Mendampingi Anak-Anak Mengikuti Kelas Tahfidz Quran Online

 



Alhamdulillah sudah beberapa bulan ini anak-anak di rumah ikut kelas tahfidz online bersama Tabarak Indonesia. Program tahfidz Qur’an yang digagas oleh Syeikh Kamil asal Mesir ini ditujukan untuk anak-anak usia pra Sd-SD. Anak-anak yang sedang di masa golden age ini dimotivasi untuk dekat dengan Quran. Prinsip dari kelas Tabarak adalah membiasakan anak-anak mendengarkan Al-quran dan mengajak anak-anak menghafal Quran dengan cara yang menyenangkan dan bahagia. Kebetulan di rumah kami anak-anak ikut kelas pagi. Mulai jam 8 pagi sampai jam 10 pagi. Dengan menggunakan zoom bersama teman-temannya dari berbagai daerah di Indonesia. Dan dipandu seorang guru.


Kesibukan Online di pagi hari

Kelas online tahfidz Qur'an ini sendiri terbagi atas beberapa level yang setiap level berlangsung selama 6 bulan dengan target menghafal 1juz Al-Quran setiap levelnya. parenting, Jadi ga heran setiap menjelang jam 8 pagi, rumah kami hebohnya minta ampun. Karena yang ikut kelas tabarak ini tiga anak. Dan biasanya sebelum kelas dimulai anak-anak akan menyetor/murajaah hafalan surat quran sebelumnya. Dan emaknya harus menyiapkan perangkat gadget plus paket data. Bisa dibilang kelas Tabarak di masa pandemi ini memang tergantung sekali dengan kestabilan sinyal provider. Apalagi saat ujian. Mengingat tempat kami di desa beberapa kali ‘kehilangan’ sinyal. Bahkan saat anak-anak ujian hafalan quran tengah semester. Dan mood anak-anak kalau sudah terlempar dari room langsung deh menurun. Dan kalau mereka sudah ga mood agak repot merayu mereka lagi. Padahal saya sendiri menyambi kuliah pascasarjana yang selama dua semester ini juga berlangsung online. Itu belum termasuk meeting zoom untuk urusan kerjaan emaknya. Ya Allah, ini, kalau ada yang bilang jadi emak-emak hidupnya enak cuman shopping doang, pengen ta cubit (pake tang). Hahahaha. Gemes.

Layanan Internet Stabil Primadona Para Emak



Layanan internet selama pandemi ini memang jadi primadona. Saya sendiri beruntung tetap bisa beraktivitas meskipun di rumah. Bahkan menurut saya ada banyak hikmahnya anak-anak belajar dari rumah, paling tidak emaknya ga harus keluar rumah untuk antar jemput, eeeh. Hahahaha. Mau ga mau setiap keluarga saat ini tergantung dengan layanan internet yang stabil dan memadai. Saya sendiri berusaha betul agar anak-anak tetap bisa belajar dan mendapat akses pendidikan meskipun di rumah aja. Dan sementara ini memang hape saya menjadi hotspot untuk gawainya anak-anak.

CPE Hybrid router ADVAN



Dan keberadaan hotspot untuk beberapa perangkat gadget menjadi kebutuhan. Untungnya saat ini sudah ada Advan CPE Router Start. Router keluaran ADVAN ini sendiri dilengkapi dengan WPS (Wi-Fi Protected Setup) yang menjamin jaringan hotspot kita aman dari cantolan orang yang tidak dikenal. Halagh. Hahaha. Ini pengalaman pribadi sebenarnya, karena saya paling males mengubah password hotspot dari hape saya. Dan entah kenapa beberapa kali ada aja yang nyantol dari perangkat tidak dikenal. Padahal di rumah kami sendiri ada beberapa gawai yang bergabung berbagi kuota. Hufh. Dan tentu saja hape utama menjadi boros batrei.



Oia ADVAN CPE Router ini gampang banget penggunaannya dan ribet harus disetting ini itu. Karena dilengkapi Auto APN gitu. Dan kita bisa menggunakan semua jenis sim card yang tersedia di pasaran. Wah ini kok asyik banget ya. Dan jangkauannya lumayan memadai lo, alias bisa menjangkau sampai radius 125 meter. Selain itu bisa terkoneksi ke 32 perangkat sekaligus lo si CPE Router ini. Lah, kok jadi seru begini. Ini bisa nih digunakan untuk meeting atau belajar anak-anak di rumah. Dan satu lagi yang menarik router yang kayaknya mungil ini dibekali 2.000 mAh yang mampu bekerja selama 4 jam dan 16 jam dalam keadaan standby. Udah gitu desainnya futuristik dengan dua antena, cakeplah buat sekalian dekorasi ruang tamu. 

Promo Khusus

Dan, jangan sampai ketinggalan ya. Saat ini Advan CPE Router Start ini sedang promo di Tokopedia atau marketplace. Harga normalnya tadinya dibanderol Rp 799 ribu sekarang cukup dengan 699 ribukita bisa memiliki router dengan 300 mbps ini lo. Itu sudah termasuk bundling dengan Telkomsel Orbit dengan bonus 50 GB selama 30 hari. Wah jangan sampai ketinggalan ya emak-emak.

Wifi lancar insya Allah pendidikan anak-anak di rumah aman terkendali. Semoga anak-anak kita menjadi anak yang shalih-shalihah ya Mak. Aamiin.

 

22 komentar

  1. Kalau internet stabil semua urusan lancar ya mak...Termasuk bisa ikutan Tahfidz online.. Semoga lancar terus ya tahfidznya dan hafalannya bisa nempel terus..

    BalasHapus
  2. Memang di masa pandemi ini wifi udah jadi hal yang super penting banget yah mbaaak. Mulai dari sekolah dan kerja semuanya pake internet.

    Suka paling stres kalo internetnya lelet deh. Jadi penasaran sama router advan ini deh. Di rumah pake router juga dan emang sering bocor gitu sih mbak hahaha

    BalasHapus
  3. Emang selama di rumah saja terbantuk banget segala aktivitas sosial kita dengan internet yang stabil. Berkarya atau hiburan seperti nonton drama berseri-seri, bisa melupakan kejenuhan karena tidak kemana-mana :)

    BalasHapus
  4. Asiknya belajar online, tuh, persertanya bisa se-Indonesia bahkan dunia. Tetapi, memang jadinya perlu dukungan perangkat internet yang bagus, termasuk routernya

    BalasHapus
  5. Berarti ini khusus untuk setoran hafalan aja gtu ya mbak? Anak2ku juga ngaji online tapi msh belajar membaca gtu, belum yang hafalan surat2.
    Boleh juga nih infonya nnati aku gugling gmn cara ikutan tahfidznya.
    Dukungan internet lancar memang sangat dibutuhkan ya supaya lancar ngajinya.

    BalasHapus
  6. alhamdulillah bisa mengikuti kelas online thafiz quran ya mbak. Pasti anak-anak sudah lancar ya iqranya bisa masuk ke kelas tahfiz. kalau belajar online begini memang penting banget dukungan internet yang stabil ya mbak. Jadi harus selektif memilih routernya.

    BalasHapus
  7. Masya Allah keren banget mak anak-anak ikut kelas tahfiz online, emaknya pun kuliah S2 barakallah... Semoga dilancarkan semuanya aamiin..

    BalasHapus
  8. Duh terbayang seru ini setor hafalan semuanya berbarengan. Asyik pastinya. Bangga orang tua memiliki putra putri yang sejak kecil sudah jadi penghafal Al-Qur'an. Kalau belajarnya online memang internet kudu stabil ya.

    BalasHapus
  9. Mbaaa ya ampuuunn piranti internetnya kok muraahhh sekalii
    ini dibutuhkan banyak keluarga jaman now ya.
    ciamik bangett!

    BalasHapus
  10. Kyaaa aku juga pake orbit mbaaa tos banget sih. Mayan hemat banget pake orbit daripada sebelumnya.
    Semangat mba kuliahnya moga lekas selesai ya

    BalasHapus
  11. MashaAllah~
    Semangat sekali anak-anak mengikuti kelas tahfidz online.
    Semoga dengan menggunakan CPE Hybrid router ADVAN yang kuotanya melimpah, anak-anak semakin nyaman belajar meski masih melalui online.

    BalasHapus
  12. Ini kayak aku banget deh, selalu mendampingi anak tahfidz tiap hari karena dia kadang masih suka lupa kalau depannya gak dibantuin. karena sampai sekarang pun masih online sekolahnya jadi koneksi internet yang stabil ini wajib banget di rumah.

    BalasHapus
  13. Pas banget lagi nyari wifi router, Mbak. Secara yang sekarang sudah suka error. Terima kasih rekomendasinya ya, langsung cek di Tokopedia.

    BalasHapus
  14. Sekarang semua online dan harus ditunjang dengan paket fasilitas internet yang mendukung

    BalasHapus
  15. wah pastinya mbak, saat pandemi seperti ini sebagian besar aktivitas dilakukan di rumah
    makanya oenting banget untuk punya jaringan wifi yg oke bgt

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah kalau punya perangkat ini, baik emak maupun anak-anaknya ga bakalan terhambat saat hendak online. Semangat selalu ya maak dalam mendampingi anak-anak.

    BalasHapus
  17. Advan router ini sistemnya pakai kartu gitu ya, mbak jadinya harus beli paket data dulu? Memang sekarang penting banget ya punya wifi dan paket data karena selama pandemi banyak kegiatan dilakukan menggunakan jaringan internet

    BalasHapus
  18. Waah baru tau ada kelas tahfiz online gini. Jamnya pagi aja ya mbak? Pengen ikutan buat anakku juga , tapi jam 8 sampai 10 dia sekolah TK

    BalasHapus
  19. wah, asik nih ada diskon 100 ribu yah, lumayan banget nih buat yang mau produk ini, bisa manfaatkan program diskonnya ya

    BalasHapus
  20. Di masa yang serba online kayak sekarang, internet dan modemnya memang kudu bisa diandalkan ya mak. Apalagi untuk anak belajar. Kudu deh milih modem yang bagus, tahan Lama, dan bisa nangkap sinyal dengan kuat. Aku nih, udah ganti modem beberapa kali.

    BalasHapus
  21. Noted Mak, aku butuh nih... Aku juga tinggal di desa yang sinyalnya ya gitu deh... Padahal sekarang semua serba online... Mumpung promo nih..

    BalasHapus
  22. Paling seneng kalau lihat anak lagi murojaah. Apalagi kalau murojaahnya bareng orang tua. Bisa sama-sama belajar gitu. BTW, aku lagi butuh produk ini deh cos internet di rumah itu hidup segan mati tak mau gitu. Coba, ah!

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.