Keahlian Khusus Yang Sebaiknya Dikuasai Remaja Milenial

 


Hari ini ijazah saja ga cukup lo untuk mencari pekerjaan. Karena kebanyakan perusahaan besar itu juga butuh diyakinkan dengan portofolio yang ciamik. Karena memang nilai saja ga cukup kalau untuk bersaing di dunia kerja yang keras. Iya beneran, persaingan dunia kerja saat ini bisa dibilang high banget. Bahkan tekanan pekerjaan juga tinggi. Saya udah mewanti-wanti nih ke para abege kami yang di rumah. Saya motivasi mereka untuk mencari dan meningkatkan keahlian sebanyak mungkin dan se-spesifik mungkin.



Apalagi dunia remaja saat ini familiar dengan gadget. Ini kesempatan besar sebenarnya bagi para remaja untuk meningkatkan keahlian mereka. Banyak kelas online yang ditawarkan dan bisa diikuti dari rumah. Harganya juga terjangkau. Udah gitu banyak komunitas kreatif yang membuka kelas-kelas skill khusus dengan metode yang menyenangkan untuk diikuti.Nah berikut keahlian khusus yang sebaiknya dikuasai oleh para remaja kita.

1. Fotografi. Saat ini dunia fotografi tidak hanya diperuntukkan untuk para jurnalis dengan device spek tinggi. Bahkan banyak hasil foto bagus dihasilkan dari gadget sekelas kamera dan aplikasi editing yang ciamik. Kebetulan anak sulung saya punya keahlian fotografis yang lumayan banget. Hasil foto-fotonya bisa dibilang anglenya sering out of the box.

2. Desain grafis dan ilustrasi. Nah ini dia salah satu keahlian khusus yang berharga mahal. Saya punya kawan yang menjadi liustrasi buku-buku anak islam. Dan dari keahliannya itu bisa dibilang ia mampu menghidupi keluarganya dengan memadai. Bahkan banyak logo dihargai dengan harga mahal.

3.  Story telling dan content writer. Pekerjaan sebagai blogger, influencer dan juga story teller saat ini sudah ga asing lo. Dan mereka semua memanfaatkan keahlian stroy telling dan juga sebagai content creator. Keahlian ini tentu saja bisa dipelajari oleh para remaja dengan lebih mudah hari ini.

4. Bahasa asing. Bahasa asing sebenarnya sebuah pelajaran wajib yang harus dikuasai oleh anak-anak sekolah di Indonesia. Mengingat pemerintah kita belum concern menterjemahkan buku-buku bagus berabahasa sing ke bahasa Indonesia. Mau tidak mau kita yang harus menjemput bola. Minimal bahasa Inggris dan bahasa Arab kalau di keluarga kami.

Bisa dibilang empat keahlian khusus di atas itu bargaining power yang bagus banget untuk bersaing di dunia kerja di era milenial. Bahkan menguasai salah satu keahlian di atas bisa menjadi kesempatan besar untuk menjual jasa yang kita miliki untuk menghasilkan uang.

Nah, kebetulan beberapa waktu lalu JNE mengadakan lomba khusus untuk para jurnalis dan content creator di Indonesia lo. Hadiahnya wow banget. Mengingat hadiahnya yang sangat memadai tak heran karya yang masuk ke meja juri juga ga main-main. Bisa dibilang content creator Indonesia saat ini sangat berkembang.

Content Competition 2021 hasil kerja sama JNE bersama Kompasiana yang berlangsung pada 6 Desember 2021 - 31 Januari 2022 lalu telah selesai dijurikan. Melalui penilaian yang cukup ketat, para dewan juri berhasil menemukan para pemenangnya.

Kompetisi ini sendiri mengusung tema “JNE Bersama UMKM untuk Indonesia” yang ditujukan untuk jurnalis, umum, dan karyawan, serta dibagi menjadi empat kategori yaitu writing competition, video competition, photo competition, dan design competition.

Dan berikut daftar pemenangnya. Ada nama teman-teman ga nih di daftar pemenang Content Competition 2021. Selamat ya buat para pemenang. You Rock!. Semoga ke depannya semakin banyak kompetisi bergengsi yang diadakan oleh JNE Indonesia. Dan para content creator kita semakin kreatif lagi.












20 komentar

  1. MasyaALLAH, memang tugas dan amanah orang tua cukup berat ya mbaaa
    Bismillah, ALLAH yg mudahkan kita utk membantu membersamai anak2, supaya mereka bisa kuasai hal2 yg ada, dan bahagia + selamat dunia akherat.
    Aamiin aamiin ya robbal alamiin

    BalasHapus
  2. Kalau bahasa Inggris memang sudah lazim harus dikuasai. Poin pertama sampai ketiga itu semakin diminati para remaja zaman sekarang. Serba digital pasti dibutuhkan sesuai eranya. Ada nama2 pemenang kompetisi JNE nih dari berbagai profesi ya peserta2nya. Hadiah2nya juga keren nih. Semoga JNE makin jaya :)

    BalasHapus
  3. Di tengah persaingan mencari pekerjaan setuju mom remaja sekarang harus dilengkapi dengan keahlian khusus. Kalau punya keahlian dipermudah deh.Seperti menguasai bahasa asing

    BalasHapus
  4. kayak anakku sekarang pengen banget bisa bisnis dan dia pengen bisnis di tiktok jadinya aku pun penasaran juga mau jualan di tiktok deh

    BalasHapus
  5. Benar juga nih, empat keahlian khusus di artikel ini adalah bargaining power yang bagus banget untuk bersaing di dunia kerja di era milenial. Jadi sebaiknya dipelajari.
    Salut untuk JNE yang menghelat kompetisi yang memotivasi para content creator terus berkarya.

    BalasHapus
  6. Bener banget, sekarang nilai aja kalau tanpa keterampilan yg aplikatif juga susah nembus dunia kerja. Perusahaan maunya orang-orang yg practical jadi lebih mudah diajak kerja dalam tim. Kalau cuma ngandalin nilai, saya rasa sudah agak susah apalagi kalau terlalu teoritis.

    BalasHapus
  7. Salut dengan para content creator saat ini, mereka bisa mempelajari keahlian apapun mulai dari menulis, bikin video, ilustrasi dan lain-lain. Semoga JNE sering-sering bikin content competition ya biar jadi challenge buat para creator.

    BalasHapus
  8. Iya anak sekarang emang lebih kreatif ya, bahkan kalau bisa membangun portofolio sejak awal, karena ijazah aja sekarang ini nggak cukup untuk memperoleh pekerjaan.

    Banyak juga kategori lombanya JNE ini, ada yang buat karyawan dan untuk umum juga. Jadi karyawan pun bisa menunjukkan kemampuannya ya, nggak melulu soal urusan paket aja

    BalasHapus
  9. Setuju sama tulisan ini.. sekarang persaingan semakin ketat. Dituntut kreatif always ya mba. Dan bahasa asing masi megang ya dari dulu. Kemampuan bahasa asing..
    Wah ini yg menang kompetisinya pasti keren2 mba..semua kategori ada yaaa

    BalasHapus
  10. kaum milenials sekarang itu banyak banget terbuka untuk kompetisinya, apalagi di zaman sekarang ini semakin dipermudah dengan teknologi ya. lihat sepupu dan ponakan yang beranjak remaja pun senang banget karena mereka sudah tau mau bikin apa biar bisa menghasilkan cuan.

    BalasHapus
  11. Desain grafis dan ilustrasi ini menarik untuk dimiliki remaja ya mba. Kayaknya juga keahlian ini makin banyak dibutuhkan di masa mendatang

    BalasHapus
  12. Anak2 kita tantangannya berat ya mbak. Emang harus menguasai banyak skill supaya bisa survive. Desain grafis juga bagus banget lapangan kerjanya menjanjikan

    BalasHapus
  13. Banyak tantangan di era sekarang, muda mudi dituntut untuk kreatif. Muda mudi harus bisa menguasai Bahasa minimal bahasa sendiri dan bahasa inggris.

    BalasHapus
  14. Yang jelas sih ga ada namaku mbak hehehhe

    JNE semakin mengukuhkan keseriusan mereka dalam bidang jasa antar ya semoga sukses

    BalasHapus
  15. Betul banget mak kalo ijazah aja ga cukup
    perlu dilengkapi dengan keahlian khusus
    karena saat ini di era teknologi banyak banget peluang yang hubungannya ke dunia digital
    btw keren nih JNE ngadain lomba yang bisa asah kemampuan masyarakat juga para karyawannya

    BalasHapus
  16. Wahhh.. Bisalah ya ini dishare ke murid-muridku biar mereka bisa mendalami keahlian2 yang sesuai sama bakat minatnya

    BalasHapus
  17. Ah iya, anak remaja juga harus mulai diasah keahliannya ya mbak
    Makanya penting banget anak remaja menguasai skill penting seperti yang disebutkan di atas

    BalasHapus
  18. Salut dengan JNE yang selalu dukung para UMKM dan selamat serta sukses bagi para pemenang JNE Competition 2021.
    Ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa dan hadiah yang sangat bermanfaat sekali bagi para pemenang.

    BalasHapus
  19. Menguasai berbagai platform digital itu penting buat anak anak generasi sekarang dan akan datang
    Semoga mereka senantiasa bisa menaklukkan kehidupan

    BalasHapus
  20. Setuju mb, harus punya nilai plus lainnya sebelum masuk dunia kerja. Dan sebaiknya diasah dari sekarang

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.