5 Film Bertema Pendidikan Yang Inspiratif

pict by quoteshub




Saya termasuk penikmat buku dan film bagus. Itulah kenapa saya punya kanal books review dan movies review di blog www.catatansiemak ini. Saya sadar banget hari ini kita bisa mendapat banyak insight dari berbagai cara. Kehidupan manusia bergerak dengan cepat dan penggunaan alat belajar juga semakin berkembang. Nah, buku dan film menurut saya bisa dijadikan alat pembelajaran yang ekspresif.


Meskipun ga menerima job tentang film, kecuali saya pernah menonton filmnya (dan ini sulit dilakukan, mengingat biasanya job film itu untuk film-film baru yang belum beredar di pasaran. Jadi bhabhay lah job dari film) saya suka mereview beberapa film yang menurut saya inspiratif. Bahkan saya biasanya mampir di facebooknya mbak Haya dan mbak Carra yang biasanya berbagi review film bagus yang entah kenapa versi mereka lebih click di saya. Padahal ada banyak yang mereview film di luar sana. Tetapi kebanyakan versi teman-teman blogger adalah film dan drama Korea dan ga sesuai dengan selera saya. Inget ya selera orang beda-beda.

Nah, berikut 5 film bermotif pendidikan terbaik versi www.catatansiemak.com. Sebenarnya saya penyuka film-film fantasi tetapi ada beberapa film bertema pendidikan ini yang menurut saya bagus banget dan layak tonton.

1.     3 Idiot (2009)

Diperankan oleh Aamir Khan dan  Kareena Kapoor. Film ini bagus dari sisikritikan terhadap pendidikan kita hari ini. Terutama kritik terhadap pendidikan formal yang ansigh hanya berujung pada nilai-nilai akademis.
Isinya kocak banget tapi sindirannya kena. Geli-geli miris gitu. Soalnya itu semacam cermin pendidikan kita hari ini.

Oia film ini juga membuat kita menyadari banyak hal kehidupan. Bahwa pendidikan itu penting tetapi lebih penting lagi kecerdasan emosional. Karena hidup ga melulu untuk jadi pemenang. Tetapi juga sesekali kita butuh untuk menjadi kalah agar kita menyadari bahwa betapa berharganya hiduo kita.


2.     Dead Poets Society (1989)

Ini film jadoel pisan. Diperankan oleh actor watak mendiang Robin Williams. Meskipun sampai sekarang saya tetap ga bisa menerima apapun alasan Robin Williams untuk melakukan suicide.
Berkisah tentang para pemuda yang bersekolah di asrama yang ketat dan kaku. Ada aja celah untuk anak-anak ini melakukan hal-hal yang mereka sukai.

3.     Taare Zameen Par (2007)


Film ini diperankan oleh Aamir Khan lagi dan sukses membuat saya berharap ada banyak guru di luar sana yang seperti ini. Yang mengajar ga melulu karena urusan kurikulum tetapi juga mengajar dengan tulus. Berkisah tentang seorang guru seni yang memiliki seorang murid berkebutuhan khusus.


Guru yang membimbing, mendidik dengan hati, menyayangi dengan ketulusan dan mendorong muridnya untuk maju dengan minat dan keahlian mereka masing-masing.
Di rumah kami film ini diputar berulang-ulang. Dan anak-anak suka banget sama filmnya. Angle pengambilan cerita juga bagus dan detail. Semisal ada scene yang menggambarkan bagaimana kehebohan anak-anak sekolah ketika bangun tidur dan mau berangkat sekolah. Tetapi juga ada scene yang melambat ketika si anak berkebutuhan khusus itu begitu menikmati bangun paginya. Ya ampun itu kan jarang banget dinikmati anak-anak hari ini.

4.     Pursuit of Happyness (2006)

Film ini diperankan oleh bapak dan anak Will Smith dan Jaden Smith dengan sangat bagus. Mungkin bisa dibilang inilah debut pertama Jaden Smith di dunia seni peran.

Diambil dari kisah nyata seorang pengusaha kaya saat ia belum menjadi siapa-siapa. Duuh film ini keren badai menurut saya. Layak tonton. Berharap film kayak gini diremake dengan versi yang lebih kekinian.

5.     Children of Heaven (1997)

film Iran ini berkisah tentang dua orang anak bersaudara yang hanya memiliki sepasang sepatu yang harus dipakai bergantian untuk ke sekolah. Seperti film Iran yang lain. Karena saya juga menyempatkan diri menonton beberapa film Iran yang lain. Yang mengangkat kehidupan masyarakat Iran kelas bawah tetapi kuat dari sisi karakternya.


Mungkin inilah jawaban kenapa para sinaes Iran kalau bikin film ‘amazing. Film-film mereka humanis dan hidup. Mengangkat sisi masyarakat bawah tapi bukan yang bikin kita kasihan gitu. Tergugah lebih tepatnya. Bahwa untuk sukses itu bukan melulu bicara soal uang dan kecerdasan. Tetapi juga ihtiar dan kasing saying yang tulus pada sesama. Bahkan film ini juga masuk nomiasi Oscar lo.
Nah, itu lima film bertema pendidikan yang menurut saya harus ditonton nih oleh para orang tua. Sebenarnya ada beberapa lagi. Kayak film buatan sutradara asal Arab Saudi yakni 'Wadjda'. Dan beberapa lagi film Iran dan India yang bagus bertema pendidikan.

6 komentar

  1. aku baru liat no 1 2 n 5. nonton yg belum ahh.... tengkiyu mak :*

    BalasHapus
  2. Yg nongol pertama 3 idiots, langsung ngakak inget kocaknya film ini. Yg paling inget bgt itu yg adegan kesetrum gara2 pipis 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh MakIrul, ini Arry. Kukira bakal muncul namaku, lha kok ternyata munculnya 'unknown'. Hihi.... Sapa pula unknown komennya sok akrab gitu. Wkwkwkwk

      Hapus
  3. Huaa 1 4 5 udah nonton
    Iya bagus bgt smpek nangiss huhuhu

    BalasHapus
  4. Aku jg bkn penikmat korea maak ��
    Keren smua film2nya. Nomor dua iyaya jadul pisan blm ntn ktnya bagus

    BalasHapus
  5. Di antara lima film di atas yang saya tonton baru cildren of heaven. Baguuus banget. Empat lainnya saya catat, penasaran ... Makasih sharingnya mba...

    BalasHapus