4 Perpustakaan Jogja Asyik Buat Ngeblog




Sebagai blogger rumahan, halagh. Saya ga ngantor sih. Setiap bikin artikel saya mengandalkan meja pribadi di kamar dan meja makan. Huahahaha. Ya namanya ga punya ruang kerja dan kagak ngantor sodara-sodara. Alhamdulillah sih meskipun nulisnya di meja kerja buatan sendiri. Iya beneran. Itu meja kayu usang yang dicuci bersih dan dicat ulang dan dijadiin khusus meja kerja saya. Tetapi meja kerja ini ngerejekeni kata orang Jawa. Biar meja kerja jadoel tapi duitnya kota. Berapa duit jaa tuh yang didapat dari hasil ngetik di situ. Alhamdulillah. Allah Maha Kaya. Meskipun nulis artikelnya sambil ngangkat kaki seenaknya tapi rejeki tetap ngalir. Masya Allah. Matur nuwun Gusti Allah. 



Etapi biar ga ngantor sesekali saya ngetik di luar. Kadang numpang ke kantor si bapak pas lagi pada libur dan si bapak kudu sidak ke kantor saya ngintil dong di belakangnya. Lumayan numpang ngetik di meja kerjanya yang lapang. Tapi kalo ga saya suka mampir ke perpustakaan buat nulis. 


Ada empat perpustakaan yang bisa dikunjungi buat mampir ngetik. Keuntungan nulis di perpustakaan itu banyak. Pertama:  wifi kenceng paripurna, Kedua:  ganti suasana, ketiga: bisa jajan dengan harga murah dibandingkan dengan jajan di kafe. 

Nah berikut empat perpustakaan favorit saat saya butuh ngantor,meskipun cuman blogger rumahan kayak saya ini. Tapi dedikasi dalam menulis itu harus loh ya. 

1. Grahatama Pustaka Yogyakarta


Ini pernah saya ulas lo. Terletak tepat di samping Jogja Expo Center Yogyakarta. Berada di pinggir jalan raya. Dan diklaim sebagai perpustakaan terbesar se-Asia Tenggara. Ini perpustakaan yang kece banget di Jogja. 
Ada kantin dan ada kafenya juga. Tapi saya tetap dong kalo jajan di kantin nya aja. Favorit saya es teh tarik sachetan.

Perpustakaan ini lengkap lo dengan 4 lantai dan menara menjulang. Bahkan sekarang liftnya udah beroperasi. 



2. Perpus Kota Jogja



Terletak di Jl.Suroto No 9 Kota Baru Yogyakarta.tepat di pinggir jalan. Dan berdekatan dengan Gramedia Sudirman. Perpustakaan ini terhitung ramai. Dan disediakan gazebo juga untuk pengunjung di bagian luar. Lumayan nyaman untuk ngetik dengan wifi kenceng. Ada kantin juga di sebelah gazebo dengan harga murah meriah. Es teh tarik sachetan cuman 4 ribu rupiah.

Dan senengnya di perpus kota ini banyak banget kegiatan. Ada event liburan yang rutin setahun sekali. Ada pelatihan kepenulisan. Ada event bedah buku dan jumpa penulis juga. Kalo ngaku orang Jogja kudu daftar jadi member perpus kota.


3. Perpustakaan Rumah Belajar Modern
Ini ga begitu jauh dari rumah kami. Kebetulan anak saya ikut belajar di SKB yang bersebelahan dengan perpustakaan ini. Terletak di  Jl. Imogiri Barat Km.6 Semail, Bangunharjo, Sewon, Bantul. Utara pasar Ngoto.  Tapi sekarang agak jarang kami mampir di sana. Soalnya kalau mau jajan harus keluar area perpustakaan. Dan wifinya pun agak tersendat-sendat. Tapi di sini sering mengadakan pelatihan untuk ibu dan remaja. Kayak membatik, membuat tote bag, dll. Meskipun saya belum pernah ikutan sih. 

4. Perpustakaan Pevita

Ini perpustakaan terhitung baru di Jogja. Buku-buku nya baru-baru. Termasuk novel-novel best seller lo. Syaa beberapa kali mampir ke sini karena mengantarkan Salma ikut event khusus anak di sana. 
Terletak di pinggir jalan MT Haryono tepat berseberangan dengan plekung Gading Yogyakarta. Kalau ke Jogja bisa lo mampir ke sini buat numpang ngetik dan nyari konten. 


Nah, itu empat perpustakaan tempat saya nongkrong buat nulis artikel. Maklum anak desa. Mau nongkrong di kafe buat numpang nulis postingan itu kok rasanya ga cocok. Hahahaha. Kalau nongkrong di perpustakaan bisa sekalian bawa anak-anak. Mereka baca buku,  emaknya bisa nulis-nulis cantik (pengganti ngopi cantik). Jangan lupa mampir ke perpustakaan ya kalo main ke Jogja. 

25 komentar

  1. Saya belum pernah ke Yogyakarta dan sangat ingin ke Yogyakarta. Ini bisa jadi referensi bila saya ke Yogyakarta. Wisata pustaka, mungkin suatu saat bisa populer juga....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ke Jogja mas Yudi, banyak insight kalo main ke Jogja hahahaha.

      Hapus
  2. Bukan lagi di desa mbak
    Di tempat aku desa banget, kwkwkw. Malah kagak ada tempat nongkrong yg oke buat numpang Wi-fi sambil update blog,eaaaa wkkwkw
    Enak juga sih ya kalau ngeblog hijrah dulu sambil refreshing ke perpustakaan, atau rumah belajar gitu, ditunjang sama kualitas internet yg kenceng, wihhh tambah semangat ngehasilin tulisan pasti hehee
    TFS yahh Mak ^_^

    BalasHapus
  3. Mbaaaa, Jogja ini kok sembarang kalir keren buangeeett yak
    Duuuh, gini ini bikin aku pengin segera cuss ke Jogjaaa :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  4. Wah asyik juga ya ngeblog di perpustakaan, bisa lebih fokus. Nah apalagi ada wifi nya yang kenceng. Kayaknya yang no 2 tuh asyik kalo buat ngeblog ya mak Irul. Habis ngeblog langsung ke kantin haha.

    BalasHapus
  5. Baca postingan ini jadi merindukan main ke perpus yang sunyi dan tenang buat laptopan seperti masa dulu..sekarang belum bisa, ke perpus ya yg dicari buku anak2 buat momong anak2 yg masih balita

    BalasHapus
  6. saya kok jadi merinding ya .. saya tukang baca, tapi saya jarang ke perpustakaan! ke perpustakaan intens cuman pas kuliah (bisa tiaphari) dan saat tugasakhir!

    tuh, jadi pake tanda seru semua deh, kesel soalnya ga pernah ke perpustakaan lagi.. hiks hiks...makasih ya mak, dah diingetin

    BalasHapus
  7. Kapan2 kalau ke Jogja mau nyobain kesini Mbak. Coba di Klaten ada juga, pasti betah pinjam buku sekalian ngeblog

    BalasHapus
  8. Perpustakaan di Jogja nyaman yaa, di Semarang ngga banyak perpustakaan jadinya nongkrong di rumah teman atau kafe buat kerja..eh mulai banyak coworking space juga sih

    BalasHapus
  9. Perpustakaan di Jogja memang bagus dan nyaman bagi pengunjung. Jadi yang datang bisa betah untuk membaca atau sekadar untuk mencari inspirasi. Nongkrong di perpustakaan malah justru lebih bagus ya? Apalagi sekalian bawa anak-anak, sekalian mengajarkan minat baca ke anak-anak ketimbang nongkrong di cafe. Ide bagus nih...

    BalasHapus
  10. Hahaha... ngakak akutu, pas di bagian ini:

    "... meskipun nulis artikelnya sambil ngangkat kaki seenaknya tapi rejeki tetap ngalir. Masya Allah!"

    Kog bisa podo ngono lho ya...
    Bahahaha...
    Cuma aku ngangkatnya sesekali, kalau sering malah kram, hahahaha
    Isis poo...
    Hihihi...

    Ya ampyuun, mba, podo maneh iki, teh tarik sachetan.
    Duh, kayaknya mesti ketemu kitatu, biar afdol, dol!

    Kalau aku masih betah 'kerja' di rumah, wifi kencang, bisa dasteran dan bisa ngangkang, bahahaha...

    Duh, ini napa ngagak mulu ya jadinya^^



    BalasHapus
  11. Mbaak, aku nyesel gak mampir di Grahatama, udah dua kali nungguin bengong di tempat parkir Jogya Expo Centre. Kan mending ke perpus di samping nya itu ya

    BalasHapus
  12. Kalau ada perpustakaan dekat rumah atau setidaknya berjarak beberapa kilometer saja dari rumah saya memilih nongkrong dan ngeblog di sana. Sepi bakalan membuat inspirasi cepat terakumulasi dalam bentuk tulisan hehe.

    BalasHapus
  13. Iyaya...kenapa tak terpikir ngeblog atau nulis buku di perpus saja? Daripada ngafe terus saat butuh suasana baru, ujung2nya bikin dompet lekas tipis. Wkwkwk

    BalasHapus
  14. Hiks aku belum pernah ngeblog di perpustakaan nih mba. DLu di perpus buat garap kuliah aja. Dan kayaknya mau nyoba ah kapan2 ngeblog di perpus ah

    BalasHapus
  15. Aku jadi inget sudah berapa abad nggak pernah ke perpustakaan selain ke perpus UGM di jaman skripsi dahulu kala..Wis puluhan tahun ternyata OMG..

    BalasHapus
  16. Perpustakaan dengan wifi kencang Dan ada kantinnya itu wajib kali ya. Kebutuhan banget biar bisa anteng lama dengan nyaman. Aku belum pernah ke empat tempat ini mbak. Semoga lain kalau pas ke Jogja bisa mampir ke sini.

    BalasHapus
  17. Nti klo k Jogja ajak aku explore ya mba,, perpustakaan memang tempat paling
    tepat buat nulis bnyk tmen2 blogger d Jakarta juga gitu mba, hiks aku Blum pernah ��

    BalasHapus
  18. Selama ini belum pernah ngeblog di luar rumah. Apalagi di perpustakaan. Padahal asyik juga ya bisa ngebolg di perpustakaan, banyak tersedia data/sumber untuk menulis.

    BalasHapus
  19. Perpustakaannya bikin nyaman sekali nih ya mbak, karena aku tuh kalau nulis blog kudu santai dan merasakan kenyamanan. Kalau disini selain dirumah biasanya aku nyari kopisyop dekat rumah.

    BalasHapus
  20. Yogya si kota elajar banyak banget perpusnya. Enak emang mbak kalau ngetik di perpus, gak usah sewa working space, kita bisa dapat tempat yang tenang di perpus ya hehe :D
    Aku jd kangen nih pengen ke perpus, udah lama banget gak main ke perpus

    BalasHapus
  21. pas ke jogja dua tahun lalu saya belum mampir ke perpusnya. Mungkin nanti ya kalau ada kesempatan ke Jogja lagi saya mau mampir deh penasaran dengan perpus-perpus yang mbak ceritakan

    BalasHapus
  22. Saya baru pernah ke Grahatama sama Perpus Kota nih, enak tempatnya. Perpus Ignatius Kota Baru juga asyik banget.

    BalasHapus
  23. Hihii,menikmati menulis di perpustakaan memang asik banget, aku dimana aja asik, mo di cafe atopun tempat lain tergantung tujuannya apa dan ma siapa mau onlen, yang penting tuh happynya. Yang ga asik kalo nulis dikantor, bakalan mengganggu pekerjaan hahhaa. Btw ntr pankapan mampir perpus jogja ahh, temenin yaaaa!

    BalasHapus
  24. Emang enak Mak ngetik di perpustakaan. Suasannya sangat mendukung. Coba semua perpustakaan disediakan warung kooi ya, jadi ngetik sambil ngopi enak kali ya. 🤣🤣🤣

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.