Membangunkan Inner Strengh Anak Untuk Mengembangkan Potensi Terbaik Mereka

 


Sebagai keluarga homeschooler banyak orang mengira anak-anak saya pasti bebas menyalurkan minat dan bakat mereka tanpa mengikuti aturan. Ini kadang-kadang bikin mesem-mesem kalau udah diskusi dengan orangtua lain. Padahal anak-anak homeschooling malah banyak yang jadwalnya juga padat tetapi memang mereka memiliki kebebasan dalam memilih hal-hal yang mereka sukai di luar pelajaran akademis.



Kalau di beberapa artikel yang saya sharing di blog ini jarang saya cerita tentang si Zoe. Nah kali ini saya mau sedikit sharing gimana saya mengasuh Zoe/12y. Si Zoe ini anaknya pendiam bahkan lebih suka menyendiri baca buku atau main game di komputer. Pelajaran favoritnya tentu saja matematika dan geometri. Pokoknya segala yang berbau sains dan hitung-hitungan dia suka banget. Zoe menyukai matematika karena ga perlu banyak ‘berbicara’ di depan khalayak ramai. Bahkan saya terhitung mudah mengajari si Zoe ini. Pokoknya anaknya mudah paham apa yang diajarin tutornya. Dia bahkan sering membuat aneka percobaan dan merakit segala macam hal-hal berbau elektrik dan robotik dengan panduan youtube. Agak-agak bikin deg-deg an juga sih kalau ini. Hahaha.

kelas coding online yang diikuti oleh Zoe


Saat ini sih selain belajar pelajaran umum yang diwajibkan untuk anak-anak setara Sekolah Dasar Zoe juga mengikuti kelas esktrakurikuler. Zoe mengikuti kelas robotik secara offline dan kelas coding online. Untuk dua hal ini anak ini bisa dibilang antusias banget. Bahkan dia mudah banget paham apa yang diajari tutornya. Cukup dipandu sekali langsung jaya-jaya-jaya gitulah. Hahaha. Padahal jujur saya ga ngerti blas apa yang dia kerjain. Huhuhu. Ibu macam apa aku ini.

Kecerdasan Majemuk



Sebenarnya sebagai ibu jangan terlalu sedih jika kita tak memahami apa yang diinginkan anak. Atau bahkan menyadari betapa anak berbeda dengan kita saat kita kecil dulu. Kalau katanya Howard Gardner yang memperkenalkan “Kecerdasan Majemuk (Multiple Intellegence)” setiap anak itu istimewa dengan kecerdasan masing-masing. Bahkan beberapa anak memiliki kecerdasan yang bisa saja berbeda jauh dengan orangtuanya yang dia dapat dari genetis buyutnya dulu dan baru muncul di anak kita. Makanya ga perlu sedih jika minat dan bakat anak itu berbeda dengan kita sebagai orangtua. Mereka tetap istimewa. Kalau katanya leader BTS sih “ Even if you’re not perfect you’re limited edition” eaaa. Masya Allah. Bener banget, meskipun anak-anak kita tidak sempurna mereka adalah limited edition. Satu-satunya di dunia.

Kalau  mengikuti teorinya Howard Gardner sih ada delapan kecerdasan yang dimiliki manusia:1 Kecerdasan matematika-logik, 2. Kecerdasan linguistik-verbal, 3.Kecerdasan kinestetik,4. Kecerdasan musikalis ritmis, 5. Kecerdasan naturalis, 6. Kecerdasan Interpersornal, 7. Kecerdasan intrapersonal, 8. Visual-spasial.

Beberapa robot yang sudah dirakit Zoe



Sebagai ibu biasanya kita lebih mudah melihat dan mengamati kecenderungan anak terhadap suatu hal. Dan ini membantu banget dalam menstimulasi minat dan bakatnya lo. Nah yang seru lagi sebenarnya dengan memahami kecenderungan anak terhadap suatu hal kita bisa menstimulasi inner strength anak.

Apa itu Inner Strenght?



Inner strength atau kekuatan baik adalah kekuatan mental yang tercermin pada karakter yang baik pada diri anak. Dan menariknya Inner Strength dapat diasah dan dilatih oleh lingkungannya terutama oleh orang terdekat seperti keluarga. Sejak 2019 Biskuat Indonesia mendukung Kekuatan Baik Dari Dalam diri Anak Indonesia Bersama Kementrian Pemuda dan Olahraga (kemenpora). Biskuat Indonesia dengan dukungan penuh kementrian Pemuda Dan Olahraga mendirikan Biskuat Academy yang membantu anak Indonesia memunculkan kekuatan baik dari dalam diri mereka.

Anak-anak adalah jiwa-jiwa yang murni. Mereka terlahir dengan sifat-sifat baik yang seharusnya bisa berkembang dan membawa kebermanfaatan untuk umat manusia. Sebagai orangtua kita punya kewajiban untuk mengawal karakter positif tersebut agar muncul ke permukaan dan menjadi karakter anak. Dengan karakter yang baik anak-anak bisa mengembangkan kecerdasan yang mereka miliki dan mengembangkan potensi terbaik yang mereka miliki.

Saat ini putra saya Zoe sendiri selain mengikuti kelas robotic dan coding dia mengikuti ekstrakurikuler sepak bola di lapangan Semail Bantul, dekat rumah kami. Saya mendukung penuh minat Zoe pada dunia olahraga sepak bola ini karena saya percaya bahwa sepak bola dapat mengembangkan berbagai kekuatan baik dari dalam (inner strength) anak, seperti berani, percaya diri, baik hati, dan tangguh, saat berinteraksi dengan orang lain maupun diri sendiri.

Inner Strenght Bisa Diasah

Dan ini sesuai dengan teori belajar yang dirilis Albert Bandura tentang “ Teori Belajar Sosial (Social Learner)” bahwa tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh kehidupan sosial dan lingkungan anak. Dengan mengikuti kelas sepak bola Zoe belajar berkolaborasi, bersikap sportif dalam bertanding, pantang menyerah, berpikir positif, terbiasa mengikuti aturan dari pelatih dan mendengarkan saran orang lain dengan penuh perhatian. Dan dengan terlibat dalam dunia olahraga yang kompetitif Zoe juga bisa menghargai kemenangan dan kekalahan dalam pertandingan dengan lebih legawa. Istilah orang Jogja “Menang tanpa ngasorake” Menang tanpa merendahkan. Sikap baik yang memang harus dimiliki anak untuk berkolaborasi dengan kecerdasan masing-masing anak.

BISKUAT ACADEMY

Oia untuk para orangtua yang anak-anaknya memiliki minat terhadap dunia sepak bola bisa nih bergabung dengan Biskuat Academy. Biskuat Academy adalah kampanye yang digagas oleh Biskuat Indonesia dalam upaya mengembangkan Kekuatan dari Dalam dan mencapai mimpinya.

Kelas Biskuat Academy sendiri berisi kelas khusus mulai dari peningkatan keterampilan sepak bola dari pelatih berlisensi UEFA A sebagai persiapan untuk menjadi pemain bola masa depan, hingga bertemu pemain profesional dari Tim Nasional Sepak Bola Indonesia. Ini bisa membantu mimpi anak-anak Indonesia untuk menjadi bagian dari TimNas Indonesia lo. Apalagi saat ini masyarakat dunia sedang menikmati pesta World Cup 2022 yang tentu saja menambah motivasi para pesepakbola cilik untuk turut serta menjadi bagian dari kemeriahan warga bola internasional. Pasti seru nih kalau anak-anak bisa belajar teknik menggocek bola secara langsung ke ahlinya.

Sekolah Bola Online BISKUAT ACADEMY 2022

Biskuat Academy sendiri sudah berlangsung setiap tahun sejak 2019. Dan tahun 2022 Sekolah Bola Online BISKUAT ACADEMY 2022 ini sudah dimulai lo. Ada beberapa keuntungan yang bakal didapatkan anak saat mereka mengikuti Biskuat Academy:

1.     Belajar teknik sepak bolah dengan pelatih bersertifikasi UEFA A

2.     Belajar langsung dengan pemain tim nasional Indonesia

3.     Memenangkan tur ke stadion di Eropa dan hadiah menarik lainnya

4.  Mendapat e-sertifikat untuk seluruh peserta dan untuk finalis mendapat sertifikat fisik yang ditandatangani oleh kemendikbud dan kemenpora.

 Cara bergabungnya gampang banget lo




Yuuk para orangtua ajak anak-anak kita bergabung dengan Biskuat Academy agar memunculkan inner strength terbaik anak dan mewujudkan impian mereka. Yuuk tonton dulu video latihan bola ini 



 Artikel ini diikutsertakan pada lomba KEB X Biskuat Academy

25 komentar

  1. biskuat, camilan kesukaanku semenjak kecil :D rasanya ga pernah berubah

    BalasHapus
  2. Inner strength dapat mengembangkan potensi terbaik anak. Sebagai orang tua tentunya kita mesti melihat hal-hal apa saja yang anak suka dan minati. Jika dia senang main sepak bola, masukkan ke klub sepak bola. Nah, kebetulan ada program Biskuat Academy 2022 ya mbak. Apalagi hadiahnya menarik semua. Kudu lekas daftar nih siapa tau rezeki bisa berkunjung ke stadion bola internasional :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya loh hadiahnya menarik bangeeett... bisa tur ke stadion yang digunakan oleh superstar sepak bola uwuwuuu... siapa yang ga pengin yaaa

      Hapus
  3. Inner strength atau kekuatan batin anak sangat berguna sebagai pijakan untuk menjalankan kehidupannya, baik sebagai individu atau sosial. Dan membangun inner strength anak adalah tugas orangtua ya

    BalasHapus
  4. Masya Allah ... dengan ibu yang paham keistimewaan tiap anak, in syaa Allah inner strength anak berkembang dengan baik. Btw ... kesadaran mengenai "menang tanpa merendahkan: ini penting. Kalau lihat kompetisi di tivi atau YouTube yang mana pemenang menyoraki atau mengejek yang kalah itu jelek banget ditiru. Harusnya pemenang kasih lihat sikap yang baik supaya yang nonton bisa mencontoh.

    BalasHapus
  5. Kalo bisa makin menguatkan inner strengh anak melalui biskuat academy berarti potensi anak di bidang olahraga sepakbola wajib banget didukung ya mba, biar makin semangat

    BalasHapus
  6. Saya baru tau tentang inner strength ini. ternyata olahraga gak cuma bermanfaat untuk olah fisik yaa.

    BalasHapus
  7. Iya padahal homeschooling juga padat banget yah materi dan kurikulumnya. Pokoknya tiap anak tuh unik deh. Jadi kita sebagai orang tua juga perlu menemukan inner strength anak untuk mengoptimalkan minat bakatnya.

    BalasHapus
  8. Mantep yaa programnya, bisa melatih bakat sekaligus mengasah inner strength yang ada pada diri anak-anak. Ini bakal jadi pondasi kekuatan mereka sampai dewasa nanti yaa

    BalasHapus
  9. Suka banget sama kata-kata leader BTS “ Even if you’re not perfect you’re limited edition”. Intinya menurutku, agar kita tetap bersyukur, dan melihat suatu kekurangan sebagai suatu kelebihan ya mbak.

    Yuk dukung terus anak kita dengan minat baiknya, termasuk dalam hal olahraga, bisa kita arahkan untuk ikut program Biskuat Academy 2022 itu ya, misalnya.

    BalasHapus
  10. Zoe kecerdasannya di atas rata-rata ya kalo melihat gimana dia bisa cepat menangkap materi pelajaran. Setuju banget mba, anak itu terlahir suci dan orang di sekitarnya terutama orang tua yang akan membantu dia menjadi orang dewasa yang baik nantinya. Dan kalo gabung di Biskuat Academy ikut belajar beragam keahlian bermain bola ya mbak

    BalasHapus
  11. Keren sekali program Biskuat Academy ini
    Bisa ya mendaftar sekolah bola online
    Biskuat Academy mendidik para pemain sepakbola yang berprestasi sekaligus berkarakter ya mbak

    BalasHapus
  12. Setiap anak itu unik ya, limited edition. Yes setuju banget. Sebagai orang tua, kita bisa pantau sekiranya minat bakat anak di mana agar bisa kita berikan support terbaik untuk mengembangkan inner strength nya. Zoe mau ikutan biskuat academy kah?

    BalasHapus
  13. MashaAllah~
    Rejekin banget ya, kak..punya anak yang JAYA JAYA JAYA, hihii..
    Rasanya memang jadi penyemangat ibunya juga untuk semakin menumbuhkan dan mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki. Dengan bergabung di Biskuat Academy 2022, maka semakin menyeimbangkan bakat akademik dan non-akademiknya.

    MashaAllah~

    BalasHapus
  14. Mbak dirimu keren banget, anak-anak homeschooler dan mesti beda potensi bisa berkembang sesuai apa yang jadi kekuatannya. Salut akutuuu
    begitu juga pada Biskuat Academy yang bertujuan memunculkan inner strength terbaik anak dan mewujudkan impian mereka.

    BalasHapus
  15. Kita sebagai orangtua wajib banget ya, mendukung inner strength yg ada dalam diri anak.

    Di Biskuat Academy, keren juga ya, bisa mengasah inner strength anak-anak.

    BalasHapus
  16. Seru banget ya mak kalau melihat anak bisa bermain dan melakukan hal yang disukainya seperti bermain bola, dengan begitu kita juga bisa membantu untuk mengembangkan potensinya. Dengan adanya Biskuat Academy ini juga bisa memacu semangatnya ya.

    BalasHapus
  17. Kegiatan olahraga memang banyak manfaatnya. Gak hanya untuk fisik. Apalagi olahraga tim seperti sepakbola. Mengajarkan anak untuk bisa bekerjasama juga

    BalasHapus
  18. Waah...udah mulai ikut kelas robotik. Kereen bangett, Mak.

    Btw, biskuat academy bikin emak2 semakin semangat dorong inner strength anak yaa.

    BalasHapus
  19. Anonim27/11/22

    biskuat academy ini membantu banget ya, mbak dalam mengasah bakat sepakbola anak. apalagi hadiahnya juga keren bisa berkunjung ke stadium di luar negeri

    BalasHapus
  20. Seneng deh Mak dengan adanya Biscuat Academy ini sepertiny akan ada lebih banyak anak Indonesia yang berkesempatan untuk mengukir prestasi di bidang non academic. Semoga semakin banyak program-program serupa :))

    BalasHapus
  21. program yang bagus banget yaaa mba... dengan dukungan yang solid seperti ini bisa membantu memajukan dunia persepakbolaan kita kelak dan juga berbagai cabang olahraga yang lain

    BalasHapus
  22. Masya Allah.. setuju sekali anak2 harus punya inter strange kekuatan dalam diri yang dibentuk sejak dini ya. Acara biskuit akademi ini kerennn juga banyak hadiahnya mantap

    BalasHapus
  23. Anakku dulu pernah ikut tes mbak, biskuat academy tapi gak lolos. Ini peminatnya banyak banget

    BalasHapus
  24. Huaa aku baru ngeh ada anak Mak Irul yang namanya Zoe. Mantap ya suka matematika dan geometri. Setiap olahraga memang sebaiknya didukung ya Mak. Apalagi sepakbola yang punya banyak manfaat

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.