Penanganan Pertama Terhadap Luka Bakar





Salah satu anak saya ada yang memiliki tanda bekas luka bakar di bagian perut. Karena tak sengaja tersiram air panas. Jangan dibayangkan gimana paniknya saya. Sampai hari ini aja kalau inget langsung deg-degan. Ya Allah. 


Rumah Sering Menjadi Tempat Terjadi nya Luka Bakar 
Ibu-ibu ada yang punya pengalaman ga enak juga dengan yang namanya luka bakar?. Departemen Kesehatan Republik Indonesia tahun 2011 merilis bahwa tingkat prevalensi luka bakar di Indonesia sekitar 2,2% dan 69% terjadi di rumah. Banyak kejadian luka bakar terjadi di rumah. Di tempat yang kita anggap paling aman. 

Saya sendiri termasuk banyak beraktivitas di rumah terutama dapur. Dan banyak hal yang bisa menyebabkan luka bakar di rumah. Mulai dari air panas, minyak goreng panas, setrika, alat masak yang baru saja dipakai, sampai cairan kimia. Semuanya bisa menyebabkan luka bakar ringan - berat. Dan jika penanganannya tidak benar bisa meninggalkan bekas di kulit. Tak hanya berbekas bisa menimbulkan kepoin juga tertariknya jaringan kulit. Sehingga menyebabkan kecacatan permanen. Duuh, naudzubillah. 
Bincang-bincang Bersama Mebo-Mederma


Kemarin Sabtu, 28 September 2019 saya ikut bincang-bincang bersama MEBO-Mederma Women's Community. Tema kali ini Regret Comes Later, Bebas Beraktivitas di Rumah dengan Meminimalkan Resiko Luka Bakar Ringan, bertempat di The Rich Hotel Yogyakarta. Pemateri pertama ada  dokter Spesialis Ilmu Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik, dr. Bayu Suhartadi, SpBP-RE.  Dan Hernita Astriani, S.Farm., Apt sebagai Brand Manager Mebo dan Mederma Combiphar.
Luka bakar menurut Wikipedia adalah sejenis cedera pada daging atau kulit yang disebabkan oleh panas, listrik, zat kimia, gesekan, atau radiasi

Kulit yang terkena luka bakar biasanya memerah, kemudian melepuh dan berisi cairan. Jika perawatan tidak benar bisa infeksi, bernanah dan melebar ke area kulit di sekitarnya. Bekasnya juga nampak jelas. Bisa timbul keloid DNA juga rusaknya jaringan kulit yang menyebabkan cacat permanen. Naudzubillah. 

Nah dokter Bayu menyarankan beberapa tindakan penting yang dilakukan saat terkena luka bakar. 
Nah hal pertama adalah Jangan Panik! 
Kemudian lakukan penanganan berikut
1. Segera lepaskan kain atau baju yang melekat
2. Dinginkan dengan air bersih suhu normal. Terbaik dengan air mengalir. 
3. Keringkan bagian yang terkena luka bakar. Gunakan bahan lembut. 
4. Berikan salep luka bakar pada bagian yang terkena luka bakar. 


Nah ibu-ibu bisa menggunakan Mebo untuk penanganan luka bakar pertama.  Dan gunakan Mederma untuk menghilangkan/menyamarkan bekas luka bakar. 
Menurut dokter Bayu masa 4 jam pertama pasca kena luka bakar adalah waktu kritis penanganan luka bakar. Jika penanganan nya benar kerusakan kulit yang ditimbulkan bisa ditekan. 
Sayangnya masyarakat Indonesia banyak yang memilih mengobati luka bakar berdasarkan kebiasaan yang seringnya tidak ada landasan medisnya. Ada yang mengolesi luka bakar dengan odol, kecap, madu, lidah buaya, dll. Padahal beberapa bahan tersebut malah menimbulkan iritasi pada kulit. 

Mebo Dan Menederma Combiphar
Nah Combiphar menyediakan produk penanganan dan perawatan luka bakar ringan untuk keluarga Indonesia. 
MEBO Ointment, Solusi Pertama Luka Bakar 

Mebo Ointment adalah salep luka bakar yang dapat meredakan rasa nyeri,  menyerap sisa panas pada area luka, dan mempercepat penyembuhan luka dengan cara menghidrasi jaringan kulit yang terluka.  
Penggunaan salep Mebo pada kulit yang lembab dimana sel-sel kulit akan lebih cepat melakukan regenerasi dan memperbaiki diri. Harapannya sel kulit cepat pulih.

Kandungan Mebo Oinment


Mebo Oinment mengandung bahan-bahan herbal alami tanpa antibiotik kimia. Antara lain: Phellodendri chinensis, Coptidis rhizome, Scutellariae radix, Minyak Wijen, dan Beeswax. 
Minyak wijen sendiri dikenal kaya senyawa β-sitosterol alias Beta sitosterol yang berfungi mengurangi peradangan yang mengakibatkan pembengkakan, kemerahan, gatal, dan rasa nyeri. Selain itu kaya akan lipid, vitamin E dan K yang berfungsi sebagai nutrisi bagi sel-sel kulit. 

Selain itu Phellodendri chinensis, Coptidis rhizome, dan Scutellariae radix dikenal sebagai tanaman herbal yang berfungsi sebagai anti inflamasi sekaligus membantu proses regenerasi sel. Dan Beeswax atau lilin lebah mampu melembabkan kulit serta mengandung antibakteri yang akan mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri. Dari zaman baheula memang semua produksi dari lebah madu dikenali sebagai sumber nutrisi yang bagus bagi kulit. 
Penggunaan
Cukup oleskan Mebo pada area luka dengan ketebalan 1 mm setiap 4 sampai 6 jam hingga lukanya membaik. Jangan lupa kondisi tangan juga harus bersih ya sebelum mengoleskan Mebo. Dan wangi Mebo juga enak, kayak bau wijen. Dan bentuk nya yang gelap memudahkan saat kita mengoleskan nya. Cukup tipis aja. 
Perawatan Besar Luka Bakar
Luka bakar sudah sembuh taik bekasnya ga asyik banget nih. Jangan khawatir. Combiphar menyediakan produk perawatan bekas luka.
Mederma Gel Proaktif
Saya sudah mengenal Mederma sejak beberapa tahun lalu. Pernah juga diresepkan salep ini oleh dokter untuk perawatan luka bakar pada anak. 
Mederma telah terbukti secara klinis efektif untuk memudarkan bekas luka dan menjadi salah satu salep perawatan bekas luka yang sering disarankan dokter di seluruh dunia selama 10 tahun. 
Dan Menerima disarankan untuk segala bekas luka. Baik luka bakar, luka bekas jatuh, bekas operasi, bahkan ada menyarankan untuk bekas jerawat menahun. 
Kandungan Mederma
Mederma diolah dari kombinasi tiga bahan aktif: cepalin, allantoin dan aloe vera yang masing-masing berfungsi sebagai anti peradangan, memperbaiki tampilan dan struktur skar, melembabkan luka, serta mencerahkan kulit. 
Mederma di klaim ampuh sebagai gel proaktif untuk menyamarkan bekas luka, menghaluskan kulit, dan termasuk mencerahkan juga. 
Penggunaan
Cukup dioleskan secara tipis pada bagian luar bekas luka yang sudah tertutup bukan bekas luka yang masih terbuka. Dilakukan berulang 3-4 kali sehari selama 8 minggu untuk penanganan luka baru. Dan untuk penanganan bekas luka lama 3-4 kali selama 3-6 bulan. 

Produk ini bisa kita dapatkan di Century, Guardian, Watsons, Apotik Kimia Farma, Apotik K-24 dan toko farmasi terdekat lainnya. Mebo dan Mederma juga tersedia di e-commerce seperti Lazada, Shopee, dan Watsons. 
Social media 
Jangan lupa juga follow akun instagram @mebocombiphar ya. Ada banyak informasi menarik di sana dan juga kuis interaktif. 

Sesi Demo Masak 


Nah, kemarin selain bincang-bincang tentang penanganan luka bakar juga ada demo masak oleh chef Rahmat dari The Rich Hotel. Doi juga berbagi tips aman di dapur dan saat memasak nih buat para ibu. 
Sedikit tips dari Chef Rahmat yang bisa diterapkan oleh para ibu. 
1. Dapur yang bagus itu yang memiliki ventilasi udara. Agar sirkulasi udara tetap baik. Dapur kami kebetulan memiliki langit-langit tinggi. Di dapur tidak terlalu panas. 
2. Usahakan posisi kompor dekat dengan bak cuci piring. Agar lebih mudah menjangkau sumber air saat terjadi hal-hal tidak diinginkan. 
3. Posisi kompor sebaiknya rata-rata pinggang. Disesuaikan dengan tinggi badan pemilik dapur. Kalau kayak saya yang tinggi cuman 150-an ini ya tinggi meja kompor ga tinggi banget. 
4. Sediakan kitchen towel yang bersih untuk menghindari uap panas, mengelap peralatan masak yang basah. Sehingga saat memasak peralatan masak dalam kondisi kering. Karena alat masak yang basah bisa berbahaya saat kita gunakan untuk menggoreng dengan minyak panas. 
5. Saat memasak harus ditunggu sampai selesai. Jangan ditinggal-tinggal. Bahaya. Siapa yang sering masakannya gosong karena ditinggal ini itu. Sayaaaa. 


24 komentar

  1. Wah baru tahu nih produk baru ya Mak?
    Saya kalau kena luka bakar selalu mengoles dengan minyak ayam kampung. Alhamdulillah sih manjur. Semoga dengan adanya produk ini bisa melengkapi keamanan dan kenyamanan setiap orang yang bergelut dengan dunia masak memasak atau terkena luka bakar lainnya.

    BalasHapus
  2. Mebo emang bagus nih, harus sedia terus mebo di kotak P3K, apalagi kalau di dapur deh, rentan banget kena luka bakar

    BalasHapus
  3. Kalau luka lama bisa nggak ya? Anakku kena knalpot sudah agak lama. Bekasnya jadi coklat tua gitu.

    BalasHapus
  4. Penting banget, nih, pengetahuan penanganan luka bakar. Biar nggak asal ngikutin mitos dan akhirnya malah nggak membaik. Daripada oles-oles pakai odol, mentega, dsb, mending langsung pakai obat luka bakar, ya.

    BalasHapus
  5. Aku hepiii banget bisa datang di acara sarat faedah seperti ini.
    Mebo dan Mederma memang wajib nangkring di kotak P3K kita ya Mak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  6. kalau dulu pas masih kecil (sekarang juga masih sih) kalau kena luka bakar atau kesiram air panas pasti langsung buru-buru dikasih odol. Tapi makin kesini jadi tau ternyata ada juga ya ibat untuk luka bakar itu sendiri, kaya mebo ini salah satunya.

    BalasHapus
  7. Luka bakar sudah sembuh taik bekasnya ga asyik banget nih.

    Ada typo nih mbak kalimatnya. Trims ya udah berbagi. Must prepared nih for first aid at home

    BalasHapus
  8. Waktuku dalam sehari lebih banyak di dapur, potensi kena yang panas-panas cuku besar, dan memang sering aku alami, yang paling sering, kena panci atau wajan panas, ahaha.
    wajib sedia Mebo & Mederma nih

    BalasHapus
  9. ini harus siap sedia ada dirumah ya boar kalah kena luka bakar bisa langsung oles aja

    BalasHapus
  10. Wah, kudu punya nih buat jaga-jaga. Huhu, aku nih sering deh kalo masak kena ciprata air panas atau minyak panas. Kalo udah gitu biasanya pake odol. Dingin sesaat tapi jadi bengkak berair. Malah tambah sakit.

    BalasHapus
  11. Jadi ngebayangin pernah tanpa sengaja menyiram anak dengan kuah mie yang baru angkap dari kompor, lalu kaki saya tersiram air panas....bener2 histeris kala itu. Karena gak ada persediaan obat akhirnya cuma diolesin pasta gigi aja. Setelah itu bekas luka bakar langsung melepuh. Obat ini sepertinya ampuh ya mbak untuk penyembuhan luka bakar. Harus siap sedia di rumah ya.

    BalasHapus
  12. Gak mau sih kena luka bakar tapi namanya juga sedia mah gpp ya biar aman kalau ada apa-apa siapa tau juga ada orang lain yang membutuhkan tinggal kasih aja

    BalasHapus
  13. Wah aku baru tau mba produk ini. Kadang saking paniknya emang suka ngak kepikiran ya pake obat kayak gini, cuss ah ke apotik beli.biar tenang kalo ada apa-apa di rumah. Thnks ya mbaa

    BalasHapus
  14. Semoga banyak yang tahu tentang Mebo ini ya soale masih banyak yang pakai odol atau mentega untuk pertolongan luka bakar , padahal itu salah.

    BalasHapus
  15. Luka bakar emang harus segera ditangani. Apalagi kalo punya anak harus sedia obat untuk luka bakar di rumah

    BalasHapus
  16. Saya harus sedia Mebo dan Mederma untuk jaga-jaga sekaligus pengobatan pada bekas luka. Soalnya saya dan keluarga punya banyak bekas luka tidak sengaja. Kecil tetapi merusak estetika kulit.
    Luka bakar harus ditangani sebelum 4 jam, ya. Akan saya ingat baik-baik dan jangan pakai bahan ajaib kayak yang biasa dimitoskan orang, he he.

    BalasHapus
  17. Ini wajib punya berarti ya mak Irul. Gak perlu tunggu ada kejadian dulu deh. Lagian kita2 kadang suka kena minyak panas juga yaa kalo masak. Hehehe

    BalasHapus
  18. Sudah saatnya melengkapi kotak obat di rumah dengan Mebo dan Mederma ya mak. Yaaa...namanya luka bakar kan kita tidak tau kapan terjadinya. Apalagi yang seperti dirimu yang hobi masak, kecipratan minyak tentu sudah biasa banget yaaa

    BalasHapus
  19. Haduh beberapa kali mengalami luka bakar dan rasanya enggak enak banget mbak. Untung sekarang ada Mebo dan bisa mengatasi luka bakar dengan baik.

    BalasHapus
  20. Nah, saya beberapa kali berhadapan dengan kejadian yang kayak gini. Bukan anak saya sih yang alami tapi anak tetangga dan kasian banget liat. Apalagi penanganannya juga masih kurang tepat kayak yang Mbak jelaskan di atas. Jadi penting banget nih dapat informasi kayak gini. Noted juga nih obat untuk mengatasi luka bakarnya.

    BalasHapus
  21. Harus swdia ini di rumah yaaa mba..:-apalagi banyak anak kecil yang masih suka lucu - lucuan ya

    BalasHapus
  22. Wah, mesti banget sedia produk ini untuk berjaga-jaga. Mantab juga khasiatnya ya

    BalasHapus
  23. Kalo inget luka bakar langsung cekot cekot rasanya padahal udah lama kejadiannya tapi zaman dulu belum ada mebo Mederma

    BalasHapus
  24. Setidaknya ini menjadi solusi kalo sudah terlanjur kena luka bakar ya Mbak. Tetapi kalo belum, semoga tidak akan pernah terkena. Aamiin.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.