Makan Sehat Asyik Bersama Isi Piringku

 





Miqdad terhitung anak yang doyan apa aja. Bahkan sesekali kena sambel ya oke aja sih itu anak. Bahkan dia pernah makan pare hehehe. Kebetulan di kampung kami ada tradisi namanya Jumat berkah, nah setiap salat Jumat gitu dibagikan nasi box yang biasanya menunya lengkap. Termasuk sayuran yang jarang saya bikin di rumah kayak tumis pare dan udang. Alhamdulillahnya Miqdad habisin juga itu pare karena melihat lirikan emaknya. Hahaha. Karena di rumah kami ada aturan tidak boleh buang-buang makanan. Piye carane kudu entek (gimana caranya harus habis). Ini sebenarnya edukasi untuk anak-anak untuk menghargai makanan yang kita punya dan bersyukur atas apa yang diberikan Allah. 



Nah, sudah beberapa waktu ini saya mengenalkan ke Miqdad tentang Isi Piringku. Isi Piringku sendiri adalah rekomendasi diet seimbang untuk sekali makan, yang disederhanakan menjadi Tumpeng Gizi Seimbang (piramida diet seimbang). Ini mengedukasi anak-anak tentang pentingnya diet seimbang dengan cara yang fun dan menyenangkan. Campaign Isi Piringku sendiri akan dilaunching pada tanggal 24 Agustus 2021 besok.

Program Isi Piringku bertujuan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia khususnya anak-anak dan lingkungannya tentang pentingnya gizi seimbang sebagai aktivasi promotif-preventif stunting, Program ini adalah kerjasama bersama para ahli, mitra dan pemerintah, yang di dalamnya terdapat seperangkat buku, modul untuk anak-anak dan buku panduan untuk guru.

Apa Isi Piringku?



Menu seimbang Isi Piringku sendiri adalah menu sekali makan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak Indonesia di Era New Normal ini agar terhindar dari stunting. Isi piringku yang dianjurkan adalah: Karbohidrat, sayuran, protein, buah serta air dan susu. Yang porsinya untuk sekali makan. Sehingga harapannya juga tidak ada makanan yang terbuang. Anak-anak juga sekalian belajar menghargai makanan yang mereka terima. Komposisi isi piringku sendiri terdiri atas 50% porsi dari 1 piring berisi buah dan sayur )1/3 buah, 2/3 sayur) dan 50 % lainnya berisikan karbohidrat dan protein (1/3 protein, 2/3 karbohidrat).

Lagu Isi Piringku

Agar kampanye ini sesuai dengan fitrah anak-anak maka dikembangkan dengan cara yang fun melalui lagu  Isi Piringku. Liriknya mudah diikuti oleh anak-anak dan juga disertai dengan gerakan ringan dan mudah. Selain itu juga mengedukasi anak-anak untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Berikut lirik lagu Isi Piringku.

Aku anak sehat dan cerdas

Gemar makan buah sayur karbohidrat dan protein

Cukup minum air dan susu

Tak lupa cuci tangan pakai sabun

Ingat isi piringku....isi piringku

Aku anak sehat dan cerdas

Gemar makan buah sayur karbohidrat dan protein

Cukup minum air dan susu

Tak lupa cuci tangan pakai sabun

Ingat isi piringku....isi piringku




Nah sedikit tips nih dari saya agar anak-anak disiplin dengan jadwal dan menu makanan sehat dan seimbang. Sehingga menu isi piringku bisa disantap dengan lahap oleh si kecil.



1.  Jangan beri anak snack sebelum jadwal makannya. Miqdad pasti saya ingatkan untuk tidak makan kue ataupun cemilan manis kalau dia belum makan. Karena cemilan itu merusak selera anak saat jadwal makannya tiba.

2.     Khusus untuk menu protein biasanya saya sediakan beragam. Mulai dari telur, ikan, daging unggas, daging merah, sea food, dll. Untuk daging saya potong kecil-kecil biar mudah dikunyah. Biasanya saya buat nuget atau serundeng.

3.   Untuk buah dan sayur saya usahakan produk lokal. Kayak buah salak, semangka, jeruk, apel Malang, bahkan buah pisang dari belakang rumah. Dan sayurnya saya usahakan yang mudah ditemukan di pasar saja.

4.  Makan bareng-bareng. Makan bersama itu menambah selera makan lo. Selain itu jadi ajang untuk menguatkan bonding dengan seluruh anggota keluarga.

5.   Semua anak di rumah bertanggung jawab untuk merapikan piring yang dia gunakan setelah makan. Minimal meletakkannya di bak cuci piring.


 

Nah, gimana nih bunda-bunda? Sudah memulai jugakan di rumah menerapkan menu Isi Piringku ini. Agar anak-anak tumbuh menjadi anak sehat dan cerdas. Yuk cegah stunting bersama. 

17 komentar

  1. Aahh Miqdaaad, aku makin padamuu daah. Kereen ini bisa makan sambal plus paree euy. Nanti ate bikinin pare orak arik telor yaaaa, sama susu plus bakwan,buahnya mau apaa.
    Duuh kan jadi sesuai dengan isi piringkuu, huhuuy.
    Smoga saja makin banyak ortu yang aware akan isi piringku ini ya Mak, agar kesehatan anak2 generasi Indonesia sehat selaluuu.

    BalasHapus
  2. Kalau menerapkan sih sudah sejak anak belajar makan sendiri. Tapi realisasi yg susah. Tetap anak pilih pilih makanan. Hehehe...
    Paling susah anak saya makan protein
    Tapi ya disiasati dibuat bakso, nugget, dll

    BalasHapus
  3. Bener banget mbak, penting banget edukasi mengenai gizi seimbang untuk mencegah stunting juga. Alhamdulillah anakku gak rewel dan mau makan apa aja. Namun beberapa anak memamg agak susah dan pilih-pilih, bahkan anak adikku gak suka buah dan tiap makan buah apa aja muntah. Ngakalinnya kadang diajak makan bareng sama temannya supaya tertarik dan mau makan buah juga.

    BalasHapus
  4. Waduh kok bisa ya doyan pare? Seumur hidup belum pernah masak pare karena nggak doyan. Pandemi ini bikin makin sadar pentingnya gizi yg aku makan, terutama kecukupan protein. Insya Allah kalau makannya nyenengin gini Miqdad bakal sehat terus. Aamin

    BalasHapus
  5. Baru tahu kalau ada lagu "Isi Piringku" setelah baca postingan ini. Aku dan keponakanku juga suka makan bersama. Tapi keponakanku susah banget kalau disuruh makan sayur.

    BalasHapus
  6. Seneng kalau anak suka dengan menu apapun, ya. Jadi suka teringat pesan almarhum papah. Katanya makan tuh bukan karena kita suka, tetapi karena butuh. Biar kalau suatu saat melanglang buana ke mana pun gak sulit beradaptasi dengan makanan. ^_^

    BalasHapus
  7. Saya juga selalu berusaha agar anak mau makan semua jenis makanan bergizi yang sudah saya siapkan. Dan punya prisip juga berusaha agar makanan habis dan tidak ada yang tersisa. Karena kita ingin anak-anak tumbuh dengan optimal ya...

    BalasHapus
  8. Beber banget nih harus pembiasaan makanan tuh dari kecil biar sudah besar segala mau, aku ada anak yang rada susah sayur tapi masih mau sih walau kurang semangat hehe....tapi kalau diolah sesuai kesukaan dia alhamdulilah mau.

    BalasHapus
  9. Pinter banget doyan pare hihi anakku belum mau, tapi sayur dan buah lain sih doyan mereka. Saya belum konsisten mba bikin menu gizi seimbang hehe

    BalasHapus
  10. Yah telat tahu launching isi piring ku sudah ya. Tapi aku dukung kampanye ini mba agar asupan gizi anak yercukupi dengan baik

    BalasHapus
  11. Aduh Miqdad, pinter makan pare aku aja setua ini ga bisa makan pare hahaha mantap deh apalagi udah doyan sambel memang ya mba mengajarkan anak2 ya kudu ortunya juga makan

    BalasHapus
  12. Haha iya bener tuh, aku bilang ke anak2 itu makanan kan awalnya dari tanaman dari hewan dari mkhluk hidup. Mereka udah rela dimasak buat makanan kita. Justru kalau kita makan sampai habis mereka juga bersyukur dan mendoakan kita :D
    Isi piringku ini udah panduan paling oke utk membat anak2 mengasup makanan bergizi ya maaak TFS

    BalasHapus
  13. Aku termasuk yang pilih-pilih sayur Mak heheh ampun. Tapi insyaallah masih aman gak yang ga doyan gitu sih. Postingannya nampol bikin pengen lebih baik lagi

    BalasHapus
  14. Isi piringku selalu sehat dan penuh dengan gizi. Pentingnya memperhatikan isi piring apalagi untuk anak di masa pertumbuhan mereka ya mbak.

    BalasHapus
  15. Menu gizi seimbang penting banget ya. Seru juga ini memulai sehat bersama Isi Piringku. Aku juga suka pare semenjak udah punya anak. hehehehe Anyway memang susah menyiasati kalo anak picky eater ya.

    BalasHapus
  16. Saat anak makan makanan bergizi tentu asupan nutrisinya terpenuhi, sebagai ibu sy jg punya kewajiban sprti itu,

    BalasHapus
  17. Aku malah cuman tau ada piring yang dibuat desainnya sesuai panduan makanan bergizi seimbang. baru tau kalau ada lagunya, hehe

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.