Tips Perawatan Motor Untuk Perempuan

 

pict by pixabay

Banyak orang mengira jika membeli kendaraan dari ‘tangan’ perempuan barangnya pasti bagus. Mengingat ibu-ibu kalau bawa kendaraan halus. Tapi kenyataan ga begitu lo. Karena kebanyakan perempuan itu hanya bisa memakai saja tapi sering ga ngeh sama sekali dengan urusan service kendaraan. Termasuk motor. Baik manual maupun matic. Ini saya mengakui sendiri sering lupa untuk service motor. Bahkan sempat lupa ganti oli motor. Huhuhu.


Nah, berikut saya kasih tips sedikit nih apa saja yang perlu diperhatikan para ibu atau perempuan untuk perawatan kendaraan bermotor yang mereka miliki. Jangan sampai Scoopy kesayangan jadi bobrok hanya karena ga pernah ganti oli berbulan-bulan. Duuh.

1.     Rutin ganti oli mesin

Sebenarnya merutinkan mengganti oli mesin itu membantu banget untuk menjaga keawetan mesin motor lo. Udah gitu ganti oli mesin itu super gampang banget. Tinggal bawa ke bengkel atau tenant khusus yang menjual oli dan kemudian minta diganti oli. Karena biasanya mereka menyediakan layanan pembersihan oli dan menggantinya dengan yang baru. Harga oli mesin juga terjangkau banget. Penggantian oli sendiri dianjurkan setiap 2500 km perjalanan.

         Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

 

2.  Cek kanvas rem. Please ya emak-emak aware dengan keadaan kanvas rem. Karena ini berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan berkendara. Jangan sampai kanvas rem kita gundul dan membahayakan perjalanan kita. Harga kanvas rem juga murah banget.

3.  Cek rutin aki/accu motor. Aki motor ini sebenarnya membantu banget untuk para ibu. Karena dengan teknologi ini kita ga perlu lagi nih mengengkol motor saat akan dinyalakan. Tinggal starter, gas-ngeng. Jadi perhatikan betul saat akan turun dari motor apakah motor sudah dimatikan karena jika motor diparkir dan kunci masih dalam posisi menyala itu memboroskan penggunaan aki. Apalagi dengan adanya teknologi menurunkan standar otomatis mesin motor mati membuat kita para ibu kadang ga ngeh nih kalau sebenarnya posisi kunci motor masih on.

4. Perhatikan kondisi busi. Harga busi motor itu saat ini terjangkau banget. Bahkan saya ingat banget dulu sering membantu seorang kawan kuliah mengganti busi motornya sendiri. Saat itu motornya masih edisi supra lawasan itu. Jika motor kita mati dan tidak bisa dinyalakan biasanya tersangka utamanya yang paling dahulu dicek adalah si busi ini.

5.  Oli gardan. Banyak perempuan yang ga ngeh dengan istilah oli garden ini. Saya sendiri awalnya ga ngerti sama sekali kalau ternyata ada yang namanya oli garden. Nah, si oli garden ini punya fungsi utama sebagai pelumas gear. Dan membantu banget untuk menjaga keawetan kendaraan bermotor.

pict by pixabay

 

6.  Tekanan ban dan kondisi bagian luar ban. Jangan lupa untuk rutin mengecek tekanan ban dan mengisinya di bengkel atau di SPBU. Saya sendiri mengandalkan banget SPBU yang menyediakan layanan pengisian angina ban. Di sana sekaligus dicek juga berapa tekanan ban yang layak. Pengisian tekanan ban di SPBU ini murah banget Cuma 3000 rupiah per-ban. Ya ampun. Makanya jangan sampai ban motor kemps banget dibawa kemana-mana. Nah untuk kondisi ban luar dan ban dalam biasanya kita memang sebaiknya bertanya di bengkel untuk penggantiannya. Dan jangan membiasakan menggunakan ban rekondisi alias ban lawas yang dipermak ulang. Ga aman sama sekali sih ini.


 

7.  Rutin service motor di bengkel. Saat ini kebetulan dekat rumah ada Planet Ban. Saya mengandalkan banget nih service rutin di sana. Mereka memiliki teknisi berpengalaman, jujur dan siap membantu. Bahkan mudah banget menjawab beberapa hal yang berkaitan dengan kondisi motor kita tanpa dibumbui atau ditambahi. Pasti paham kana pa maksud saya. Ini nih yang bikin saya selektif kalau service motor. Karena biasanya kalau service motor di sembarang tempat malah ditambahi ini itu yang perlu diganti. Nah, di Planet Ban ini terpercaya banget. Mereka akan mengecek semua kondisi dan keadaan motor kita dan memberikan saran yang sangat baik untuk kita. Harga service motor di Planet Ban juga terjangkau banget. Service injeksi motor hanya 20.000 rupiah saja lo.

         

Yang bikin happy tuh pelayanan Planet Ban keren banget. Terutama saat kita service motor. Di tempat lain biasanya masih banyak debu, kotoran dan sisa pembakaran yang tertinggal di bagian mesin motor. Bahkan kadang ada kotoran yang tertinggal di blok CTV tapi kalau Tune up motor di Planet Ban semua bagian bersih paripurna. Ga heran kalau selesai service mesin motor terasa enteng. Mesin bersih total dan jadi lebih hemat BBm sih. 

 

 

nah, gimana ibu-ibu? Udah ngeh kan kalau naik motor itu ga Cuma gas-ngeng doing. Hahaha. Mulai sekarang yuk perhatikan betul kondisi motor kesayangan kita. Agar aman dan nyaman saat berkendara.

 

24 komentar

  1. Ibu-ibu harus paham juga soal service motor ya. Btw, service di Planet Ban memang bagus ya. Service rasa baru lagi motornya. Asik deh.

    BalasHapus
  2. Aku kalo lagi servis Ban cuma pasrah aja, iya iya aja dikasih tau apapun sama teknisi nya, jadi emang penting banget cari bengkel yang baik.

    BalasHapus
  3. MAAAKKKKKKK RUTIN GANTI OLI INI LHOOOO hehehehe~ aku sering nunggu lampunya nyala baru ganti oli wkwkwk bandel banget. gak lagi-lagi deh beginiii

    BalasHapus
  4. Ternyata rawat motor itu gak sekedar dicuci, isi bensin, dan ganti oli aja yak, untungnya ada Planet Ban yang bisa kasih harga sangat terjangkau untuk berbagai macam servis. thanks infonya

    BalasHapus
  5. Wah iya banget nih Tim cewek yang gas ngeng doang. Sekarang setelah tau ada tempat service yang oke dan hemat pasti cus ke Planet Ban dong

    BalasHapus
  6. Setuju sih kl perempuan tu malah suka ngawur pke kendaraan. Bukan ngawur di jalan, tp kurang aware soal perawatan kendaraan...

    BalasHapus
  7. bener banget ini mbaaaakk! sayangnya masih banyak yg nggak ngeh tentang servis motor padahal pemakaian juga sering yaa.. apalagi yg anter jemput anak sekolah dan les bolak balik. yuk servis rutin aja daripada nunggu bobrok malah mahal loh buibuuu >.< hahahaa

    BalasHapus
  8. Buat yang suka lupa, kendaarn sekarang apalagi kalo beli baru, itu ada notif dan buku2 yang bisa dibaca dan ngecek kendaraan secara bekala. Misalnya di motor saya ada muncul notif oil change kalo udah waktunya ganti, jadi sudah dantu juga dengan teknologi. Terus entah yah karena yang make aku, taulah apa yang kurang. Bahkan suami juga gak ngeh, hahaha

    BalasHapus
  9. Tips yang sangat bermanfaat sekali nih mom untuk kita para perempuan dalam merawat motor. thanks tipsnya

    BalasHapus
  10. Baru sadar kalau selama ini cuma bisanya pakai saja, biasanya urusan ganti oli dan segala macam service suamiku yang rajin, bahkan aku jarang nyuci motor wkwkwk, padahal penting banget tahu kapan motor harus diservice terutama ganti oli supaya tetap awet.

    BalasHapus
  11. nah iya kadang perempuan itu bisa pake kendaraannya aja ya tapi soal perawatan suka skip (ini based on pengalaman sendiri sih) hehhehe, makasi buat tipsnya ya mba

    BalasHapus
  12. Kalo di rumah, mama selalu nyuruh adek yg cowok sama ayah buat merawat motor. Molly sih gak keurusan ya, soalnya gak bisa bawa motor juga. Huhuu

    BalasHapus
  13. hihi setahu saya malah sebaliknya, mbak motor kalau dipakai cewek biasanya nggak terurus soalnya baru ke bengkel kalau motornya sudah mogok. he

    BalasHapus
  14. makasih nih infonya, emang perlu banget dijaga motor itu ya, selama ini aku tahunya bisa pakai aja, service urusan suami, luma perlu juga infonya apalagi kalau lagi LDR ngurus apa-apa sendirian.

    BalasHapus
  15. Saya nih mbak, tahunya pakai aja hehehe, ngelap dan cuci motor pun nggak pernah. Duh terlalu manja sama suami.
    Yang sering saya lakukan tuh mencet ban aja, kalau kerasa nggliyer saat menaiki motor. Kalau kerasa agak kempes, lapor juga ke pak suami.

    BalasHapus
  16. Saya dong, karena kurang perhatian ama motor matic yang dipakai, sekali service bikin cengep-cengep. Ganti shock depan belakang, ganti ban luar, ganti box speedo, dll. Wkwkwkwkw

    Perawatan rutin emang penting banget deh. Biar motor nyaman, dan aman dikendarai.

    BalasHapus
  17. Iya sampai pernah dengar kata-kata jangan beli kendaraan bermotor bekas perempuan pasti kondisinya amburadul karena kurang terawat ternyata perawatan dasarnya mudah ya biar motor lebih awet

    BalasHapus
  18. Jleb, banget ini. Udah waktunya ganti oli dan service motor, tapi males banget nih ke bengkel. Deket rumah juga ada Planet Ban, perawatan di sana aja kali ya.

    BalasHapus
  19. Soal aki ini, kalau motor matic tuh kudu waspada banget. Pas habis, wah repot deh. Oli juga sih. Jangan sampai semuanya telat. Bisa bikin jebol kantong

    BalasHapus
  20. Aku kalau soal kendaraan rewel banget malah, haha. Wajib tertib service sesuai catatan meski nggak paham nanti yang harus diservice apa aja. Percaya ama teknisi bengkel udah, hihi. Karena kendaraan tu kalau rutin dirawat sama enggak tetep beda banget rasanya menurutku. Bahkan dari segi BBM aja misal pake yang lebih bagus juga dibawanya jauh lebih enak dibanding yang biasa.

    BalasHapus
  21. Hehhe, iyaya..biasanya perempuan ga ngerti service.
    Aku kalo service mandiri ya gabisa, tapi paling kerasa kalo kendaraan mulai ga enak dan butuh service. Jadi orang di rumah yang bagian inget tanggal service tu aku.
    Hehhe, kalo tempat service-nya nyaman kaya Planet Ban mah.. HAPPY banget.
    Cabangnya banyak jugaa..

    BalasHapus
  22. Salah satu skill yang harus kumiliki sebelum diijinkan dan dibelikan motor sama suami
    Soalnya make itu mudah, perawatannya butuh telaten

    BalasHapus
  23. Duuuuh, mirip dengan saya dan anak perempuan saya, yang hanya make doang tapi gak tau perawatannya hihihi
    Kalau udah ada apa-apa biasanya paksu yang ngomel-ngomel :)

    BalasHapus
  24. Wah, jadi ingat saya dulu gak ngerti banget soal perawatan motor, pada akhirnya kehabisan oli sampai merambat ke lain lainnya, padahal ganti oli juga mudah dan murah tapi waktu itu gak kepikiran kalau bisa jadi separah itu sampai motor gak bisa nyala lagi deh, sejak kejadian itu saya lebih sering cek scoopy saya tetap sehat dan aman.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.