Yuuk Main Ke Rumah Belajar Modern Bantul




Salah satu tempat paling asyik buat momong anak di Jogja itu adalah Perpustakaan Rumah Belajar Modern Ngoto. Perpustakaan ini termasuk perpustakaan yang nyaman playgroundnya buat anak-anak. Kebetulan anak-anak saya homeschooling dan ikut pelajaran tambahan yang diadakan oleh SKB Ngoto Bantul. Yang enaknya SKB Bantul itu tepat bersebelahan dengan Perpustakaan Rumah Belajar Modern ini. Makanya saat anak-anak ikut kelas tambahan di SKB setiap Selasa sampai Jumat saya menyempatkan diri mampir ke RBM. Buat momong Miqdad dan numpang baca.


Playgroundnya Memadai


Perpustakaan RBM Ngoto ini sebenarnya tidak seluas perpustakaan lainnya. Tetapi playgroundnya memadai banget buat anak-anak. Selain itu di halaman perpustakaan ada halaman berumput yang asyik banget buat main anak-anak. Sebenarnya, kayaknya, halaman berumput itu ditujukan untuk pertunjukan seni atau drama. Karena di pinggirannya disediakan tempat duduk berupa undakan. Apalagi mengingat perpustakaan ini sering dijadikan tempat kunjungan anak-anak sekolah. Di RBM ini terdiri atas 3 bangunan. Bangunan pertama untuk gedung pertemuan yang bisa memuat lebih dari 100 kursi. Bisa dipinjam untuk event-event pendidikan dan parenting lo. Bayarnya 250 ribu perhari. Dua gedung lain ditujukan untuk ruang buku, baca dan unit-unit komputer.



Akses Internet Gratis




Di gedung bagian dalam tersedia komputer khusus games edukatif dan juga perangkat PC untuk mengakses internet. Oia di lingkungan perpustakaan juga tersedia wifi gratis.

Tersedia Permainan Edukatif Dan Alat Musik Tradisiona




Buku-buku anak yang tersedia di sini bagus-bagus lo.dan juga tersedia permainan edukatif semisal Logico (yang harganya wah itu). Miqdad seneng banget kalau udah megang Logico. Juga tersedia alat musik tradisional seperti angklung. Oia ada juga permainan tradisioanl seperti dakon dan bakiak. Untuk fasilitas memang tidak semewah dan semegah perpustakaan Grhatama Pustaka. Tetapi buat kami RBM Ngoto ini sangat membantu sekali.

Di RBM juga tersedia aneka majalah terbaru. Saya biasanya numpang baca majalah NatGeo, Femina dan Ayahbunda di sini. Lumayan banget sih untuk update berita kekinian di luar sosmed. Hahahaha. jujur saya masih belum bisa meninggalkan membaca buku nyata. Mata masih sulit berkompromi dengan e-book. Mau gam au saya harus merutinkan membaca buku setiap bulannya. Meskipun kalau untuk membaca novel saya memilih membaca di perpustakaan Pevita. Sodaranya perpustakaan Kota Yogyakarta. Karena di sana novel-novelnya terbaru dan terbadai. Hahahaha.

Mungkin ada beberapa kekurangan RBM sebagai perpustakaan. Seperti pengawasan anak-anak yang menggunakan internet di sana sepertinya terlalu longgar. Memang ini dilemma sih. Saya yakin agak susah bagi petugas untuk mengawasi anak-anak yang menggunakan internet milik RBM. Saya berharap akses internet di PC yang disediakan sudah diberi buffer dengan mode ‘kontrol orang tua’ dll. Sehingga anak-anak terhindar dari konten berbahaya.


Buat ibu-ibu di seputaran Bantul, khususnya jalan Imogiri dan Pleret bisa nih menjadikan RBM Ngoto sebagai jujukan. Saying banget kalau perpustakaan ini nganggur. Saya kalau mampir ke sini sering sepi. Ya Alhamdulillah sih jadi ga bejubel. Dan semua fasilitas ini tersedia gratis untuk warga Jogja. Yuuk main ke Rumah Belajar Modern Bantul. 

12 komentar

  1. Ada semakin banyak tempat interaktif untuk anak-anak di Yogyakarta ya, mbaaa :D saya taunya cuma Taman Pintar saja soalnya, jadi dulu kalau ke Yogya sampai keponakan, ujung-ujungnya cuma ke Taman Pintar / Gembiraloka :)) next time apabila ke Yogyakarta lagi, ingin mampir tempat-tempat baru yang mba rekomendasikan <3

    BalasHapus
  2. sambil nunggu anak main, ortunya bisa baca buku di Perpustakaan Rumah Belajar Modern ya mbak :) seru, apalagi kalau bukunya lengkap

    BalasHapus
  3. wuah, lumayan jadi tempat wisata anak ya biar ga bosen di rmah terus. apalagi fasilitasnya cukup memadai

    BalasHapus
  4. Wah logico ini eksis ya. Dr zaman aku sekolah coba hohoho.. bentar lg bakal aku keluarin lg dr gudang ah buat belajar anakku 🤣

    BalasHapus
  5. Buat ibu2 yang tinggal di daerah Bantul pasti terbantu banget yah, buah hati bisa mencoba permainan edukatif :)

    BalasHapus
  6. Rumah Belajar Modern bisa dibilang tdk hanya tempat yg menyediakan ruang edukasi saja tapi juga sebagai tempat yg bisa menjadi sarana bermain. Suka deh lihat tempatnya dari foto² mu mba

    BalasHapus
  7. Wah wah, ini sih tempat yang pastinya bakal bikin anak seneng. Lengkap ya alat mainnya. Dari yang melatih otak sampe melatih otot motorik.

    BalasHapus
  8. Tempatnya bagus mba, keren dan nyaman untuk membangkitkan semangat belajar anak2, dan ortu yang menemani juga bakalan betah

    BalasHapus
  9. Enak ya kalo ada RBM gini di dekat rumah. Lah rumahku jauh nih dari RBM. Jadi anak-anak disekolahkan saja sampai sore biar main di sekolah hehe.

    BalasHapus
  10. fasilitasnya lumayan lengkap ya mbak, ada playground, ruang buku dan baca yang nyaman serta halaman yang asyik juga buat eksplorasi di luar.

    BalasHapus
  11. HAsyiknyaa ada akses internet gratis mbaa. Alhadmdulillah makin banyak rumah belajar seperti ini bikin anak jadi senang. Ortu pun happy :)

    BalasHapus
  12. Di bantul ada tempat modern seperti ini ya, bisa nih pas liburan bareng keluarga ke sini aja, deket lagi

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.