Selasa, Agustus 01, 2017

Desa Gerabah Nglipoh, Sisi Lain Borobudur



Borobudur Punya Sisi Lain





Saya membuat gerabah karena ini turun temurun dari zaman kakek-nenek saya dulu. Sudah sejak Borobudur berdiri dusun kami juga ada

Saya sering berkunjung ke beberapa desa wisata di sekitaran Jogja-Jawa Tengah. Maklum rumah saya itu di desa. Kiri-kanannya ada banyak desa wisata. Rumah saya daerah Pleret ke selatan dikit sudah ketemu Imogiri dan berjejer tuh desa wisata di sana. Dari sekian desa wisata yang pernah saya kunjungi mungkin desa wisata Nglipoh menjadi salah satu desa wisata yang berkesan buat saya.




Klipoh dalam sejarah

Kenapa Nglipoh berkesan buat saya? Sebelum saya cerita tentang kesan saya saya cerita dulu ya tentang Nglipoh ini. Desa Dusun Klipoh, yang kerap diucapkan Nglipoh, berada di barat daya Candi Borobudur, tepatnya di Klipoh merupakan nama dusun yang terletak di desa Karanganyar, kecamatan Borobudur, kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Hampir sebagian besar warga dusun kecil ini bekerja sebagai pembuat gerabah dari tanah liat. Menurut warga, 80 persen warga Klipoh yang berjumlah sekitar 180 kepala keluarga bekerja sebagai pembuat gerabah.



Selasa, Juli 25, 2017

Buku saku Dzikir Pagi dan Petang (Hisnul Muslim)



Jaga Diri Dengan Dzikir 








Jujur akhir-akhir ini saya ngeri baca berita tentang orang-orang yang depresi dan ujung-ujungnya melakukan ' suicide'. Astaghfirullah. Dibelahan bumi lain banyak orang yang harus melakukan banyak hal untuk mempertahankan nyawa tapi di tempat lain banyak juga segelintir orang yang membuang nyawanya dan menyerah. Ya Allah, apa ini?. Di rumah saya sendiri topik ini jarang saya angkat. Bukannya takut tapi saya berhati-hati sekali dengan topik ini. Saya selalu berusaha agar anak-anak tahu kemana mereka harus bicara. Kemana mereka harus mengadu. 



Minggu, Juli 23, 2017

Jangan Berhenti Belajar






Osama  di masjid Gedhe Kauman Yogyakarta


Jika Kalian tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kalian harus sanggup menahan perihnya kebodohan seumur hidup (Imam Asy-Syafi'i Rahimahullah)


Selama setahun kemarin putra sulung kami tidak mengikuti pendidikan formal. Jadi setahun kemarin bisa dibilang Osama murni unschooling. Kami tidak mengambil pelajaran sekolah pada umumnya. Meskipun sempat dua bulan terakhir mendaftar di Sanggar Kegiatan Belajar Bantul tetapi kamimemutuskan nanti pas tahun ajaran baru saja Osama memulai lagi pelajaran setara SMP-nya. Beberapa kali saya membaca di temlen tentang perlu tidaknya sekolah. Dan banyak yang bertanya via inbox pada saya tentang tanggapan saya. Mungkin karena mereka tahu kami pelaku pembelajar mandiri jadi mereka semacam ingin tahu jawaban kami. Dan saya tetap kekeuh untuk tidak menjawab. Bahwa pertanyaan semacam itu sampai hari kiamat akan terus ada. Saya tidak pernah tertarik untuk membahas pilihan orang lain apalagi itu hanya urusan dunia. Ga bakalan tertarik. Hahahahaha



Jumat, Juli 21, 2017

Wisata Halal Di Bangkok, Adakah?

     
Wisata Halal Ke Bangkok?



 
Islamic Center Bangkok
(pict:halallivingthailand.com)


   Bulan April kemarin saya dan suami nyempetin mampir ke Kuala Lumpur, Malaysia untuk meliput pameran gaya hidup halal internasional di sana. Nah, karena kami punya waktu 4 hari buat muter-muter mikirnya empat hari kalo dipakai buat keliling Kuala Lumpur bisa bosan sayanya. Awalnya mau ke Kepulauan Langkawi terus nyebrang naik feri ke Phuket, Thailand. Kan asyik tuh. Tapi pas dihitung-hitung kok budgetnya membengkak banyak. Akhirnya kami putuskan untuk sementara keinginan berkunjung ke Thailand ditunda dulu. Kami akhirnya melancong ke Singapore pake tiket promo hahahaha.


Kamis, Juli 20, 2017

Menulislah maka engkau akan kaya


Perjalanan saat meliput sebuah event Internasional di Kuala Lumpur


Saya ingat sempat kecewa dengan sebuah event yang saya ikuti. Padahal itu event besar dan melibatkan sebuah brand besar tanah air. Acaranya yang full tiga hari membuat saya harus meluangkan waktu yang cukup banyak. Kalau itu liputan event harga yang didapatkan bisa lumayan. Setelah acara berakhir banyak teman blogger yang kecewa termasuk saya (awalnya). Karena ternyata kami tidak mendapat fee untuk event tersebut. Kemudian banyak teman blogger yang memutuskan untuk tidak menulis tentang event tersebut. 

Anyang-anyangan? Cobain Uricran deh

Kalau anyang-anyangan jangan ikat jempol pake karet gelang ya




Masih pada keliling muter silaturahmi  nggak nih? Kan masih bulan Syawal. Orang Indonesia kalau bulan Syawal nya masih sisa masih dianggap lebaran hahahaha. Sudah selesai belum puasa Syawal nya. Meskipun cuman enam hari tapi pahalanya Masya Allah luar biasa.