My Daily Skincare Routine



pict by imasatrianto

Saya ga pernah make-up –an. Dari zaman masih remaja sampe sekarang udah jadi mamak-mamak ga make-up an kecuali dulu pas event Srikandi Blogger. Bahkan wisuda aja cuman pake bedak ga lipstikan segala. Polos bener pokoknya. Dan itu sampe sekarang.


Tapi saya suka banget dengan skincare. Tahu diri banget kulitnya butuh dirawat. Dan skincarenya juga sebenarnya bukan yang wah dan mahal-mahal. Yang biasa aja. Ada yang sudah dipakai sejak belasan tahun lalu. Ada yang baru kenal setahunan ini. Dan Alhamdulillah semuanya cocok. Meskipun sesekali saya pakai beberapa skincare anyar kalau lagi kepincut skincare yang baru direview temen.
Nah, berikut skincare yang rutin saya gunakan setiap hari. Alhamdulillahnya sih kulit saya bukan kulit yang rewel. Jarang juga jerawatan kecuali pas ‘periode’ nya dateng dan itu juga ga mesti. Kulit saya agak bermasalah kemarin pas umroh itu aja. Selainnya Alhamdulillah aman-aman aja.

1.     Bio oil
Saya pakai bio oil udah setahun lebih dan Alhamdulillah cocok banget. Ga cuman di kulit wajah tapi juga di bagian perut dan area dada. Katanya sih membantu menghilangkan sterch mark. Tapi agak terlambat sih kalau udah lahiran baru pake bio oil.
2.     Olay  Total Effect

Ini pernah saya review lo. Ini day cream saya setahun lebih ini. Suka dengan teksturnya. Ga berasa lengket banget di kulit. Langsung menyerap. Dan kok rasanya kulit wajah berasa kenyal gitu.

3.     Serum Wardah Renew You
Ini enak banget di kulit. Tetapi akhir-akhir ini udah ta skip make ini. Kadang tidurnya kemaleman jadi udah ngantuk banget.
Padahal serum Wardah yang ini enak banget. Kalau rajin saya pakai ini pas mau tidur malam. Soalnya berasa banget kenyalnya saat bangun tidur. 

4.     Minyak zaitun murni
Saya pakai ini udah belasan tahun sih. Dipakai sebelum mandi pagi dan sore. Kalau ga ada minyak zaitun saya pakai minyak kelapa murni (VCO). Ini enak banget buat make-up remover. Bersih banget buat bersihin wajah. Mengangkat daki-daki mantep jiddan. Mantep banget maksudnya.
Bahkan saya ngerasa bersihin wajah pakai ini keset wajah. Kotoran terangkat. Apalagi makainya sambil dipijat ringan. Biasanya saya makai ini sambil ngerjain segala macam urusan domestik di rumah. Sambil nunggu cucian di mesin cuci. Sambil nyiapin sarapan anak-anak. Nanti pas mandi baru dibersihkan pakai facial wash Wardah.

5.     Ekstrak Timun Laut
Sebenarnya ini suplemen herbal penambah vitalitas tubuh dan juga suplemen saat baru sembuh dari sakit. Kalau orang lain diminum punya saya ta oleskan ke wajah juga. Masya Allah ini hebat banget efeknya ke kulit. Semingguan hasilnya keliatan. Kulit lebih glowing.
Saya pakai sebelum tidur malam. Awalnya dulu cuman saya minum. Setelah seorang kawan suami bercerita saudaranya yang sakit mengoleskan ini ke luka bekas operasi dan kulitnya membaik dengan cepat. Saya langsung kepikiran ke wajah juga. Dan joss banget hasilnya.
Nah itu beberapa skincare favorit saya yang rutin saya gunakan ke kulit. Selain itu saya juga pakai minyak kemiri merk Kukui Gold untuk wambut dan alis. Juga sabun Dove batangan untuk mandi dari belasan tahun lalu dang a pernah ganti sabun mandi lagi selain Dove ini. Oia saya juga pakai Vaseline jelly untuk bibir dan ampuh banget waktu dipakai umroh. Meskipun lengket tapi mantep banget untuk melindungi kulit dari panas.
Emak-emak di rumah ada yang rutin pakai skincare juga kah. Ada yang punya skincare favorit ga? Bagi dong reviewnya. Atau punya skincare herbal favorit siapa tahu saya bisa nyontek juga. Intinya sih tiap orang bakalan beda-beda kebutuhannya. Tergantung masing-masing kulit. Okay.

31 komentar

  1. Mau dong dibisikin merk ekstrak timun lautnya, Mak Irul :D

    BalasHapus
  2. Aku nyobain bio oil buat muka malah bruntusan, Mbak. Hahaha ya sih cocok di Mbak Irul belum tentu cocok buat aku. Begitu juga sebaliknya. Ini perawatannya Mbak Irul kebanyakan alami ya bahan-bahannya?

    BalasHapus
  3. Bio oil itu juga jadi andalanku, ampuh buat ngilangin bekas-bekas jerawat yang nyebelin. Buat bekas luka anak-anak juga ampuh.

    BalasHapus
  4. Ekstrak timun laut itu kaya apa mak? ada merknya kah? beli dimana? hahaha ngoyo nanyanya, aku mau kalo yang bisa bikin glowing glowing gitu :))

    BalasHapus
  5. Kalau aku cuma pernah coba minyak zaitun aja tapi ternyata nggak cocok di kulit wajahku. Mbak Irul kayak emakku nih nggak pernah pakai make up sama sekali.

    BalasHapus
  6. Rajin banget Mak, aplikasikan skincare sebelum tidurnya, bukan cuma satu aja pula, heheh.
    Klo saya sih sekarang pake set Wardah White Secret series ini, pagi dan malam hari. Tapi malamnya sering ke skip krna udah ngantuk banget dan mager lah bangun oles2 lagi. Hihihih

    BalasHapus
  7. Aku juga pakai skincare rutin sebelum tidur dan pagi. Tapi karena sempet jerawatan banyak dan parah (kata dokter ada unsur alergi) maka aku cuma pakai krim dll dari resep dokter aja dan sabun muka wardah aja. Parah banget soalnya jerawatku sampe kena air aja sakit. Cuma sekarang alhamdulillah udah kembali normal meski masih ada bekas-bekasnya hiks :(

    BalasHapus
  8. Aku pakai minyak zaitun dari Herborist seingatku saja, Mbak, tapi memang beda di muka. Kenyal2 gitu kalo rutin pakai. Selebihnya pakai handbody Marina yang mirah meriah sama pelembab wajah fair&lovely, cukup.

    BalasHapus
  9. Tanpa make up tapi memiliki wajah terawat itu bagus banget kok,mba ketimbang dempulan taoi kulit dibalik itu ga sehat. Wajah terawat itu fresh, enak dilihat

    BalasHapus
  10. Saya baru tau yang timun laut. Kalau minyak zaitun biasa saya pakai untuk memijat. Dan kalau skincare saya lagi pakai Pond's sama L'Oreal, Mbak

    BalasHapus
  11. Saya juga pemakai minyak zaitun mba, tapi kalau VCO belum pernah sih hehehe
    Saya juga pengen nyoba Wardah nih, banyak yang review Wardah sekarang :DBtw saya kudet dong, bar denger ada ekstrak timun laut hahaha

    BalasHapus
  12. Mbaa, aku mau tanya Bio Oil, apakah bisa ilangin flek di wajah mba? kalau bisa , aku mau nih pakai bio oil.
    Serum wardah aku pakai, hasilnya bagus sih, tapi flek masih nampak juga

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Pernah pingin pake renew wadah, cuma rada takut nggak cocok karena kulit wajahku sensitif banget. Paling mentok pake VCO sebelum tidur, enakan di wajah.

    BalasHapus
  15. Mak aku dulu pernah pakai serum Wardah renew you. Enak rasanya, bikin kulit kenyal dan pori-pori santai banget gak mangap :)

    BalasHapus
  16. Belum pernah nyoba ekstrak timun laut mba, wah pengen nih kalau bisa membhat kulit lebih glowing dalam waktu yang cepat. Saya termasuk org yg jarang skin care gitu �� baca2 ini jadi kepengen jg

    BalasHapus
  17. semua skin care diatas saya ketahui semua. cuma yg terakhir saya penasaran sama bentuk dan rupanya. ekstrak timun laut. kok jadi penasaran lihat wujudnya. bisa dibocorin ga mba...hehehe.

    BalasHapus
  18. Mak irul aku penasaran sama ekstrak timun laut kayak gimana? Aku juga lebih senang skincare daripada make up dan baru sekarang mulai hobi make up walaupun dasar banget, tapi lumayanlah kalau ke kondangan ga terlalu polos

    BalasHapus
  19. Jadi pingin nyoba nih bio oilnya, eh tapi merembet ke semua ding hihihi.. Aman ga ya buat kulit berminyak?

    BalasHapus
  20. Aku juga suka pakai minyak zaitun mbak, cuma belum pernah pakai yang murni untuk badan. Pakainya yang kosmetik grade. Enak yang murni ya Mbak? Saya kawatir terlalu kental.... Padahal pasti lebih bagus yang murni ya....

    BalasHapus
  21. Aku baru belajar pakai perawatan, ini kadang masih malas2 san. Itu Teripang memang banyak banget manfaatnya buat kecantikan. Produknya juga banyak jenisnya dari krim atau tablet

    BalasHapus
  22. Aku juga punya serum wajah tapi gak dipake-pake Mbak. Kayaknya udah cukup pake krim malam wkwk..

    BalasHapus
  23. Udah jumpa langsung sama Mak Irul dan iya wajahnya mulus beneeer. Kemarin pengen nanya langsung tapi malu, wkwk. Alhamdulillah sekarang tahu rahasianya, yeay!

    Aku punya loh padahal minyak zaitun, tapi dipakai cuma buat pijet dan buat mbersihin telinga anak-anak, hahaha. Mau ikutin caranya Mak Irul ah, mbayangin pijet wajah enak bener <3

    BalasHapus
  24. Wah baru tau minyak zaitun bs utk bersihin wajah...sdh belasan taun ya Mba..hasilnya emang kerasa banget ya Mba..

    BalasHapus
  25. aku tuh penasaran sama bio oil mba karena beberapa teman juga pake ini tapi aku belum sempet cobain :)

    BalasHapus
  26. Toss dulu mba Irul, aku pun jaman masih remaja gak kenal dandan ataupun perawatan. Kenal juga udah nikah. Dan dari kelima produk di atas, hanya nomer 4 dan 5 yang suka aku pakai

    BalasHapus
  27. Aku cuma pake skincare nya milagros dan sabun amoorea aja mba. Hehe. Ga pernah pake skincare lain setelah lepas krim dokter

    BalasHapus
  28. Skincare kita beda Mba. Hehhehe. Dari yang disebutin di atas, aku belum pernah coba semua hehehe

    BalasHapus
  29. penasaran dengan ekstrak timun laut mba..seperti apakaaah bentuknya dan juga merk apa? aku kalua lagi rajin komplit pakai night cream, serum dan emulsion. Kalau ngga, udah cuci muka aja bersyukur LOL :)

    BalasHapus
  30. Waahhh boleh tuh tips nya Mba.. Pake minyak zaitun saat ngerjain yg laen2 br nanti sekalian dicuci mukanya. Justru harusnya disempetin ya Mba.. utk urusan nerawat wajah ini :)

    BalasHapus
  31. Penasaran ekstrak timun makk, belinya di toko kosmetik atau perawatan salon ga sih?

    BalasHapus