Keunggulan Oven Glass Steam Hole Lock and Lock




 Keunggulan Oven Glass Steam Hole Lock and Lock









































Siapa yang deg-deg an kalau menggunakan pinggan tahan panas ngacung? Sayaaaaa. Hahahaha. Beneran saya termasuk deg-deg an kalau memasak menggunakan pinggan tahan panas. Maklum ya pinggan tahan panas kan harganya ga murah. Kalau sampai pecah, whueeee bisa ramai dunia perdapuran. Halagh ^__^.


Nah saya punya pengalaman dengan pinggan tahan panasnya keluaran Lock and Lock nih. Tadinya sih mikirnya “ ah sama aja kali sama pinggan tahan panas yang lain”. Ternyata beda ibu-ibuuuuu. Kalau baca di websitenya sih ada banyak keunggulan pinggan tahan panas Oven Glass Steam Hole Lock and Lock ini. Nah ini saya rangkum setelah saya mencobanya sendiri di dapur saya. 
 
Sumber: FB Lock and Lock Indonesia











1.     Terbuat dari bahan Borosilicate. Apa sih kaca borosilicate? Kaca borosilikat biasanya mengandung 10 sampai 20% B2O3, 80% sampai 87% silika, dan kurang dari 10% Na2O. Kaca jenis ini mempunyai koefisien ekspansi termal rendah, lebih tahan terhadap kejutan dan mempunyai stabilitas kimia tinggi, serta tahan listrik tinggi. Kaca borosilikat juga digunakan sebagai isolator tegangan tinggi, dan digunakan juga untuk lensa teleskop seperti misalnya lensa 500 cm di Mt. Palomer (AS). Nah itu tuh penjelasan yang sederhananya. Kalau kurang gugling sendiri yah. Sehingga, pinggan ini jadi aman digunakan dan tahan terhadap perubahan suhu. Selain itu tutupnya yang berbahan silikon aman jika bersentuhan dengan makanan. Dan tutupnya mudah di atur sehingga menjaga kondisi makanan tidak cepat kering.
2.     Tahan sampai 4000C. Jadi bisa digunakan untuk microwave, oven, dishwasher bahkan dimasukkan kedalam freezer pun tetap aman-aman saja. Saya sendiri sudah nyoba. Sehabis di gunakan untuk mengoven cake setelah dingin (cepat dingin kok mangkuknya) lalu cakenya beserta oven glass saya masukkan kulkas. Alhamdulillah baik-baik saja.
3.     Lebih ringan sih dibandingin tempered glass yang lain.
4.     Setelah dikeluarkan dari microwave mangkuknya cepat kembali dingin kok.
5.     Bening. Biasanyakan ada bahan kaca yang berubah warnanya agak kusam atau kuning. Nah oven glass steam hole ini beningnya awet sih so far. Apalagi waktu itu saya pakai untuk membuat pepes ikan bumbu kuning. Ternyata setelah dicuci mangkuknya bening kembali.
6.     Mudah dibersihkan. Jadi tidak perlu menggunakan pembersih khusus sih sebenarnya.
7.     Menurut saya, makanan lebih cepat matang.

 



tutupnya mudah diatur






Beberapa kali saya pakai oven glass steam hole ini buat menghangatkan makanan. Jadi kemarin pas sahur lagi males masak. Mikirnya yang praktis aja deh. Nah berikut resep praktis 

Sarden Ala Dapur catatansiemak.com
Bahan:
Sarden 1 kaleng
Daun basil 2 kuntum
Daun salam 1 lembar
Lengkuas 1 ruas dikeprek

Cara Membuat:
Buka kaleng Sarden. Tuang isinya ke dalam Oven Glass Steam Hole Lock and Lock.
Tambahkan daun basil, daun salam, dan lengkuas.
Masukkan oven. Tunggu 15 menit.
Hidangkan selagi panas beserta nasi hangat. 

Oia kemarin saya ke Superindo di Jogja Oven Glass Steam Hole ini diskon 30% (APAAA??? diskon 30%. Asyiiiik). Akhirnya gitu deh pas pulang masuk kantung belanja #kekepindompet.

13 komentar

  1. tebel ya mak glassnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb ini gelasnya tebel dibanding pinggan merek lain :)

      Hapus
  2. Hihihi, pengin punya belum kesampaian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mak Ety sekarang di Superindo lagi promo diskon 30 % lo

      Hapus
  3. Mantap memang. Saya mau nyobain bikin bolu kukus pake lock and lock juga nanti ;)

    BalasHapus
  4. ngukus atau ngoven pake pinggan tahan panas terasa lebih bersih di banding bagi loyang, iya soalnya sebelum punya pinggan tahan panas saya pake loyang kue ukuran kotak kecil hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak Rina, lebih bersih ga kayak loyang, kalau loyang harus di rendam lama :P

      Hapus
  5. Sepertinya harus punya. Paling nggak 1 deh. Buat kalau mau ngangetin makanan ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mak, harus punya deh pinggan yang ini #kompor hahaha

      Hapus
  6. Mak kalau ngoven pakai pinggan thn panas gini sama tutupnya ya?masih bingung aq. Lock n lock sih idamanku juga ni Mak, blum kesampean punya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pakai microwave yang suhunya bisa di stel tutupnya bisa dipakai mak

      Hapus
  7. Aku punya pinggan tahan panas, ukuran diameter gede 40 cm, bahannya tebel. Nah pas buat spaghetti, setelah mateng langsung kutaruh di situ dan apa yang terjadi? Pinggan tahan panasnya pecaaaaahhh hiks, kaget banget untung nggak kena tangan. Sampe sekarang masih kebayang2, eman2 soalnya :D

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.