Tema Parenting Untuk Artikel Blog Dalam Sebulan

 


Mumpung bulan November 2022 ini masih tersisa beberapa hari lagi nih. Lumayanlah buat ngelist artikel parenting. Jangan ngaku #bloggerparenting di bio tapi ga pernah nulis parenting kecuali karena job. Duagh, ini ngomong ke diri sendiri ygy. Hahaha. Nah, ini saya kasih sedikit list nih untuk para blogger parenting. Agar nanti blognya di tahun 2023 nanti beneran nichenya ‘Parenting’. Etdah, bagus bener nasihat saya.


Tadinya, pas awal-awal ngeblog saya juga rajin sih bikin listing tentang tema parenting yang kudu saya tulis. Bahkan dulu (dulu ygy) saya punya jadwal setiap Rabu nulis parenting. Setelah beberapa purnama berlalu kebiasaan nulis parenting setiap Rabu itu berganti sesuai mood. Hahaha. Sekarang saya rutin nulis bertema parenting minimal setiap Ahad sih. Minimal sepekan sekali saya punya artikel parenting  or parenteen di blog tercinta ini.

Nah, ada sedikit saran sih untuk teman-teman bagaimana memulai membuat list bertema parenting untuk dijadikan artikel di blog. Saran saya sih:

Dimulai dari sesuatu yang familiar dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya kita masih hamil or menyusui. Nah bisa tuh dibuat tema. Pekan pertama: merawat kulit di saat hamil trimester pertama. Jika kita masih menyusui bayi bisa dibuat tema-tema yang berkaitan dengan menyusui. Mulai dari: perawatan payudara saat hamil, mengatasi bengkak payudara, mengatasi gigitan bayi pada puting, etc. tuh udah berapa aja. Masalahnya memang membagi waktu antara menulis dengan merawat bayi itu beneran menguras energy. Mau gam au memang harus dibuat jadwal khusus dan mengatur waktu sebaik mungkin.

Berikut saya kasih sedikit list tema parenting yang bisa ditulis dalam sebulan oleh para blogger parenting.

-Kisah Kelahiran anak-anak kita. Mungkin beberapa anak tertua terlewat nih ceritanya. Nah untuk teman-teman blogger yang sedang hamil bias nih ditulis kehamilan dan kelahiran anak yang sekarang. Saya sendiri hanya sempat menuliskan beberapa kisah kelahiran Miqdad. Sedangkan abang-abangnya yang lain sudah lahir saat saya memulai aktif menulis di blog ini.

-Perlengkapan Tas bayi untuk kelahiran. Ini sering nih ditulis. Tetapi setiap orang berbeda. Tulis hal unik yang ada di setiap tas kita saat dibawa ke RS.

-Mandi Pertama Bayi. Ini pasti lucu kalau ditulis di blog.

-Memperkenalkan Hewan Peliharaan ke Bayi dan anak-anak.

-Produk Bodycare untuk bayi. Setiap keluarga beda-beda kan preferensinya. Mulai dari harga dan kualitas.

-Tips agar bayi tidur sepanjang malam. Ini kayaknya dibutuhkan oleh banyak ibu baru.

-Pro dan Kontra dari Tidur bareng ayah ibu dan memisahkan bayi saat tidur dari orangtuanya. Ini kayaknya bakalan seru kalau ditulis. Hehehe. Ini bukan berarti saya ngajak ‘mom war’ ya.

-crita tentang kenaikan berat badan saat hamil. Ada ibu hamil yang naiknya drastic ada juga yang biasa aja.

-Pengalaman Popok Sekali Pakai/Kain. Mumpung lagi banyak endorse-an popok nih. Hahaha.

-Aktivitas menstimulasi Bayi yang sesuai dengan teorinya John Piaget, misalnya. Rajin bener ini.

-Ide Perawatan Diri untuk Ibu Baru. Atau perawatan diri tradisional bagi ibu hamil. Kan setiap daerah beda-beda tuh.

-Cara Bertahan Tumbuh Gigi bagi bayi.

-Makanan Padat Pertama Bayi. Ini pasti sering ditulis oleh blogger parenting. Ya ga papa ditulis lagi. Toh buat jurnal keluarga tetap seru kok ditulis. Nanti dibaca saat anak-anak sudah gedhe tetap seru kok.

-Menjaga berat badan bayi pada garis aman. Ini bisa diceritakan nih di blog.

-Resep Makanan Bayi Sehat

-Mencari penyewaan baju/Kostum untuk acara Kartinian di kota kita misalnya.

-Tips bertahan dari Hari Pertama Penitipan Anak

-Pengalaman vaksin pertama anak, misalnya. Pasti seru ditulis.

-Apa yang Harus Dilakukan Saat Bayi Anda Demam. Ini sering sih ditulis tetapi pasti setiap orangtua beda-beda nih treatnya. Apalagi saat isu larangan beredarnya beberapa obat demam di Indonesia akhir-akhir ini.

-Dot pada anak: alas an kita menggunakan/tidak menggunakan dot, misalnya

-Tips Bepergian Dengan Bayi. Atau tips mengajak bayi mudik.

-Menjadi Produktif Saat Bayi/anak kita Tidur Siang

-Aplikasi Perkembangan Bayi. Ini pernah saya tulis juga di blog. Aplikasi yang membantu dalam perawatan bayi. Lumayan sih dulu, nulis itu dapat gadget, eh. Hahaha, Alhamdulillah.

-Makanan Bayi Buatan Sendiri vs. Dibeli di Toko. Versi kita dan yang ga perlu jadi ajang mom war juga ya, please.

-Obat Ruam Popok Favorit. Bahkan saya pernah menulis beberapa produk yang berbeda di blog ini. Maklum tulisan pesanan, eh.

-Tips Meningkatkan ASI dengan cara alami, misalnya.

-Cara Membersihkan Botol dengan Benar.

-Tips Menyusui

-Tips/Rekomendasi Menindik telinga pada bayi perempuan, misalnya

-Peringatan Tanda Depresi pasca persalinan dan kelahiran bayi. Ini bias jadi tulisan yang deep writing lo.

-Tips Tetap seimbang antara ibadah, menikmati hidup dan merawat bayi, misalnya. Ini perlu nih dibagikan ke para orangtua baru.

Tuh udah berapa aja tema parenting yang bias ditulis dalam sebulan. Hayuklah sana. Jangan Cuma dibaca dan disimpan. Langsung ditulis. Hahaha. Katanya ‘Blogger Parenting’, eh gimana.

 

2 komentar

  1. Jadi inget, dulu waktu lahiran Aqla semua ditulis ahahaha. Sekarnag kalau mau mengenang tinggal baca aja ^^. Makasih idenya mbak,mayan buat bahan tulisan

    BalasHapus
  2. Banyak banget ya ternyata. Kalau anak-anak saya sendiri sebenarnya malah jarang ditulis, tapi dari teori-teori parenting yang ada. Tapi okelah tips-tips atau ide menulisnya.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.