Meningkatkan Minat Baca Melalui Buku

 Meningkatkan Minat Baca Melalui Buku

C:\Users\win\Downloads\WhatsApp Image 2023-01-16 at 22.52.27.jpeg

Kebetulan anak-anak saya di rumah dari yang sulung sampai si Miqdad semua belajar membaca secara mandiri di rumah. Ada dua anak yang sempat belajar membaca di sebuah bimbel khusus baca tetapi hanya sempat sebulan. Dan kemudian dua anak tersebut memilih balik ke rumah dan lebih banyak memperlancar membaca dengan baca komik dan buku anak di rumah. Bisa dibilang sudah banyak metode belajar baca yang kami coba. Dari yang bukunya harga ratiusan ribu sampai buku tipis seharga 4 ribuan doang. 


Tradisi Baca dan Minat Baca


C:\Users\win\Pictures\download (2).png

Dari beberapa pengalaman tersebut yang kemudian menemukan salah satu hal yang membuat bias baca lebih cepat yak arena kebiasaan keluarga sih. Terutama dengan tradisi membaca bersama dan read aloud. Mau punya buku dan perangkat mahal tetapi ga pernah ada interaksi dengan bahan bacaan hasilnya ya Cuma sekedar bias baca tetapi minat baca rendah. Sayang banget sih ini. Karena salah satu tujuan keterampilan literasi numerasi adalah meningkatkan minat baca dan juga kemampuan mengolah bahan bacaan untuk mendapat manfaat yang lebih besar dan lebih baik. Kalau cuma sekedar bisa baca aja sih kirim aja ke bimbel 6 bulan bisa baca. Yaqueen!

Nah sejak itu saya kemudian berani merekomendasikan ke beberapa orangtua buku belajar baca yang bagus kayak apa. Karena berdasarkan pengalaman pribadi. Dan karena bukunya dijual di Jogja dan akhirnya banyak teman luar Jogja yang minta dibelikan. Dan akhirnya saya jadikan salah satu barang dagangan di Bimbingan Belajar Baca Basmala CERDIQ milik saya. 

Sudah hampir 2 tahunan ini saya punya bimbel Basmala CERDIQ ini. Sebenarnya ini awalnya ga jualan buku anak dan buku edukatif. Murni tempat les baca aja. Tetapi beberapa teman meminta rekomendasikan buku untuk belajar baca yang saya pakai sekaligus minta dikirimi dari Jogja. Akhirnya sekarang saya menyetok buku-buku belajar baca plus buku-buku anak juga. Peminatnya para ibu luar Jogja lebih banyak luar Jawa sih. Biasanya untuk stok sekolah-sekolah islam dan madrasah. Beberapa buku favorit adalah: Belajar Baca IQRA keluaran AMM Kota Gedhe dan buku sirah khusus anak. 

Sejujurnya pengiriman buku keluar kota apalagi keluar Jawa itu berat di ongkos kirim. Karena buku itu berat saudara-saudara. Hiks. Harga kirimnya kadang ga masuk akal. Mau dikurangi kayak gimana juga susah namanya juga buku. Pilihannya sih pengiriman lewat cargo.  Pengiriman paket besar dengan cargo itu ada banyak keuntunganya lo. 

pertama             : Ongkos kirim tentu saja lebih murah

Kedua : Layanan pengiriman menggunakan cargo memang disesuaikan untuk barang-barang berat. Sehingga meminimalisir kerusakan barang di perjalanan.


J&T CARGO

C:\Users\win\Pictures\jnt.png

Sekarang pilihan favorit adalah J&T Cargo. Cocok banget untuk paketan besar pengiriman jarak jauh kayak ke luar kota atau luar Jawa. Harganya lebih murah menurut hitungan saya sih.

Kebetulan dekat rumah kami ada konter J&T Cargo. Sehingga memudahkan pengiriman paket buku. JC:\Users\win\Downloads\IMG_20230113_114835.jpg

Beberapa keuntungan pengiriman paket besar dengan J&T Cargo adalah:

  1. Menggunakan layanan J&T Cargo membuat harga lebih efisien hingga 50% 

  2. Pengiriman cargo, mulai dari 5kg

  3. J&T Cargo memiliki jangkauan area yang luas dengan cakupan 

           98% area di Indonesia. Bisa mencapai berbagai pelosok Indonesia.

4. Ketepatan waktu pengiriman menggunakan J&T Cargo sesuai rencana. So ga perlu khawatir nih pengiriman bakalan terlambat sampai tujuan.

      5.  Tersedia juga layanan gratis jemput paket untuk pengiriman reguler

    6. Memiliki layanan EzTrack, integrasi API untuk mempersingkat pengolahan informasi menjadi lebih cepat dan akurat sepanjang proses distribusi. 

Nah, buat teman-teman yang memiliki usaha yang membutuhkan ekspedisi pengiriman khusus paket besar bisa nih melalui J&T Cargo. Dengan harga terjangkau dan layanan maksimal semoga membantu usaha kita bisa lebih terpercaya dan sukses ya. Aamiin. 


25 komentar

  1. Wah, terima kasih untuk informasinya. Aku kesulitan menjual buku2 bekas kalau peminatnya dari luar pulau Jawa. Dan jadi rentan penipuan, karena bbrp dr mereka coba2 mengarahkan utk buka link ini itu dgn alasan agar murah ongkirnya. Ternyata mulai dari 5 kg sdh bisa dianggap pengiriman cargo ya :)

    BalasHapus
  2. Seru ya kalau kebutuhan baca bisa diselesaikan dengan ekspedisi yang memahami bahwa penyaluran buku tujuannya sangat mulia

    BalasHapus
  3. Wah keren amat sampai akhirnya bikin bimbel baca gini. Jadi ngasih manfaat ke lebih banyak anak-anak yaa.

    Bener, kalau mau sekedar baca, gak sulit ya, apalagi anak-anak memang secepat itu menyerap pelajaran. Jadi memang kalau mau lebih dari sekedar bisa aja, haarus dibiasakan dari kecil banget ya di rumah dengan read aloud dan menemani anak-anak baca buku sampai mereka tertarik dan semangat untuk bisa baca.

    BalasHapus
  4. Jadi beda ya mak antara J&T Express dan J&T Cargo? Aku lihat nih beberapa counter J&T Cargo di tempatku beda tempat sama J&T biasa

    BalasHapus
  5. bener mba pengiriman buku klo bukunya banyak dan keluar kota apalagi keluar Jawa berat di ongkos sih, makanya klo mau kirim buku mikir2, berrti bs hemat ya klo pake J n T Cargo ya

    BalasHapus
  6. bobot buku memang lumayan banget kalau uda banyak ya mbak.. Kalau cuma satu atau dua dan bukunya tipis sih masih ringan lah... Kalau untuk kebutuhan sekolah/madrasah gitu ya pasti banyak butuhnya. Dan sudah pasti beraaaaat... Jadi uda bener banget pakai cargo sehingga ongkirnya bisa lebih hemat.

    BalasHapus
  7. Saya belum pernah pakai jasa pengiriman dengan J & T Cargo. Lebih murah ya? boleh nih dicoba. Aku juga suka kirim barang ke daerah terkendala ongkir yang mahal

    BalasHapus
  8. Kirim buku supaya ongkos kirimnya nggak kemahalan cuma dengan solusi cari ekspedisi yang harganya terjangkau sih, ya. Soalnya nggak bisa digimana-gimanain lagi beratnya buku itu.

    Di dekat rumahku ada nih J&T Cargo, tapi belum pernah pakai jasanya. Karena belum pernah ada pengiriman yang jumlahnya besar gitu. Ini bisa jadi referensi buatku sih kalau kapan-kapan ada kebutuhan pengiriman cargo. Terima kasih infonya, Mak.

    BalasHapus
  9. aku pun merasakan dampak dari cepatnya arus infirmasi sehingga tingkat literasiku menurun terutama di minat baca, udah terhitung berapa tahun absen untuk membaca buku. Wah makin terbantu banget dengan J&T soal pengiriman ya

    BalasHapus
  10. Wah menarik ini, soalnya pengiriman buku itu kadang lebih mahal ongkos kirimnya daripada harga buku itu sendiri apalagi kalau bukunya bentuk hard copy gitu.

    BalasHapus
  11. Enaknya tuh sekarang kalau kita beli buku secara online, bisa langsung kirim dengan ekspedisi yang cepat ya. Apalagi kalau jumlahnya dalam jumlah banyak, bisa mengandalkan pengiriman J&T Cargo ya mak.

    BalasHapus
  12. Kalau udah sampai minimal 5k, jadi lebih hemat pakai J&T Cargo. Wah, ini bisa nih kupake kalau lagi mau order pempek dari Palembang. Soalnya beratnya kadang bisa sampai 10-15 kg kalo lagi beli banyak buat dimakan 2 keluarga. Terima kasih infonya mbak

    BalasHapus
  13. Sukaa nih kalo ada orang tua yg sedari dini mengajari anaknya membaca. Supaya generasi masa depan Indonesia bisa membangun negeri ini lebih baik lagi dari sekarang.

    BalasHapus
  14. Wah mba buku bacalah sama kayak anakku juga di TK pakai buku itu, memang jd mudah belajar baca tanpa dieja ya..

    Wah J&T cargo makin memudahkan aja untuk kita kirim2 barang.

    BalasHapus
  15. Semoga usaha bimbel baca dan buku edukasinya sukses ya, Mbak..
    Wah iya nih , J&T Cargo jadi solusi buat usaha yang membutuhkan ekspedisi pengiriman khusus paket besar

    BalasHapus
  16. Barang berat jadi ringan ya biayanya. Tidak ada takut lagi masalah ongkir sehingga minat baca anak bisa meningkat

    BalasHapus
  17. Minggu lalu sepupu dari Bogor main ke Solo. Pas ke sini, bawaannya cuma 1 koper dan 1 ransel, tapi karena Bulik alias ibunya titip oleh-oleh banyak, akhirnya dikirim deh barang-barangnya pake J&T Cargo. Jadi pas balik ke Bogor lagi, dia cuma bawa koper doang. Agak konyol karena oleh-olehnya udah datang duluan, sedangkan orangnya belakangan, wkwk.. Tapi daripada repot bawanya kan, ya udah.. Toh ongkirnya juga terjangkau, karena bukan dihitung kiloan ya..

    BalasHapus
  18. Meningkatkan minat baca melalui buku memang sangat penting. Orang tua perlu membiasakan anak untuk membaca dengan menemani atau membacakan buku.

    BalasHapus
  19. Aku dulu kalau belanja yang bobotnya berat tuh sering banget mikirin ongkir, sejak ada cargo ini tuh membantu bgt. Belanja barang berat kayak buku tapi ongkir tetap terjangkau. Bahkan aku pernah ngebeliin anakku sepeda secara online, pilihan pengiriman ya cargo.

    BalasHapus
  20. seneng bener kalo anak mau membaca buku.. kadang ada orangtua yang sampe harus memaksa anak baca buku tapi anaknya tetep nggak mau.. untungnya anak-anak saya juga senang membaca buku...

    BalasHapus
  21. Paling penting kalau mengirimkan paket adalah ketepatan waktu.
    Karena seremeh apapun paket itu pasti ditunggu-tunggu oleh sang penerima.
    Dengan menggunakan J&T Cargo, jaminan tepat waktu, mudah dan terpercaya.

    BalasHapus
  22. Untuk J&T Cargo minimal berat pengirimannya berapa ya? karena aku suka kirim kirim buku keluar jawa juga ni, kalau lebih murah kan lumayan bisa pakai J&T cargo.

    BalasHapus
  23. buku memang benar - benar jendela dunia dan ilmu yaaa Mak Irul. Aku yakin dan percaya bahwa sedini mungkin kita perlu biasakan anak - anak dengan bacaan yang baik dan bermutu

    BalasHapus
  24. kalau saya lihat untuk industri buku anak sekarang cukup menjanjikan ya, mbak soalnya para ibu semakin sadar pentingnya mengenalkan buku ke anak sejak dini. anak saya sendiri belajar membaca sama guru tknya mbak les privat. hehe

    BalasHapus
  25. semakin banyak buku yang dijual dengan harga terjangkau ya, semoga minat baca juga semakin meningkat :D

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.