Tips Penggunaan Internet Dalam Keluarga

 



Kalau ada yang nanya seberapa penting penggunaan internet dalam keluarga? Jawaban saya penting banget. Dengan syarat pengelolaanya juga benar. Internet itu segala macam ada dan harus digunakan secara benar. Dan para penggunanya harus diedukasi agar bisa mengambil manfaat. Terutama penggunaan internet dalam keluarga. Anak-anak di rumah harus diedukai menggunakan internet secara bijak dan bermanfaat.



Beberapa waktu lalu saya mengikuti kajian khusus muslimah dekat rumah. Biasanya para ibu membawa putra-putrinya yang masih ke kecil ke masjid untuk mengikuti kajian. Dan agar anak-anak itu anteng mereka dipinjami handphone. Yang sering tidak disadari adalah suara dari handphone yang malah mengganggu kajian. Itulah kenapa saya kalau bepergian membawa headphone atau earbud. Ga elok juga sih di dalam masjid suara lagu-lagu dari tiktok menggema ke dalam masjid. Nah berikut sedikit tips saya bagi para orangtua bagaimana penggunaan internet dan gadget secara bijak.



1.     Anak-anak hanya dipinjami gadget milik orangtuanya sebelum mereka berumur 13 tahun. Termasuk memiliki akun social media.

2.     Pelajaran pertama pada anak-anak tentang internet adalah bahwa internet untuk belajar hal-hal bermanfaat bukan untuk yang membawa keburukan. Kalau ada keburukan di dalamnya tinggalkan cari halaman lain.

3.     Terapkan waktu penggunaan. Misalnya setelah dzuhur baru boleh memegang handphone. Tidak ada handphone selama jam belajar. Apalagi saat ini anak-anak sudah belajar offline. Kita bisa menimalisir penggunaan gadget.

4.     Penggunaan internet dibatasi dan setting gadget dengan ‘panduan orangtua’. Termasuk menyetting smart TV dan laptop/PC dengan panduan orangtua.

5.     Penggunaan smart TV yang disambungkan dengan internet sebaiknya tidak di kamar anak. Tetapi berada di ruang tengah atau yang mudah diawasi.

6.     Untuk anak-anak di atas 13 tahun minta mereka berperilaku jujur kepada orangtua dalam penggunaan smartphone mereka.

7.     Bantu anak-anak yang sudah mencapai usia 13 tahun untuk membuat akun social media. Kenapa harus dengan bantuan orangtua. Social media harus dipandu oleh orang dewasa yang mengerti cara penggunaannya. Karena jika tidak, anak-anak akan belajar pada temannya yang belum tentu mereka juga paham penggunaannya dengan benar.

8.     Penggunaan internet yang terpusat lebih baik jika untuk di rumah. Ini memudahkan control orangtua.

Selama ini kami menggunakan internet yang terpusat pada satu device dan di tetheringkan ke device lain. Jika menggunakan ponsel sebenarnya ini bisa menyebabkan ponsel overhead lho. Tidak aman untuk kesehatan handphone kita. Saran sih menggunakan MiFi.

Saat ini sudah banyak provider yang menawarkan wifi mobile untuk pengguna internet. Salah satunya MiFi Wifi HKM 21. Berikut beberapa keunggulan Mobile wifi dari MiFi HKM 21 ini.

1.     tampilan LCD 144’ yang interaktif dan elegan berwarna hitam yang mewah.

2.     LTE kategori 4 yang mendukung kecepatan download hingga 150 Mbps. Dan upload hingga 50 Mbps.

3.     Fitur bypass, yang mendukung penggunaan MiFi dengan battery yang dilepas dan membantu keawetan battery wifi mobile kita.

4. Tersedia web UI. Ini memudahkan kita untuk mengganti password dan mengawasi penggunaan. Termasuk mengecek pengguna dan mengubah SSID.

5.  Unlock all operator. Artinya bisa digunakan berbagai macam sim card dari semua operator. Sehingga lebih banyak pilihan disesuaikan dengan area kita tinggal.

6. Battery dengan kapasitas 2050 MaH dan dapat digunakan hingga 9 jam pemakaian.

7. 10 Devide. Artinya bisa digunakan untuk penambatan 10 device. Produktif sekali ya ini si MiFi

8. Praktis dan fleksibel. Sangat mudah dibawa. User friendly dan berbentuk traveling pack sehingga bisa diselipkan di tas/saku untuk bepergian.

9.     Tersedia paket bundling dengan provider XL dan Telkomsel.


 

Itu sih beberapa keuntungan saat memilih MiFi HKM 21 menurut saya. Dan tentu saja harganya sangat terjangkau untuk sesuatu yang bisa digunakan untuk satu keluarga. Tak hanya itu bisa digunakan juga saat kita meeting bersama teman-teman. Karena kemampuannya ditambati hingga 10 device.

23 komentar

  1. Sebaiknya memang pakai wifi di rumah dan mifi kalau keluar biar kerja ponsel ga overload, ya

    BalasHapus
  2. Kece banget nih produk Telkomsel Mifi HKM 21 buat kita internetan cepat wuzzz3x bareng keluarga. Keunggulannya banyak sekali. Jadi kepengen punya juga, Iya pengunaan gadget mesti disesuaikan dengan usia, situasi, kondisi serta kebutuhan.

    BalasHapus
  3. Jaman sekarang internet penting banget. Bayar listrik aja pakai mobile otomatis internet digunakan. Jaringan harus kuat kaya WiFi Telkomsel

    BalasHapus
  4. Internet portable yang fleksibel banget ini. Kecil, mudah dibawa-bawa, daaan ga tergantung colokan listrik. Cocok buat yang beraktivitas dari mana saja, terutama menggunakan banyak jaringan internet buat bekerja.

    BalasHapus
  5. Bagus juga ya jadi inget jaman dulu pake WiFi portable dan modem - tapi sebelum ada WiFi rumah, tapi dulu kan ga bisa sampe 10 device dengan kekuatan penuh, yang ada mah isi 100 ribu udah habis dipake anak 4 buka youtube!

    BalasHapus
  6. Anak saya TK udah minta dibelikan ponsel karena melihat temennya yang seumuran sudah dibelikan ponsel oleh ortunya. Lingkungan & pergaulan memang berpengaruh banget ya ke anak. Tapi seperti yang mba ulas, prinsip saya juga sama, sebelum 13 tahun ya nggak akan dikasih smartphone dulu.

    BalasHapus
  7. Penting banget internet jaman Now, jadi keinget modelnya sama kek model.jaman awal2 booming internet masuk rumah sblm wifii. Fleksibel dan bermanfaat ya makk

    BalasHapus
  8. Meski sudah ada home wifi tetap penting punya mobile wifi ini. Soalnya kita kan ga ngadem aja di dalam rumah. Tetap ada pergi2nya hehehe. Mifi telkomsel, aku percaya jaringannya bisa diandalkan.

    BalasHapus
  9. Banyak juga kelebihan MiFi HKM 21 ya mba, bisa digunakan untuk 10 device gini yang bikin hepi. Apalagi bisa juga untuk SIM card apa aja, jadi lebih fleksibel. Yang pasti sih bisa dibawa keluar kota ya kalo lagi jalan jadi tetap aman Internetan nya, hihihi

    BalasHapus
  10. Wah, mantap banget ini Mifi HKM 21. Kecil kecil tapi bisa buat sharing lbh dari 5 pengguna ya.
    Makasih tipsnya mbak. Alhamdulillah sejauh ini ada batasan waktu penggunaan gadget untuk anak.

    BalasHapus
  11. Aku meski bawa ponsel pas ada acara ngaji atau di musola, tetap gak ngasih anak main HP. Memang anteng, tapi nanti kebiasaan. Mending alihkan ke hal lain atau kadang Bocil ditinggal di rumah. Biar gak ganggu orang lain juga

    BalasHapus
  12. Oke banget kalau bisa digunakan oleh 10 device. Kalau kondisi sekarang, internet emang wajib banget digunakan untuk mendukung kinerja sehari hari ya mba

    BalasHapus
  13. Anakku nih ya mba Kalo wifi di rumah bermasalah bisa bisa uring-uringan dan bingung mau ngapain, jaman sekarang memang gak bisa lepas dari internet ya

    BalasHapus
  14. Wah banyak ya manfaat MiFi HKM 21 ini. Mana bisa dipake buat banyak gadget pula. Jatuhnya jadi murah ya. Duh jadi galau, apa aku beli ini juga, ya. Perlu sih. Hmmm... kudu konsul dulu nih sama bapaknya anak-anak. :D

    BalasHapus
  15. Memberikan anak gadget saat ini seperti sebuah kebanggaan ya. Seolah mereka mampu padahal jika tidak bisa mengaturnya secara tidak langsung mereka sudah menjerumuskan anak dalam hal ketidak baikan.

    BalasHapus
  16. Inget banget nih modem wifi kayak gini yang menemaniku saat baru pertama berselancar di dunia maya. Praktis ya bisa dibawa ke mana-mana dan kuotanya besar.

    BalasHapus
  17. Untuk saya yang tinggal di daerah yang kekuatan sinyal tiap provider tuh berbeda-beda, pastinya butuh banget yang namanya MiFi yang bisa unlock all provider gini. Jadi gak khawatir deh kalau mesti ganti kartu provider yang sesuai dengan yang paling kuat sinyalnya di situ.

    BalasHapus
  18. Di era digital seperti ini, internet adalah kebutuhan utama
    Aku jadi pengen punya modem ini
    Biar lebih memudahkan saat bekerja dari mana saja

    BalasHapus
  19. Bisa nyambung ke 10 device sekaligus ini asik banget yaa..
    Karena kalau teethering HP, kebayang deh.. panasnya si gadget bekerja keras. Kudu banget pakai MiFi Wifi HKM 21 untuk internet keluarga.

    BalasHapus
  20. Modemnya boleh jg nih, praktis yaaa buat dibawa2 juga.
    Duh iya nih anak zaman skrng gak bisa lepas dr gadget, makanya ortu kudu teges. Platform kek Tiktok jg nih bagai pisau bermata dua, di satu sisi bikin anak kreatif, tapi di sisi lain malah bikin anak2 gak konsen belajar dan ganggu ketertiban kek cerita di masjid itu.
    Kalau anak2ku aku yang bikinin sosial media cuma buat menyimpan karya mereka :D
    Mau pakai HP kudu izin dan diawasin. Sejauh ini mereka hanya buka Canva ma YouTube isinya Sakura2 haha :P.

    BalasHapus
  21. Boleh juga nih mifi-nya, bisa untuk 10 device sekaligus. cucok kalau pas dibawa bepergian bareng keluarga besar gitu ya. Jadi hemat biar ga perlu masing2 isi paket data, bisa memangkas pengeluaran keluarga kaaan...

    BalasHapus
  22. kecil banget yaa, enak buat dibawa ke mana-mana. yang pengajian, kadang orangtua juga bingung ya, mau ninggalin anak gak ada yang jagain. tapi dibawa bingung juga gimana biar mereka anteng, pilihannya mentok di gadget jadinya, huhu.

    tapi itu mungkin karena mereka belum tau caranya menenangkan anak tanpa gadget sih ya. sekali-sekali adain kajian tentang ini kali ya, gimana menenangkan anak tanpa gadget, ihihi

    BalasHapus
  23. makasi ummm udah nulis tips ini karena emg perlu bgt pengawasan pada anak2 terutama yg bersinggungan dengan sosmed. Harus bijak dan tegas juga untuk penggunaan gadget dan screen time nya mereka

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.