Sabtu, November 26, 2016

Menembus Batas, Menjadi Inspirasi Bagi Negeri

Merayakan #HarblogNas Bersama JNE 


Buat saya ada beberapa hal yang biasanya bisa bikin saya waras setelah menghadapi riuhnya anak-anak, tumpukan cucian piring dan sekeranjang pakaian kotor. Diantaranya adalah ketemu dengan teman-teman yang se-ide dan se-hobby. Nah kemarin Sabtu, 19 November 2016 saya dapat jatah haha-hihi bareng teman-teman blogger di Hotel Harper Yogyakarta.


Dan kemarin dalam rangka #HarBlogNas bincang-bincang kami di sponsori oleh JNE. Ada tiga pembicara yang menemani bincang-bincang blogger Jogja kemarin. Ada Grace Melia yang mewakili teman blogger. Ada mbak Uphie Marsha pemilik online shop @stupidroom  dan bapak Marsudi Branch Manager JNE Yogyakarta.


Seperti biasa setelah registrasi saya menyempatkan diri menyapa teman-teman emak-emak blogger yang lain. Tak lupa hunting foto di sekitar restoran Hotel Harper. Mumpung ada banyak spot cantik yang bisa diabadikan dengan kamera. Sambil makan malam kami juga dihibur oleh seorang teman blogger yang didatangkan jauh dari Malang sana. Dan saya baru sekali ini ketemu dengan blogger Malang pemilik suara merdu mbak Winda Carmelita. Dan tak lupa mengambil kesempatan menjepret beraneka makanan lezat yang disajikan.


Branding Blog Bersama Grace Melia

Kali ini Grace Melia dan lebih akrab disapa Gesi berbagi pengalaman tentang ‘ Bagaimana Membranding Blog’. Bagaimana sih cara Gesi selama ini membranding blognya agar bisa dikenal luas. Sekedar informasi aja ya blognya Gesi ini sudah menjadi rujukan banyak brand besar di Indonesia lo. Pengunjung blog Gesi juga ribuan setiap harinya. Saya sendiri penikmat tulisan-tulisan Gesi di blog. Bahkan suami saya juga suka baca diary papi Ubii. Menurut Gesi nih ada beberapa hal yang bisa kita lakukan sebagai blogger untuk membranding blog kita

1.     Pilih sesuatu yang ‘kita banget’ sebagai point of interestnya blog kita. Jadi meskipun blog kita gado-gado tetap ada benang merahnya antar setiap postingan. Karena blog Gesi point of interestnya adalah parenting, keluarga dan lifestyle maka setiap tulisan Gesi selalu ada benang merahnya ke ketiga point itu. Jadi meskipun tulisannya adalah sponsorpost tetap saja bisa dinikmati.
2.     Fokus pada perbaikan blog kita. Jangan sibuk dengan hal-hal tidak penting di luar blog. Tidak perlu baper-baperan kata Gesi. Hahahaha. Karena kalau kita terpancing mengurusi hal yang tidak penting di luar blog (ex:saling nyinyir, ribut urusan blog orang dsb) itu membuang banyak energi dan waktu.
3.     Jalin networking secara luas. Jalin silaturahmi dengan sesama teman blogger. Bersikap baiklah (bukan cari muka ya ) dengan para agensi dan bergabung dengan banyak komunitas blogger.
Saya langsung setuju banget dengan saran Gesi diatas. Banyak pe-er nih buat memperbaiki blog www.catatansiemak.com ke depannya harus lebih baik lagi.

Melampaui Batas Bersama Uphie Marsha dan @stupidroom-nya

Pembicara berikutnya ada mbak Uphie Marsha owner dari online shop @stupidroom. Mbak Uphie ini perjuangannya membesarkan @stupidroom bisa dibilang hebat banget. Setelah lelah mencoba melamar pekerjaan ke banyak perusahaan tapi tidak ada yang lolos sebijipun. Dunia serasa kiamat buat mbak Uphie. Jangan ditanya bagaimana malunya pada keluarga. Kemana-mana untuk mengirit ongkos transpot mbak Uphie naik sepeda. Bahkan mbak Uphie pernah diusir dari kost-an nya karena menunggak pembayaran sewa rumah.
Mulailah mbak Uphie memikirkan untuk mengisi waktu di kost-an sambil menunggu panggilan kerja. Mencoba jualan online. Di sanalah @stupidroom memulai langkah kecilnya menuju tangga suksesnya untuk melampaui batas sesuatu yang sepertinya tidak mungkin menjadi mungkin dan nyata.
Dan sekarang bisa dibilang @stupidroom mulai melihat hasilnya. Mbak Uphie sendiri sangat bersyukur atas pencapaiannya saat ini. Dengan beberapa karyawan ia bisa menghasilkan keuntungan hingga ratusan juta. Wow bangetkan ya. Dan kata mbak Uphie @stupidroom sangat terbantu dengan blogger sebagai endorsernya dan jasa-jasa ekspedisi seperti JNE untuk mengirimkan barang-barang dagangannya. Semuanya bersinergi kata mbak Uphie.

Melampaui Batas Bersama JNE

Nah pembicara berikutnya adalah bapak Marsudi selaku branch manager JNE Yogyakarta. Saya punya pengalaman berharga dengan JNE dan pak Marsudi ini. Dulu saya dan suami punya Event Organizer yang kami beri nama Mafaza Event Organizer. Nah banyak banget event Mafaza ini yang disponsori oleh JNE.
Pak Marsudi berbagi cerita tentang JNE ini awalnya dimulai dari sebuah tempat kecil sampai akhirnya bisa memiliki ribuan outlet seperti sekarang. Dimulai pada bulan November 26 tahun lalu JNE bertekad menjadikan dirinya sebagai jasa ekspedisi terbesar di Indonesia.
1.     Melayani sepenuh hati untuk memberikan pelayanan terbaik untuk para konsumennya. Apalagi saat ini kata pak Marsudi ekonomi kita mulai terbuka luas untuk e-comerse. Dan itu kesempatan yang sangat luas untuk JNE.
2.     Selalu membuat inovasi-inovasi agar pelayanan yang dilakukan adalah yang terbaik. Mulai dari aplikasi MyJNE yang sudah bisa diunduh secara gratis di playstore. Monggo mampir ditulisan saya tentang review MyJNE dan Sharing tentang MyJNE. Banyak sekali keuntungan yang didapat dengan aplikasi MyJNE ini. Sangat membantu para konsumen dan pemilik online shop dan e-comerse. Saya sendiri memanfaatkan MyJNE untuk mengecek ongkos kirim ke berbagai tempat di Indonesia, aplikasi ini membantu banget menurut saya. Selain itu kita bisa tracking barang kita sudah sampai mana. Bisa ngecek resi juga. Bisa mencari outlet JNE terdekat dengan lokasi kita. Wah banyaklah yang bisa kita lakukan dengan MyJNE ini. Apalagi ikonnya si Joni itu bikin kita nyengir terus.
     

3.     Prinsip JNE untuk berbagi sebagian keuntungan dengan orang-orang tidak mampu. Terutama anak-anak yatim. Tentang ini saya punya pengalaman sendiri. Tahun 2012 Mafaza mengadakan event sosial “ Outbond ceria bersama anak yatim Yogyakarta”. dalam acara ini anak-anak yatim di Yogyakarta diajak outbond dan mendapat juga uang saku dan perangkat sekolah. Saat itu kami mendapat sponsor dari JNE untuk paket alat sekolah lengkap dengan tas dan alat tulis untuk 200 anak yatim yang hadir. 



    Rasanya lega banget saat JNE bersedia menjadi sponsor di acara kami tersebut. Bisa dibayangkan bagaimana sumringahnya anak-anak yatim tersebut.
   


    Puas outbond anak-anak makan siang bersama dan pulangnya mendapat uang saku dan perlengkapan sekolah. Bahkan hingga sekarang kebahagiaan anak yatim yang ikut event outbond itu masih berasa. 


    Karena pasca event tersebut saya masih menjalin silaturahmi dengan anak-anak yatim tersebut. Bahkan anak-anak tersebut berharap event seperti itu bisa menjadi event tahunan. Semoga saja saya bisa mengadakan lagi event sejenis dan tentu saja semoga JNE bersedia menjadi sponsor. Aamiin.

Oia jangan lupa ambil kesempatan di promo Hari Bebas Onkos Kirim #Harbokir JNE ya. Saya aja langsung cuss pesen sepatu dan gamis baru sama seorang teman mumpung bebas onkir euyyy. Catet tanggalnya ya 26-27 November 2016.




Dari bincang-bincang diatas ada banyak ilmu baru yang saya bawa pulang malam itu. Selalu belajar, bekerja keras dan tetap rendah hati adalah hal yang sebaiknya dipegang oleh orang-orang yang sukses. Jangan pernah menyerah. Lampaui batasmu dan buat sejarah suksesmu sendiri. Salam sukses buat kita semua. 

10 komentar:

  1. Wah, selalu seru ya mak Irul acara bersama JNE :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya acara bareng JNE seru-seru, seneng deh ikutan :)

      Hapus
  2. Kalau ngomongin branding blog, aku mumeet. HAHAHHAA

    Btw, udah lama juga kiprah JNE di dunia PENGIRIMAN barang, ya. Semoga makin jaya, JNE. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sudah 26 tahun coba :D

      Hapus
  3. jne memudahkan untuk para penjual online dan konsumennya ...banyak cabang dan sampai tepat waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Rina, banyak cabangnya jadi ga perlu jauh2 kalau mau kirim barang

      Hapus
  4. JNE selalu berinovasi sehingga produk pengirimannya menjadi beragam dan memudahkan pelanggan memilihnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku suka dg inovasi JNE yang MyJNE

      Hapus
  5. asyiknyaaaa caranya rameee mbaa..seru kumpul begitu yaaa. Dan Harbolnas bareng JNE memang manteeep

    BalasHapus
  6. Eh baru tahu ada Harblognas juga? Ikutan dong kak, kapan kapan itu teh kapan? Gini gini kita juga Blogger juga lho. Bloger Karbitan hahaa

    BalasHapus