5 Tips Sehat Sebelum Berangkat Umroh/Haji


5 Tips Sehat Sebelum Berangkat Umroh/Haji


Ada pengalaman paling ga enak saat saya traveling di tahun 2017 dulu. Waktu itu kami mengadakan perjalanan ke Kl dan Sing selama 4 hari. Kemana-mana kalau ga naik MRT ya jalan kaki. Negara maju fasilitas transportasi publiknya bagus. Tetapi ke-mana-mana tetap aja harus naik turun tangga. Di hari terakhir itu saya inget banget naik tangga jembatan penyebrangan di dekat Golden Mile itu setengah ngesot, hahahahaha. Lutut saya udah ngilu banget. Lah salahnya sendiri ga terbiasa jalan eh malah traveling ke negara tetangga. Yasudahlah, nyeri di lutut. Semingguan ga hilang-hilang.



Nah, pengalaman dari situ waktu mau umroh bulan Mei lalu saya udah anceng-anceng. Membiasakan jalan pagi sama sibapak. Keliling Lapangan Karang, Kota Gedhe setiap habis subuh sejak sebulanan sebelum berangkat. Diniatin ibadah pokoknya. Harus mau jalan kaki.
kemana-mana bawa botol minum :)

Nah, berangkat dari pengalam itu saya punya beberapa tips nih buat emak-emak yang mau berangkat umroh dan haji agar tetap fit selama melakukan ibadah umroh maupun haji.
1.     Biasakan jalan kaki
Minimal sebulan sebulan sebelum berangkat. Ga harus tiap hari sih. Ya selang-seling aja dua hari sekali, misalnya. Seperti saya ceritakan di atas kami mebiasakan diri jalan kaki muterin Lapangan Karang, Kota Gedhe. Meskipun sehabis jalan kaki mampir makan soto Karang dulu. Huehehehehe.

2.     Senam peregangan ringan.
Saya mengikuti gerakan awal senam aja sih. Angkat kaki satu di depan tubuh hitung sampai sepuluh. Turunkan, angkat lagi hitung sampai sepuluh. Ulangi tiga kali. Gantian kaki kiri. Lalu angkat ke belakang. Gentian kaki kiri dan kanan. Di lakukan menjelang mandi pagi dan sore hari.

3.     Banyakin konsumsi air putih


Air zam-zam di dalam masjid

Bagus lagi air putih hangat. Tetapi air dingin suhu ruangan juga ga papa sih. Bahkan ketika di Tanah Suci setiap saat saya hanya minum air zam-zam. Di masjid minumnya zam-zam. Kalau pulang bawa sangu di botol minum. Suami juga bawa botol minum yang diisi kalau mau balik ke penginapan. Duuuh, nikmatnya.

4.     Perbanyak asupan buah dan sayur



Asupan sayur dan buah ini membantu banget. Saya usahakan setiap hari makan sayur dan buah. Dan ketika di Tanah Suci saya juga mengusahakan banget makan sayur dan buah. Kalau sayur mungkin agak jarang ya di Arab tetapi Alhamdulillah buah-buahan murah di sana. Jeruk, apel dan anggur itu satu kilo cuman 5 riyal bahkan kurang dari itu.
Apalagi waktu kami umroh itu pas musim buah-buahan di Arab. Jadi buah itu melimpah. Setiap pulang ke penginapan selalu beli buah. Bagus lagi buah kurma. Baik yang muda maupun yang matang.

5.     Perbanyak salat sunnah



Salat itu sebenarnya menyehatkan lo. Gerakan salat itu termasuk dari bagian gerakan yang menyehatkan tubuh. Jadi selain salat wajib perbanyak salat sunnah. Apalagi nanti ketika di Tanah Suci kita akan banyak menjalankan salat sunnah ini. Sehingga paling tidak kita terbiasa menjalankan salat sunnah.

Nah mungkin itu beberapa tips ringan yang bisa dilakukan sebelum berangkat umroh dan haji. Apalagi saat saya menuliskan ini banyak teman-teman yang dapat tiket promo Malaysia Airlines Jakarta-Madinah cuman 2,3 jt PP. huaaa bikin mupeng. Bedol desa ke Arab mah ini judulnya. Semoga ibadahnya mabrur ya kawan-kawan. Doakan kami sekeluarga bisa umroh lagi. Aamiin.
Kapan-kapan ta bikin postingan untuk skin care yang sebaiknya dibawa saat umroh/haji ya.

16 komentar

  1. Trims mba...dapat pencerahan lagi dari sini...

    BalasHapus
  2. iya mmg harus byk jalan kalau mau brangkat umroh ya mbak...

    BalasHapus
  3. Aku setuju banget soal jalan jalan pagi atau olahraga jalan kaki. Di sana kan terbiasa jalan kaki. Kata bu mertuaku dulu pas haji juga katanya jalan kaki sampe 5 KM gitu. Utk sholat.

    BalasHapus
  4. aaamiiin YRA untuk doanya. Aku juga pernah ingatkan mama dan ibu mertua sebelum haji dan umroah untuk mulai biasakan jalan kaki yang lama dan juga banyak minum air putih plus buah dan sayur segar. Alhamdulillah sehat semuaaa

    BalasHapus
  5. makk huhu tuhkan jadi kangen pengen ke sana...
    tips jaga kesehatan n banyak jalan kuterapin. juga kukasih tahu begitu ke tetangga yg mau berangkat umroh. malah kemaren ada yg berangkat agak sakit, di sana langsung sehat. Allahu Akbar...

    BalasHapus
  6. Makasiiih tipsnya mak semoga saya & keluarga Bisa ibadah ke baitullah aamiin

    BalasHapus
  7. Tipsnya berguna banget ini, semoga saya dan keluarga bisa umroh juga ya. Banyakin olahraga memang penting ya, apalagi ini jalannya bernilai ibadah sayang banget wkalau sampai drop saat umroh.

    BalasHapus
  8. Mudah2an aku jg bisa segera ke sana mbaa.. doain ya.
    Aku suka nyari sayur klo makan, tapi klo buah banyak di sana bisa jadi solusinya yaaa. Itu tiketnya bikin mupeng jg mbaa ��

    BalasHapus
  9. Masya Allah, banyak minum air zam-zam di sana.. senangnya. Iya nih, kalau mau Umroh atau Haji perlu persiapan fisik juga biar sehat jasmani juga. Dan itu, promonya bikin mupeng banget, cuma 2.3 jt, PP. Huaah.. Semoga saya bisa menginjakan ke tanah suci.. aamiin aamiin...

    BalasHapus
  10. Makasih ya Mbk tipsmya, jalan kaki ini udah jarang aku lakukan, pdahal zaman kuliah sering banget deh jalan kaki dengan jarak yang lumayan

    BalasHapus
  11. Tipsnya bermanfaat sekali dan sangat memotivasi untuk segera ke Tanah Suci, amiin. Dari cerita-cerita suami juga harus banyak aktivitas biar gak mubazir perjalanannya. Kalau zam-zam dan kurma melimpah. Ke mana-mana bawa botol buat diisi zam-zam

    BalasHapus
  12. Iya sih klo kurang minum dan kurang jalan bikin lutut nyeri. Trims tipsnya ya Mak, semoga saya sekeluarga bisa umroh juga apalagi klo 2,3 jt PP. Mau banget ini mah.

    BalasHapus
  13. Jalan kaki memang penting, mba. Apalagi saat umroh atau haji. Di tengah ribuan muslim yang tengah beribadah saling desak2an harus kuat fisik. Aku ngiler sama kurmanya.

    BalasHapus
  14. Ya Allah semoga saya bisa segera menginjakkan kaki di sana.
    Tante saya mak, harusnya berangkat januari ini, tapi ketunda-tunda terus, moga beliau tetap sehat dengan tips2 di atas yg bisa diikuti

    BalasHapus
  15. Noted tipsnya mak...doakan sy segeran nyusul umrah ya

    BalasHapus
  16. Ya Allah pulang pergi hanya 2,3juta murah banget mudag-mudahan aku juga bisa pergi umroh, tapi soal jalan kaki, kalo di banda aceh orang jalan kaki itu kesannya aneh, disngka orang kere kaya kejadian aku kemaren :D

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.