Kuliah Online Di 7 Website Ternama Dunia, Minat?





Awal tahun ajaran baru kemarin saya dan suami sempat diskusi alot dengan si sulung. Yakni tentang pemilihan kelas pendek di jenjang SMA ini. Saat ini berasa banget deh pentingnya skill bagi anak milenial. Makanya ga heran banyak orang memilih Kelas karyawan menjadi salah satu alternatif yang sangat baik jika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi lagi, biaya yang dikeluarkan juga terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan kuliah konvensional dengan kualitas pengajaran yang tidak kalah berkualitas.




Selain mengikuti kelas untuk karyawan, alternatif lain yang lebih menarik untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi yakni mengikuti kuliah secara online di berbagai situs ternama dunia yang memberikan pengajaran secara gratis. Berbagai situs tersebut menawarkan materi yang sangat berkualitas bahkan beberapa situs menawarkan pengajar ternama dari berbagai Universitas elit di dunia, berikut ini daftarnya:

Open2Study
Situs yang satu ini merupakan sebuah organisasi pendidikan tinggi yang basisnya berada di Australia, didirikan tahun 2013 dan dikelola oleh Open Universities Australia. Selain itu University of Newcastle Australia, Flinders University, dan berbagai kampus elit lainnya juga ikut terlibat di dalamnya.

Ada dua jenis kursus yang bisa dipilih di situs ini, yakni University Courses dan Free Courses. University Courses memungkinkan pelajar dapat berkuliah secara online dan juga bisa lulus dengan mendapatkan gelar sertifikat yang sudah dikasih sama halnya dengan mahasiswa yang berkuliah di berbagai kampus secara offline, sedangkan Free Courses mungkinkan pelajar bisa mengikuti kursus secara gratis.

IndonesiaX
Bagi yang ingin kuliah sambil kerja, situs IndonesiaX menjadi salah satu rekomendasi situs kuliah gratis. Situs yang satu ini juga sangat cocok bagi mereka yang ingin kuliah online gratis tanpa harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang fasih, pasalnya bahasa pengantarnya menggunakan bahasa Indonesia. Sistem pembelajaran yang diberikan hampir sama dengan berbagai situs ternama lainnya, terdapat forum diskusi, artikel, kuis, dan video yang akan diberikan oleh para pengajar.
Kebetulan saya sendiri pernah ikutan gabung nih di kelasnya IndonesiaX. Kelas pendek yang digagas oleh pak Rhenald Kasali ini bisa jadi pilihan bagus untuk para pekerja yang ingin menambah skill.

Situs yang satu ini menyediakan berbagai ilmu kuliah dalam bidang broadcasting hingga bidang manajemen, menariknya lagi situs ini juga menjalin kemitraan dengan berbagai kampus dan organisasi ternama yang ada di Indonesia (sebut saja ITB, UI, Rumah perubahan Rhenald Kasali, net TV, UNAIR, dan dengan berbagai kemitraan lainnya).

MIT Opencourseware
Situs ini menyediakan lebih dari 2400 jenis kursus yang bisa dipelajari, sesuai dengan namanya berbagai jenis kursus tersebut merupakan berbagai kursus yang disediakan di kampus MIT mulai dari bidang teknik (teknik pembangunan, teknologi, dan teknik lainnya), musik, dan pendidikan.

Bagi karyawan yang ingin kuliah di kampus ternama, situs yang satu ini sangat direkomendasikan. Tidak perlu mengambil kelas karyawan, cukup memiliki akses internet dan laptop sudah bisa mempelajari beragam bidang pendidikan yang disebutkan tadi.

Future Learn
Situs yang satu ini merupakan situs yang menyediakan berbagai bidang ilmu, mulai dari bisnis, bahasa, sains, kesehatan, psikologi, sampai pada bidang teknologi secara gratis tanpa pungutan biaya. di situs ini terdapat berbagai pelajar dan pengajar dari seluruh penjuru dunia, materi pembelajaran tersedia dalam bentuk artikel, kuis, diskusi, video, bahkan bagi yang menyukai dunia robotik juga bisa belajar di situs ini.

Allison
Salah satu situs yang menjadi pelopor situs belajar online gratis di dunia ini dibuat pada tahun 2007, berapa pengajian di situs ini berasal dari berbagai institusi dunia seperti Microsoft, Google, dan berbagai Universitas terkemuka di dunia yang lainnya.

Situs ini menyediakan 750 materi yang bisa dipilih dan dipelajari, berbagai materi tersebut tentu akan sangat membantu dalam proses belajar mengajar terutama bagi mereka yang kuliah sambil kerja dan tidak memiliki waktu untuk mencari materi dengan menjelajah toko buku.

Coursera
Situs ini menyediakan instruktur berkualitas tinggi untuk membimbing mereka ingin belajar di Coursera, struktur tersebut berasal dari berbagai lembaga pendidikan dan universitas terbaik yang ada di dunia. metode pembelajaran yang disampaikan tidak berbeda jauh dengan berbagai sistem lainnya, yaitu dengan menggunakan video dan pertama dari dosen serta forum diskusi.

Situs ini menyediakan 2226 jenis kursus yang bisa diikuti, berbagai jenis kursus tersebut disebabkan oleh 150 lembaga pendidikan dan universitas terbaik yang ada di dunia.

edX
Situs ini juga menyediakan oleh kuliah online, dalam situs ini terdapat berbagai rekaman video pembelajaran hingga berbagai forum diskusi yang bisa diikuti serta terdapat silabus pembelajaran yang bisa dipelajari.

Situs yang menyediakan kursus online terbuka untuk masyarakat ini didirikan oleh Universitas Harvard dan MIT di tahun 2012, situs ini menyediakan lebih dari 1300 jenis kursus yang bisa dipilih dengan jumlah peserta yang tidak terbatas.

Sulung kami yang saat ini mengambil kelas pendek desain grafis

Bukan hanya menawarkan materi pelajaran dan pengajar yang sangat berkualitas, bahkan beberapa situs tersebut juga menyediakan sertifikat untuk pelajarnya. Selain berbagai nama situs di atas, tentunya masih ada banyak situs terbaik yang bisa dijadikan sebagai referensi tempat belajar seperti Google books Indonesia, Project gutenberg, slideshare goodreads, dan lainnya. Bagi yang mengikuti kuliah biasa atau kelas karyawan, berbagai situs tersebut tentu akan sangat membantu dalam mencari referensi yang dibutuhkan.

16 komentar

  1. Sekarang ini mau kuliah mah bebas ya, kayaknya perlu juga nih kucoba deh..

    BalasHapus
  2. Ulalaaaa.... ini keren buangeettt :D
    Mau aku infoin ke ponakan2 aku Mba
    Makasiiiy
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Nah info pas juga nih buat saudara saudara aku. Sekarang mah yang penting ada kemauan ada jalan aja ya

    BalasHapus
  4. bisa kuliah online dapat sertifikat sama kayak yang offline itu keren banget mbak, bisa direkomendasikan untuk yang mau belajar online

    BalasHapus
  5. Sekarang belajar makin mudah, ya. Yang penting tetap semangat belajar. Universitas Terbuka di Indonesia kan juga ada kelas online, bisa diikuti karyawan juga

    BalasHapus
  6. Masyaallah semangat untuk belajar itu bisa dimana saja ya, selagi Ada kemauan. Apalagi skrg Ada byk kursus Dan kuliah online

    BalasHapus
  7. Bagi yang susah banget membagi waktu dan terbatas untuk keluar-keluar, pas banget ini untuk jadi solusi, tapi kalo saya tetep memilih kuliah biasa, ada gregetnya hahaha

    BalasHapus
  8. Mbak makasih info situs2nya kebetulan aku lagi cari jg supaya bisa belajar online, supaya otakku gak tumpul dan nambah wawasan syukur2 skill baru :D

    BalasHapus
  9. Wahh makin maju sekarang kuliah aja udah ada yg online yah bukan hanya untuk shopping aja yg online yah hehehe. Belajar aja ada onlinenya

    BalasHapus
  10. kalo memang niat sungguh2 ingin menuntut ilmu, jalan apapun bisa kita tempuh ya, termasuk dengan kuliah online.. mantap !

    BalasHapus
  11. Aku jadi penasaran pengen merasakan juga kuliah online di website ternama ini

    BalasHapus
  12. Pernah kepikiran untuk ngambil kuliah online sih mba,, waktu pas punya baby cuma klo aku kn tipenya hrs dnger orang/ guru lsg klo bljr online gk bisa dah coba pdhl

    BalasHapus
  13. Wah ini solusi untuk keterbatasan waktu ya...kelas gak lagi berwujud ruangan tertutup...Sekolah bisa disambi kerja apa saja ..Bisa buat ibuk2 yang masih pengen kuliah juga kan ya?

    BalasHapus
  14. Mbaaa, nice share banget ini. Bisa juga buat kita2 yang udah kerja nih infonya. Ya kan, wlpn udah kerja, nambah ilmu dan skill itu tetep penting. Apalagi kalo gratis dan bisa onlen. Hehe.

    BalasHapus
  15. Mantep ini buat yang terkendala waktu, bisa fleksible kita yang tentuin ya mba.
    Aku jadi pengen juga ih, apalagi aku mandek di skripsi kemarin

    BalasHapus
  16. Istilahnya sama ya mba. Kelas karyawan. Sama kaya di sini juga ada kuliah utk orang pekerja .. indonesiaX ini solutif banget

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.