Minggu, Juli 31, 2016

Ular Tangga Generasi Platinum, Stimulasi Cerdas Untuk Anak Cerdas


Permainan Ular Tangga
 Anak Generasi Platinum 


Add caption






Main Ular Tangga yuuuuk” itu ajakan Zoe pada saya pagi itu. Kebetulan abangnya baru saja beli (lagi) monopoli yang isinya sepaket dengan ular tangga. Tapi yang bikin gemes buat Zoe ular tangga itu terlalu mungil. Kemarin di penghujung bulan Juli 2016 Zoe merayakan usianya yang ke-6 tahun. Untuk usia anak segitu lagi seneng-senangnya belajar banyak hal. Sudah merasa gedhe juga. Usia 6 tahun biasanya adalah persiapan anak-anak untuk memasuki dunia Sekolah Dasar. Sebagai keluarga pesekolah mandiri (homeschooling) tentu saja saya juga mempersiapkan apa-apa saja yang harusnya dikuasai oleh anak-anak saat mereka memasuki dunia sekolah. Zoe sendiri berdasarkan hasil test sederhana di Morinaga MI Play Plan yang pernah saya tulis disini memiliki kecerdasan Logika Matematika yang menonjol kemudian diikuti oleh kecerdasan Kinestetik. Tetapi Zoe lemah pada kecerdasan musikalis.


Beberapa Stimulasi Saya Untuk Anak-anak di Rumah









         




   





            Zoe sangat menyukai angka, bangunan geometri, menyusun lego dan hal-hal yang berkaitan dengan dunia matematika sederhana. Dan ia juga aktif bergerak. Saya sendiri ingin Zoe belajar bisa berkonsentrasi dengan baik tetapi juga tetap tangkas dan santun. Itulah kenapa pendidikan karakter selalu saya tekankan dalam keluarga. Saya ingin anak-anak saya cerdas tetapi berakhlak mulia. Makanya tak heran ketika memberi stimulasi pada anak-anak saya selalu berusaha seimbang. Antara kognitif dan juga sosial. Biasanya Senin sampai Kamis kami punya jadwal bermain dan belajar bersama di pagi hari. Di hari-hari itu kami mencoba banyak hal. Membuat aneka kerajinan dan permainan edukatif sendiri. Monggo mampir di fanspage catatansiemak.com untuk melihat album khusus beberapa permainan edukatif yang pernah kami lakukan.


Penting Tidak Sih Menstimulasi kecerdasan Si Kecil?

Sebagai orangtua kita mempunyai kewajiban mendampingi anak-anak menjadi yang terbaik, itu menurut saya lo ya. Saya dan suami selalu berusaha belajar untuk menjadi orang tua yang baik bagi anak-anak. Saya percaya Every Child is Unique. Kita tidak mungkin memaksakan anak-anak untuk mempelajari sesuatu yang memang bukan keahliannya di bidang itu. Setiap anak mempunyai kesempatan yang sama besar untuk berkembang menjadi yang terbaik sesuai kecerdasan masing-masing anak-anak. Suka sekali dengan teori 8 Kecerdasan Majemuknya DR. Howard Gardner. Menurut beliau ada 8 tipe kecerdasan anak Bahwa setiap anak dilahirkan dengan potensi mereka masing-masing. Delapan tipe kecerdasan yang dimiliki anak memungkinkan anak-anak melejit jika kecerdasan bawaan mereka di asah sebaik mungkin. Tipe kecerdasan majemuk itu sendiri meliputi Kecerdasan Musikal, Kecerdasan Intrapersonal, Kecerdasan Interpersonal, Kecerdasan Naturalis, Kecerdasan Visual Spasial, Kecerdasan Linguistik, Kecerdasan Logika Matematik dan Kecerdasan Kinestetik.


Ular tangga Generasi Platinum

            Nah diusianya yang bersia-siap masuk SD ini saya mencari-cari permainan apa yang bisa menstimulasi kecerdasannya sesuai minat dan bakatnya. Keywordnya: angka, bergerak aktif dan sekaligus pendidikan karakter. AHA, Inilah dia “ Ular Tangga Generasi Platinum”.


         






            Permainan ini mengadopsi dari permainan ular tangga konvensional. Tetapi saya modifikasi biar sesuai dengan perkembangan Zoe. Ular tangga ini dibuat besar, dari bahan yang kuat jadi awet, bisa dilompati, dan berisi pesan-pesan untuk menstimulasi pendidikan karakter anak-anak. Saya gambar di komputer bentuk ular tangga yang kami inginkan. Zoe juga terlibat dalam pemilihan gambar, warna dan beberapa ide. Kemudian dicetak di vinil ukuran 2m x 2m. Sangat memadai bukan? Untuk dadunya Zoe membuat sendiri dari kardus bekas yang dilapisi kertas putih dan ditempeli kertas berwarna sebagai penunjuk angkanya. Taraaaa Ular Tangga kami sudah jadi. Seharian Zoe bermain bersama adiknya dan kakaknya. Bahkan teman-temannya anak-anak tetangga pada ikut nimbrung juga. Capek main Ular Tangga mereka minum susu Chil-Go! ^_^. Anak-anak saya suka minum susu Morinaga Chil-Go!. Bahkan itu menjadi susu favorit mereka. 

Periode Emas 
















Pernah dengarkan istilah periode emas. Nah tubuh kita butuh tak hanya nutrisi otot tapi juga nutrisi otak. Dan dua nutrisi itu harus tersedia pada makanan sehari-hari kita. Jadi tidak sekedar bikin gemuk tapi benar-benar kaya nutrisi. Nah Morinaga Chil-Go! ini adalah susu cair pertumbuhan yang diperuntukkan untuk anak usia 1-12 tahun. Karena pada masa itu anak-anak benar-benar membutuhkan makanan yang kaya nutrisi. Selain itu diesediakan dalam bentuk cair yang mudah banget di konsumsi dan mudah diserap oleh tubuh. Oia jangan khawatir dengan kemasannya. Botol Morinaga Chil-Go! aman untuk makanan dan ramah juga untuk lingkungan karena bisa di daur ulang.

Morinaga Chil-Go! Mendukung kecerdasan multitalenta.
Sering yang kita tahu bahwa kecerdasan hanyalah kecerdasan akademik saja. padahal ada banyak kecerdasan yang di miliki oleh anak-anak. Nah setiap anak memiliki kecerdasan masing-masing. Jangan khawatir jika teman-teman tidak cerdas di musikalis karena mungkin teman-teman mempunyai kecerdasan di naturalis atau kinestetik. Nah Morinaga Chil-Go! mendukung semua tipe kecerdasan manusia.
Dimana kandungan nutrisinya dilengkapi dengan
1.     Kolin dan Inositol yang berperan dalam penyimpanan memori, berpikir, berbicara dan mengatur gerakan sadar.

2.     Vitamin B Komplek, Zat besi dan Yodium yang dimana vitamin yang berperan penting pada system syaraf dan konsentrasi anak.
    

Kelebihan Ular Tangga generasi Platinum
1.     Anak-anak bisa belajar angka dari 1-100
2.     Belajar bersosialisasi
3.     Belajar antri dengan tertib dan sportif
4.     Belajar banyak hal tentang pendidikan karakter. Setiap kotak yang berisi tangga naik diisi oleh hal-hal baik yang harus dilakukan. Dan setiap ular yang membuat kita turun diisi hal-hal buruk yang harus kita hindari.
5.     Anak-anak diajak bergerak aktif dengan melompat, maju, mundur dan melempar (dadu) yang membantu mereka lebih sehat.

Program Morinaga Chil-Go! Bekal Masa Depan




Punya ide permainan sendiri di rumah? Nah kebetulan banget nih kemarin langsung melayang gara-gara di mention di Instagram oleh GiSel_la. Iya itu selebritis tanah air itu lo. Mamanya si (cute) Gempi. Morinaga Chil-Go! mengadakan program Bekal Masa Depan  (BMD). Hadiahnya keren euuyy Dana Asuransi Pendidikan dengan total Rp 3 M (perhitungan investasi hingga anak berusia 18 tahun) dan juga hadiah keren lainnya.

Cara Ikutan
Cara ikutannya gampang banget. Klik saja www.bekalmasadepan.com. Lalu daftarkan diri di web ini. Kemudian ada dua cara mendaftar program ini. Bisa dengan cara offline atau online. Bisa di lihat di gambar di bawah ini ya.


Masuk ke web bekalmasadepan.com



Mekanisme Offline








Mekanisme Online

Add caption




Kemarin saya mencoba dengan cara offline


Kirim Formulir dan struk belanja 6 botol Chil-Go!



1. Saya membeli susu Morinaga Chil-Go! Sebanyak 6 botol ukuran 140 ml varian apa saja di Indomaret atau di store yang daftarnya bisa dilihat di web.
2. Lalu unduh formulir pendaftaran di web bekalmasadepan.com. cetak kemudian isi formulir dengan lengkap
3.     Kirimkan struk pembelian Morinaga Chil-Go! Dan formulir yang sudah di isi ke alamat  PT Bounche Indonesia Thamrin Office Park AA03-AA05 Jl. Boulevard Teluk Betung - Jakarta 10240
4.     Tunggu verifikasi dari pihak Morinaga maksimal 5x 24 jam. Lalu para bunda atau ayah akan mendapat notifikasi berupa SMS dan email beirisi kode unik dari panitia.
5.     Unggah ide permainan yang kita buat untuk menstimulasi si kecil.
6.     Jangan lupa bagikan di sosial media kita ya dengan hastag #BMDChilGo


Oia saya bantu juga untuk peng-aploud-an di webnya ya. Ikuti gambar di bawah ini.
1. Isi Kode Unik

2. Pilih Ide Bekal Yang Akan Di Aploud

3. Beri Judul
4. Beri penjelasan mengapa Ide itu kita buat 
5. Aploud foto dan video yang menarik


6. Submit ide kita
7. Berdoa semoga ide kita terpilih 

Untuk info lebih lanjut monggo langsung mampir saja 
Morinaga Platinum
Facebook: Morinaga Platinum
Twitter: @morinagaid
Instagram: @MorinagaPlatinum

           Gampangkan Bund ^___^. Doain juga ya ide Ular Tangga Generasi Platinum saya dan Zoe terpilih menjadi pemenang. Dukung ide kami ini ya http://www.bekalmasadepan.com/galleries/detail/ular-tangga-generasi-platinum . Hadiah dana asuransinya sangat bermanfaat banget buat Zoe untuk belajar banyak hal untuk menggapai cita-cita terbaiknya. Sssst Zoe bercita-cita jadi arsitek nih Bund. aamiin. Makanya kami menggelarinya Zoe Al Muhandis.



24 komentar:

  1. Menarik dan memang asyik nih. Istri saya juga bikin di rumah tapi ga sebesar itu.
    Anak-anak memang senang terlibat aktif. Wow banget. Jadi pingin ikutan bikin permainan kreatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mas diikutkan program Bekal Masa Depan idenya siapa tahu rejekinya anak-anak :)

      Hapus
  2. mbak itu di cetak mmt atau apa sih?? pengen bikin jugaaaaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nyetak di mmt aku nyimpen filenya che, klo mau tar ta kirim via email yooo :)

      Hapus
  3. wuih...keren bingit ular tangganya, Mak. Anak-anakku pasti senang dan heboh nih haha...

    btw, sukses ya moga manang :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. Aku nyimpen filenya kalo mau nyetak sendiri ntar ta bawain :)

      Hapus
  4. Aaah keyeeeen.. Asyik nih main rame2 begini yaaa mbaaa. Anak-anak pasti sukaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mama Bo anak-anak doyan banget mainan ini. seharian nguprek2 ular tangga ini terus :)

      Hapus
  5. keren banget si Zoe... Luna besok diajarin main ular tangga dong.. semoga cita2 jadi arsitek kesampaian yaa.. amiinn.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo Luna main bareng Zoe

      Hapus
  6. Mb irul, sy mau juga donk file ular tangganya..

    BalasHapus
  7. Mb irul, sy mau juga donk file ular tangganya..

    BalasHapus
  8. Mb irul, sy mau juga donk file ular tangganya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. alamat emailnya dong Mah

      Hapus
  9. Saya punyanya yang seupil mbak alias yang kecil bgt😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini giant snack mbak hahaha

      Hapus
  10. Terus itu ditempel pake isolasi satu satu ya mak irul ular tangganya? (ceritanya nyambung dengan komennya cheilla ini komenku)

    BalasHapus
  11. ide permainannya bikin anak tambah cerdas :)

    BalasHapus
  12. Rasanyaaa....wis pingin mainan sama Jasmine. Uwuwuwwu. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jasmine maem yang banyak dulu biar cepet gedhe ya :D

      Hapus
  13. Ular tangganya seru ich, buat mainan anak-anak. Jadi melatih daya sportif dan geraknya ya.

    BalasHapus