Kamis, Juli 13, 2017

Libur Lebaran Bareng Perpus Kota Jogja









Habis lebaran kemarin saya dan anak-anak ikut Liburan Bersama Perpus Kota Jogja. Ini liburan bersama perpus kota jogja yang kesekian yang saya ikuti bersama anak-anak. 

Saya dan anak-anak termasuk familiar dengan perpus kota. Sebelum kami akrab dengan Grahatama Pustaka Jogja kami kerap kali ke Perpus kota. Tapi sekarang karena alasan jarak kami memilih Ghahatama Pustaka untuk membaca buku.Mampirlah ke Grahatama Pustaka Yogyakarta



Ada 3 event yang diselenggarakan dalam Liburan Bersama Perpus Kota kali ini. Event pertama ditujukan buat anak berusia 5 tahun sampai kelas 4 SD berlangsung 4 hari dari hari Selasa sampai Jum’at. Event kedua Movie maker untuk anak usia kelas 4 SD sampai kelas 3 SMP, dan terakhir Smart Junior Camp atau pelatihan menulis dan outbond yang berlangsung di hutan Pinus Mangunan.
Anak-anak saya mengikuti 2 event. Event edukatif dan Smart Junior Camp.
Event Educative
Selama 4 hari anak-anak diajak mengikuti kegiatan seru yang mendidik dan menyenangkan. Event ini didampingi oleh para relawan dari Sekolah Gajah Wong yang dikepalai oleh Mas Fais Fakhrudin. Berlangsung di halaman Perpustakaan Kota Jogjakarta yang beralamat di Jalan. Suroto No.9, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55212
Selasa, 4 Juli 2017. Membuat wayang suket.


Acara dibuka dengan doa dan permainan bersama. Lalu sambutan oleh pengurus Perpus Kota Jogja. Kemudian anak-anak saling berkenalan dan kemudian dibagi dalam dua kelompok. Yakni kelompok Elang dan Kelelawar. Ga ngerti kenapa juga anak-aak memilih kelelawar. 
Anak-anak diajak membuat wayang dari rumput mendong yang sudah diwarnai. Waktu melihat pertama kalinya saya pikir membuatnya agak rumit. Ternyata setelah memulai membuat sendiri ternyata menyenangkan. Meskipun Zoe dan Mush’ab harus dibantu tetapi Salma menyelesaikan sendiri wayang suketnya. Sayangnya anak-anak hanya membuat satu dan wayang suket itu dikumpulkan kembali ke panitia. Dan diakhir acara wayang suket itu tidak dibagikan lagi kepada peserta. 


Oia diakhir acara hari pertama ini anak-anak diajak menonton pertunjukan wayang hasil karya mereka. Hebohnya luar biasa.


Rabu, 5 Juli 2017. Menghias botol kaca.


Hari kedua setelah dibuka dengan doa dan bermain kereta-keretaan anak-anak diajak menghias botol kaca. Botol kacanya dibersihkan lalu anak-anak dipersilahkan menghias botol kaca mereka dengan aneka kertas stiker yang disediakan oleh panitia.
Oia sebelum dihias botol kacanya diisi air kemudian setelah dihias botol berisi air tersebut diberi glitter warna-warni. Yang kalau botolnya dibolak-balik berhamburanlah gliter warna-warni itu di dalam botol. Dan anak-anak terlihat takjub sekali. Sampai sekarang botol kaca hias itu masih dipajang di rumah kami. Itu seumpama master piece buatan mereka. 

Kamis, 6 Juli 2017, Membuat dan mewarnai gerabah.

 
A post shared by siti hairul /catatansiemak.com (@siti_hairul) on

Hari ketiga ini anak-anak diajak membuat berbagai aneka barang dari tanah liat. Setelah acara pembukaan dan doa anak-anak langsung dibagi kelompoknya seperti biasa. Kemudian ditengah kelompok ditempatkan setumpuk tanah liat yang siap diolah. Dan mulailah tangan-tangan mungil itu mencurahkan perasaan dan imajinasi mereka dalam bentuk karya aneh dan luar biasa sesuai imajinasi masing-masing. Ada yang membuat Olaf dalam film Frozen, ada yang membuat Big Hero, ada yang membuat bunga dan segala macam bentuk unik dan membuat takjub. Saya sendiri seolah mendapatkan banyak kesempatan untuk mengabadikan karya mereka dengan lensa kamera. 


A post shared by siti hairul /catatansiemak.com (@siti_hairul) on



Setelah dikeringkan karya anak-anak diwarnai dan boleh dibawa pulang. Saat pulang kami juga masih membawa oleh-oleh tanah liat yang tersisa. Panitia memperbolehkan anak-anak membawa sisa tanah liat. Dan dirumah ‘mengolah’ tanah liat itu masih berlangsung bahkan sampai menjelang tidur malam dan dilanjutkan besoknya lagi sepulang acara di perpus kota.
Jum’at, 7 Juli 2017. Membuat karya dari janur kelapa.
Hari terakhir anak-anak diajak membuat kuda lumping dari janur kelapa. Jujur kalau edisi membuat Janur kelapa ini saya ikut teribat 100 %di karya milik Mush’ab. Dia ga mau bikin sama sekali. Saya aja pusing bikin ekornya. Huahahaha. Sampai bingung ini mana kepala mana ekornya coba. Hahahaha. Alhamdulillah meskipun bentuknya ga jelas kuda kepang itu bisa dinaikin dan diajak ikut karnaval keliling di sekitaran perpus kota. Hahahaha. Sampai sekarang si janur kepang itu masih ada tergantung di belakang rumah. Mau dibuang ga dibolehin sama anak-anak.
Hari Jumat itu menjadi hari terakhir untuk event edukatif selama empat hari itu. Ada pertunjukan juga diakhir acara. Juga pembagian hadiah buat anak-anak yang aktif terlibat dalam acara. Terus ada makan-makan bareng berupa pisang rebus, ubi rebus dan kacang rebus. Dan diakhir acara ada pemukulan pinata berisi permen. Whoaaaaa hebohnya minta ampun. Tapi anak-anak sportif kok kalau mereka dapat banyak mereka mau berbagi dengan temannya yang ga kebagian. Senangnya.
Karena anak-anak ga ikut movie maker jadi saya cerita sedikit tentang Smart Junio Camp. Yang mengikuti event ini anak perempuan saya, Salma. Pagi-pagi sudah diantar ayahnya ke perpus kota. Karena harus berangkat jam 7 pagi dengan bis ke Hutan Pinus Mangunan. Dari malam sudah heboh banget nyiapin barang keperluannya.
Saya dan suami menyempatkan diri menjenguknya selepas dzuhur. Sekalian mengambil beberapa foto lokasi. Senang aja melihat anak-anak diajak belajar bersama-sama di alam terbuka.
Berakhir juga liburan kami dan anak-anak bersama Perpus Kota Jogja. Anak-anak sangat menikmati liburan lebaran kali ini. Dan berharap bisa ikutan lagi tahun depan. Berharap juga event seperti ini ga cuman setahun sekali. Sering-seringlah diadakan event kayak gini. Hehehehe.

6 komentar:

  1. asik banget kalau perpustakaan punya kegiatan seru kayak gini. Bikin anak-anak makin semangat ke perpusnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayangnya cuman setahun sekali :(

      Hapus
  2. waah ini sih kegiatan yang asik banget, anak-anak pasti suka, salut deh mak sama perpus di sana bikin acara beginian. Itu wayang mainanku waktukecil.

    Maak, maaf lahir batin yaa

    BalasHapus
  3. Waa...asik banget. Anak2 pasti suka. Sayang gak tau infonya...

    BalasHapus
  4. Seru Mak eventnya.. Bermanfaat banget buat ngisi liburan anak2.
    Kalau mau ikutan gitu gimana daftarnya mak?

    BalasHapus
  5. Waaah, seru banget, ya, acaranya, disamping bergembira-ria juga mendapatkan ilmu untuk berkreasi dan berinisiatip. Salut.

    BalasHapus