Memilih Tes Kecerdasan Kognitif Untuk Miqdad


Mempersiapkan Miqdad Ikut Tes Kecerdasan Kognitif


“ aaaaaa”
“ baaaaa”
Itu suara Miqdad kalau habis maghrib. Dia lagi belajar baca Iqra sama abang atau kakaknya. Tapi itu cuman pura-pura aja. Soalnya dia ga lihat bukunya dia asal mangap aja itu. Duuuh Miqdad. Anak yang satu ini mungkin karena anak bungsu jadi saya ngajarin dia ga se-heboh abang dan kakaknya dulu. Ngajarin Miqdad itu suka-suka dia. Kalau dia mau main ya udah deh bubar acara belajarnya. Padahal saya ngajari Miqdad itu udah dengan gaya paling asyik dibandingkan abang dan kakaknya dulu.



#YukKenaliAnakKita


Padahal saya tahu betul Miqdad itu cerdas. Dia suka banget ngobrol. Kalau ngajak Miqdad pergi sepanjang jalan itu dia ngomong aja. Apalagi kalau ketemu orang baru. Dia berani lo ngajak ngomong duluan. Meskipun awalnya pakai gaya malu-malu meong gitu. Hahahahaha.

Miqdad juga cepet hafal kalau diajarin lagu atau cerita. Biasanya kan setiap malam dia dibacain cerita dengan suara nyaring. Dan dia menanggapinya dengan antusias. Bahkan seringnya sampai saya yang ngantuk. Dan dia masih ceria. 

Tapi entahlah meskipun dibacain setiap malam atau diajarin kalau pagi. Sampai sekarang Miqdad agak susah menghafal warna. Di usianya yang 4 tahun ini dia sering kebalik-balik kalau nyebut warna. Padahal saya udah nempel poster mengenal warna dan angka di tembok rumah. Tapi dia tetep belum hafal. Dan kayaknya ga tertarik juga buat ngafalin. Kata ayahnya ga papa dia belum hafal warna yang penting kalau dengar adzan dia langsung rebut nyari peci. Aamiin. 

Kemarin sempat rasan-rasan sama ayahnya buat membawa Miqdad untuk tes kognitif  atau tes kecerdasan. Kebetulan semua abang dan kakaknya Miqdad itu udah pernah ikut tes kecerdasan. Buat saya sih ikut tes kecerdasan itu bukan buat gaya-gayaan tapi untuk memeudahkan pemetaan minat dan bakat anak. Sehingga membantu mereka untuk memilih sesuatu yang memang mereka sukai. 


Tetapi sayangnya nih, menurut saya ga semua tes kecerdasan itu efektif. Bahkan saya inget banget saat SMA saya pernah mengikuti sebuah tes kecerdasan. Dan sedihnya tuh teman-teman yang pada ikut tes kecerdasan itu saling berbagi jawaban. Dooooh. Ada beberapa hal sih yang bikin tes kecerdasan itu ga efektif. Alasan paling pertama sih karena kebanyakan tes kecerdasan itu pure diadopsi dari tes kecerdasan ala barat dang a dimodifikasi dengan system dan kebudayaan kita. Jadi banyak ga singkronnya dengan kebiasaan, ada dan budaya kita. 

#AJTCogTest


Kebetulan saya baru nemu tentang sebuah tes kecerdasan yang rame diomongin beberapa teman. Namanya AJT Cog Test. Ini adalah sebuah tes kecerdasan yang sudah disesuaikan dengan norma, budaya dan bahasa Indonesia.
AJT Cog Test sendiri adalah tes kecerdasan yang dirancang khusus untuk siswa Indonesia yang berusia 5 – 18 tahun. Merupakan hasil penelitian selama 4 tahunterhadap 5000 siswa di 16 propinsi di Pulau Jawa. Bekerjasama dengan Fakultas Psikologi UGM dan Kevin Mc Grew sebagai konsultan yang merupakan pakar teori CHC dan Co-Author dari Woodcock-Johnson. Dan sebagai informasi AJT Cog Test ini sudah diujicoba di 10 sekolah terkemuka di Jabodetabek.

Keunggulannya
Selain itu AJT Cog Test sendiri dikembangkan berdasarkan teori kecerdasan Cattell-Horn-Carrol (CHC Theory). Yang diakui sebagai teori kecerdasan paling mutahir abad ini.
Keunggulannya AJT Cog Test ini adalah lebih akurat dan komprehensif dalam membantu mengidentifikasi kekuatan serta kelemahan belajar anak. 

Jenis Paket AJT Cog Test:
AJT CogTest Full Scale
Mengidentifikasi 8 kemampuan kognitif lengkap yang menampilkan profil lengkap kekuatan dan kebutuhan belajar anak.
AJT CogTest Comprehensive
Ini dilakukan ketika seorang anak memerlukan data lebih terperinci untuk dianalisa, psikologiakan merekomendasikan tambahan tes.
Biaya
Menurut saya sih untuk sebuah tes kecerdasan harga yang ditawarkan AJT CogTest terhitung terjangkau lo. Karena saya inget banget berapa duit yang kami keluarkan untuk tes kecerdasan abang-abangnya Miqdad zaman dulu.
AJT CogTest Full Scale


AJT CogTest Comperehensive

Rp. 760.000


Rp.1.200.000



Oia untuk hasil test sendiri akan dianalisa oleh para psikolog yang sudah mengikuti pelatihan bersertifikasi dari PT MCI. Dan hasil test akan dikirim via email terhitung 7 -14 hari setelah test dilakukan.


Wah, jadi pengen ngikutin Miqdad tes AJT CogTest ini deh jadinya. Pengen lebih tahu nih tentang minat dan bakat Miqdad kemana. Jadi biar kami sebagai orang tua lebih mudah mengambil pendekatan saat mengajarinya di rumah. Apalagi anak-anak saya menjalani homeschooling mandiri. Sehingga anak-anak wajib mengambil tes kecerdasan untuk pegangan kami sebagai orang tua.

16 komentar

  1. Baru dengar tentang AJT Cog Test

    Kalau buat saya mungkin segitu mahal ya karena skrg bayar sendiri hahaha
    Kalau dulu mah ngga kerasa karena tes kecerdasannya dibayarin orang tua
    *ehhhh

    BalasHapus
  2. Jadi memang perlu ya test kecerdasan itu. Bukan untuk gaya-gayaan melainkan untuk mempermudah orangtua dalam mengetahui bakat anaknya. Bagi anak juga gitu, bisa ketahuan dia senengnya apa, aktifnya di bidang apa.

    BalasHapus
  3. Sama nih, penasaran sama bakat anak.. Kadang kalau diajarin cuek tapi tau-tau bisa nyebutin apa yang diajarin sebelumnya


    Lumayan mahal ya tesnya AJT Cog Test itu

    BalasHapus
  4. Test yang dilakukan sama anak gimana ini modelnya Mak Irul? Kepengen juga siy ngikutin si kitingku tes psikologi.

    Sekalian curhat, 2 bln lalu ada semacam salesman ke sekolah anak saya, mau menawarkan tes psikologi untuk mengetahui bakat minat anak. Dengan tes menggambar dan ngobrol, dan biayanya lumayan utk orang desa, kesannya agak memaksa. Jadinya aku males. Dan hasilnya pun kalau orang tua belum paham dengan tumbuh kembang, metode belajar, tentang kecerdasan, hasilnya hanya selembar kertas saja kali ya? Eh ngapain ini malah curcol. Ahahaha

    BalasHapus
  5. Baru tahu aku mba ttng AJT test. Miqdad ni mirip2 Alya mba..semau dia klo belajar. Klo pas mau yan rajin...klo pas nggak mau, ya jadinya males.

    Soal test, aku pernahnya test sidik jari aja. Jadi buat nemuin dia kecenderungan nya kinestetik, auditori, atau visual..dan menurutku valid sih mba hasilnya.

    BalasHapus
  6. Bener yaa tiap anak tu unik. Saya jg lihat BabyZril juga beda dg anak sebayanya. Masih setahun...nanti kalau agak besar lagi pengen saya tes jg

    BalasHapus
  7. Uu miqdad seumuran ama ubay berarti ya.. Ubay juga suka cerita mbak, tapi kalo diajak belajar huruf dia agak cuek. Pdhal katanya mau bisa baca buku wkwk..

    BalasHapus
  8. Masya Allah salut mbak sudah menggunakan metode homeschooling mandiri..
    Tesnya menarik ya ini. Memang pemetaan kecerdasan bisa menjadi panduan kita untuk menstimulasi dan mengarahkan anak sesuai potensi. Dan AJT CogTest ini bisa jadi solusi..

    BalasHapus
  9. Subhanalloh, homeschooling mandiri, hebat banget Emak Bapaknya. Aku selalu salut dengan ortu homeschooler, karena biasanya telaten dan sabar. Nggak kebayang kalau aku, pasti emosi setiap saat hehehe. Tapi begitulah kenapa homeschooling harus diputuskan dengan matang. Bukan sekedar ikut-ikutan. Dan ya, kayaknya anakku perlu juga ikut tes kayak gini. Biar tahu saja.Cuma, suamiku tipe yg kurang setuju model2 tes kayak gini. Dia orangnya sangat naturalis, sedikit beda sama aku yang pengen ada panduan gitu, heheh. Malah curhat.

    BalasHapus
  10. Dimana sudah tersedia tes ini mba? Apa menetap hasil tesnya? Maksudku jika anak besar apakah tidak berpengaruh kecerdasan nya? Kan lingkungan yang dia hadapi juga berkembang

    BalasHapus
  11. Itu teman SMAnya kenapa lucu sih Mbak. Masa tes gituan kok saling contek. Aku kalau bisa balik juga mau tes lagi sih tapi udah gak bisa kan. Semangat buat homeschoolingnya anak-anak ya Mbak

    BalasHapus
  12. Wahh bisa tau bakat dan minat anak sejak dini berarti ya mbak
    Sangat membantu banget nih, jadi tau nanti dek miqdad akan disalurkan kemana passionnya
    Dek Miqdad emeshh deh 😍

    BalasHapus
  13. Aku penasaran dengan AJT Cog Tes ini. Kepengen nyoba ke anakku yang kedua. Abisnya, aku gak mau baper lagi kalo anak keduaku gak sepeti yang aku harepin. Kao udah tahu apa kelebihan dia kan, aku jadinya bisa maksimalin dari awal.

    BalasHapus
  14. Mak kalau mau mengetes menggunakan AJT Cog test bisa dilakukan dimana? Tertarik untuk mnegetahui tingkat kecerdasan anakku nih supaya bisa mengarahkan dan mengetahui apa potensi yang dia miliki sehingga tidak salah arah.

    BalasHapus
  15. 760.000 sekali test Mak? Terus minimal nunggu usia 5 tahun ya... sebelum usia itu belum bisa?

    BalasHapus
  16. Aku baru tahu soal AJT Cog Test. Sudah sesuai untuk anak Indonesia. Kalau di Surabaya bisa test dimana ya mbak?

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.