Ini Yang Harus Dilakukan Online Shop Sebelum Membuat Website



Suatu waktu saya hadir di sebuah event talkshow tentang dekorasi rumah di Ambarukmo Plaza. Pembicaranya kebetulan seorang kawan dosen desain interior di sebuah perguruan tinggi di Jogja. Yang hadir di event tersebut banyak sekali pengusaha dan pengrajin kota Jogja. Kebetulan para ibu yang hadir juga suka banget dengan dunia interiro. Bahkan ada klub pecinta shabby di acara tersebut. Heboh banget. Nah, yang di sebelah saya kebetulan seorang pengusaha sofa dari Jogja utara. Ketika dia tahu saya seorang blogger, si ibu ini langsung nodong minta dibuatkan website untuk usaha sofa yang dia miliki.


Dari cerita si ibu pengusaha ini ternyata banyak kliennya yang selalu menanyakan website usahanya. Selama ini sih si ibu berjualan secara offline dan online via instagram. Ternyata para pelanggannya tetap menanyakan website. Karena ada beberapa hal yang memang tidak bisa diakomodir oleh sosial media. Terutama sih dalam kelengkapan data dan gambar. Jadi memang mau ga mau para pengusaha dan pengrajin di Jogja harus punya website. Apalagi jika pelanggannya sudah menembus pasar dunia. Padahal banyak pengrajin di Jogja itu yang produknya disukai sama pasar luar. Selama ini akhirnya produk para pengrajin tersebut harus melewati beberapa tangan dulu baru sampai ke pasar luar. Ya karena keterbatasan menghandle penjualan online terutama website ini tadi.
Saya kemudian berbagi sedikit saran untuk si ibu pengusaha tersebut. Terutama tentang pentingnya website. Nah, sebelum bicara website kita bisa bicara tentang domain dan hosting dulu nih. Apa sih domain itu? Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet. Gampangnya Domain adalah alamat rumah kita di dunia maya. Sepanjang pengalaman saya sebagai seorang blogger website memiliki ketergantungan penuh dengan domain maupun hosting. Selain domain online juga butuh hosting lo.  Sebelum membeli domain dan hosting saya menyarankan ini dulu. Ada beberapa tips saat harus mencari domain Lakukan ini saat akan membeli domain.
1.     Pilih provider yang responsif.
  Ada banyak provider penyedia domain dan hosting. Pilih yang responsif terhadap pelanggan. Pengalaman saya dulu pernah terkatung-katung selama beberapa bulan karena provider atau penyedia domain yang susah banget dikontak. Sampai akhirnya memutuskan memilih penyedia domain dan hosting yang kredibel. Jangan malas untuk membaca review para pelanggan. Baca satu-satu dengan jeli.
2.     Tentukan apa yang kita butuhkan
Kita harus tentukan dulu nih kita butuh domain saja atau domain dan juga hosting. Saran saya sih kita meluangkan waktu untuk mempelajari dua hal tersebut jika kita memutuskan untuk membelinya. Karena jangan sampai kita membeli sesuatu kita ga ngerti apa yang mau dibeli. Jangan malu bertanya pada teman-teman atau orang yang paham tentang domain dan hosting. Nanti dari diskusi ini kita bisa mengerti apa yang kita butuhkan. Berapa kapasitas yang harus kita pilih. Apakah cukup domain saja atau sekaligus dengan hosting juga. 
3.     Pilih nama domain yang mudah diingat
Karena domain ini seperti alamat rumah maka pilihlah alamat rumah yang simple dan gampang diingat.
4.     Ada harga rupa
Biasanya para pengguna domain pemula selalu menolak domain berbayar. Maunya gratisan. Padahal kalau dihitung dengan cermat domain berbayar itu ga mahal-mahal banget. Tetapi ga murahan juga. Kita sesuaikan kebutuhan kita seberapa. Ajak seorang kawan yang paham dunia domain berbayar dan minta nasehatnya.
5.     Jangan takut berinvestasi melalui domain.
Ini sebenarnya sebuah anjuran ga cuman saran aja. Kenapa saya menyarankan para pemilik online shop sebaiknya berinvestasi dengan domain? Karena ada banyak keuntungan yang bakalan teman-teman dapatkan dari domain berbayar. Yang paling utama sih online shop akan terlihat profesional saat memiliki domain berbayar. Jujur saya langsung pasang wajah waspada saat membuka online shop yang pasang website gratisan (pakai blogspot.com atau wordpress.com). karena sangat terlihat tidak profesional.
Nah, itu sedikit saran buat teman-teman online shop saat akan membeli domain berbayar seperti: com, net, id, dll. Semoga mencerahkan ya. Yuuk buat online shopnya lebih profesional. Selain meningkatkan pelayan peningkatan promosi juga bagian dari investasi usaha lo. Untuk yang masih bingung jika hendak membuat website sebaiknya ke DomaiNesia tempat beli hosting termurah.

29 komentar

  1. Setiap pengusaha kudu banget punya website.
    Ini kan wajah/ representasi mereka di kancah digital, ya
    Kuyyy lah beli domain di tempat yg sip markosip

    BalasHapus
  2. Dulu punya website sendiri utk usaha tapi karena udah tutup usahanya, nggak nerusin websitenya. Sekarang beda lagi bidangnya jadiin satu aja sama blog ternyata lebih bisa menikmati

    BalasHapus
  3. Karna zaman udah serba digital, salah satu yang harus kita miliki adalah sosial media akun dan juga website. Ini bisa membangun branding juga ya buat usahanya. Makasih tipsnya ya mba.

    BalasHapus
  4. Ternyata para pelanggannya tetap menanyakan website.


    (cerita pengalaman di atas)

    Nah rupanya ada saatnya para pelanggan menanyakan website ya. Masih banyak lho yang merasa belum butuh website, entah bagaimana menjelaskan kpd mereka. Pikirnya cukup punya IG saja.

    BalasHapus
  5. Iya bener banget nih tipsnya. Salah satu alasan kenapa belanja di toko online tertentu karena memang mudah diingat. Abis itu juga harus lancar situsnya. Kalau enggak, saya udah malas bukanya :D

    BalasHapus
  6. Sebuah website bagi yang punya usaha secara online memang harus ada ya.
    Itu memberikan nilai kepercayaan lebih dari konsumen, lebih terlihat profesional.

    BalasHapus
  7. Sebagai konsumen yang aktif belanja online aku adalah tipe konsumen yang always kepoin website toko yang aku tuju hehehe kesannya tuh lebih terpercaya sih mba menurutuku makanya emang perlu ada web

    BalasHapus
  8. Bukan hanya media sosial ya, punya website juga menunjukan profesionalisme sebuah usaha ya, dan kudu diupdate juga biar lebih informatif.
    Website juga bikin usaha online shop jadi lebih terpercaya :)

    BalasHapus
  9. Berbisnis online harus selalu up to date. Selalu belajar. Salah satunya membangun kepercayaan melalui website dengan domain, ya.

    BalasHapus
  10. Memang iya ya mba..web bisnis klo gratisan rasanya jadi berkurang kredibilitasnya..hehe..

    BalasHapus
  11. Supaya lebih dikenal secara luas setiap online shop harus punya website ya mbak. Tentunya selain website, apa yang dijual juga harus update setiap hari...agar pelanggan yakin dan puas berbelanja di olshop ini.

    BalasHapus
  12. Supaya lebih dikenal secara luas setiap online shop harus punya website ya mbak. Tentunya selain website, apa yang dijual juga harus update setiap hari...agar pelanggan yakin dan puas berbelanja di olshop ini.

    BalasHapus
  13. Pilih nama doain yang mudah diingat tapi jangan terlalu panjang ya suka ribet nyebutnya :)
    Sekarang bisnis online perlu banget website supaya gak ketinggalan jaman juga ya

    BalasHapus
  14. Bener banget Mak, domain ini bikin bisnis naik kelas ya. Karena ibaratnya sesuatu penawaran jasa harus tetap tampil profesional. aku sendiri akan lebih percaya sama bisnis yang udah punya website buat kroscek.

    BalasHapus
  15. Jaman canggih seperti sekarang memang harus bisa mengimbanginya. Kalau enggak, bisa bangkrut. Tergusur jaman dan kebodohannya sendiri. Bisnis kalau mau meningkatkan pesat memang harus punya eh dan email bisnisnya.

    BalasHapus
  16. Iya banget, gak bisa semabrangan deh bikin website. Kudu hati-hati milih nama dan provider. Biar bisa semakin menunjang usaha. Baik nambah costumer mau pun datangin banyak cuan. :D

    BalasHapus
  17. Zamna masih punya OS dulu saya juga bikin toko online sendiri supaya kelihatan profesional hehe :D
    Bener kudu pakai provider yang bagus dengan biaya sewa hosting mungkin agak lebihan supaya toko kita jd mudah diakses pelanggan sih.

    BalasHapus
  18. mantap mbak tipsnya, online shop memang sebisa mungkin punya website ya jadi ibarat toko biar konsumen tambah percaya dengan keberadaannya

    BalasHapus
  19. Hubby sedang punya usaha nih dan kepikiran pengen buatin website biar Pemasarannya lebih luas, pas banget baca ini dapat rekomendasi dan tips

    BalasHapus
  20. Ya setuju mbak, buat nama domain yang unik dan mudah diingat sehingga saat berbelanja langsung tertuju ke nama domain tersebut.

    BalasHapus
  21. Maakk... aku udah ada domain untuk akun jualanku. Lha tapi malah usahane macet kepriwe kiye? eehh malah curcol :))

    Memang penting loh keberadaan website gini, apalagi kalau ada pelanggan dari luar negeri yang pengin lihat detail-detail desainnya. Mosok ya bolak-balik kudu japrian ya.

    BalasHapus
  22. Bisnis online sekarang memang banyak peluang dan sangat menjanjikan ya Mak Irul..harus pintar - pintar mencari peluang yang ada dan serius berkomitmen

    BalasHapus
  23. Di zaman seperti sekarang ini, bagi pemilik usaha wajib sepertinya mempunyai website dan domain usaha agar mampu membranding diri.

    BalasHapus
  24. Emang website tuh penting banget yaaa, karena sebagai identitas usaha. Kalau cuma mengandalkan sosmed akan mudah hilangnya, tapi kalau website semacam portofolio juga 😍

    BalasHapus
  25. Aku punya blog untuk usahaku mba, tapi belum punya website
    masih mentok di nama wkwkw pengen rebranding makasih tipsnya mba

    BalasHapus
  26. Saya baru pakai blog aja Mbak untuk usaha foto produk walau masih freelance juga sifatnya. Sengaja pakai domain sendiri supaya terlihat lebih profesional.

    BalasHapus
  27. Setuju banget nama domain itu menentukan Citra usaha online kita seperti apa

    BalasHapus
  28. AKu salah satu yang suka jalan-jalan di dunia maya hanya untuk melihat model french khimr terbaru, misalnya...
    Memang lebih percaya bila produk tersebut memiliki sebuah website sebagai galeri dan responsif. Setiap pertanyaan pelanggan dijawab dengan kecepatan super, hehehe...jadi berasa di prioritaskan kan yaa..

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.