6 menu praktis untuk sarapan

 


Sarapan pagi di rumah kami itu terhitung wajib. Pagi-pagi biasanya anak-anak sudah pada kelaperan. Telat sedikit sudah ribut minta makan. Biasanya saya menyediakan sarapan yang praktis dan kalau bisa sih kaya nutrisi. Di kulkas juga saya biasa menyetok bahan makanan yang biasanya tak pilah khusus ada yang buat sarapan pagi. Biar gampang kalau mau masak di pagi hari.


Nah, saya punya beberapa menu sarapan favorit di rumah. Tentu saja praktis, kaya nutrisi dan yang pasti anak-anak doyan dan dijamin ludes. Bahkan kalau mereka harus ada kegiatan di luar rumah biasanya langsung dibungkus juga buat bekal. Berikut 6 menu yang bisa dibuat emak-emak di rumah khusus untuk sarapan bersama si kecil.

Nasi goreng



Nasi goreng ini adalah menu sarapan paling familiar di Indonesia. Biasanya saya masak nasi malam hari. Kemudian rice cookernya setelah nasi matang saya cabut. Nasinya diaduk rata. Dan keesokan harinya baru dimasak untuk nasi goreng. Sebagai isian biasanya saya mengandalkan bakso sapi atau bakso ikan, daging cincang atau dada ayam, telur dadar, aneka sayuran semisal sawi dan bayam, juga kacang polong beku. Bumbunya juga yang praktis Cuma duo bawang merah dan bawang putih. Ditumis dengan minyak kelapa. Biasanya saya tambahkan kecap atau saos tomat dan juga sedikit minyak wijen. Dijamin nasi goreng kami laris manis.


Mie goreng



Mie goreng adalah menu favorit juga di rumah kami. Lagi-lagi saya mengandalkan isian yang beraneka ragam. Mulai dari seafood, bakso, dan daging ayam. Tambahannya mulai dari sawi, wortel, jagung muda dan juga cacahan seledri. Bumbunya juga praktis hanya bawang putih, bawang merah dan merica.

Scrumble egg alias orak-arik telur

Menu orak-arik termasuk sering saya buat di dapur untuk sarapan paginya bocah-bocah. Paling sering menggunakan kembang kol, wortel dan buncis yang dirajang kasar. Bahkan bumbunya biasanya Cuma bawang putih yang dirajang halus dan juga daun bawang. Jangan ketinggalan merica dan bawang goreng. Biasanya juga saya tambahkan daging cincang atau dada ayam, bakso atau jamur.

Omelet/ pancake aneka isian



Omelet dan juga pancake ini menu sarapan pagi yang variatif isianya. Bisa sayuran bisa juga buah. Kadang kalau lagi musim buah naga saya bikin selai buah naga sendiri untuk olesan pancake saat anak-anak sarapan. Untuk omelet biasanya di adonan saya tambahkan kentang yang dipotong dadu, daun bawang dan kacang polong.

Pizza teflon



Biasanya adonan doughnya saya buat malam hari. Paling Cuma setengah kilo tepung terigu, telur, ragi, susu cair dan margarin. Diuleni sebentar dan tunggu mengembang setengah jam. Terus dibungkus plastik dimasukkan lemari es. Besok paginya baru dikeluarkan sebentar dan kemudian di tata di loyang pizza. Seringnya saya manggang pakai pan anti lengket saja. Isianya juga yang gampang: saus blognes, mayones, keju parut, keju mozarella, daging cincang, jagung manis pipil, bawang bombay dan tomat. Panggang sebentar, jadi deh sarapan ala pizza artisan kayak di restoran Itali.

Crepe aneka isi



Crepe termasuk menu sarapan praktis juga nih di rumah. Isinya bisa selai buatan sendiri atau juga keju parut dan coklat beras. Anak-anak suka banget crepe diisi pisang ambon dan coklat beras. Biasanya crepe kayak gini dijual di dekat masjid kalau mereka TPA di sore hari.



Untuk crepe ini bisa menggunakan Crepe Maker Grill 205 dari Idealife. Karena memang untuk membuat crepe yang tipis dan ketebalannya merata membutuhkan cetakan khusus. Saya lagi ngincer pembuat crepe dan panggangan  dari Idealifeonline nih yakni 2in1 Crepe Maker & Grill IL 205. Tadinya tak pikir harganya bakalan mahal karena Idealife kan produk buatan jepang ya. Ternyata harganya terjangkau banget. Cuma dibanderol 400.231 ribu saja.



Dengan spesifikasi lengkap.

Non stick heating plates

2in1 function: crepe maker and grill

Grill diameter 30 cm

Batter spreader & wooden spatula included

Power temperature setting

Cool touch housing

Oia, jadi sebenarnya alat ini berfungsi sebagai pembuat crepe dan juga pemanggang. Satu alat dua fungsi gitu. Cocoklah buat rumah dengan dapur minimalis. Ga perlu tempat banyak untuk nyimpen barang. User friendly juga. Cocok digunakan untuk di rumah. Untuk lengkapnya teman-teman bisa langsung mampir ke instagramnya @idealifeonline ya.

23 komentar

  1. Nasi goreng...aku masuk juga favorit. Selain itu, dadar telur sama tumis kangkung...ha..ha, Sik masake cepet mba

    BalasHapus
  2. Lumayan juga ya kalo punya crepe maker, ini serbaguna pula. 2in1,bisa buat crepe sama manggang, praktis banget. Pingin punya satu euy

    BalasHapus
  3. Nasi goreng - mie goreng - bihun goreng tuh favorit yaaa mak Irul
    Pengen ih punya crepe maker, aku sering pake panci teflon ala ala biasa, jangan ditanya lengket apa engga yaaaa

    BalasHapus
  4. Crepe Maker Grill 205 ini kalau kita punya pasti bawaannya mbikin crepes aneka rupa ya ... malah berpeluang bisa jadi penghasilan tuh. Secara, peralatannya keren begitu.

    BalasHapus
  5. Pingin deh, punya alat bikin crepe begini. Soalnya anak2 kalau ke mal ya sukanya jajan crepe ini.

    BalasHapus
  6. Maakk, aku kalo pagi2 dan mager makan nasi tuh selalu bikin pancake atau roti bakar
    Widiihh, asik banget kalo pakai piranti dari IDEALIFE ini yhaaa
    Mantuull, praktis banget

    BalasHapus
  7. Wah Crepe Maker Grill 205 dari Idealife ini bisa dua fungsi ya mbak
    membantu banget buat buat sarapan ya mbak
    dan enak klo ns buat crepe sendiri, lebih hemat
    haha

    BalasHapus
  8. Nasi goreng tuh paling sering jadi menu sarapan anak-anak. Apalagi mereka juga sudah bisa bikin sendiri.

    Satu alat bisa untuk buat crepe dan juga bisa sebagai pemanggang? Wah praktis banget, apalagi harganya juga nggak terlalu mahal

    BalasHapus
  9. Ya ampun biasa bikin crepe pakai teflon, memnag tebel dan ga sesuai harapan hasilnya...
    Seneng banget ada Crepe Maker Grill 205 dari Idealife, untuk membuat crepe yang tipis dan ketebalannya merata begini..wajib punya ini, karena praktis sekali. Juga harganya, hemat bangets ituuuuu

    BalasHapus
  10. Crepe maketnya ya ampuuun, langsung bikin mupeng, wkwkwk. Anak-anakku pecinta Crepe soalnya, kami berempat Ding semua semua, kebayang kalau punya alatnya pasti bakal bikin terus, apalagi ini bisa dipakai buat manggang juga ya, super love deh :*

    BalasHapus
  11. Semuanya pernah dibikin nih. Kecuali crepe wkwk. Gak pernah pas tipisnya aku kalo bikin crepe. Mungkin krn pake teplon biasa kali ya. Musti jg nih cb pake crepe maker ini

    BalasHapus
  12. Emaknya rajin banget nih buatin sarapan pasti senangnya anak anak di rumah, kalau aku sering jadi camilan deh creps dan pizza teflon

    BalasHapus
  13. Wah enak-enak nih sarapannya. Alhamdulillah kesemuanya lumayan sering bikin. Tapinya masih pake alat yang sederhana. Duh kepengen deh itu alatnya, crepes make grill. Cakep bangeet.

    BalasHapus
  14. sarapan anak2 sekarang bener2 yg super simple ga bikin stress lah pokoknya.

    scramble egg sosis, sereal sama roti, roti selai susu, tempe goreng dicemilin. hahaha..

    tp pengen punya alat gituu biar bisa bikin crepes tipis cakep2 kyk di mol, hahaha

    BalasHapus
  15. Wah asik dan seru banget ini ya menunya praktis dan anak-anak pun pasti senang dengan sarapan seperti ini. Makasih resepnya ya mbak

    BalasHapus
  16. Ini kok enaaak semua Maaaak. Jadi penge bikin nasgor pake telor orak arik jadinya. Btw aku masih suka gagal bikin pizza. Padahal lihat orang kayak yang gampang. Dan aku masih penasaran dong pengen bikin lagi sampe berhasil. Coba mak Crepesnya sini lempar ke aku ya. Pengen nyicip sebelum punya alatnya huehehe

    BalasHapus
  17. Waaah kangen banget makan crepe yang dijual di mall tapi masih batasin banget buat keluar rumah. Mau pesan online pun mall-nya jauh dari rumah, nggak tega aku sama drivernya. Bisa nih bikin sendiri di rumah kalo ada crepe maker grillnya Idealife.

    BalasHapus
  18. Menu sarapan favorit saya tuh secangkir kopi ditemani beberapa potong roti isi keju coklat. Hmm yummy! Eh itu sih bukan cuma menu sarapan, tapi menu tiap saya lapar. Wkwkwk

    BalasHapus
  19. Nah kaaan saya jadi pengen juga beli pembuat crepe dari idealife pas banget memang bisa untuk bikin sarapan.

    BalasHapus
  20. Huwaaah mau buat masak creepenyaaa. Selama ini aku makai teflon tipis tapi hasilnya kurang memuaskan. Huhu.
    Harganya lumayan cukup tejangkau ya mak, cocok deh buat di dapur :D

    BalasHapus
  21. wah, sarapan pagi saya tekwan, tomyan, soto, hahaha. we are family suka yang segar, gurih dan berkuah, hehehe

    BalasHapus
  22. Selain aneka roti mulai dr dioles mentaga n tabur meses sm roti sandwich..
    Sarapan praktis yg laonnya ya goreng kentang dan sosis plus omellet

    BalasHapus
  23. Udah setahun gak makan crepe karena nggak ke mall, hehe. Mayan juga nih kalau punya crepe maker dar Idealife. Pengin kepoin produk-produknya deh.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.