Kelas Tahfidz online Di Rumah Tahfidz Maryam

 


Kemarin ada yang bertanya via email ke https://catatansiemak.com, salah satu pertanya ibu Laila Farichah adalah “Apakah anak-anak saya mengikuti program HS full dari keluarga saja? Apakah ada program lain yang anak-anak saya ikuti. Nah saya jawab di artikel ini ya Bu Laila.


Untuk program lain atau saya lebih menyukai menyebutnya dengan ‘kegiatan lain’ di luar program SKB bantul, anak-anak saya mengikuti beberapa kegiatan sesuai minat. Tetapi ada program wajib yang diikuti oleh anak-anak saya yakni ‘tahfidz’ bersama guru pengampu. Salah satu program tahfidz yang diikuti oleh anak saya adalah bersama Rumah Tahfidz Maryam yang diampu oleh ustadzah Anindya. Kami memanggil beliau dengan ustadzah Anin. Beliau memiliki sebuah Rumah Tahfid bernama Rumah Tahfidz Maryam. Bertempat di rumah beliau sendiri di Berbah, Sleman. Ustadzah Anin sendiri adalah seorang hafidzah yang memiliki sanad beberapa matan ilmiah dan pernah belajar di LIPIA Jakarta dan http://maqraaislamacademy.net ( Makkah)   Masya Allah. 

Ada banyak jadwal tahfidz yang bisa dipilih oleh kita yang nantinya kita sesuaikan dengan jadwal anak-anak. Ada Kelas Online dan Juga kelas Offline. Kebetulan saya mengambil kelas pagi. Dimulai jam 8 pagi sampai jam 9.30. kami mengikuti kelas online via zoom bersama ustadzah Anin. Kelas pagi ini khusus juz amma atau juz 30 dan juga beberapa materi keislaman seperti aqidah, pengetahuan tentang islam (rukun islam, rukun iman, dll) dan juga salat dhuha berjamaah bersama anak-anak lain (via zoom tentunya).

Selain kelas pagi Ustadzah Anin bersama Rumah Tahfidz Maryam juga membuka kelas jam 10 pagi khusus hafalan dan mengaji kitab. Kemudian kelas pukul 1 siang khusus surat-surat pilihan (Ibrahim, Maryam, Al Kahfi, dll). Juga ada kelas tahfidz sore dan malam (ba’da maghrib dan ba’da isya). Semuanya berlangsung online. Tetapi beliau juga membuka kelas tahfidz offline dimana para santri datang ke rumah beliau untuk murajaah secara langsung.

Kelas tahfidz online
Di Rumah Tahfidz Maryam


Kebetulan anak-anak saya mengikuti kelas tahfidz di pagi hari yakni pukul 8 pagi. Anak-anak memulai kelas tahfidz dengan berdoa, kemudian sima’an hafalan juz 30 bersama ustadzah Anin secara langsung dan bersama-sama anak-anak lainnya. Metode ini membantu sekali untuk anak-anak saya menghafal. Karena dilakukan bersama-sama temannya.

Alamat lengkap Rumah Tahfidz Maryam di Gang arjuna Jl. Karangsari, Gamelan, Sendangtirto, sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55573. Teman-teman juga bisa melihat alamatnya di Google Maps Rumah Tahfidz Maryam

Nah itu salah satu kegiatan homeschooling keluarga kami ya bu Laila. Semoga membantu. Nanti setelah ini saya akan membuat artikel tentang beberapa kegiatan lain homeschooling keluarga kami. Antara lain kelas robotik dan kelas menulis yang diikuti oleh anak saya. Untuk kelas coding dan kelas menulis yang diikuti oleh anak saya bisa dicek di sini

https://www.catatansiemak.com/2021/12/kelas-online-scratch-untuk-anak-bersama-code-first.html dan https://www.catatansiemak.com/2021/10/memantik-ide-menulis-pada-anak-di-writing-class-kreasa-id.html

Tidak ada komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.