Buku Parenting "Menyambut Buah Hati" karya Ibnul Qoyyim

 



Beberapa kali saya dijapri ditanya tentang buku-buku parenting yang bagus. Terutama sih buku panduan mendidik secara islam. Ada banyak sih buku parenting tentang cara mendidik anak zaman sekarang. Tetapi saya selalu menganjurkan teman-teman untuk memiliki minimal satu buku atau kitab klasik tentang cara Nabi Mendidik Anak. Yang biasanya ditulis oleh ulama-ulama klasik atau ulama-ulama terdahulu. Memang sih metodenya klasik tetapi insya Allah up to date untuk diterapkan di zaman kita sekarang.


Kitab Tuhfatul Maudud Bi Ahkamil Maudud Karya Syeikh Ibnul Qoyyim Al Jauziyyah



Kali ini saya mau mereview salah satu kitab klasik tulisan syeikh Ibnul Qoyyim Al-Jauziyyah. Murid syeikhul Islam Ibnu Taimiyyah ini memang dikenal sebagai salah pakar kejiwaan atau tazkiyatun nafs dalam islam. Dan banyak kitab-kitab yang beliau tulis merupakan buku panduan dasar dalam mendidik anak. Nah salah satunya adalah kitab Tuhfatul Maudud Bil Ahkamil Maulud yang ada penerbit menerjemahkannya menjadi “Menyambut Buah Hati”. Buku terjemahan Menyambut Buah Hati ini diterbitkan oleh Penerbit Ummul Qura, Solo.

Isinya Lengkap Dan Komprehensif



Buku ini terbagi atas beberapa bab. Yang semua pembahasannya mudah dipahami oleh para ibu zaman sekarang. Bahkan banyak sekali nasihat Ibnul Qoyyim yang ditujukan kepada para orangtua, ibu hamil dan ibu menyusui. Masya Allah.



Beberapa diantara bab yang dibahas di kitab ini antara lain: Aqiqah, Pemberian nama pada anak. Ini termasuk Bab penting dan panjang yang dibahas oleh Ibnul Qoyyim. Itulah kenapa beberapa kali saya menyampaikan dalam kajian parenting bahwa salah satu dari prinsip mendidik anak zaman sekarang adalah memberi nama anak sesuai kaidah yang diperintahkan oleh para ulama terdahulu. Ada juga bab tentang khitan, dan masih banyak lagi.

Beberapa bahasan penting dan Detail



Beliau juga mengupas dengan detail tentang makanan bayi atau MPASI. Kaidah menyapih anak. Bahkan ada pembahasan tentang membedong bayi atau dikenal dengan istilah قماط  . yang ternyata dibahas oleh syeikh Ibnul Qoyyim.

Kitab ini terhitung lengkap lo untuk panduan belajar bagi para orangtua. Dan semua yang disampaikan oleh Ibnul Qoyyim dalam kitab ini selalu disandarkan pada Qur’an, hadist nabi dan juga istbat para ulama terdahulu. Jadi ga asal saja sih beliau menulis kitab. Itulah kenapa saya menganjurkan banyak teman membeli buku ini. Dan beberapa kali saya jadikan kado bagi ibu yang baru melahirkan. Karena ditulisnya kitab ini memang sebagai hadiah. (Sekilas tentang sebab ditulisnya kitab Tuhfatul Maudud) 

وكان سبب تأليف ابن القيم لهذا الكتاب أن ابنه (برهان الدين) رُزِقَ مولودًا، ولم يكن عند ابن القيم في ذلك الوقت ما يقدمه لولده من متاع الدنيا، فصنّف هذا الكتاب وأعطاه إيّاه.

Sebab ditulisnya kitab ini ialah saat putranya yang bernama Burhanuddin dikaruniai seorang anak, Ibnu Al Qoyyim saat itu tidak memiliki apa-apa untuk membeli sesuatu sebagai hadiah untuk anaknya. Maka beliau pun menuliskan kitab ini sebagai hadiah untuknya. http://www.qraatlak.com 


Oia ada juga pembahasan tentang mengadzani bayi yang baru lahir dari sisi fiqih. Kan pernah beberapa waktu lalu ada perbedaan pendapat tentang kaidah mengadzani bayi. Nah kitab ini menjelaskannya secara gamblang dan jelas.

Buku Menyambut Buah Hati terbitan Ummul Qura ini versi hard cover dengan kertas bagus. Dan kebetulan covernya dengan ilustrasi berwarna biru favorit saya. Harganya saya lupa berapa harganya. Karena saya ga pernah ngecek harga kalau beli buku bagus, huahahaha. Percayalah sama saya buku ini termasuk investasi dalam mendidik anak. Ga akan ketinggalan zaman meskipun diwariskan kepada anak cucu. Apalagi kalau punya dalam versi aslinya yang berbahasa Arab. Insya Allah bermanfaat dunia akhirat. Aamiin. Kapan-kapan ta review lagi buku parenting islam yang lain ya. Insya Allah.


mampir juga di artikel saya tentang Sex Education Dalam Islam di 

https://www.catatansiemak.com/2017/10/prinsip-prinsip-sex-education-dalam-islam.html

18 komentar

  1. Aku juga suka banget kak baca dan nonton apapun yang berhubungan sama parenting. Gak tau kenapa yah kak kaya seneng aja gitu sekalian belajar buat jadi ibu di masa depan. Thanks rekomendasinya yah kak

    BalasHapus
  2. terima kasih mbak buat referensinya, kebetulan saya sedang mencari hadiah buat teman yang akan melahirkan :)

    BalasHapus
  3. Buku ini lengkap banget penjelasannya secara islami, bisa menjadi panduan buat mahmud yang akan menjadi Ibu . Sampe pada memberikan adzan pada bayi , jadi penasaran akutu sama bacaannya.
    Selalu suka baca buku parenting, coz menjadi orang tua sampe kapan pun terus belajar.

    BalasHapus
  4. Masya Allah lengkap ya pembahasannya. Baru tahu Ibnu Al Qayyim juga pernah menulis parenting.

    BalasHapus
  5. Belajar untuk menjadi orang tua yang baik bagi anak-anak itu, tidak akan pernah berhenti ya, Mbak. Selain mengikuti seminar, membaca buku parenting juga bisa membantu kita belajar menjadi orang tua.

    BalasHapus
  6. Aku pernah punya deh buku ini, tapi lupa kemana ya...hehe... Dulu buku parenting saya banyak pas awal2 punya anak. Sekarang entah kemana. Sudah lama ga baca buku parenting lagi..hehe...

    BalasHapus
  7. Buku ini bagus juga yaa diberikan sebagai kado bagi ibu yang sedang menunggu kelahiran si kecil. Bisa juga diberikan kepada pasangan yang baru menikah. Bacaan yang bagus euy~

    BalasHapus
  8. Terimakasih banyak ya kak sharingnya, iya mengenai mengadzani bayi ini masih ada kontroversi dan jujur aja pernah debat sama adek yang tidak mengadzani anaknya saat lahir karena menurut pemahaman beliau adzan itu dikumandangkan saat akan sholat dan memakamkan orang meninggal. Bagus banget sepertinya buku ini buat panduan hidup ya.

    BalasHapus
  9. Bagus ya bukunya. Aku jadi kepengen baca lebih detail. Aku suruh pak suami nyari ah. Siapa tahu di perpustakaan kantornya punya. Kebetulan di sana lengkap banget berbagai kitab. Kudu belajar lagi deh aku soal parenting ini.

    BalasHapus
  10. belum pernah lihat sih, tapi bacanya labngsung bilang abi untuk beli buku ini mbak..

    BalasHapus
  11. Seingetku punya juga buku karangan beliau, ku baca sekilas-sekilas karena bahasanya perlu dicerna banget, tapi bermanfaat banget sih emang

    BalasHapus
  12. Kasih tau dpng kaidah membedong yang ada di buku ini Mak Irl aku penasaran nih. Butuh banget baca-baca buku penting islami kaya gini

    BalasHapus
  13. Pemberian nama merupakan saat-saat yang penting juga yaa.. Jadi ingat dulu ketika mau ngasih nama kedua anakku, sampai konsul ke pihak yang paham banget dengan tata bahasa Arab. Anakku dua-duanya kearab-araban semua nama belakangnya. Gaya tenan wong tuwane. :))

    BalasHapus
  14. aku pernah baca buku serupa namun beda penulisnya, tapi isinya kurang lebih sama yaitu tentang persiapan memiliki buah hati, memberi nama, aqiqah dll.. bermanfaat bgt untuk calon orangtua ya mba

    BalasHapus
  15. masyaaAllah saya juga suka mbak buku2 klasik yg direpackaging seperti ini. Penasaran jadinya pengen koleksi. Buku beliau yg lain, ada yg punya 1 nih saya :)

    BalasHapus
  16. Aku baca yang Tazkiyatun Nafs nya Syeikh Ibnul Qoyyim Al Jauziyyah.
    Senang sekali bisa membaca kembali bagaimana Islam sudah mengatur segala sesuatunya dengan sempurna.
    MashaAllah~

    BalasHapus
  17. Wah kebetulan aku juga lagi cari buku parenting tp yg Islami gini biar tau sunnah dan anjuran seputar pengasuhan

    BalasHapus
  18. Wah mau cari ah mumpung msh kecil2 anak2

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.