang (rajang halus) rebus sebentar.

500 gram daging ayam (saya menggunakan dada ayam) tetapi saran dan chef Imelda sebaiknya dicampur dengan daging bagian paha agar lebih kenyal.

1 putih telur

Es batu

½ sdt bawang putih bubuk (saya menggunakan 3 siung bawang putih yang saya haluskan)

½ sdt garam

½ sdt kaldu bubuk (saya skip)

½ sdt merica

3 sdm tepung tapioka

 

Untuk Kuah:



4 siung bawang putih (rajang halus)

2 siung kemiri

Daun bawang

Seledri

Minyak sayur untuk menumis

Cara membuat:

·        Campur jadi satu daging ayam, bawang putih, merica bubuk, putih telur dan es batu. Haluskan dengan chopper atau blender.

·        Tambahkan tepung tapioka dan wortel yang dirajang. Haluskan sebentar agar tercampur rata.

·        Rebus air dengan Easy Wok Lock & Lock sampai mendidih

·        Ambil adonan ayam, bentuk bulat. Rebus dalam air mendidih. Kecilkan api agar tidak berbuih.

·        Rebus sampai bakso ayam mengapung. Pastikan bakso ayam matang

Membuat kuah bakso

·        Tumis bawang putih, kemiri dengan sedikit minyak. Tunggu sampai wangi. Kemudian tambahkan air 500 ml. Rebus sampai mendidih. Kemudian masukkan daun bawang.

Hidangkan bakso ayam dengan kuah dan taburan daun seledri. Bawang gorengnya saya skip karena anak-anak tidak suka.

 

Senang banget bisa ikutan cooking class bareng Lock & Lock kemarin. Saya jadi bisa nyetok bakso ayam. Kenapa bakso ayam karena harga ayam lebih terjangkau dan lebih mudah juga sih dihaluskan ketimbang daging sapi. Oia bakso ayam ini bisa disimpan selama 3 bulan lo di freezer. Tapi sepertinya punya saya ga nyampe seminggu deh. Besok rencananya saya akan membuat bakso ayam dengan campuran brokoli dan jagung sebagai variasi. Terima kasih Lock & Lock untuk kesempatannya bisa bergabung di cooking classnya. Terima kasih juga untuk Easy Wok Pannya. Menambah koleksi alat masak Lock & Lock di dapur saya. Jadi semangat nih memasak untuk persiapan Ramadhan dan lebaran. Jangan lupa follow instagram Lock n Lock ya. 

https://www.catatansiemak.com/2019/05/laksa-singapore-ala-dapur-simak.html


14 komentar

  1. Kebetulan sekali, anak perempuan saya hobinya makan bakso. Kalau di rumah ada persediaan stok bakso, dia pasti senang sekali, deh!
    Bisa nyontek resep bakso ayamnya ya...

    BalasHapus
  2. Menu bakso biasanya sih ga pernah gagal nih untuk menemani buka puasa. Boleh juga mbak resepnya, gampang dan bisa ku coba di rumah

    BalasHapus
  3. Fans berat bakso hadiiiiirrr!!
    mau coba recook ah mbaa
    ini bakso yg sehat bergizi yaakk.
    anak2 demen dan emaknya tenang karena no pengawet

    BalasHapus
  4. Resepnya bisa dicontoh nih mbak, bakso yang menyehatkan, tidak berlemak. Saya belum punya alat dapur Lock & Lock, jadi pengen memilikinya. Lihat peralatannya kokoh, terlihat awet dan higienis untuk memasak di dapur.

    BalasHapus
  5. Cepat, praktis, pastinya enak dan bersih ya Mak kalau bikinan kita sendiri. Saya save resepnya nih. Siapa tahu besok bisa nyontek meski belum punya lock & lock nya hehehe

    BalasHapus
  6. Wah, bikin bakso ayam capeknya cuma sekali trus nyetok di kulkas sekalian yang banyak supaya kalo sahur gak ribet mikirin menu yah mbaaak,

    Bakso mah anak2 pasti suka dimasak apa aja yaah, pengen cobain bikin juga nih di rumah

    BalasHapus
  7. Aku baru tau klo Lock n Lock punya produk wok juga. Jadi penasaran mau cobain langsung.

    Btw,mbak aku izin catet resep bakso nya ya ��

    BalasHapus
  8. Jadi pengin nyobain resepnnya nih. Buat ngisi waktu menjelang berbuka oke nih. Apalagi kalau pakai alat dapur Locknlock yang kualitasnya oke nih. Pengin punya alat dapurnya tp sayangnya belum kesampaian.

    BalasHapus
  9. Wah mantaps nih sekeluarga kami penyuka bakso jadi pengen bikin nih. Kalau bikin sendiri lebih puas ya rasanya hehe...

    BalasHapus
  10. Mak, untuk bikin kuahnya itu, kemirinya diapain, dihaluskan terlebih dahulu atau utuh gitu aja saja saat ditumis barengan bawang putih?

    Boleh juga nih ide untuk bikin bakso ayam. Bener, lebih ekonomis pake daging ayam ya, lebih mudah halus juga saat diblender. Aku ga punya chopper je, pake yang blender kecil itu bisa kan ya.

    BalasHapus
  11. Produknya Lock and Lock ini selalu bagus mba. Aku sih paling banyak produknya yang tempat makan dan minum. Aku mau coba resep Mak Irul ah :) Makasih Mak

    BalasHapus
  12. Wah wah bikin bakso ayam. Aku udah jarang banget nih makan. Anak-anak juga. Kangen deh. Nanti bikin ah buat buka puasa. Ditambah mie kayaknya makin enak. Izin comot resepnya mak. 😆

    BalasHapus
  13. enak buat makanan anak yaa mba.. dulu aku juga sering nih bikin2 kreasi buat anak kayak gini. mulai dari bakso ayam, bakso udang, bakso ikan.. kalau alatnya kayak lock n lock makin bikin betah masak ya

    BalasHapus
  14. Cantiknyaa...
    Produk produk Lock & Lock yang aku tahu hanya tumbler, tapi kini ada alat memasak yang ada anti-lengketnya...sehingga memasak menjadi lebih menyenangkan dan mudah.

    Menu baso ayam ini seger banget, kak..
    Ikuut bikin jugaa yaa...

    Terimakasih sudah menginspirasi.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.