Rembuk Komunitas, Bergerak Bersama Sukseskan Merdeka Belajar

 

Merdeka Belajar

Bisa dibilang metode pendidikan dan pengasuhan anak itu terus berkembang. Ini sesuai sih dengan teori paradigma pendidikan. Ciye, teorinya keluar ( mbenerin tesis dulu hahaha). Sebagai mahasiswa pascasarjana jurusan pendidikan saya sendiri juga merasa banget bahwa pendidikan itu berkembang terus. Baik teorinya, metodenya bahkan interkoneksi antar teori itu keliatan banget sekarang ini. Ini sebenarnya surga banget bagi para penuntut ilmu. Hehehe. Apalagi bagi anak-anak dan juga orangtua. apalagi saya praktisi homeschooling mandiri sangat butuh suport komunitas. Makanya saya senang banget bisa bergabung dengan Sidina, komunitas yang menjadi salah satu bagian dari program Kemendikbud di Merdeka Belajar.



Nah kemarin untuk memperingati Hari pendidikan nasional Kemdikbund dan Komunitas Merdeka Belajar mengadakan Rembuk komunitas. Mengangkat tema Bergerak Bersama Berdaya Bersama. Diadakan pada hari Selasa, 24 Mei 2022, Pukul 13.00 WIB – Selesai berlangsung offline dan juga online via zoom dan streaming di Youtube. Pembicara Utamanya adalah mas mentri Nadiem Makarim (Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia). Serta beberapa Narasumber, yakni

• Barry Mikhael CS, Content Manager Platform Merdeka Mengajar

• Titien Suprihatien, SMPN 11 Kabupaten Batanghari Jambi

• Rafid Mahlul, Leader Projects NGO Internasional

• Muhammad Faisal, Fasilitator Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MKBM)

• Mona Ratuliu, Founder ParenThink

• Rosa Adelina, Ketua Program Ibu Penggerak

 


Tujuan diadakannya Rembuk Komunitas ini adalah untuk mendorong aksi kolaboratif serentak dari kalangan guru, mahasiswa dan orang tua dalam memberdayakan program Merdeka Belajar Kemendikbudristek demi meningkatnya mutu pendidikan di Indonesia

Selain itu untuk mensosialisasikan program Merdeka Belajar secara masif hingga keakar rumput. Juga untuk menyebarluaskan informasi yang tepat dan terpercaya terkait kebijakan-kebijakan Kemendikbudristek, khususnya terobosan Merdeka Belajar. Agar program-program bagus dari kemdikbud tersampaikan juga secara luas ke masyarakat nih.



Kegiatan ini sendiri merupakan bagian dari kegiatan rembuk komunitas yang menjadi salah satu rangkaian perayaan HARDIKNAS 2022. Dan event ini diinisiasi langsung oleh Komunitas Merdeka Belajar yang terdiri dari Komunitas Kami Pengajar, Komunitas SIDINA & Komunitas Pemuda Pelajar Merdeka sebagai bentuk forum silaturahmi bersama untuk mendorong program Merdeka Belajar demi tercapainya Sumber Daya Manusia yang unggul. 

Saya sendiri sudah bergabung nih di komunitas Sidina. Kebetulan komunitas Sidina ini digagas oleh salah seorang blogger yang saya kenal sebagai seorang pegiat pendidikan yakni mbak Suzie.

Dan saya juga sudah terdaftar nih untuk mengikuti pelatihan Ibu Penggerak bersama Sidina untuk bulan Juni besok. Yang nantinya Ibu Penggerak ini akan belajar dan juga mensosialisasikan program Merdeka Belajar.

Banyak manfaat nih kalau kita bergabung dengan Komunitas Merdeka Belajar ini sebenarnya. Antara lain sih: banyak ilmu & pengalaman yang didapatkan serta saling suport dengan para ibu penggerak yang lain terutama dalam pengasuhan anak. Sidina sendiri bagian dari Komunitas Merdeka Belajar dyang digagas oleh Kemendikbud saat ini.

Hayuklah para ibu bergabung dengan Sidina. Kita belajar bareng dan saling memotivasi untuk mengasuh anak dengan baik.

21 komentar

  1. forum komunitas seperti ini membantu banyak orangtua untuk memfasilitasi anak dalam hal pendidikan

    BalasHapus
  2. Rembuk komunitas, menarik, karena dengan bergerak bersama akan sukses pasti Merdeka Belajar ini. Tertarik saya dengan Sidina, apalagi misi Ibu Penggerak ini akan belajar dan juga mensosialisasikan program Merdeka Belajar. Keren dan inspiratif

    BalasHapus
  3. Akan banyak ilmu yang didapat dengan bergabung bersama komunitas ini ya. Berharap juga semoga tahun-tahun ke depan, mutu pendidikan di Indonesia semakin meningkat.

    BalasHapus
  4. Yup, kurikulum memang terus berkembang karena mengikuti perkembangan zaman. bagus juga sih program merdeka belajar ini kalau sudah bisa diimplementasikan oleh sekolah-sekolah, karena fokusnya pada siswa semua

    Gimana cara gabung di Sidina mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sepertinya menarik bergabung bersama di Sidina. Bagaimana cara bergabungnya mbak ?

      Hapus
  5. Wah keren banget yah Rembuk Komunitas ini. Cocok buat praktisi homeschooling yang Merdeka Belajar. Gimana nih caranya gabung Sidina mba? Kok jadi kepo hehe.

    BalasHapus
  6. Wah keren ya sekarang sudah ada komunitas yang support penuh pendidikan anak dan membantu orangtua untuk memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya terutama akses fasilitas pendidikan yang maksimal agar anak-anak bisa belajar dengan nyaman, jadi ngak sabar ingin gabung dengan komunitas Sidina agar lebih banyak tahu tentang Merdeka Belajar.

    BalasHapus
  7. Lomunitas yang sangat bermanfaat nih. Karena ketika gabung kita bisa dapetin ilmu, pengalaman dan lainnya, terutama di bidang pendidikan.

    Yes, setuju banget kita harus mensukseskan merdeka belajar. Terus mdngimbangi perkembangan zaman dan metode belajarnya. Krena setuap tahun pastinya berubah.

    BalasHapus
  8. Bagus sekali dengan program Komunitas Merdeka Belajar.
    Karena sejatinya manusia itu pembelajar sejati yang harus dikeluarkan minat bakatnya sehingga memahami juga menekuni suatu bidang hingga menjadi spesialis, bukan generalis.

    BalasHapus
  9. Aakkk seru banget inii
    Akupun jadi tertarik buat join SIDINA
    mau ceki² lagi ahhh
    Moga² bs join yak

    BalasHapus
  10. Wah aku kok pengen bisa gabung di rembuk belajar komunitas merdeka belajar ini mbak
    Kebetulan setahun ini anakku mulai homeschooling

    BalasHapus
  11. Keren banget ya programnya, akan maju nih pendidikan di Indonesia kalau semuanya saling berkolaborasi ya. Salut dengan Program Komunitas Merdeka Belajar. Temanku ada tim di sini

    BalasHapus
  12. Salut dengan programnya apalagi kalau semua berkolaborasi maka pendidikan Indonesia semakin maju. Sukses deh tim komunitas merdeka belajar

    BalasHapus
  13. Ah seru nih Rembuk Komunitas yang diadakan barengan dengan beberapa komunitas termasuk SIDINA. Mba Irul kerennya Masya Allah gabung dalam event ini, ikut pelatihan Ibu Penggerak. Semoga sukses juga menyosialisasikan program Merdeka Belajar juga yaa

    BalasHapus
  14. Aku juga ikutan nih acara ini, Mak. Aku tertarik banget sih dengan Merdeka Belajar, untuk mensukseskannya diperlukan keterlibatan semua pihak. Alhamdulillah ada Komunitas yang mendukung program Merdeka Belajar, ya. Baik Guru, Pelajar dan Orang Tua memiliki wadahnya masing-masing dalam mendukung program ini.

    BalasHapus
  15. Program yang keren deh Merdeka Belajar ini. Aku baru tahu ada program semacam ini. Baru tahu juga dengan komunitasnya. Kereeeen. Support banget dengan pendidikan anak terbaik. Semoga ya, kualitas pendidikan yang lebih baik di dunia pendidikan kita bisa segera terwujud deh.

    BalasHapus
  16. Enggak kebayang kalau ortu enggak mau update perihal perkembangan pendidikan skrg ya, maak. Kasian anak2.

    Komunitasnya lengkaap! Seneng melihat kolabirasi seperti ini.

    BalasHapus
  17. Saya penasaran sama komunitas SIDINA nih. Pengen baca lebih lengkap, bisa dibaca di mana ya mbak? Biar jadi tertarik gitu untuk ikutan komunitasnya, tapi pengen tahu dulu gimana detailnya terkait komunitas ini

    BalasHapus
  18. Selama ini sudah banyak ya mak nama dan program2 yang mengusung tujuan untuk mengkolaborasi ortu, p[ihak sekolah dll demi meningkatkan mutu pendidikan kita. nah, mungkin dengan nama baru ini, tujuan yang sama tetap bisa dioptimalkan hasilnya. Apalagi di dukung dengan teknologi dan digital sebagai alat komunikasi

    BalasHapus
  19. Sudah sering saya mendengar istilah Merdeka Belajar, tapi belum paham betul tentang ini. Dan ternyata ada komunitasnya, ya, sebagai penggerak juga. Termasuk komunitas SIDINA. Semoga kualitas pendidikan kita bisa terus lebih baik.

    BalasHapus
  20. aku ngikutin banget komunitas SIDINA berteman juga dengan mba Suzie keren sekali memang mba konunitas ini concern dengan dunia pendidikan

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.