Senin, Agustus 29, 2016

Lagu Anak Ini Ditujukan Untuk Anak-Anak di Syria

Sebuah Lagu Untuk Anak-Anak Syria

            A'thuna Al Thoufuli اعطونا الطفولة




Beberapa waktu lalu anak-anak saya ikut sebuah kampanye yang ditujukan untuk anak-anak yang terkena imbas perang di Suriah. Lebih dari dua juta anak yang terkena dampak perang di Syria saat ini. Mereka ada yang masih terjebak di medan perang baik di Aleppo, Madhaya, Idlib dan kota-kota lain di Syria. Dan sebagian yang lain terpencar di tenda-tenda pengungsian di Libanon, Turki, Jordan bahkan sebagian negeri-negeri di Eropa.

Si bapak bersama pengungsi anak-anak
(dok.pribadi)

Kenapa anak-anak kami diperbolehkan mengikuti kampanye itu sendiri adalah karena alasan kami sepakat bahwa semua anak berhak untuk hidup normal sebagaimaana anak-anak dibelahan dunia yang lain. Kampanye #SaveThechildrenOfSyria itu sendiri diikuti oleh banyak anak dari berbagai negara.

dok.pribadi

Sampai kemudian muncul sebuah lagu anak yang ditujukan untuk anak-anak di Syria ini yang ngehits banget di berbagai negara. Dinyanyikan dalam dua bahasa yakni bahasa Arab dan Inggris. Lagu ini sukses membuka banyak mata bahwa ada banyak nyawa anak-anak yang harus diselamatkan karena perang Syria yang tak berkesudahan. Apalagi saat netizen dari seluruh dunia mengutuk kejadian yang menimpa Aylan Kurdi yang ditemukan mati tenggelam di perairan Mediterania dan yang baru saja menghangat adalah diselamatkannya Omran dari reruntuhan bangunan di Aleppo, Syria.

Lagu  A'thuna Al Thoufuli dalam versi Inggrisnya dikenal dengan  Give Us Childhood Give Us Peace. Lagu ini kemudian mendunia. Dan di rumah kami lagu ini menjadi semacam suport dari anak-anak saya untuk anak-anak Suriah. Apalagi saat itu ayahnya anak-anak ikut serta dalam pencanangan kampanye #SaveTheChildrenOfSyria ini di Kuala Lumpur, Malaysia pada tanggal 31 Mei 2014 yang diikuti oleh NGO-NGO berbagai negara Melayu. Bisa dibilang mulai saat itu lagu ini jadi favorit di rumah kami. Bahkan lagu ini sendiri akhirnya dibuat dalam berbagai versi bahasa mulai Prancis sampai bahasa Turki.


Saya sendiri selalu mengajak anak-anak untuk peduli dengan sekitar termasuk anak-anak yang kurang beruntung. Nah sampai kemudian ketika Osama akhirnya mau ikut serta dalam kampanye membuat surat untuk anak-anak Suriah Ramadhan kemarin.  Dan satu hal berbicara anak-anak Syria ini tidak ada muatan politis atau terorisme yang identik dengan ISIS. No, Big No!. Berbicara tentang anak-anak Syria adalah berbicara tentang hati nurani dan kemanusiaan. Apakah kita akan berdiam diri terhadap suatu kedzaliman yang terjadi setiap hari yang mengakibatkan nyawa manusia menjadi begitu murah. Apakah kita akan berdiam diri saja saat tubuh manusia layaknya potongan-potongan lego yang tercerai berai. Saya dan suami selalu mengatakan pada anak-anakl “ tidak layak bagi kita tidur dengan nyenyak saat saudara kita yang lain meregang nyawa dan tinggal dalam ketakutan”. Semoga konflik di Syria segera berakhir dan anak-anak kembali ke rumah mereka dan berkumpul dengan keluarga tercinta. Kembali ke sekolah dan menuntut ilmu sebagaimana anak-anak lain menuntut ilmu.



Wahai anak-anak Suriah, salam anak-anakku untuk kalian. Semoga Allah senantiasa menjaga kalian dalam ketaatan. Aamiin. 

Sabtu, Agustus 27, 2016

3 Aplikasi Ini Sebaiknya ada di Gadget Anak Yang Menjelang Remaja

3 Aplikasi Ini Sebaiknya Ada di Gadget Anak Remaja


Tahun ini bisa dibilang deg-deg an saya bertambah. Dua putra saya sudah mulai memasuki masa remaja. Pengawasan bertambah, kelenturan juga harus bertambah. Tetapi bukan berarti pasang aturan strict yang bikin anak senewen. Hahaha. Nah pengaturan paling strict justru pada penggunaan gadget. Mau bagaimana lagi perubahan zaman sudah sedemikian cepat kita tidak mungkin membiarkan anak-anak gagap teknologi. Seperti kata orang bijak yang pernah saya dapat.

Teknologi itu seperti sungai yang mengalir di depan rumah kita. Orang tua yang khawatir akan menutup semua jalan menuju sungai, pasang pagar tinggi, kalau perlu diberi aliran listrik, hahaha, ga lah. Tetapi orang tua yang bijak akan mengajari anak-anaknya berenang. Agar anak-anak bisa mengarungi sungai sampai ke hilir dan menenmukan jalan menuju lautan luas yang artinya kehidupan di masa depan.

Nah sebagai bentuk usaha untuk menjadi orang tua yang berusaha untuk ‘mengajari anak berenang’ tadi saya dan suami sepakat mengajari anak-anak menggunakan internet dan gadget dengan benar. Dibuat aturan-aturan tertulis dan ada sangsi bila dilanggar.

Salah satu yang membuat saya menyukai internet dan gadget sebenarnya jika digunakan dengan benar gadget banyak membantu kita lo dalam menyelesaikan banyak pekerjaan. Nah hal itu juga yang saya ajarkan pada anak-anak. Dan yang memungkinkan adalah memasang aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan anak-anak remaja untuk membuat karya via internet. Semisal membuat video, belajar bahasa asing dan menggambar.

Berikut aplikasi yang bisa dipasang di gadget anak remaja yang bisa di upgrade sesuai kemampuan anak.


1.     Membuat Film Stop Motion. Salah satu aplikasi yang bisa dipakai adalah Lego Movie Maker. Dengan aplikasi ini anak-anak bisa membuat adegan-adegan film mereka sendiri dengan menggunakan mainan mereka sendiri. Bisa ditambahkan lagu pilihan yang sudah tersedia di apps-nya. Bahkan bisa ditambah dengan lagu pilihan anak sendiri daaan suara kita sendiri juga bisa. Apps ini bisa digunakan oleh para pengguna iPhone secara gratis. Untuk pengguna android bisa mengunduh Stop motion movie creator. Ada beberapa sih yang bagus dan gratis. Tinggal dipilih saja sesuai kebutuhan anak. Yang menyenangkan adalah anak-anak jadi mempunyai kesempatan mengexplore bermacam mainan lego mereka untuk dibuat film. Bahkan stok Hot Wheel ikut tampil ^_^.



Gimana, siap mencetak sutradara stop motion masa depan? Action!

2.     Menghias video. Bagi yang suka membuat video anak-anak bisa diajarkan memanfaatkan video karya mereka dengan memakai aps video editor. Salah satu yang bisa digunakan adalah VivaVideo dan Filmora Go!. Di apps ini anak-anak bisa merekam, mengedit video serta membuat video dari koleksi foto-foto di galeri gadget. Kalau ini saya juga sering menggunakan. Lumayan memadai untuk gadget dengan seri pertengahan ke atas. Karyanya juga bisa dihias dengan stiker, balon, quotes bahkan dengan tema pilihan. Aplikasi ini juga ramah anak menurut saya. Fitur-fiturnya mudah digunakan anak-anak.



3.     Belajar bahasa asing. Selain memanfaatkan google translate orang tua bisa mengajari anak-anak memanfaatkan aplikasi berikut untuk memperlancar bahasa asing mereka. Yakni Bravolol bisa diunduh gratis di Appstore maupun PlayStore. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur berbagai bahasa asing. Diantaranya: Learn French, Learn Korea, Learn English dan beberapa bahasa asing lainnya termasuk bahasa Arab dan Spanyol. Anak-anak bisa belajar kosa kata, cara pengucapan sampai percakapan harian. anak-anak saya suka sekali dengan aplikasi ini. bahkan yang berumur 8 tahun saja lagi suka banget dengan bahasa Korea. Tiap hari selalu menemukan kosakata baru. Jadi jangan heran kalau ke rumah dan dibukain pintu dan di sapa dengan " Annyeonghaseyo" haiyah. Emaknya mumet. Lidahnya sampai kesrimpet-srimpet. LOL

Kamis, Agustus 25, 2016

Mengatasi Kolik Pada Si Kecil



Mengatasi Kolik Pada Bayi





          Diantara saudara-saudaranya bisa dibilang putra saya Mush’ab sangat suka bikin saya begadang. Ketika masih bayi di bawah usia 6 bulan Mush’ab hobby banget menangis. Kenapa saya bilang hobby karena dia menangis di jam-jam tertentu dan hampir setiap hari. Jadwal menangisnya adalah sekitar pukul 15.00 – 17.00. hampir dua jam lebih ia menangis. Di apa-apain tetap ga mempan. Di susuin tambah mengamuk. Di usap punggungnya ga mempan, sudahnya di oles minyak kayu putih, bawang merah, dan segala macam ramuan tradisional penghilang kembung. Akhirnya saya bawa ke dokter dan susahnya kalau pas siang anak ini sehat dan bugar. Jadi kata dokter “ anak ibu baik-baik saja”. Hufft. Emak tidak seperti Hayati yang mudah lelah Bang! #eaaa. Akhirnya nyari info di internet. Anakku kenapa sih mbah Gugel? Hahahaha.

 Gangguan Pencernaan Pada Si Kecil
Maklum ya setiap ibu pasti khawatir ketika anaknya rewel. Tetapi ketika dokter bilang anak saya baik-baik saja. Faktanya kata dokter sih anak-anak di bawah usia 1 tahun memang rentan terhadap 5 (lima) hal yang berhubungan dengan kondisi sistem pencernaan balita yakni gumoh (muntah sedikit), muntah, perut kembung, poop tidak lancar dan sering buang gas. Dan akhirnya menyebabkan rewel pada anak-anak. Tetapi sih kata dokter tempat saya berkonsultasi dulu bahwa  pada bayi normal gangguan pencernaan itu akan hilang seiring dengan bertambahnya usia bayi. Alhamdulillah ya sesuatu banget. Hahahaha.

Tetapi gimana sih kita bisa yakin kalau balita kita normal-normal saja. Ga mungkin juga kan ya kita santai-santai aja saat si kecil kita kejer dua jam-an. Kalau ini, beneran Hayati lelah Bang. Hahahaha. Setiap hari ngamuk dan nangis masak ya emaknya santai-santai aja.

Nah kelima gangguan pada balita tadi bisa menyebabkan kolik pada bayi. Lalu bagaimana sih gumoh, muntah, poop tidak lancar, dan buang gas masih disebut pada tahap normal?

Sebenarnya gumoh sering terjadi jika air susu yang di telan oleh si kecil naik kembali ke atas. Ini biasanya disebabkan adanya udara yang ikut tertelan bersamaan dengan air susu. Cara sederhana menghindari gumoh adalah dengan menyendawakan si kecil. Cara paling sederhana adalah memangku bayi dengan ditengkurapkan di pangkuan kita lalu usap-usap punggungnya. Atau sandarkan ia di dada kita sesaat setelah ia menyusu.

Muntah biasanya terjadi saat makanan ditelan bayi terlalu banyak. Apalagi si kecil masih di usia muda. Tahukan ya lambung anak-anak itu masih kecil. Jadi tidak perlu setiap si kecil menangis langsung si sodori susu. Jadi selagi si kecil merasa kenyang ia akan melepas isapan susunya. Yang perlu di khawatirkan adalah jika muntahannya bernoda merah karena ada darah atau adanya kotoran yang keluar serta nah itu tanda bahaya. Si kecil harus segera di bawa ke Rumah sakit.


Poop tidak lancar masih dibilang normal jika si kecil masih meminum ASI tanpa makanan tambahan. Dulu ketika sulung saya masih berusia dua bulanan ia tidak poop selama hampir dua minggu. Dan saya langsung khawatir tengah malam tergopoh-gopoh membawanya ke UGD sebuah Rumah Sakit di Yogyakarta. Dan setelah besoknya dokter spesialis melakukan pemeriksaan, dan ehm saya sampai minta si kecil di rontgen, saking khawatirnya. Alhamdulillah ternyata si sulung saya sehat-sehat saja. Kata dokter masih terbilang normal jika si kecil mengalami poop tidak teratur ketika ia masih menikmati ASI eksklusif. Duh leganya. Meskipun tetap saja saya menunggu sampai tiga hari di RS untuk meyakinkan diri bahwa putra kami baik-baik saja. Hahaha. Dasar emak-emak. Nah yang perlu dikhawatirkan itu adalah jika pada kotoran terdapat bercak darah atau lendir bercampur darah. Itu harus segera mendapat pertolongan dari dokter. Jangan tunda ke dokter ya kalau terjadi hal tersebut. Nah jika kita masih bingung dengan gangguan pencernaan si kecil ini ada test sederhana yang bisa dilakukan bisa di cek di wikipoop.
Pijat I LOVE U
Oia saya dulu rajin banget memijat I LOVE U itu pijatan yang diajari oleh seorang perawat di RS paska sulung saya masuk RS. Jadi pijatan ini bisa membantu memperlancar poop nya si kecil. Biasanya sih saya lakukan saat pagi dan sore saat si kecil hendak dimandikan.
Gerakan I Love You :


                                        pict from bidankita.com


    “I” Pijatlah perut bayi mulai dari bagian kiri atas ke bawah dengan menggunakan jari-jari tangan kanan membentuk huruf “I”
    “LOVE” Pijatlah perut bayi membentuk hurup “L” terbalik, mulai dari kanan atas ke kiri atas, kemudian dari kiri atas ke kiri bawah
    “YOU” Pijatlah perut bayi membentuk huruf “U” terbalik, mulai dari kanan bawah (daerah usus buntu) ke atas, kemudian ke kiri, ke bawah, dan berakhir di perut bawah. (sumber: pijat bayi.com)

Bedong dan Bapukung Untuk Mengurangi Kolik




Perut kembung dan buang gas pada anak-anak itu sebenarnya masih terbilang normal. Seperti yang saya pahami setelah beberapa kali bertemu dokter anak yang bilang kalau si kecil yang masih menikmati ASI eksklusif wajar jika ikut menelan udara saat menelan susu. Biasanya sih saya tengkurapkan di pangkuan saya kemudian punggungnya di usap-usap. Yang ga normal itu jika perutnya kembung dan si kecil menangis sampai membiru. Kata dokter sih itu bukan sakit perut biasa. Tapi tuh ya namanya ibu-ibu kalau lihat anak menangis berasa menjadi ibu paling susah sedunia. Jadi pikirannya ga obyektif lagi. Susah membedakan antara rasa khawatir berlebihan atau memang sakit beneran. Sudahlah, kita ke dokter saja Bang! Hahahaha. Tetapi setelah beberapa kali mengalami balita menangis karena perut kembung ini saya jadi punya trik khusus nih. Dan ini ternyata termasuk salah satu yang direkomendasikan untuk mengatasi kolik pada si kecil. Yakni dengan membedongnya. Biasanya si kecil yang baru lahir butuh tempat yang serupa dengan ‘kantong’ ibunya dulu. Alias seperti di dalam rahim. Jadi saat dibedong si kecil merasa nyaman. Kalau saya biasanya juga saya tambahi dengan di pukung. Alias di ayun dengan kain selendang ala orang-orang Dayak. Pernah saya tulis di sini tentang tradisi bapukung ini.

Nah apakah kolik ini normal saja jika terjadi pada si kecil secara terus-terusan. Sebenarnya yang jadi masalah adalah gangguan pencernaan ini menyebabkan gangguan tidur pada si kecil. Padahal kita tahukan ya bahwa tidur yang berkualitas sangat dibutuhkan oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan. Dimana saat tidur adalah saat terbaik untuk tumbuh dan berkembang secara optimal termasuk pertumbuhan otaknya.

Berbahanya jika sampai usia si kecil bertambah gangguan tidurnya tidak sembuh. padahal setiap anak memiliki kebutuhan tidur standar yang harus terpenuhi untuk memenuhi tumbuh kembangnya. Sayangkan jika gara-gara gangguan pencernaan terus jadi kurang tidur terus pertumbuhannya tidak optimal.

Beberapa waktu lalu saya dapat info tentang susu pertumbuhan untuk anak-anak usia 1-3 tahun yang bisa membantu mengurangi gangguan pencernaan pada anak-anak dengan perut peka. Enfagrow A+ Gentle Care, susu pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun, dengan teknologi PHP yang diproduksi di Belanda sehingga memiliki protein halus yang mudah dicerna untuk perutnya yang peka. Diperkaya dengan nutrisi penting seperti Omega 3 dan 6, Kalsium, Zat Besi, Asam Folat, Vitamin B1, B6 dan B12.

Nah gitu deh pengalaman saya mengatasi kolik pada bayi. Mungkin emak-emak yang lain mau berbagi cerita juga saat-saat menghadapi si kecil yang menangis karena kolik. Oia untuk informasi lebih lanjut tentang masalah pencernaan si kecil monggo mampir di Digestion

Rabu, Agustus 24, 2016

Aneka Pilihan Baju Batik Wanita Untuk Muslimah





Model Baju Batik Wanita Modern untuk Muslimah








Saya pecinta baju gamis. Baju terusan longgar ini yang life time alias sepanjang masa. Dari zaman saya awal-awal berhijab saya langsung jatuh cinta dengan model baju ini. Dan sekarang gamis syar'i sudah mulai marak dijual di pasaran. Rasanya seneng aja menemukan favorit kita dengan banyak pilihan. 
Saya sih bukan tipe pemilih dalam berbusana. Prinsipnya menutup aurat dan sesuai kaidah syar'i.  Saat ini kita tidak perlu khawatir karena memang sudah ada beberapa jenis pakaian yang memang bisa digunakan untuk mereka yang ingin berpenampilan yang cantik menggunakan batik ini. Model baju batik wanita modern khusus untuk model muslimah saat ini juga bisa ditemukan dengan mudah. Model ini akan membuat penampilan kita jadi lebih cantik dan pastinya akan percaya diri.

Untuk memilih pakaian ini maka pastinya kita harus tahu dahulu model yang ada seperti apa. Bagi ibu-ibu yang akan membeli pakaian ini maka berikut ini adalah modelnya antara lain:

1.     Gamis. Ini merupakan salah satu model yang banyak sekali dibeli oleh wanita muslimah karena dengan model ini juga mereka bisa menggunakan aksesoris lainnya yang akan membuat penampilan mereka jadi lebih baik pastinya. Gamis ini juga ada banyak sekali modelnya yang akan membuat kita sering kali bingung untuk membeli yang mana. Selain itu biasanya memang pada gamis ini terdapat perpaduan antara warna dan juga motif batik.
2.     Pakaian lengan panjang, ini memang salah satu jenis pakaian yang bisa digunakan mereka yang berhijab. Karena kita bisa memadukannya juga dengan celana panjang. Selain itu bisa menggunakan hijab juga pastinya yang merupakan kewajiban kita sebagai muslimah.
3.     Blouse, sebenarnya ada beberapa blouse juga yang memiliki model lengan panjang yang cocok juga untuk mereka yang menggunakan hijab sehingga akan membuat mereka tidak standar penampilannya. Perpadukan dengan hijab modern yang akan membuat penampilan jadi lebih modern pastinya.

Untuk mendapatkan hijab yang sesuai memang cukup sulit karena motif batik yang cenderung ramai sehingga membuat kita harus menemukan mana hijab yang sesuai. Saat ini memang sudah ada banyak sekali motif batik yang terbaru dengan warna yang juga menarik. Salah satunya adalah warna pastel yang menjadi warna yang paling banyak dicari saat ini. Model baju batik wanita modern ini memang akan menjadi pilihan yang baik jika sudah bosan dengan pakaian yang ada saat ini.

Untuk wanita muslimah memang ini merupakan salah satu pilihan yang baik dan akan membuat penampilan kita jadi lebih baik pastinya. Selain itu dengan model yang ada saat ini juga akan membuat pemilihan hijab jadi sangat penting. Untuk memakai hijab ini maka kita juga bisa kombinasikan dengan warna dominan yang ada pada batik kita. Hal ini akan membuat hijab juga jadi lebih masuk akal pada saat digunakan.

Jika sangat bingung sekali untuk menggunakan model hijab apa maka kita juga bisa mencari referensi jenis hijab apa yang cocok untuk digunakan bersama batik. Warna netral yang bisa kita gunakan adalah warna merah yang memang akan menjadi salah satu warna yang cocok untuk berbagai motif batik. Selain itu warna netral yang lainnya adalah warna hitam yang cocok untuk semua jenis pakaian.

Jenis pakaian gamis ini juga bisa digunakan untuk datang ke beberapa cara formal seperti pernikahan. Ini memang pakaian yang banyak digemari wanita muslimah saat ini dan penjualannya bisa dibilang cukup tinggi juga. Model baju batik wanita modern ini juga dijual dalam harga yang berbeda-beda sesuai dengan motif dan juga detail yang ada pada pakaian ini.

Sabtu, Agustus 13, 2016

Menonton Premier League di Orange TV


 Menonton Premier League di Orange TV
Skhodran Mustafi,
 Pict from here


Kemarin waktu piala EURO 2016 di rumah heboh dukung  Jerman. Nganu, soalnya emaknya lagi jatuh cinta sama pemain Timnas Jerman si Skhodran Mustafi. Hahahaha. Jujur saya bukan orang yang gandrung banget sama pemain bola. Tapi karena anak laki-laki saya ada 5 yang membuat bola menjadi trending topic di rumah. Jika mereka punya pemain pilihan masing-masing maka saya juga harus punya. Sebagai mamak yang selalu berusaha untuk mengedepankan logika maka setiap saya menjatuhkan pilihan pada seseorang untuk dijadikan idola selalu ada alasan logik dibelakangnya. Beuh.  Tadinya saya baca profilenya Skhodran Mustafi gara-garanya saya menonton videonya di Youtube yang menolak memulai konfrensi pers mewakili klubnya, Valencia FC, karena ada botol bir di meja konfrensi. Huaaaaa. Doi anti minuman keras. Aduuuuuh, idola banget yang model begini. Hahaha. Lalu deh stalking deh ke semua akun sosial medianya. 

Jadi gitu deh, sampai sekarang saya ngefans sama Skhodran Mustafi. Jujur ini sebagai pembelajaran juga buat anak-anak saya. Bahwa menjadi seorang selebritis tetap saja harus memegang prinsip-prinsip kita sebagai seorang muslim. Pemain Valencia ini juga seperti rumor yang beredar di kalangan pecinta bola bakalan di transfer ke Arsenal. Tapi ini masih jadi rumor sih. Saya sendiri masih berharap Skhodran Mustafi main di Velencia FC. Males aja sih liat dia main di Inggris. Suka aja lihat dia ngomong  pake bahasa Spanyol keliatan lebih seksi gitu, halagh hahaha. Eh beneran bahasa Spanyol kan agak berlekuk gitu penyebutannya. Hahahaha. Etapi siapa gue? sok-sok an ngatur orang -____-.

Setelah itu mulai deh saya stalking pemain-pemain bola muslim yang main di Eropa. Ga rugi juga sih sebenarnya stalking akun-akun pemain bola ini. Anuuu, rata-rata mereka good looking sih. Hahahaha. Ditabok massa. 
Nah pasca piala Euro berlalu mulai deh cari-cari jadwal bola terbaru. Buat para fans yang pengen melihat penampilan para pemain bola idolanya bisa dilirik nih jadwal Premier League yang tayang di Orange TV. Jadi kalau beneran beritanya si Skhodran ditransfer ke Arsenal kita bakalan bisa menonton dia di League Premier nih. Selain itu kita bisa menyaksikan pertandingan bola LIVE terlengkap mulai dari Liga Inggris, Liga Champions, Liga Spanyol dan liga sepakbola dunia lainnya hanya di satu channel. 



Apa yang bisa ditonton?

Jadi Orange TV kita bisa menonton Liga Inggris, Liga Champions, Liga Spanyol, Ligues I, MLS, Eredivisie, Bundesliga musim 2016-2019. Caranya gimana? Cukup dengan mengaktifkan paket Sporty+ (Kode Paket 18 – KUBand) atau olahraga+ (Kode Paket 126 – C ). Pelanggan juga bisa menikmati channel olahraga beIN Sports I, beIN Sports 2, beIN Sports 3, Fox Sports, Fox Sports 2, Fox Sports 3, Fox Sports News, Fight Sport, Out Door, Festival 604 dan Quad Sport Channel. Dan masih banyak lagi channel yang lain. 
Orange TV juga berjanji untuk memberikan VAS alias Value Added Service untuk semua pelanggan.  Selain itu kita juga bisa menonton channel-channel di atas  melalui smartphone baik android maupun berbasis IOS dimanapun dan kapanpunmelalui layanan OrangeGo di Genflix. 

Dan yang bikin seneng ada promo menarik di bulan Agustus ini untuk pelanggan teraktif Paket Sporty+ dan Olah Raga+ dimana berkesempatan mendapatkan Grandprice jalan-jalan ke Disneyland Hongkong. Whuaaaaaa, Pengeeeen ^___^ 

Jangan sampai ketinggalan promo-promonya ya. Orange TV akan selalu memberikan hiburan terbaik untuk pelanggan setianya. Seperti jargonnya Orange TV " Jagoan Hiburan Bermutu". Iya deh saya setuju.