Kamis, Maret 31, 2016

MyCOD Buat Sang Pedagang Cilik


                        MyCOD buat Sang Pedagang Cilik


Osama menjaga stand buku diIslamic Book Fair Yogyakarta



“ Aku dibikinin facebook dong Bu!, buat jualan”
“ Udah, jualannya pake facebook buatan Ibu aja. Ntar kalau ada yang beli Ibu kasih tau kamu”
“ tapi aku pengen ngurus semuanya sendiri”
“ ya coba nanti deh Bang, Ibu cari aplikasi yang enak buat kamu jualan”


            Itu dialog saya dan Osama beberapa waktu lalu. Saya sudah pernah ceritakan kalau Osama jualan baju kaos. Selama ini sih masih dengan bantuan saya dan bapaknya. Bisa dibaca disini. Karena sebentar lagi Osama persiapan buat ujian kesetaraan untuk anak-anak Homeschooling jadi jualannya dibuat yang tidak bikin ribet. Kalau bisa sih dilakukan dari rumah kecuali pas nagnter paket ke JNE. Iya bener, Osama kalau kirim paket kaosnya pake JNE. Karena itu yang dekat rumah. Bayangin kami ini tinggalnya di Pleret, Bantul. Dan yang paling dekat ya JNE.



          Nah, rasanya surprise banget waktu tahu ada aplikasi MyJNE. Ini semacam jawaban buat permintaan Osama dulu. Apa itu MyJNE? MyJNE adalah aplikasi milik perusahaan jasa pengiriman JNE. Dengan MyJNE ini kita bisa nyari counter JNE di dekat kita, terus ngecek ongkos kirim, ngecek resi jadi biar ga was-was barang kita sudah sampe mana bahkan yang terakhir ini, MyCOD, yang berfungsi semacam rekening bersama.

            Seperti prinsip saya dan suami anak-anak harus belajar mandiri sejak kecil. Mulai dari Osama yang sudah belajar jualan seperti sekarang. Nah, MyJNE ini bisa membantu banget buat bisnisnya Osama ke depannya. Usia Osama yang baru 11 tahun membuat dia belum kami buatkan akun email dan facebook. Selama ini saya membuatkan sebuah akun facebook untuk memajang jualannya. Tetapi semua masih saya menghandle akun itu. Dia bagian disuruh-suruh aja. Kaget juga waktu melihat aplikasi MyJNE include MyCOD itu.

        Sebagai pedagang cilik dalam artian sebenarnya. Sangat sulit membuat orang dewasa percaya bahwa apa yang dijual Osama adalah sungguhan. Pasti banyak orang mengira dia tipu-tipu. Atau sekedar mencari perhatian untuk minta dikasihani. Padahal kaos dan syal yang dijual oleh Osama berkualitas bagus. Dengan desain yang tidak pasaran kaosnya termasuk banyak peminat. Nah aplikasi MYCOD itu membantu banget buat Osama.

Dagangan Osama









Bagimana MyCOD bekerja?
           MyCOD adalah Cash On Digital, bukan Cash On Delivery ya. Kayaknya Cash On Delivery ga lama lagi bakalan ditinggal deh. Lihat saja hari ini taksi konvensional sudah mulai gerah dengan taksi onlen, eh ^^.

        MyCOD bekerja persis rekening bersama pada marketplace besar. Bedanya MyCOD menjadi lebih mudah dengan bantuan aplikasi MyJNE yang lain, bisa digunakan oleh penjual maupun pembeli sekaligus daaaan bisa digunakan ke marketplace manapun atau pembeli manapun. Hurrayyy. Hahaha, ini kenapa yang girang emaknya ya?...

Apa yang harus dilakukan?
1.     Instal Aplikasi MyJNE di smartphone kita. Lalu buat akun. Saat ini Osama membuat akun dengan email milik saya. Karena sekali lagi saya tegaskan Osama belum boleh membuat akun email pribadi.


Lalu ketika terjadi transaksi dengan pembeli, artinya sudah deal pembeli mau beli kaos apa, warna apa, sudah deal kesepakatan harga dan sudah tahu juga ongkos kirim berapa setelah di cek di MyJNE Check Tariff, lalu buka MyCOD. Berupa tanda bulat merah dengan plus. Klik. Mulai Isi Form.


1.     Order name. Isi dengan order sesuai kesepakatan kita dengan pembeli. Order name: Kaos Osama Distro
2.     Insert Buyer ‘s Phone Number. Isi dengan nomor kontak pembeli yang sesuai dengan akun MyCOD pembeli. Kalau beda, sampai lebaran monyet ga bakalan jadi transaksinya. Yeeee...
3.     Add Item. Isi barang pesanan pembeli beserta harga dan jumlah pesanannya.
4.     Shipment fee. Ini bayar ongkos kirim. Cantumkan harga ongkos kirim yang bisa kita cek di check tariff aplikasi MyJNE. Ga pake lama ngeceknya, percaya deh.
5.     Other Fee. Ini termasuk biaya lain-lain semacam biaya bungkus paket, misalnya butuh paket kayu dimana harganya jelas beda dengan harga paket biasa. Selama ini barang Osama hanya dibungkus dengan pembungkus biasa sih. Jadi other fee ini kosong.
6.     Grand Total. Setelah semua selesai diisi. MyCOD akan memberi total biaya yang harus di keluarkan oleh pembeli. Jadi nantinya yang dibayar oleh pembeli sudah termasuk ongkos kirim. Otomatis ngitung sendiri. Praktis banget ini untuk penjual anak sampai orang dewasa. Bahkan jika penjualnya sudah lansiapun aplikasi ini sangat membantu.

         Setelah form diatas diisi klik create order. KLIK. Lalu terkirimlah invoice orderan  ke akun MyCOD pembeli sebagai tagihan. Tadi kita sudah ngasih nomor ponsel pembeli juga kan pas ngisi form. Gitu. Gampang banget kerjanya.
        Lalu Osama tinggal packing barang dan membawanya ke JNE terdekat. Ngecek dimana kalau di dekat kita counter JNE? Lewat aplikasi MyJNE di bagian nearby. Kirimkan paket lewat sana.

        Lalu bagaimana kita bisa ambil uang kita? Nanti setelah barang kita sampai ke pembeli. Akan ada notif dari pembeli bahwa uang kita sudah masuk. Ntar uang kita akan masuk MyWallet. Nah ambillah di rekening kita via ATM. Gampang banget. Ini membantu banget buat Osama. 




1 komentar:

  1. OSama jiwa bisnisnya tinggi banget ya Mak Irul. ASyik tuh ada mycod bantu Osama.

    BalasHapus