Memilih Madu Asli






Sejak sering mencoba resepnya dr. Zaidul Akbar saya punya persediaan madu lumayan banyak. Hampir tiap hari minum madu. Iya madu lebah ya bukan 'madu' yang itu. Hahahahaha.  Dan harus diakui pesan nabi bahwa madu adalah minuman dan sekaligus obat bagi manusia adalah benar. Badan rasanya enteng kalau rutin minum pure honey. Nah yang kadang agak ribet itu giliran nyari madu yang asli. 



Sering bingung ketika akan memilih madu?

Sejak lama, madu terkenal kaya akan manfaat untuk kesehatan. Oleh karena itu, semakin banyak produk madu yang bisa dengan mudah kita peroleh di pasaran. Tapi, apakah kamu yakin produk madu yang beredar di pasaran tersebut benar-benar madu asli?

Lalu, bagaimana sih caranya mengetahui madu asli?


Selain bermanfaat untuk kesehatan, madu juga memiliki rasa yang lezat. Madu bisa menjadi alternatif pengganti gula, karena madu juga memiliki rasa yang manis. Untuk mengetahui dengan tepat dan pasti apakah madu dapat dikatakan asli atau tidak, caranya adalah melalui pengujian di laboratorium dengan memeriksa kandungan enzim diastase-nya. Enzim ini adalah enzim yang berasal dari tubuh lebah dan ditambahkan oleh lebah pada proses pematangan madu. Hasil pengujian harus menunjukkan bahwa enzim diastase positif terkandung dalam madu dan kadar minimalnya adalah 3 DN (diastase number menurut Standar Nasional Indonesia). Tapi daripada repot-repot melakukan pengujian ke laboratorium, kita cukup memeriksa komposisi madu pada label kemasan untuk melihat keaslian dan kemurnian madu.


Produk madu yang banyak beredar di pasaran kini umumnya adalah madu kemasan yang telah melalui proses industri. Beberapa di antaranya telah mendapatkan campuran bahan-bahan tambahan seperti perisa dan juga gula. Oleh karena itu, kita harus benar-benar memperhatikan komposisi yang tertulis pada kemasan produk. Umumnya bahan-bahan yang ditambahkan ke dalam madu  dicantumkan pada komposisi yang tertera pada kemasan.
Jadi kalau kita mau lebih meluangkan waktu dan teliti memperhatikan komposisi kandungan madu yang ada pada kemasan produk maka kita bisa mengetahui apakah madu tersebut adalah madu asli atau madu dengan tambahan bahan lain.
Selain itu, melihat komposisi madu pada kemasan produk, kita juga bisa mengecek nomor BPOM serta sertifikasi yang ada pada kemasan. Adanya nomor BPOM pada kemasan, lalu sertifikasi halal dari MUI serta teruji SNI membuktikan bahwa kandungan dalam produk sesuai dengan informasi komposisi pada label kemasannya.


Untuk produk madu murni yang telah dipercaya, kita bisa memilih Madu TJ Murni. Kenapa? Karena Madu TJ Murni kualitasnya sangat terjamin. Madu TJ Murni telah memiliki nomor BPOM, sertifikat halal MUI, serta teruji SNI. Jadi, kita ngga perlu ragu nih dengan keasliannya. Madu TJ asli 100% asli terbuat dari madu pilihan dan punya khasiat yang baik untuk kesehatan.


Madu TJ Murni merupakan produk dari PT. Ultra Sakti yang sudah sangat terkenal. Madu TJ punya rasa yang lezat dan tentunya berkhasiat. Seperti halnya madu asli pada umumnya, Madu TJ Murni dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan serta daya tahan tubuh.
Nah, sekarang kita bisa memilih produk madu asli sesuai yang kita harapkan, kan? Dan mulai sekarang, yuk rutin konsumsi Madu TJ Murni setiap hari, sehingga manfaat madu murni bisa kita peroleh dengan maksimal untuk tubuh kita.

24 komentar

  1. Rumahku selalu sediakan madu, mba. Pas buat menjaga agar kondisi tubuh selalu tetap sehat ya mba . Apalagi skarang banya jual madu tapi memang harus pilih yang asli

    BalasHapus
  2. Wah sama madunya, di rumah juga masih ada nih stok madu TJ murni. Suamiku suka minum ini ditambah lemon dan air hangat di pagi hari. Bagus untuk kesehatan dan daya tahan tubuh ya.

    BalasHapus
  3. Madu TJ ini termausk yang sering saya beli. Soalnya paling mudah didapatkan. Di pasar dan minimarket juga ada

    BalasHapus
  4. Madu TJ ini memang salah satu pilihanku untuk madu asli dengan harga terjangkau

    BalasHapus
  5. Saya juga selalu sedia madu di rumah, alhamdulillah anak-anak juga suka. Malah kadang harus disembunyikan di lemari di posisi atas, soalnya kalau nggak disembunyikan bisa mereka jadikan 'camilan'

    Emang harus teliti yang kalau beli madu, biar benar-benar dapat madu murni

    BalasHapus
  6. Ini madu paporit kami sekeluarga Mbaaaa
    Enak dan menyehatkan
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah aku juga peminum madu. Saat ini masih pake madu sisa jalan jalan ke Madinah kemaren sih, agak pahit gitu

    Kalau anak anak sukanya madu Tj

    BalasHapus
  8. Sekarang yah lgi marak maraknya pemalsuan madu, padahal khasiatnya gak diragukan lagi, alhamdulillah madu TJ ini salah satu madu yg dipercaya gak abal2

    BalasHapus
  9. Madu selalu jadi senjata dikata badan mulai gak enak. Biasanya saya minumnya dicampur ke teh hangat. Habis itu pasti langsung merasa segeran, deh. Btw kayaknya saya baru sekali deh nyobain madu TJ. Yang saya suka kemasannya praktis tinggal buka tutupnya, tuangnya gak pakai belepotan hehe.

    BalasHapus
  10. Sejak rutin mengonsumsi madu, daya tahan tubuh jadi bisa lebih terjaga dan gak mudah terkena flu.
    Apalagi kalau madunya madu asli seperti Madu TJ ya...

    BalasHapus
  11. Madu TJ ini udah jadi andalan sejak lama mbak, harganya juga gak mahal ya. Aku kalo beli madu yang udah pakai merk resmi seperti Madu TJ, jadi nggak pusing lagi deh milih madu yang asli

    BalasHapus
  12. saya juga pakai madu ini, kalau suami malah langsung diteguk. kalau saya biasa campur air atau buat tambahan memasak hehehe

    BalasHapus
  13. Saya juga rutin biasany minum madu TJ ini Mak. Eh tapi udah beberapa hari terakhir habis, jadi keingetan beli lagi.

    BalasHapus
  14. Mak, komposisinya kudu gimana nih biar tau kalau itu madu murni?
    Aku juga seneng nih minum madu kalau pagi hari sebelum mengkonsumsi apapun. Lebih seringnya kucampur air putih, enggak langsung diminum dengan sendok gitu.

    BalasHapus
  15. Kalau dulu ibukku pernah bilang madu asli tu ga dikerubutin semut..Tapi entahlah itu mitos atau fakta...he3...

    BalasHapus
  16. Kami minum madu TJ ini ,.langsung aja sih . Tapi kadang diolesin di roti. Lalu ditemani kopi susu

    BalasHapus
  17. Iya bener mba akupun konsumsi ini setiap pagi Ada efeknya ke tubuh,,, Ada stock nih dirumah

    BalasHapus
  18. Saya sudah konsumsi Madu TJ Murni tapi belum setiap hari.
    Pengin juga dapat manfaat madu murni agar maksimal untuk tubuh saya.
    Manfaatnya banyak ternyata..wah harus rutin nih

    BalasHapus
  19. Wah aku juga suka beli madu ini di supermarket karena harganya terjangkau juga loh ternyata asli lo

    BalasHapus
    Balasan
    1. madu asli yang gampang dicari juga harganya terjangkau ya madu tj :D

      Hapus
  20. Eiya, madu tj ini sama anak2 dicemilin xD. Tapi kudu diminumin air biar ga batuk. Yang aku senang minum madu tj ini anak2 suehatt, ibue pisann apalagi pas kemaren bis lahiran. Gampang didapet

    BalasHapus
  21. Aku juga suka madu TJ mba. Kalau sekarang madunya dicampur sama susu beruang + hydrococo. Lumayan nih bisa cegah masuk angin hehe.

    BalasHapus
  22. Wah ini sih memang madu yang dipakai di rumah nih. Anak-anak suka. Enak katanya :D

    BalasHapus
  23. kalau madu tj sih udah pasti percaya madunya asli, karna udah ada bpom juga halal nya

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.