Mendampingi Anak SD Belajar Di Rumah Bersama Ruangguru

 


Siapa yang kemarin mengalami drama PAT anak- SD. Ya Lord, sampai betanduk saya mendampingi anak-anak SD di rumah untuk PAT. Ga ngerti juga kenapa soal-soal anak SD semakin susah aja perasaan. Tambah rumit dan njlimet. Mudah-mudahan dengan semakin sulitnya soal ujian semakin anak-anak terlatih menghadapi ujian kehidupan, eh gimana? Hahahaha.



Saya sendiri punya anak kelas 2 dan kelas 3 SD. Untuk yang duduk di kelas 3 SD sih Alhamdulillah lancar jaya, karena anaknya memang terlatih mandiri dalam banyak hal. Baca soal sendiri, ngerjain soal sendiri. Paling Cuma tanya beberapa hal yang dia ga ngerti semisal: nama-nama kain batik. Yang jujur saya sendiri ga ngerti jawabannya, hahaha. Nah, yang anak kelas 2 SD ini nih yang bikin emaknya bawaannya pengen naikin suara jadi 8 oktaf. Ya Lord. Anak yang ini memang butuh pendampingan untuk memahami soal. Terutama sih untuk soal-soal yang butuh logika semacam soal cerita matematika. Apalagi sekarang kan sistemnya pelajaran dengan tema. Nah, ini untuk beberapa anak mungkin memang butuh konsentrasi ekstra untuk mendalmi soal. Sebagai anak homeschooling biasanya saya mendampingi dengan belajar langsung ke objek-objek yang dimaksud. Tetapi karena pandemi jadwal outing kami ke luar sangat terbatas.

Ruangbelajar by Ruangguru



Saat ini mau ga mau memang sistem belajar anak-anak harus adaptip dengan kondisi pandemi. Anak-anak harus menyesuaikan diri termasuk orangtuanya. Kita memang harus mencari celah agar kegiatan belajar anak-anak tetap bisa berjalan dengan kondusif. Saya sangat terbantu dengan beberapa modul pembelajaran kreatif yang dibagikan para praktisi pendidikan. Video-video animasi dan film-film kartun bertema sains sangat mudah dicerna anak-anak. Teman-teman bisa nih mencoba belajar dengan video animasi Dafa Lulu di ruangbelajar for SD yang disediakan oleh ruangguru.com metodenya sangat adaptif dan mudah diikuti oleh anak-anak. Apalagi anak-anak sekarang kan memang terbiasa belajar menggunakan gadget. Nah video-video animasi Dafa dan Lulu ini menarik sekali.

Video Animasi

Misalnya nih, video Berat Boneka dan kelereng. Ini sangat logic banget lo dan mudah dipahami oleh anak-anak SD. Karena berhitung itu memang menjadi lebih mudah jika berlogika bukan melulu menghafal. Mush’ab senang banget kalau belajar matematika dan sains dengan sistem seperti ini. Ada banyak lagi video pembelajaran yang ditawarkan di ruangbelajar for SD oleh ruangguru.com/ . sistem pembelajaran yang atraktif dan menyenangkan juga memudahkan anak-anak dalam menyerap pelajaran dengan baik.



Ada banyak fitur pilihan di ruangbelajar-nya ruangguru.com/ semuanya dirancang untuk memudahkan anak-anak belajar. Saat ini mau ga mau memang kita harus terbiasa menggunakan perangkat online untuk mengambil banyak ilmu. Agar anak-anak juga memiliki keahlian khusus untuk mengambil pelajaran meskipun belajar dari rumah. Meskipun saya sendiri bberharap pandemi ini segera berlalu. Tetapi belajar jarak jauh sebenarnya memang ga masalah sih buat kami.

Gimana nih ibu-ibu? Masih sanggup bertahan kan mendampingi anak-anak selama pandemi ini. Siapkan cemilan yang banyak ya biar tangguh. Hahaha. Jangan sampai setahun di rumah aja tetapi kitanya malah darah tinggi. Harus ada nih yang bisa diraih selama dekat dengan anak-anak di rumah. Aamiin. 


23 komentar

  1. memang soal2 bocah SD tuh makin rumit.
    apalagi bocah SMP, wadidaw bangettt
    Alhamdulillah ada RuangGuru ya Mak.
    Daku jg ketolong bgt dgn online course platform semacam ini

    BalasHapus
  2. ruang guru emang dari dulu sudah terbaiksss ya, dan pengajar yang ada di sana juga duh prestasi semua, semoga bisa berprestasi ya dede , semangat emak menemani anak SFH

    BalasHapus
  3. Kalo ada Ruang Guru ..PJJ gak terlalu drama nih mak..hehe.. Pelajarannya memang menarik buat anak-anak.. Jadi anak-anak betah gitu menyimaknya ya..

    BalasHapus
  4. Drama PJJ emang ga ada habisnya ya :) Kalau anak2 yang sulit memahami mata pelajaran tertentu trus orang tuanya mengajari tapi masih belum paham juga, bisa teriak2 tuh hahaha :D Enaknya sekarang ada solusi mengatasi hal tersebut yakni di Ruang Guru. Fitur2 materinya menarik dan tenaga pengajarnya juga berkualitas, bisa cara ngajarnya :D

    BalasHapus
  5. Belum pernah coba ruang guru nih... Sekarang aku sedang dalam peralihan dari sekolah formak ke HS. Belum menentukan pakai metode apa..mungkin nanti juga butuh RG juga ya untuk penjelasan materi tertentu.

    BalasHapus
  6. aku juga bertanduk mbaa, untung nggak nyunduul haha.
    PJJ bener2 deh yaampun.. besok udah rapotan nih. Nggak nyangka klo udah setahun di rumah, anak aku baru sd kelas 1 dan blm pernah di kelas belajarnya.
    Dan Ruang Guru ini jadi membantu banget orang tua ya dalam pembelajaran sekolah anak..

    BalasHapus
  7. anakku kelas 4 SD, mendampingi dia belajar dan ngerjain tugas juga ujian itu woww.. ternyata soal-soal anak kelas 4 SD cukup gong bikin emaknya pusing hahahha

    BalasHapus
  8. Belajar di Ruangguru lebih menyenangkan bagi anak karena atraktif. Mereka lebih cepat menguasai dan menjawab tes yang ada.
    Para mama ga perlu mendelik lagi kalau ngajarin anak, deh...

    BalasHapus
  9. puk puk...sabar mak irul...drama PJJ is everywhere around the world kayaknya...
    lebay gak sih hahaha mungkin klo di luar negeri mereka udah settle sistem online learning dr sebelum pandemi ya jd udah jalan sistemnya klo di kitammmg masih tergopoh2 semua pihaknya. makanya bantuan dr platform kayak ruangguru bagus juga nih

    BalasHapus
  10. Adikku ada temennya ternyata hihihi eh gimana? Iya sama, drama PJJ ini bikin dia riweuh ngingetin dua anak-anaknya buat siap depan laptop atau ngumpulin tugas. Merekanya santai emaknya yang stres. Semoga pandemi ini lekas kelar dan sementara itu belajar online dengan banntuan belajar kayak Ruang Guru ini bisa membantu lelepin tanduk emak-emak ya. Ya kalau unicorn sih lucu, emak-emak tandukan kan horor. Kayak Maleficent itu hihi

    BalasHapus
  11. asikk ya belajar ditemenin mama. yang semangat ya dek belajarnya biar makin pinter

    BalasHapus
  12. Seru ya, animasi dafa lulu ini. Bikin anak lebih mudah memahami konsep dalam materi pelajaran.

    BalasHapus
  13. Belajar di Ruangguru ini gratis atau berbayar untuk animasi materi anak SD? Kalau berbayar apakah ada trialnya? Mau Cobain untuk anakku. Masih TK sih tapi suka kepo ikutan belajar materi SD.

    BalasHapus
  14. Duh aku juga puyeng mbak, kayaknya tahun ajaran baru ini aku pengen daftarkan Aldebaran untuk ikut belajar di Ruang Guru..biar lebih termotivasi belajar..

    BalasHapus
  15. klo belajar dengan animasi anak anak jadi lebih tertarik ya mbak
    klo tertarik jadinya gampang banget buat ngerti pelajarannya

    BalasHapus
  16. Ruangguru emang mantap terjadinya dan juga suka kasih diskon, hehehe. Mantap

    BalasHapus
  17. Aku kira Ruangguru buat SMP SMA aja, ternyata SD juga ada ya. Mana materinya berupa video animasi, jadi bikin anak anak makin tertarik untuk belajar

    BalasHapus
  18. mau masukan sekolah ini langganan lagi ah ruang guru. setaun kemarin aku langganan lumayan buat di rumah aja belajar online <3
    apalagi kalau sd ada daffa lulu itu lucu2

    BalasHapus
  19. PAT memang bikin emak bertanduk yah...
    Masalahnya anak-anak gak deg-degan lagi kalau dibilang ujian. Asa santai aja gitu..
    Hiiiks~

    Kalau ada ruangguru, harapannya bisa bantu review pelajaran-pelajaran sebelumnya dan memahami konsep yang diberikan.

    BalasHapus
  20. Anak-anak memang jadi lebih mudah mencerna pelajaran kalau penyajiannya menggunakan animasi yang menarik. Jadi kayak ga berasa lagi sekolah gitu loh, enggak harus sampe menekuk jidat heheheee..

    BalasHapus
  21. Suka duka mendampingi anak belajar di masa pandemi ini memang luar biasa ya. Alhamdulillah masih ada beberapa tempat yang bisa didelegasikan untuk mendampingi anak belajar, jadi ketika emak enggak tahu, cari tahu aja di aplikasi belajar semacam ruang guru hehe

    BalasHapus
  22. Anak-anakku ikut bimbel di Ruang Guru sekitar 2-3 tahun lalu mbak. Sepertinya, dulu fitur-fitur di aplikasnya belum secanggih dan sekaya sekarang ya. Soalnya anakku yang waktu itu masih SD cepet bosan, dan males-malesan. Yang bertahan lamaan cuma yang cowok, tapi dia udah SMA sih. Mungkin udah ga perlu yang model video dan animasi gitu kali ya, makanya betah aja.

    Mbak Siti dengan anak masih kelas 2 SD tentunya perlu waktu ekstra buat mendampingi ya, biar proses belajarnya jadi lebih baik. Anakku yang bungsu, yang sekarang udah SMP saja masih perlu. Karena kadang ada saja yang dia kurang ngerti, dan aku kudu jelasin. Walau kadang, aku juga ikut gak ngerti haha. Zaman now, pelajaran anak SMP udah kayak pelajaran anak SMA. Pelajaran anak SD sekarang, dulu malah dipelajari saat SMP. Kita ibunya jadi keringat dingin deh mendampingi anak :))

    BalasHapus
  23. Buat anak-anak, belajar lewat media video itu lebih cepat nangkepnya, ya. Apalagi kalau video animasinya bagus. Tentu mereka sangat antusias ��

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.