Toko Buku Di Jogja Yang Asyik Untuk Mengisi Waktu Libur

ini sih di Grhatama Pustaka



Meskipun sebagai freelancer saya tetap memiliki jadwal tetap. Jadwal bersama anak-anak dan juga jadwal ta’limat. Yang semuanya udah rapi dalam sebulan. Jadwal liputan biasanya mengikuti jadwal yang udah ada. Jadi tinggal disisipin ke sela-sela waktu kosong. Dan Alhamdulillah selama ini pas aja. Namanya rejeki ya ga akan kemana sih.


Nah, kalau ada waktu luang saya biasanya gunakan rame-rame bareng anak-anak. Nemeni anak-anak berenang misalnya. Nah kalau ada tanggal merah atau waktu luang saya punya kegiatan favorit nih. Yakni ke toko buku. Alhamdulillahnya di Jogja itu ada beberapa toko buku yang bisa buat numpang baca aja. Cuman sekedar cuci mata juga bisa.

Berikut daftar toko buku favorit di Jogja untuk mengisi waktu libur.
1.     Toko Buku Gramedia Sudirman

ssstt itu lagi numpang baca "Adultery"nya Paulo Coelho wkwkwkwk

Terletak di Jl. Sudirman no 1 Yogyakarta. Tepat di jantung kota Yogyakarta. Dekat dengan banyak kampus dan sekolah negeri di Yogyakarta. Tempat yang sangat strategis buat baca buku dan cuci mata. Ciyeeee. Ini mah kerjaannya anak sekolahan.
Ga cuman jualan buku toko buku empat lantai ini juga menyediakan peralatan sekolah, peralatan olahraga dan juga perlengkapan sekolah seperti tas dan ransel.
Asyiknya di sini sering ada kegiatan. Semisal launching buku baru sekaligus jumpa penulis. Kadang ada meet and great bersama para penulis buku. Bisa minta tandatangan juga. 
Di lantai satu juga ada gerai Dunkin Donut. Yang dulu waktu saya masih seragam putih abu-abu menjadi salah satu tempat nongkrong paling ngehits. Padahal kalau mampir cuman pesen donat sebijik dan milkshake coklat segelas besar. Itu bisa berjam-jam. Huahahaha. Ya gitu deh hang-outnya anak-anak pinter mah ke toko buku, hatsyiiim. 

2.     Toko Buku Gramedia Ambarukmo Plaza
numpang baca 'Origin'nya Dan Brown dan si bocah numpang baca 'Why"

Ini toko Buku yang terletak di dalam mall Ambarukmo Plaza. Tepatnya di lantai dua mall. Meskipun tidak sebesar Gramedia Sudirman tapi bukunya lumayan lengkap. Dan kadang ada promo diskon.
Ga sukanya kalau main ke toko buku ini sekalian nge-mall. Jadi ga asyik lagi cuci matanya. Ga cuman liat buku jadinya kalau ke sini. Saya ke toko buku ini biasanya kalau pas belanjain voucher di Carrefour atau di Sportstation pas lagi nyari sepatu lari untuk si sulung.

3.     Toko Buku Toga Mas Affandi

Letaknya di ujung jalan Gejayan. Pas dekat dengan Ring Road utara. Tepatnya di Jl. Affandi No.5, Kaliwaru, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55222.
Bukunya lumayan lengkap dan harganya jauh lebih murah ketimbang Gramedia manapun. Udah gitu ditambah diskon 15-30 %.
Sayangnya penataan buku di toko ini kurang cantik. Kadang terkesan berantakan. Antara ada dan mau tutup gitu deh. Padahal dulu penataannya bagus. Entahlah akhir-akhir ini kok ya performanya agak menurun.
Untuk harga perlengkapan tulis dan sekolah di sini lumayan lengkap dan harganya ga segilak harga di Gramedia. Biasanya saya nyari agenda atau journal di sini. Covernya bagus dan desainnya keren. Ga pasaran tapi harganya terjangkau.

4.     Toko Buku Social Agency
Favorit saya yang dekat jembatan UIN jalan Solo. Tepatnya di Jl. Laksda Adisucipto No.22, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Dulu termasuk toko buku favorit saya. Kebetulan dulu waktu kuliah di UGM asrama mahasiswa saya dekat dengan toko buku Social Agency yang di jalan Sagan.
Sayangnya toko buku Social Agency ini penataannya ga asyik banget. Mana petugasnya tuh antara ada dan tiada. Malah ngobrol gitu. Padahal buku-buku di sini lumayan banyak dan harganya tuh ndlosor banget dibandingkan Gramedia. Tapi ya gitu deh kalau lagi males berhubungan dengan orang saya milih nyari aman yang penataannya gampang dicari aja.

Nah itu tuh hari libur saya biasanya ta pakai buat cuci mata di situ. Kadang kalau ada rejeki sekalian beli buku. Tapi kalau ga ada duit ya cuman numpang baca aja. Terutama baca Conan sih. Hahahahaha.



3 komentar

  1. Paling asyik di Gramedia, nyaman dan kalo mau cari buku ada petugas yang siap membantu. Memang hargany lebih mahal tapi ada harga yang harus dibayar lebih untuk mendapat fasilitas yang bagus kan?

    BalasHapus
  2. Tetep gramedia di urutan teratas ya makirul. Qiqiqi. Kalo ke togamas aku gak bisa lama2, gak kuat debunya. Hidungku lsg gatel2. Kalo ke situ cuma utk beli buku yg sdh tau bukunya yg mana. Gak nyari2 lg pokoknya. Dateng, ambil, bayar, pulang. Wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaahhh....kok unknown sih yg muncul. Ini arry, makirul. Hihi

      Hapus