Bagi Tugas #SuamiIstriMasak Saat Membuat Brongkos Jogja

 



Beberapa kali saya diminta teman yang sedang mencari pasangan hidup untuk mencarikan pasangan. Dan beberapa lelaki tersebut mensyaratkan “ Bisa masak”. Saya sih ga masalah sih dia mau pasang syarat apapun. Itu hak dia. Tetapi sebagai ibu enam anak yang lima diantaranya adalah laki-laki saya selalu bilang “Memasak itu ga cuma perempuan aja yang harus bisa masak. Laki-laki juga kudu bisa masak. Karena itu life skill. Keahlian dasar yang harus dimiliki manusia. Minimal masak sederhana”. Makanya ga heran semua anak laki-laki saya di rumah bisalah masak nasi, goreng tempe, bikin sup sederhana plus nyambel bawang. Serius ini!

Memasak Adalah Kolaborasi keluarga

Suami saya sendiri meskipun ga begitu ahli memasak tetapi beberapa masakannya lumayan enak. Ayahnya anak-anak terlahir sebagai orang Jogja asli. Dan terbiasa melihat di lingkungannya perempuan itu harus bias masak sedangkan anak lelaki bebas bermain. Tetapi setelah belajar islam suami paham betul bahwa suami-istri seharusnya berkolaborasi dalam membangun rumah tangga. Termasuk dalam berbagi urusan domestik, dan memasak salah satunya.



Suami saya suka banget menu berkuah dengan daging. Seperti: tongseng, tengkleng dan brongkos. Nah brongkos ini adalah favorit suami saya. Brongkos sendiri adalah masakan daging berkuah khas Yogyakarta. Bumbunya mirip dengan rawon tetapi ditambahi santan dan kecap manis. Jadi rasanya manis khas kesukaan orang Jogja. Dan untuk brongkos ini mau ga mau yang turun tangan memang suami karena dia yang orang Jogja.

Brongkos itu makanan favorit sang prabu di rumah. Ini kayaknya karena efek si bapak kebanyakan makan brongkos waktu masih kecil. Maklum rumahnya si bapak daerah Patehan deket banget sama warung makan Handayani Alun-Alun Kidul. Warung makan yang menu legendarisnya adalah brongkos koyor itu.

Sudah gitu mendiang ibu mertua saya pinter banget bikin brongkos. Bahkan mama saya yang kalau nyicip masakan sensitif banget (maklum mama puluhan tahun bisnis katering dan rumah makan) bilang Brongkos Bu Broto (ibu mertua) adalah maknyus :). Nah berikut saya bagikan resep brongkos ala saya dan suami.

BRONGKOS

Brongkos Jogja (foto pribadi)


100 gram tahu plempung (tahu yang sudah digoreng)

5 butri telur, rebus

100 gram kacang tolo

200 gram daging sapi, potong kecil-kecil

750 ml santan dari ½ butir kelapa

4 sdm minyak goreng untuk menumis

3 sdm Kecap Manis ABC

10 buah cabai rawit merah, biarkan utuh

3 lembar daun jeruk purut

2 lembar daun salam

2 batang serai, memarkan

2 sendok makan gula merah

3 cm lengkuas, memarkan

3 cm kayu manis


Bumbu Halus Brongkos Khas Jogja (haluskan):

4 siung bawang putih

5 butir bawang merah

3 buah kluwak (direndam air panas sebentar agar lunak saat dihaluskan)

3 buah kemiri

½ sendok teh ketumbar

Garam secukupnya

1 cm kencur

 

Cara Membuat Brongkos Khas Jogja :

1. Rebus kacang tolo sampai empuk

2. Rebus daging sampai empuk, potong kotak

3. tumis bahan bumbu halus hingga terasa harum dan matang, lalu tambahkan gula beserta cabai rawit, daun jeruk, daun salam, lengkuas dan serai.

4. Kemudian masukkan kacang tolo, telur rebus dan daging, lalu aduk sampai merata. Setelah itu, tambahkan santan, lalu masak sampai santan terlihat berkurang.

5. Kemudian masukkan tahu goreng, masak dan biarkan hingga bumbu meresap dan kuah terlihat menyusut.

5. Setelah itu angkat dan Brongkos buatan anda siap untuk disajikan.

Brongkos dengan sosis ala suami (dokumen pribadi)


Biasanya saya dan suami bagi tugas nih. Untuk memotong daging dan merebus daging serta memerah santan itu bagian si bapak. Untuk memotong daging si bapak terlatih saat menjadi panitia Qurban. Sedangkan saya menguleg bumbu dan memasaknya. Dan terakhir nanti bagian mencuci panci dan wajan besar tentu saja si bapak yang tenaganya lebih kuat. hahaha. Jadi sebenarnya #SuamiIstriMasak itu harusnya menjadi bagian dari kolaborasi dalam rumah tangga. Pasti seru banget kalau suami istri masak bareng. Selain meningkatkan bonding juga meringankan beban para ibu yang sudah diriweuhkan dengan pekerjaan domestik lainnya.

Oia rangkaian kegiatan #SuamiIstriMasak ini sendiri sudah digagas oleh Kecap ABC dari tahun 2018 lo. Lalu di tahun 2019 kampanye #SuamiIstriMasak dilaksanakan dalam rangka merayakan Hari Kesetaraan Perempuan. Di tahun 2020 berkolabrorasi dengan salah satu platform edukasi untuk melibatkan anak-anak dalam kampenye Hari Kesetaraan Perempuan. Karena memang anak-anak harus dibiasakan sejak dini melihat bahwa memasak itu bias dilakukan oleh ayah dan ibu bukan ibu saja. Dan tahun 2022 kampanye berkolaborasi dengan Titi Kamal dan Christian Sugiono untuk menekankan pentingnya kolaborasi suami & istri di dapur. Dan kampanye ini sukses besar lo. Dan diikuti oleh banyak pasangan suami istri. Keren ya.

Yuuk para keluarga Indonesia jadikan kolaborasi #SuamiIstriMasak bersama Kecap ABC bagian dari keharmonisan keluarga kita. Oia tulisan ini terinspirasi dari video #SuamiIstriMasak yang dikampanyekan oleh Kecap ABC jangan lupa tonton juga ya videonya di sini



22 komentar

  1. Brongkos tuh aroma kencurnya nikmat ya mba, jadi ada kencurnya ternyata. Aku belum pernah masak ini boleh dicoba deh. Bapak aku suka, ada kacang tolonya yes. Catat dulu ah resepnya...iyaaa aku setuju, laki2 juga tetap harus mau turun dapur^^ keren nih, 1 piring nasgor mauuu yaa hihiii

    BalasHapus
  2. wah, kok aku baru denger brongkos yaa, dari tampilan mirip kayak semur gitu yaa, tapi lebih banyak isinya. kapan2 bisa sih ini dicobain. makasih resepnya maak :D

    BalasHapus
  3. Wah benar ini, masak itu life skill jadi mesti diajarkan pada anak perempuan maupun laki-laki...Sehingga saat jadi suami ini bisa bagi tugas dengan istri. Btw, enak bener ini brongkos pakai Kecap Manis ABC

    BalasHapus
  4. Waa..brongkos masakan favorit keluargaku nih. Beruntung juga anak lanangku udah bisa masakin adiknya kalau pengin dibikinin nasi goreng, omlet, sampai bikin pancake juga bisa hehe..Memang memasak itu jadi skill dasar siapa aja gak tergantung gender ya mak..

    BalasHapus
  5. Setuju sih, bahwa kemampuan memasak tak melulu harus dibebankan kpd kaum perempuan. Lekaki pun jg bisa melakukannya, faktanya cheff ahli justru banyaknya kaum laki2.
    Dengan bahan berkualitas kaya kecap ABC jadi pelengkap cita rasa hidangan favorit keluarga

    BalasHapus
  6. Makasih resepnya Mak, anak2 selesai ujian dan weekend, saatnya buat uji resep di dapur nih, kebeneran belum pernah coba brongkos khas Jogja, Mak

    BalasHapus
  7. Aduh ini brongkos tuh kesukaan aku banget, aku kalau pas ke Jogja tuh haarus banget mampir ke salah satu resto yang punya hidangan brongkos. Tapi ini aku dapat contekan resep dari mak Irul jadi pengen nyobain bikin sendiri.

    BalasHapus
  8. mamahku cukup sering nih masak brongkos, meski aku gak terlalu suka mungkin karena selera ya mak, tapi kakakku doyan banget brongkos

    BalasHapus
  9. "masakannya enakkk pakk,akuu sukaaa bangettt !" coba gimana kalau denger anak-anak memuji gitu pas makan masakan ayahnya? wew..rasanya kaya melayang-layang seneng puas campur jadi satu pastii hahaha :). Masak bareng memang beneran menyenangkan :)

    BalasHapus
  10. Untung biyen suamiku gk ada persyaratan itu wkwk soalnya dia bisa masak. Aku aja baru masuk dapur saat anak2 MPASi krn mau anak makan makanan rumahan. Sejak itu jd lbh akrab ma dapur. Suamiku yg hobi di dapur krn itu healingnya dia🤣
    Seru banget masak bareng pasangan.
    Kecap ABC ini aku bbrp kali dapat dr tebus murah minimarket. Salah satu kecap yg sering ada di rumah jg krn aku kalau masak pasti pakai kecap.

    BalasHapus
  11. suami saya juga lumayan biasa mbak masuk dapur soalnya dulu kan dia sekolahnya di pesantren jadi biasa masak sendiri. masakannya juga bisa dibilang lebih enak dari masakan saya malah. hihi

    BalasHapus
  12. Aku nih suka kalau ada lelaki yang masak di dapur. Tapi ya sekitarku masih anggap dapur bukan tempat laki-laki. Padahal kan memang skill dasar ya buat bertahan hidup. Btw, Brongkos nya kelihatan enak

    BalasHapus
  13. Sluurrp banget masak Brongkos Khas Jogja bareng sama pasangan.
    Setuju untuk kampanye suami istri masak kecap ABC ini mempererat bonding dan memberikan makna lebih terhadap sebuah proses.

    BalasHapus
  14. Iya, memasak bersama suami menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan ya mbak
    Bisa baik untuk kesehatan mental dan menjaga keharmonisan rumah tangga

    BalasHapus
  15. Mba kapan ajak masak ini juga hehe. Jadi pengen nyobain resepnya juga nih. Apalagi ada kecap ABC ya.

    BalasHapus
  16. aku juga sukaaaa Mak Irul.. masak bareng sama Udi jadi makin sering ini di NZ karena ada waktu to do so. Jadi pengen brongkos nih hehehe

    BalasHapus
  17. Percaya atau ngga, masak bareng suami tuh bisa meningkatkan bonding. Apalagi kalau masaknya sukses dan enak, hehehe

    BalasHapus
  18. Keliatan enak ya itu Brongkos. Pengen coba masak juga. Suamiku kadang-kadang aja bantuin masak kalo lagi mood tapi dapur jadi berantakan banget kalo dia masak wkwk.

    BalasHapus
  19. Sepakat mbak, lelaki juga harus dibekali ketrampilan memasak. Saya dulu malah belajar masak dari suami, soalnya saya walau lahir di dekat Jogja, sejak kecil paling anti kerjaan di dapur.

    Ijin simpan resep brongkosnya, ntar kapan-kapan di eksekusi bareng suami

    BalasHapus
  20. Wah asik dapat resep masakan lagi.. kebetulan lagi ngumpulin resep masakan yang simple aku mba.. hehe

    BalasHapus
  21. Anonim14/12/22

    Jadi kepikiran apa dari sekarang aku ajarin anak2ku yg cowok semua masak ya. Hehehe keren banget Bu dan itu resep endul2

    BalasHapus
  22. seru banget ya suami istri masak, pastinya makin happy kalau masak itu membuat kita semakin dekat dengan pasangan kita

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.