Belanja Bahan Rempah Dan Jamu di Pasar Beringharjo Yogyakarta




Sejak mulai rutin bikin infused water dan nano water apa instagram nya dr. zaidul Akbar,  saya jadi suka belanja rimpang-rimpangaan. Mulai nyetok jahe, kunyit, serai dan jeruk nipis. Punya persediaan kayu manis, cengkih dan beberapa rempah lain juga. Nah kalau nyari rempah yang agak unik agak susah nih nemunya di pasar tradisional biasa.  Saya punya tempat belanja rimpang dan bumbu daur yang lengkap di Jogja. 



Mampirlah ke pasar Beringharjo bagian timur di lantai satu. Selama ini banyak orang ngertinya pasar Beringharjo itu buat belanja batik dan daster. Padahal pasar Beringharjo itu jualannya komplit. Salah satunya ya jualan bumbu dapur dan jamu-jamuan dalam bentuk kering maupun bubuk. Tepatnya di pasar Beringharjo bagian timur di lantai satu.




Di sana kita akan menemukan banyak bumbu dapur dan juga aneka jamu. Ada rimpang-rimpangan (jahe, kunyit, serai, lengkuas, kunyit putih, kencur, dll). Selain itu juga ada bahan jamu dalam bentuk kering kayak: mahkota dewa, daun kelor, akar wangi, dsb. Ada juga bahan jamu dalam bentuk bubuk. 
Senangnya belanja bumbu di pasar Beringharjo ini kita bisa mencari bahan-bahan bumbu dan jamu yang jarang ada di pasar lain. Kayak kemarin saya bisa nemu bubuk buah manjakani. Ada yang tahu buah manjakani? Buah manjakani ini banyak terdapat di Kalimantan sana. Dan biasanya digunakan sebagai kamu untuk merapatkan dan membersihkan organ kewanitaan perempuan. Makanya ga heran kita bakalan nemu banyak produk yang diberi tambahan ekstrak buah manjakani. Kayak misalnya sabun khusus miss V. Nah kemarin syaa beli yang bahan busuknya. Di rumah tinggal di seduh. Ada juga buah keringnya. 
Di pasar Beringharjo bagian timur ini juga saya bisa beli loofah. Itu lo sabut khusus menyabuni badan yang terbuat dari sayur gambas yang sudah kering. Loofah ini enak banget buat sabunan. Karena semakin kena air di kulit semakin lembut. Beda dengan spoon atau sabut badan yang terbuat dari bahan plastik. Dan tentunya loofah lebih ramah lingkungan. GO green deh kalo pake loofah. 


Tak hanya itu saya juga belanja rempah buat mandi dan juga rempah khusus cebok. Jadi bahan-bahan itu sudah dibungkus dalam kemasan khusus. Dan kalau mau dipakai tinggal direbus untuk mandi. Enak banget. Wangi dan bikin badan fresh.bantu juga menghilangkan buat badan. Oia ada juga paten khusus pijat dan maskeran. Lengkap deh. 


Kalau mau ke sana gampang banget. Biasanya kalau naik ojek online bisa bilang sama pak ojeknya minta diantar ke Beringharjo pintu timur atau dekat masjid pasar. Nanti diturunin di bagian timur pasar Beringharjo. Bahkan dari jalan aja udah kecium bau jejamuan. Gimana? Pengen mampir kan jadinya. Selamat berbelanja. Ntar kalau capek mampir aja ke warung soto pak Muh. Hahahaha.

5 komentar

  1. wih lengkap banget ya

    BalasHapus
  2. Dulu aku juga pas wisata ke yogya belanja titipan rempah punya tetanggga. Kirain bakalan bau di pesawat ternyata penjualnya udah paham banget membungkusnya biar aman sampai tujuan.

    BalasHapus
  3. Salam kenal Mak.
    Saya malah jarang ke sini. Tahunya batik dan jajan kuliner, he.

    BalasHapus
  4. Akak Nama toko atau Penjualnya Ad info kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka masok bahan jamu ke pasar ini. Semoga jamu tetep diminati dan membudaya,

      Hapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.