Rabu, Agustus 31, 2016

Bersama Bekal Masa Depan Chil-Go!, Mewujudkan Impian Zoe Untuk Membangun Jalan Dan Bangunan Di Masa Depan









Zoe, 6 tahun, sangat menyukai angka. Segala hal yang berbau angka dia suka. Zoe juga menyukai hal-hal yang berkaitan dengan ruang dan bentuk, bangunan-bangunan geometri dan tergila-gila dengan lego. Meskipun saya tidak pernah membelikannya lego asli yang harganya mahal itu tetapi kreativitasnya tetap jalan. Jika ditanya kelak besar ingin jadi apa? Jawabannya sederhana “ Mau bikin gedung bertingkat, jalan dengan terowongan panjang di bawah air dan bikin rumah-rumah bagus”. Zoe belum mengenal istilah arsitek. Yang ada dalam pikirannya mungkin asyik kali ya bisa bikin rumah, gedung-gedung pencakar langit, jalan-jalan dengan terowongan rumit dan sejenisnya.
 
Zoe dan jalan raya buatannya ^_^

Rencana Kami dan Zoe 
Seperti abangnya Zoe rencananya juga akan menjalani homeschooling mandiri. Tetapi mungkin ada beberapa program yang akan berbeda dengan pilihan abang-abangnya. Ia rencananya mengisi masa SD dengan belajar Qur’an, matematika logik rencananya mau ikut les Kumon, Mengambil kelas SAINS, mempelajari bahasa termasuk bahasa asing, ikut beladiri dan renang, dan ikut kepanduan. Sisanya akan akan diisi dengan belajar positive attitude dari rumah dan bersama anggota keluarga yang lain. Dan ia diperbolehkan mengubah, menambahi atau mengurangi program sesuai dengan minatnya. 

Dan untuk biaya memang banyak orang mengira keluarga Homeschooling biayanya akan lebih sedikit dibanding sekolah formal. Padahal belum tentu. Banyak biaya yang jika dihitung menjadi lebih besar dibanding sekolah. Apalagi saat ini ekonomi Indonesia mengalami kenaikan inflasi hampir 20% untuk pendidikan setiap tahunnya. Jadi semakin bertambah usia Zoe maka akan semakin besar dana yang harus kami keluarkan. 

 Investasi Kami Untuk Dana Pendidikan Anak-Anak
Saya dan suami sudah mengantipasi besarnya dana yang harus kami usahakan untuk biaya pendidikan anak-anak. Selama ini kami berusaha menabung dan investasi. 

Berikut yang kami lakukan untuk mengantisipasi biaya pendidikan anak-anak. Pertama: membuka tabungan pendidikan yang setiap bulan diambil secara rutin dari rekening, kedua: menabung emas, saya termasuk orang tua produk jadul. Jadi emas adalah investasi pilihan paling aman buat saya. Monggo dibaca di postingan saya tentang Menabung Ala Ibu RumahTangga, ketiga: mencoba investasi Reksadana Syariah di salah satu lembaga keuangan monggo mampir di Investasi Reksadana Syariah Ala Emak. Nah, ketiga pilihan itu sepertinya masih harus ditambah lagi. Karena ternyata biaya pendidikan mengalami inflasi sebesar 7%-15% pertahun. Dan berdasarkan data dari ZAP Finance bahwa tingkat imbal hasil masing-masing produk investasi berbeda, lihat tabel di bawah ini.

Jenis Produk investasi
Tingkat imbal hasil per tahun
Tabungan
5%
Reksadana Campuran
10%
Reksadana Saham
15%


Bisa di bayangkan besarnya dana pendidikan yang harus dikeluarkan saat Zoe nanti kuliah untuk mewujudkan cita-citanya menjadi arsitek. 

Sebagai ilustrasi bisa saya contohkan dari hasil perhitungan untuk adiknya Zoe, si Mush’ab yang berusia 3 tahun. Menurut ZAP Finance Reseach Division bisa dihitung besarnya biaya yang harus kita persiapkan untuk pendidikan anak-anak kita ke depan. Dengan bantuan kalkulator finansial tersebut ayah dan bunda bisa menghitung kira-kira besaran dana pendidikan yang harus dipersiapkan. 



         Wow, angkanya lumayan besar ya. Bikin mengkeret para orang tua kalau kita tidak mempersiapkan dari sekarang. 

Nah salah satu produk investasi yang mungkin bisa dicoba adalah Asuransi Dana Pendidikan. Saat ini ada banyak produk asuransi pendidikan dari berbagai lembaga keuangan. Termasuk Asuransi Pendidikan Syariah buat orang tua muslim. 

Makanya kemarin buat jaga-jaga saya juga ikutan nyoba gabung di Program Bekal Masa Depan Morinaga Chil-Go!. Dengan modal kebiasaan membuat sendiri permainan edukatif untuk anak-anak saya berharap ada ide kami yang nyangkut di program itu. Gimana tidak berharap? Hadiahnya bikin ngiler. 

Bekal Masa Depan Chil-Go! merupakan salah satu langkah Morinaga dalam mendukung gerakan #SiapCerdaskanBangsa yang ditujukan kepada para orang tua untuk dapat berbagi stimulasi dan ide kreatif dalam mengembangkan Kecerdasan Majemuk Si Kecil sehingga menjadi Generasi Platinum yang multitalenta. Morinaga Chil-Go! akan memilih 9 orang pemenang hadiah utama dan 3.035 orang pemenang hadiah hiburan selama periode program berlangsung.



Hadiah utama dari Bekal Masa Depan Chil-Go! Ini berupa Dana Asuransi untuk Pendidikan dengan total senilai 3 Milyar Rupiah dibagi menjadi 3 (tiga) kategori di masing-masing periode, yaitu :

a.      Platinum: Asuransi Pendidikan senilai Rp 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah)*
b.      Gold: Asuransi Pendidikan senilai Rp 300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah)*
c.       Silver: Asuransi Pendidikan senilai Rp 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah)*
* berdasarkan perhitungan investasi hingga anak berusia 18 tahun

         Saya sendiri sudah mendaftarkan dua ide permainan kreatif saya dan anak-anak. Bisa mampir di http://www.bekalmasadepan.com/galleries/detail/ular-tangga-generasi-platinum untuk melihat ide kami. 
 
Ide kreatif kami ^_^


     
 Cara mengikuti program tersebut juga mudah banget. Seperti yang saya tulis caranya saat kami mengikutkan ide kami  http://www.catatansiemak.com/2016/07/ular-tangga-generasi-platinum-stimulasi.html
           Bisa juga dilihat caranya di video di bawah ini




12 komentar:

  1. Fighting, Zoe! Kelak bisa membangun desa dan linkungan sekitar tempat tinggal Zoe yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, makasih doanya kakaaaaa :)

      Hapus
  2. Untuk orang tua memang pendidikan anak jadi prioritas utama ya mbak... Semangat Mas Zoe, jadi arsitek yaa :)

    BalasHapus
  3. Waaa mau Les kumon yaa, bareng Fira yuk. Morinaga sangat pagan akan masa depan anak anak ya Mbak,

    BalasHapus
  4. Terus semangat Zoe

    BalasHapus
  5. Jadi pingin lari ke Reksadana jugaaa! Qiqiqiqi

    BalasHapus
  6. waaaah..komplit yaa mba hitungannya..perluu ini :)

    BalasHapus