Bersama Humanesia Dompet Dhuafa Kita Sukseskan #IniTentangKita

 




Kemarin anak mbarep bilang “ Kangen tahun 2019” saya hanya tersenyum. Iya sih, masa sebelum pandemi itu berkesan banget pasti buat anak-anak. Pandemi ini memang memisahkan banyak keluarga bahkan keluarga kami. Ingat banget ketika awal-awal pandemi beberapa orang mampir ke rumah dan membutuhkan bantuan keuangan. Sebagai orang yang selalu tertanam dalam diri bahwa “Setiap orang yang datang ke rumah pantang bagi mereka pulang sebelum kebutuhannya terpenuhi” agak-agak sombong sih padahal kami bukan orang kaya. Tapi selalu ingat tentang ayat qur’an “Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya.” (QS. Al Maidah: 32).



Kalau orang-orang barat mungkin menyebutnya sebagai tabungan kebaikan. Sebagai muslim saya menyebutnya tabungan amal shalih. Kita tidak meminta balasannya di dunia tetapi nanti di akhirat saja. Dan satu hal yang penting kita tidak bias hidup sendirian. Mau tidak mau yang lapang membantu yang sempit. Gagasan Humanesia yang diusung oleh Dompet Dhuafa adalah bagian dari implementasi ayat qur’an di atas tadi. Meskipun bantuan kita terlihat kecil betapa berarti bagi orang lain. Banyak kisah di sekitar kita, bahagia, tawa, juga duka. Jelang tutup tahun, duka Cianjur membuat kita tertegun. Ancaman gelombang resesi dan inflasi juga membuat banyak orang terhimpit. Akhir tahun ini kesedihan kita bertambah dengan melihat musibah di beberapa tempat di Indonesia. Tetapi jangan khawatir kita tidak sendirian. Tentang kita yang sama-sama berjuang. Tentang kita yang sama-sama bertahan. Tentang empati kita, tentang kepedulian kita.

#IniTentangKita

Ajakan-ajakan kebaikan yang digagas Dompet Dhuafa ini berfokus pada tema #IniTentangKita. Kita berarti adalah semua pihak, yaitu Dompet Dhuafa, Penerima Manfaat, Relawan, Donatur, Jaringan dan semua orang. Hal ini bertujuan untuk dapat melibatkan semua pihak agar semakin aktif merawat kebaikan kolektif. Tema ini akan disesuaikan dengan bahasa lokal masing- masing daerah cabang, agar bisa lebih dekat dan melekat ke stakeholder setempat.

 

“Makna ‘Kita’ menggambarkan semua pihak dari berbagai latar belakang, status, pekerjaan, usia, baik dari perspektif lembaga, donatur, mitra, stakeholders maupun penerima manfaat. Harapannya, semua pihak dapat menjadi bagian dan terlibat dalam momen Humanesia 2022. Bahkan saya tekankan pada anak-anak remaja di rumah bahwa anak-anak muda seperti mereka sudah seharusnya menjadi bagian dari perubahan kebaikan untuk umat.

Program Utama #IniTentangKita

Ada empat fokus utama Humanesia adalah

1. Indonesia Siap Siaga, Ratusan nyawa hilang akibat gempa. Ratusan ribu lainnya terpaksa tinggal di tenda-tenda pengungsian. Dukungan kita akan jadi harapan para penyintas lanjutkan kehidupan.



2. Kado Anak Yatim, Kirim kado untuk yatim yuk! Kado berupa perlengkapan sekolah, pakaian taqwa dan sembako ini akan didistribusikan untuk bahagiakan para yatim yang ada di berbagai daerah di Indonesia.



3. Perempuan Tangguh, Menjadi wanita dengan peran ganda sungguh tak mudah. Lembut sosoknya dibalut dengan tangguhnya mengais pundi rupiah. Dukungan kamu bisa jadi pengungkit semangat mereka untuk tetap berdaya.



4. Wakaf untuk Bunda, Berikan wakaf untuk ibu sebagai hadiah pahala abadi untuk ibu tercinta. Cantumkan nama beliau sebagai wakif atau wakaf yang diberikan. Wakaf terbaik untuk wanita terbaik. Mumpung hari ibu baru lewat beberapa hari yang lalu.



Sedangkan ajakan-ajakan campaign-nya dibingkai dalam 7 (tujuh) program, yaitu Cianjur Bangkit, Sedekah Menolak Bala, Kado Akhir Tahun, Wakaf Untuk Bunda, Kado untuk Ibu Tangguh, Zakat Akhir Tahun, dan Kado untuk Yatim.

Seperti namanya gagasannya #TentangKita berbeda dengan target Ramadan, Tebar Hewan Kurban, maupun Wakaferse yang identik dengan penghimpunan bernilai rupiah, Humanesia memfokuskan pada Awareness (kesadaran) masyarakat terhadap kemanusiaan. Meski begitu, sejumlah nominal baik berupa zakat, infak, sedekah, maupun wakaf, Dompet Dhuafa menargetkan sejumlah 50 miliar rupiah pada Humanesia kali ini. Untuk mewujudkan hal tersebut, Humanesia akan menyasar keterlibatan masyarakat dari kalangan milenial dan gen Z. Sudah saatnya yang muda yang peduli. Sudah saatnya sedekah bagi kita seperti air mengalir. Mudah dan tersebar ke seluruh penjuru negeri bersama Dompet Dhuafa.


Dompet Dhuafa sendiri sudah menjadi bagian dari lembaga kemanusiaan terpercaya di Indonesia. Teman-teman yang ingin terlibat dalam bagian dari Humanesia bisa langsung nih mengunjungi http://dmptdf.com/initentangkita

26 komentar

  1. Mbaaaak Salut banget dengan prinsip hidupnya “Setiap orang yang datang ke rumah pantang bagi mereka pulang sebelum kebutuhannya terpenuhi".

    Jujur belum bisa seperti ini. Rasanya tertampar melihat kalimat ini. Terima Kasih remindernya. Btw bagus juga ya program Humanesia Dompet Dhuafa kali ini.

    BalasHapus
  2. Salut dengan program #IniTentangKita -nya Dompet Dhuafa. Untuk penyaluran dan sasarannya programnya juga lintas golongan ya, Mak? Wah, respek..

    BalasHapus
  3. Fokus utama HUmanesia dengan beragam programnya tentu sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan. Benar, segala kebaikan yang kita lakukan di dunia kelak menjadi amal sholeh yang nanti dibalas di akhirat aamiin. Semoga semua kegiatan bersama Dompet Dhuafa berkesinambungan dan terus menjadi inspirasi bagi kita semua.

    BalasHapus
  4. Ya Allah, percaya banget kalau setiap kebaikan yang Kita lakukan ini akan kembali kepada diri sendiri.
    Sehingga perlu banget buat mengalokasikan dana untuk bantu sesama dan disalurkan di lembaga dengan program yang jelas seperti Humanesia dari Dompet Dhuafa.

    Harapannya dengan saling membantu, akan memberikan kemudahan dan pertolongan bagi diri sendiri.

    BalasHapus
  5. masyaAllah, semoga program-programnya dilancarkan dan tepat sasaran ya nantinya. dompet dhuafa ini menebar ajakan kebaikan dan insyaAllah amanah sih ya :)

    BalasHapus
  6. Kita, mewadahi banyak pihak ya. Sesuai dengan harapan dompet dhuafa untuk melibatkan berbagai pihak dalam program humanesia yang di gagasnya. Ini untuk program 2022 ya Mak, kalau di 2023 masih adakah program humanesia ini?

    BalasHapus
  7. programnya bagus2 masya Allah.. Semoga semakin menebar manfaat, dan ku juga bisa ikut andil di dalamnya nih, smoga dimampukan amin. DD ini tersebar di seluruh penjuru ya..

    BalasHapus
  8. Sekarang program2 fund raiser dan lembaga zakat makin variatif yaa, Humanesia ini juga unik karena mengangkat tema tentang kemanusaiaan, awarness terhadap humanity. sukses untuk program2nya DD

    BalasHapus
  9. Semoga di tahun ini dan tahun tahun mendatang. DOmpet Dhuafa tidak berhenti berbagi dan memberikan manfaat serta berkah kepada sesama ya. Aamiin

    BalasHapus
  10. aku suka dengan tagline Ini Tentang Kita karena memang kita sebagai makhluk sosial terhubung satu sama lain. Dengan saling tolong-menolong insya Allah bakal mendapat balasan di akhirat dan Allah mudahkan di dunia.

    BalasHapus
  11. Mantab jiwaaa bgt
    Dompet Dhuafa inspirasi kebaikan yg everlasting.
    Beneran bikin jiwa berbagi menggeloraaaa

    BalasHapus
  12. Masyaallah, semoga apa yang dilakukan Mbak sekeluarga dicatat sebagai pahala jariah. Jadi malu aku tuh. Belum bisa seperti mbak, masih berkutat di saudara-saudara sendiri soal memberi bantuan atau pertolongan.

    BalasHapus
  13. Program Dompet Dhuafa banyak dan menyentuh masyarakat yang membutuhkan, pengelolaannya pun rapi, jujur dan transparan semoga Dompet Dhuafa tetap semangat berbagi juga amanah dalam mengelola dana para donatur agar makin banyak orang yang mendapat bantuan DD ya

    BalasHapus
  14. Ikut dukung program #IniTentangKita Dompet Dhuafa. Aku selalu berpikir kalau nolong orang lain ya pada dasarnya kita menolong diri sendiri

    BalasHapus
  15. Semoga target 50 M-nya tercapai soalnya emang akibat beberapa bencana akhir tahun lalu banyak sekali masyarakat yang membutuhkan bantuan ya.
    Dompet Dhuafa ini programnya selalu bagus dan insyaAllah amanah untuk kita menitipkan donasi kita.

    BalasHapus
  16. Program-program dompet Dhuafa selalu menarik dan tepat sasaran. Kalau ini hadir pula #IniTentangKita yang mengajak kita semua tentang kesadaran dalam berbagi dan lainnya.

    BalasHapus
  17. Program Dompet Dhuafa yang memedulikan kaum miskin menjadi kewajiban kita untuk bergerak membantu. Tentang Kita ini merupakan program Kesadaran kita sebagai warga membantu mereka yang terkena musibah ya Mbak. Semoga terkumpul donasi 50 M dengan mengajak generasi Z untuk target program Humanesia ini

    BalasHapus
  18. Masya Allah bun berkah selalu yaaa dg prinsip.hidupnya....Dengan berbagi kita takpernah merugi ya bun, Allah selalu beri rejeki tak terduga.

    Dompet dhuafa hadir menjembatani masyakarat yg mau membantu dan yg membutuhkan semoga makin banyak yg membantu dompet dhuafa

    BalasHapus
  19. Semoga apa yang diharapkan Dompet Dhuafa ini bisa tercapai
    Agar semakin banyak membantu sesama yang membutuhkan

    BalasHapus
  20. Masya Alloh, Tabarokalloh. Salut untuk Dompet Dhuafa. Selain memiliki program-program yang bagus, juga mengajak masyarakat ikut berpartisipasi dalam kebaikan. Sukses untuk program kerjanya.

    BalasHapus
  21. Bagus-bagus nih program DD dalam memberikan bantuan, bisa terbagi-bagi dalam beberapa kategori sesuai dengan misinya. Semoga makin banyak yang terbantu dengan adanya Humanesia DD ini.

    BalasHapus
  22. Dompet Dhuafa ini nggak pernah lelah menebar kebaikan untuk sesama. Patut dicontoh. Semoga program-programnya dilancarkan dan sukses ke depannya.

    BalasHapus
  23. Keren dompet dhuafa. Semoga tercapai targetnya.sukses terus n jgn pernah berhenti menebar kebaikan. Aamiin

    BalasHapus
  24. Masyaallah.. jd teringat pesan mamaku mbak klo kita bwrbuat baik utk org lain sejatinya kita bwrbuat kebaikan utk diri kitq sendiri. Kan jd tabungan amal shalih kita ya mbak.
    Keren ya programnya dompet dhuafa bener2 menyasar org yg membutuhkan

    BalasHapus
  25. Sungguh berbagai program baik dan luar biasa yang semoga bisa membantu kita menggapai surga-Nya ya Mak Irul. Alhamdulillah kita bisa berbagi dengan mereka yang membutuhkannya

    BalasHapus
  26. Salah satu organisasi filantropi yang paling membuatku salut adalah DD mba. Selain banyak temanku yang bekerja dan juga relawan DD, kiprah mereka untuk.kemanusiaan memang luar biasa.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.