Sabtu, Desember 24, 2016

Grhatama Pustaka Yogyakarta, Tempat Baca Keluarga

Grhatama Pustaka Yogyakarta
Perpustakaan Favorit Keluarga
ghratama pustaka
salah satu ornamen di Ghratama Pustaka

Sekarang anak-anak lagi bahagia banget, iya bahagianya anak-anak itu sederhana, Karena dapet tempat baca yang ga jauh dari rumah. Biasanyakan setiap Rabu dan Kamis anak-anak ke perpuskota dekat Gramedia Sudirman. Sekarang bacanya pindah ke perpustakaan di dekat Janti itu lo di Ghratama Pustaka. Perpustakaan ini diklaim sebagai perpustakaan terbesar di Asia Tenggara. Gedungnya megah dan mewah. Gedung dengan 3 lantai plus tiang Menara yang menjulang ke angkasa. Dilengkapi dengan lift (meskipun sekarang masih belum dioperasikan, sementara naik turun tangga dulu kakaaaa ^o^).


ruang baca khusus anak


             Perpustakaan ini bisa dibilang lengkap. Selain menyediakan ruang baca dengan buku beragam juga menyediakan ruang digital khusus untuk browsing dan menonton bermacam video dari cd yang ada. Selain itu wifinya lancar dan ada disetiap ruangan. Di basement ada playground untuk anak-anak, ruang dongeng, ruang baca khusus anak dengan koleksi bermacam buku anak (termasuk aneka komik dan buku luar), ruang music dan kantin. Ruang bacanya juga nyaman, lantainya berkarpet, AC-nya dingin dan disediakan bean bag gitu buat leyeh-leyeh sambil baca buku.

si Mush'ab dan buku favoritnya yang bisa bersuara itu 

Oia perpustakaan ini juga menyediakan ruang bioskop 6 Dimensi lo. Cukup bayar 20 ribu per orang bisa nonton di sana. Di bagian luar juga disediakan gazebo-gazebo yang dilengkapi colokan jadi enak banget kalau mau dipake buat diskusi ( dekat kantin, wifi lancar, dan gratis, ehem bener kan?). untuk kartu anggota syaratnya juga gampang cukup fotocopy KTP lalu kita disuruh mengisi form dan difoto ga nyampe 15 menit kartu member sudah jadi dan gratis lagi. Sayangnya kartu membernya masih sementara hanya berupa print-printan kertas biasa jadi kalau nyimpennya ga hati-hati, gitu deh -_____-. Kata petugasnya sih kartu member permanen bisa didapat tahun depan alias tahun 2017. Untuk anak-anak cukup fotocopy KTP orangtua sudah bisa bikin kartu member. 

mural di dindingnya keren-keren 

Perpustakaan ini buka pukul 08.00-22.00 WIB dan Senin-Minggu. Dan sementara ini Sabtu-Minggu tutup dulu sampai proses pendataan buku selesai. Bayangkan gimana ramenya perpustakaan ini. Apalagi kemarin pas ada event semarak Pendidikan Yogyakarta yang digagas mahasiswa UNY rame banget euuyy. Biasanya pengunjungnya normal di hari biasa ini membludak.

playground untuk anak-anak di basement

Dengan kartu member kita bisa meminjam buku-buku yang disediakan kecuali buku dari ruang referensi khusus yang memang tidak boleh dipinjam. Maksimal 2 buku untuk satu kartu member dan berlaku untuk satu minggu. Kalau telat mengembalikan didenda 200 perak perbuku. Duuuh murah banget. Harusnya dibikin mahal jadi para peminjam yang ga bertanggung jawab mikir dua kali kalau mau telat balikin.

gazebo di luar perpustakaan

Karena dari kemarin Salma pengen banget belajar Bahasa Korea, eh pas nyari bukunya ternyata ejaan Bahasa Korea itu naudzubillah bikin lidah kita terasa terpuntir, eh, akhirnya pinjem bahasa Jepang. Sampai rumah sih sehari dua hari semangat sisanya entahlah…. Kalau abang-abangnya sih biasanya baca buku-buku hitech (macam bikin robot, robot masa depan, tutorial animasi) komik Tin-tin, terus nyari wifi buat apdet COC -___-  huffff.

            Bisa dibilang Grhatama Pustaka jadi tempat hangout favoritnya bocah-bocah. Apalagi sekarang mereka ga perlu dianter lagi kalau ke perpus. Berangkat dari rumah nebeng ayahnya sampai kantor terus naik bis Transjogja terus turun di halte depan Perpustakaan. Sangu 15 ribu cukup buat bayar bis PP dan beli es teh sama gorengan hahahaha. Emaknya juga bahagia Karena ga perlu anter jemput lagi. Bahkan kadang emaknya ikut nginthil di belakang anak-anak sambil nenteng laptop buat nebeng wifi di perpus ^_^ ah bahagia itu sederhana. Oia koleksinya lengkap loh. Dari kemarin si mamak ini pinjem novel-novel terjemahan dan buku crafting.

pict from http://netcj.co.id/

            Gimana? Jadi tertarik pengen mampir ke Ghratam Pustakakan jadinya. Nanti janjian ketemu di sana ya sambal ngupi-ngupi di cafenya juga boleh. 

18 komentar:

  1. baru tauu ada perpustakaan sebesar ini di jogja.. thanks for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, asli ini perpus paling bagus yg pernah saya datangi :)

      Hapus
  2. Yuukk janjian di sana, Makrul. Apik banget yo perpus e :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayuuk mb Uniek, nonton bioskop 6D nya

      Hapus
  3. aku calling-calling ya kalau ke sana, jangan lupa gorengannya dikurangi aja, aku bikin pukis aja. Nanti makan di gazebo perpusnya, boleh to?

    BalasHapus
  4. Playground nya asyik ya buat anak anak betah. Jogja memiliki segudang wisata edukasi ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya di playgroundnya lengkap sama boneka tangan, puzzle, dll

      Hapus
  5. keren nih perpustakaannya, kapan di crb ada ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya di tiap kota ada perpus yg bagus ya mbak u membantu meningkatkan minat baca

      Hapus
  6. Udah pernah ke sini tp sampe selasar doang hahaa. Pas ada diskusi film. Dr depan ngga kliatan sejuk ya, kayak bukit teletabies wkwkkw. Tp tetep mupeng sama komen2 orang yg udah pernah masuk sih, termasuk postingan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia, menurutku sih skrg memang blm rimbun. Pohonnya masih bertumbuh, halagh :D

      Hapus
  7. Ih enak kayanya nyaman banget ya ini perpustakaan, pengen kesana tapi jauh hemmm :(

    BalasHapus
  8. Playground nya apik banget bakal betah di sana. Film 6D ki koyo opo yo paling banter aku taunya yg 4D

    BalasHapus
  9. Pustakanya cakep. ada mural dan taman juga. ngademin banget ya mba. Bikin betah baca lama2 nih... aih di sini kapan ada yang begitu ya..

    BalasHapus
  10. Bagusnya perpustakaan ini. Anak sulungku pasti senang sekali diajak ke sini, kalo sudah ketemu buku, sampai berjam-jam nggak kerasa deh.

    BalasHapus
  11. Jogja selalu keren dalam mengambil peran edukasi. Saya tertarik banget kalau ke Jogja berkunjung ke Ghratam Pustakakan. Nanti kita kopdaran ya, kak. :)

    BalasHapus
  12. Ada koleksi skripsinya gk y..

    BalasHapus