Merawat Kulit Dengan Minyak Kelapa



Sudah sejak beberapa tahun terakhir ini saya rutin menggunakan minyak kelapa murni sebagai salah satu skin care alami buat kulit. Kok bisa nih?. Sebenarnya saya tetap pakai skincare biasa tetapi saya tambah dengan VCO ini sebagai perawatan kulit. Fungsinya sebagai apa sih? Kalau saya menggunakan VCO sebagai cleansing oil. Iya beneran sebagai minyak pembersih.




Pict from today

Banyak orang kepo nih kok bisa minyak kelapa digunakan sebagai pembersih wajah. Tadinya saya menggunakan facial wash sebagai pembersih wajah. Tetapi sejak rutin menggunakan sunscream penggunaan facial wash ini berasa kurang buat saya. Rasanya masih kurang bersih. Pernah juga pakai milk cleanser dan temannya. Tetapi sayanya masih kurang rajin. Apalagi kalau malam hari duh rasanya berat banget buat ritual pake milk cleanser ini. Nah saya milih pakai VCO sebelum mandi baik pagi maupun mandi sore.

Cara pakainya juga gampang banget. Cukup menuangkan 2-3 tetes minya kelapa murni ke telapak tangan. Kemudian mengusapkannya ke kulit wajah dan sebagian leher. Diikuti dengan pijatan lembut ke kulit wajah. Bisa juga  mengikuti pijatan ala-ala salon. Dimulai dari dahi kemudian ke area hidung lalu area bawah dagu. Terakhir area pipi yang diurut pelan dari bawah ke atas. Lalu bagian leher juga dioles minyak kelapa dan dipijat lembut juga. Oia, ritual ini bisa dilakukan sambil ngapa-ngapain nih. Jadi ga Cuma berdiri di depan kaca gitu. Gaaa. Saya sendiri biasanya melakukan ritual ini menjelang mandi pagi. Jadi sebelum mandi saya mengoles minyak kelapa ke wajah. Kemudian saat mandi saya bersihkan dengan facial wash.
Hasilnya gimana? Jujur saya suka banget dengan progressnya. Hasilnya wajah menjadi lebih bersih sih. Karena minyak kelapa bisa dikatakan berfungsi sebagai makeup removal. Si VCO ini bisa mengangkat lemak-lemak yang berisi sisa kulit mati juga. Terus hasilnya lebih lembab. Banyak yang nanya apa ga malah tambah berminyak?. Ga sama sekali kecuali memang pas kita membersihkan wajah saat itu. Karena kan setelah kita pijat-pijat kita kemudian mandi dan membersihkan wajah. Sisa-sisa minyaknya hilang deh.
Alhamdulillah ritual membersihkan wajah dengan VCO ini sudah berlangsung bertahun-tahun ini memberi hasil bersih dan lembab ke kulit wajah saya. Buat teman-teman yang pengen nyoba bisa nih. Saya menggunakan VCO yang dijual di toko-toko herba sih. Harganya juga terjangkau banget. Sebaiknya sih pilih kemasan kecil. Karena minyak VCO itu kalau terlalu sering terbuka baunya jadi kayak tengik gitu. Jadi mending pilih kemasan dengan tutup yang tidak langsung kebuka gitu kalau tumpah. Dan pilih yang kemasan 50 ml aja. Ntar kalau habis bisa beli lagi. Dan 50 ml itu awet sih di saya. Bisa untuk sebulanan.
Apa manfaatnya minyak kelapa di kulit? Teman-teman bisa mampir nih di artikelnya Halodoc tentang “ Ini 5 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan”. Nah salah satu yang saya highlight dari artikel itu adalah bahwa minyak kelapa terbukti efektif untuk mempercepat proses perbaikan jaringan yang mengalami kerusakan. Nah mungkin ini nih yang bisa membuat kulit menjadi lebih bersih dan lembut jika diaplikasikan minyak kelapa.
Oia di Halodoc banyak lo artikel kesehatan yang bermanfaat. Halodoc sendiri adalah aplikasi kesehatan yang sangat membantu bagi emak-emak kayak saya. Kita bisa mencari
1.     artikel kesehatan
2. mencari info tentang obat dan vitamin
3.     bertanya pada dokter
4.     memilih RS
5.     mencari dokter
selain kesehatan dii Halodoc kita bisa juga mencari banyak tips kecantikan lo. Salh satunya ya seperti yang saya dapat di atas yakni manfaat minyak kelapa. Kita juga bisa mencari daftar RS yang menawarkan perawatan kecantikan di Halodoc lo. Lengkap dengan reviewnya. Salah satunya ada Gloskin Aesthetic Clinic Bekasi. Yang menawarkan perawatan kulit yang komprehensif yang ditunjang dengan fasilitas medis terkini. Semoga dengan perawatan komprehensih kulit kita menjadi lebih glowing, shimering and splendid. Aamiin.

17 komentar

  1. Aku dulu pakai minyak kelapa buat rambut. Kadang pernah pijat juga sih. Tapi kalau buat pembersih wajah, belum pernah coba. Lebih alami dan hemat yaaa

    BalasHapus
  2. Saya punya VCO belum habis. Mau coba ah. Asyik juga kalau bisa jadi lebih hemat. Terima kasih Mak.

    BalasHapus
  3. Jaman akju kecil bapakku suka bikin minyak kelapa gitu, eh ini sih beda ya VCO hihih. Di aplikasi Halodoc juga bisa ngintip tips kecantikan ternyata ya

    BalasHapus
  4. Oh, jadi minyak kelapa itu bisa membantu memperbaikin jaringan kulit yang rusak? Super sekali ya. Jadi di Halodoc kita bisakonsultasi dan mengetahui info2 seputra kecantikan dan kesehatan kulit juga? Dokter2 spesialisnya sepertinya banyak juga ya mbak. Mau ah ceki2 lamannya.

    BalasHapus
  5. Beberapa kali aku baca/denger khasiat VCO ini Mak.
    Dan baru tau kalo berfungsi sebagai jajaran skincare juga
    untuk kulit memesona, yukkk praktikkan!

    BalasHapus
  6. ooo belinya di toko-toko yang jual bahan herbal ya, pantesan di minimarket nggak pernah nemu. Pengen nyoba juga ah

    BalasHapus
  7. Saya sering dengar khasiat VCO, termasuk untuk melembabkan kulit, tapi baru tahu kalau bisa untuk membersihkan muka juga. Lebih alami pastinya lebih aman juga ya mbak?

    BalasHapus
  8. Wah mba aku baru tahu dengan adanya VCo ini yang bisa lembabkan kulit wajah. Makasih infonya mb

    BalasHapus
  9. Aku pake cleansing oil kulihat isinya dari coconut juga. Padahal punya vco juga di rumah. Nanti kalo cleansing oil ku habis, aku pake aja vco ya

    BalasHapus
  10. Dapat ilmu baru nih, ternyata VCO bisa berfungsi meremove make up. Kandungan VCO ini memang bener-bener alami dan cocok buat kulit.

    BalasHapus
  11. Wah saya jadi punya ide juga untuk menggunakan VCO sebagai pembersih wajah. Selama ini vco di rumah untuk makan aja. Kebetulan kulit sudah mengering banget nih, mudah-mudahan bisa lembab lagi nanti. Makasih artikelnya Mbak

    BalasHapus
  12. Wah memang bagus ya khasiat vco ini untuk wajah dan rambut Mak, pengen coba juga, apalagi harganya terjangkau...

    BalasHapus
  13. Ternyata untuk menjaga kulit tetap cantik, bisa menggunakan minyak kelapa ya.
    Gak perlu susah mencari bahannya, tinggal pakai VCO aja, kulit jadi cantik

    BalasHapus
  14. Saya belum pernah perawatan kulit wajah pakai VCO. Tetapi, ketika anak-anak masih bayi, sebelum dijemur suka diolesin VCO dulu kulitnya

    BalasHapus
  15. Hmmm, since for a long time my mom and grandma using it. They are make it self. And then now we can find it in VCO. Is smarts and easy to end.

    BalasHapus
  16. VCO ini aku sering denger nangis ya mba. Emang bagus beneran ya tapi aku masih susah kalo mendapatkan di sini daerahku. Aku kepo kepo ah butuh juga tips lainnya

    BalasHapus
  17. minyak kelapa ini aku suka pake di area kulit yang keriiiing banget dan di kulit kepala buat bantu numbuhin rambut. lumayan membantu sih mak selama ini.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.