Jaga Saluran Kemih Agar Tetap Aktif Dan Percaya Diri




Sekitar dua tahun ini saya mulai sering melakukan traveling. Apalagi anak-anak sudah beranjak besar. Kata suami “ Dulu Umi menjaga anak-anak terus, sekarang waktunya meluangkan waktu untuk diri sendiri melakukan perjalanan”. Dari tahun 2018 lalu saya sudah melakukan traveling ke Lombok, Sumbawa, Batam, Bandung, Solo, Jakarta, melakukan umroh bacpacker, berkunjung ke Istanbul, mampir ke Malaysia dan Singapura. Dan di tahun 2019 ini masih ada beberapa tempat yang ingin saya kunjungi. Ternyata melakukan perjalanan itu candu. Rasanya bahagia bisa belajar banyak hal di tempat baru, bertemu banyak orang dan belajar beradaptasi dengan daerah asing. Padahal usia saya ga bisa juga dibilang muda banget.


Traveling Saat Usia Kepala 3






Bayangkan saat kita memulai traveling di saat usia udah kepala 3. Saat tenaga ga sekuat dulu. Tapi masya Allah banyak sekali pelajaran yang bisa saya ambil. Awalnya agak minder juga sih kok traveling di usia segini. Apalagi kalau ingat anak-anak di rumah. Tetapi saya selalu ingat nasihat suami. “ Jangan pernah mendengarkan omongan orang yang ga ngerti kehidupan kita”. Pernikahan saya dan suami sudah tahun yang ke-16. Bisa dibilang belasan tahun kehidupan saya bersama keluarga. Di usia ini saya ingin menghadiahi diri sendiri dengan memperbanyak perjalanan yang biasanya memang didampingi suami.


Tetapi perjalanan saya ga selalu mulus seperti postingan di Instagram. Ada beberapa kali perjalanan saya terkendala masalah. Biasanya untuk keuangan saya membiasakan menabung. Dan menyiapkan dokumen saat hendak bepergian terutama saat hendak ke luar negeri. Dan yang terpenting berusaha untuk selalu hidup sehat dan menjaga kesehatan.

Terkena Anyang-anyangan Saat traveling

Saat melakukan umroh backpacker tahun 2018 lalu saya mengalami sesuatu yang kurang menyenangkan. Padahal perjalanan kami saat itu tak hanya umroh. Tapi juga menyambangi beberapa negara. Di perjalanan saya mengalami anyang-anyangan. Perkiraan saya sih karena saya malas ke kamar mandi sat di Baitullah karena malas mengantri ke toilet. Sebenarnya toilet di Baitullah itu masya Allah bersih dan nyaman. Cuman saya malas antri dan harus meninggalkan tempat salat. Soalnya kalau tempat salat kita tinggalkan otomatis akan diambil orang lain. Dan kita harus mencari tempat baru dan agak susah dekat dengan Ka’bah.


Ada yang pernah kena anyang-anyangan?. Apa sih anyang-anyangan itu?. Nah kemarin saya hadir nih di bincang-bincang bersama Uricran di The Rich Hotel Yogyakarta. Event ini kemarin dihadiri oleh pak dokter Nurhadi RahmanSpOG, beliau dokter kandungan di Jogja lo. 


Nah anyang-anyangan sendiri adalah kondisi dimana Ingin buang air kecil terus menerus, Buang kecil terasa sakit/nyeri, Buang air kecil tidak tuntas/lancar, Kadang disertai demam atau meriang. 

Dan anyang-anyangan ini bisa menjadi indikasi terjadinya ISK. Yakni Infeksi Saluran Kemih. Dan menurut riset ini 5 dari 10 wanita pernah mengalami ISK lo. Dan 2 diantaranya mengalami ISK berulang. Dan ISK ini bisa menyerang siapa saja. Bisa menyerang wanita (termasuk ibu hamil dan wanita menopause), anak-anak dan pria.



Apa penyebab ISK?
Ternyata berdasarkan riset 80% kasus ISK terjadi karena adanya bakteri E-coli yang menempel pada dinding saluran kemih. Sebagai informasi nih ya
·        Bakteri E-coli adalah bakteri yang hidup di saluran pencernaan manusia
·   Bakteri E-coli dikeluarkan melalui anus bersamaan dengan feses saat buang air besar
·    Bakteri E-coli dapat secara tidak sengaja masuk ke saluran kemih dan menempel di dinding saluran kemih. Yang jika didiamkan tanpa pengobatan akan menyebabkan infeki saluran kemih (ISK).

Bagaimana Bakteri Dapat masuk?
    1.     Melalui hubungan seksual
  2.  Cara membasuh organ intim yang kurang benar. Seharusnya saat cebok kita membasuh dari depan ke belakang. Bukan sebaliknya.
    3.     Air kotor yang digunakan untuk cebok
   4.    Toilet yang tidak bersih. Bahkan toilet duduk juga tetap harus diawasi kebersihannya.
    5.     Menahan buang air kecil.
Mengapa sih wanita lebih rentang terkena anyang-anyangan? Kayak ga adil gitu ya. 
Kenapa kok yang sering kena ISK itu wanita., Ternyata nih ada beberapa faktanya.
1.    Secara anatomi, saluran kemih wanita lebih dekat ke anus dibandingkan dengan saluran kemih pria
2.     Wanita harus menggunakan air saat membasuh setelah buang air kecil. Yang bisa menjadi tempat bakteri berkembang biak.
3.     Lebih sering menahan buang air kecil
4.     Resiko terekspos bakteri lebih tinggi (melalui dudukan toilet, toilet kotor,dll).


Apa upaya untuk mengobati anyang-anyangan?


1.     Memperbanyak konsumsi air putih. Minimal 2 liter sehari.
2.  Jangan menahan kencing. Usahakan segera ke toilet saat mulai terasa keinginan untuk berkemih.
3.     Minum Uricran dengan ekstrak buah cranberry.
Saya kenal uricran ini udah dari beberapa tahun lalu dan pernah juga saya tulis di  di artikelnya di https://www.catatansiemak.com/2017/07/anyang-anyangan-cobain-uricran-deh.html. Nah Uricran ini dikenal efektif mengatasi anyang-anyangan yang disebabkan oleh infeksi saluran kemih. Kok bisa efektif? Karena ia mengandung ekstrak buah cranberry. Cranberry sendiri sudah diteliti lama dan digunakan untuk mengatasi infeksi saluran kemih. Karena cranberry kaya akan zat proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah penempelan bakteri E-coli pada dinding saluran kemih.
Bahkan pada beberapa studi kasus menunjukkan bahwa cranberry (Vaccinium macrocarpon) dengan zat aktif Proanthocyanidin (PAC) berguna untuk mengurangi Infeksi Saluran Kemih (ISK). Jus cranberry diperkirakan mencegah adhesi (menempel) bakteri pathogen, terutama E-coli pada sel-sel epitel saluran kemih. Selain itu jus cranberry ternyata aman untuk wanita hamil.
Combiphar mempersembahkan Prive Uri-Cran dengan ektrak cranberry. Mengingat buah cranberry tidak tumbuh di Indonesia. Dan jarang dijual di supermarket. Selain itu buah cranberry sendiri tidak dapat dimakan secara langsung. Harus diolah sebagai jus terlebih dahulu agar dapat dikonsumsi. Sehingga kurang praktis.

Ada Dua Varian Uri-Cran
Ada dua varian Uri-Cran yang disediakan oleh Combiphar. Dalam bentuk Uri-Cran Capsule dan Uricran Plus dalam bentuk serbuk sachet yang tinggal ditambahi air untuk dikonsumsi.
Rasanya enak. Manis dan ada asem-asem segernya. Saya sendiri kemarin membeli satu box yang berisi 15 sachets untuk persediaan di rumah dan untuk traveling.
Insya Allah saya akan tetap melakukan traveling. Jadi bertambahnya usia bukan berarti kita berhenti melakukan hal-hal yang menyenangkan. Selagi itu bersifat positif dan bermanfaat ayo digali terus hobbynya. Saya dan suami snediri bercita-cita melakukan lebih banyak perjalanan. Terutama menjelajahi jejak-jejak peninggalan kebudayaan Islam dunia. Dengan badan sehat, insya Allah semakin banyak yang bisa dikunjungi. Aamiin.
oia jangan lupa follow akun instagram @uricran.id ya. soalnya lagi ada kuis nih. Hadiahnya diundang di puncak acaranya UriCravent di Jakarta lo. Pantengin aja instagramnya. Dan ikuti petunjuk kuisnya ya. Siapa tahu beruntung. Dan ibu-ibu yang mau tahu informasi seputar anyang-anyangan, ISK dan Uri-cran mampir yuuk websitenya http://uricran.co.id 


21 komentar

  1. Anyang2en itu genggeus banget deh, Mak, aselik!
    Aku juga kzl kalo udah kesambet beser.
    Alhamdulillah ada Prive UriCran yaaak, senaaaangggg!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  2. Pas Hamil Si Bungsu aku pernah ISK dan opname untuk mengobatinya. Alhamdulilah terdeteksi karena gejala gak dirasa dari awal. BAK lancar saja dan gak sakit.

    BalasHapus
  3. Yah kebayang nggak nyaman banget bisa kena anyang-anyangan pas travelling. Kayaknya kita harus jaga kesehatan tbuh dan siapkan juga Urican ini ya mba

    BalasHapus
  4. Kalau traveling itu sering banget ya mak nahan pipis. Padahal gak boleh tp ga gimana ��

    Aku dulu pernah jg nahan2 pipis dan jd anyang2an. Nyari jus cranberry gitu akhirnya walau susaaahh. Skrg enak ada uricran ini, bisa di bawa2

    BalasHapus
  5. Infeksi saluran kandung kemih memang sakiiit ya mba.. dan harus jaga dengan baik supaya ngga sakit ya .. Uricran membantu banget ya

    BalasHapus
  6. Uricran terbukti ampuh menyembuhkan anyang2an ya mbak. Memang saat traveling satu hal sering saya keluhkan adalah minimnya toilet bersih. Kadang kita merasa geli saat ini pipis, lalu masuk ke toilet umum, ternyata toiletnya jorok. Akhirnya lebih baik menahan pipis ketimbang pipis ditempat kotor. Ini yang kadang memicu timbulnya anyang2an. Berkat uricran, anyang2an pun hilang....namun jangan sampai kita terus menahan kencing, agar tidak terkena infeksi saluran kemih.

    BalasHapus
  7. Aku nggak pernah nahan ipis, mbak. Takut kena anyang-anyangan, makanya tiap ke toilet umum suka bersihin dudukan pakai air trus dilap ama tisu, hihiii

    Nah sejak kenal Uricran aku jadi suka bawa bekal kalo traveling. Tahun ini rencana mau kemana lagi, mbak?

    BalasHapus
  8. 5 dari 10 perempuan pernah ISK. Duuuh. Padahal kalau parah bisa dirawat inap beberapa hari tuh. Jaga kesehatan penting biar jadi bagian 5 yang sehat aja deh.

    BalasHapus
  9. Ya ampun memang tidak enak kena infeksi saluran kemih. Rasanya bawaan kesel dengan unicran bisa berdampak pada sembuh yang aman dan cepat

    BalasHapus
  10. Wah usia kepala 3 aja gak sekuat dulu apalagi aku dong ya kepala berapa hihihi. ANyang-anyangan waktu traveling pasti salah satunay menahan pipis ya, mana di tempat asing pula bikin gak enak ya. JAdi anyang-anyangan itu beda dengan ISK ya tapi justru penanda ternjadinya ISK.

    BalasHapus
  11. Lha emang seusia kita gak boleh traveling mbak? hehe
    Justru kyknya udah masanya :D Apalagi anak2 dah gedean :D
    Iya kalau tarveling tantangannya suka nahan pipis ya soalnya gk nemu tempat pipis yang pas, akibatnya anyang2an deh, untung ada uricran utk mengobatinya ya

    BalasHapus
  12. Terkena anyang-anyangan memang gak enak banget deh, saya udah pernah terkena dan gak mau terkena lagi. Untungnya sekarang sudah ada uri cran yaa

    BalasHapus
  13. Duuuh, anyang-anyangan saat traveling apalagi saat umroh, itu susaaah.. alhamdulillah udah ketemu solusinya ya, Mak.. :)

    Memang sebisa mungkin jangan nahan-nahan kalau mau BAK.

    BalasHapus
  14. Hihihi kadang-kadang saya suka merasa iri kalau melihat yang masih muda udah traveling ke mana-mana. Tetapi, setuju untuk tidka terlalu melihat orang lain. Selama sekian tahun di rumah, ya ada banyak momen yang sebetulnya udah saya nikmati.

    Sekarang lebih leluasa mau traveling. Bawa Uricran buat jaga-jaga

    BalasHapus
  15. Waduh kebayang lah yah kalau kena anyang2 ini mudah2an jangan sampe deh. Untung ada unicran ya bs jd solusi.

    BalasHapus
  16. aku banget nih mba. suka kena anyang-anyangan. waktu itu direkomendasiin minum ini, eh enakan mba. alhamdulillah

    BalasHapus
  17. Memang lebih baik menjaga daripada mengobati. Apalagi di usia saya yg 40 ini kondisi sudah banyak yg drop. Semoga dengan adanya uricran bisa lebih menyehatkan saluran kemih kita ya

    BalasHapus
  18. Tahun lalu anyang-anyangan sering menyerangku Mba
    Cari info sana-sini, banyak dapet rekomendasi dengan uricran
    Alhamdulillah manjur dia, jadi udah nggak gelisah lagi sekarang akunya.

    BalasHapus
  19. Perempuan memang wajiibb banget jaga saluran kemih. Soalnya rentan banget ya. Anak2 pun juga. Syukurlah sekarang ada uricran yang rasanya segar, aman untuk bumil, dan anak2 :D

    BalasHapus
  20. Senang ya Mba karena anyang-anyangen sudah ada solusi terbaiknya dengan Prive Uricran
    Jadi nggak perlu khawatir meskipun begitu tetap harus dicegah supaya tidak mengganggu

    BalasHapus
  21. Seneng banget bisa Travelling ketika anak sudah mulai mandiri ya Mak. Sekarang kalau aku mah waktunya sabar dulu, nanti juga akan datang saat memanjakan diri sendiri hihihi.btw aku juga pakai uricran nih, segeranya enak dan efeknya bagus buat saluran kemih.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.