Persiapkan Hal Ini Saat Umroh Bersama Anak

 






Ada satu hal menarik yang diceritakan dalam banyak riwayat bagaimana para shahabat Rasulullah berhaji dan umroh membawa anak-anak mereka dalam rombongan. Kebanyakan dari kita kan kalau bepergian pasti merasa ribet kalau membawa anak-anak. Bahkan ada yang bilang kalau piknik bawa anak itu bukan piknik tetapi pindah tempat momong aja. Hehehe. Meskipun sebenarnya impactnya bukan pindah tempat momong aja sih terutama bagi anak-anak bertahun-tahun ke depan kenangan itu akan bertahan lama.


Ada satu quotes yang bagus menurut saya “Stop buying your kids what you never had and start teaching them what you never knew”. Membelikan mereka barang mungkin hal biasa tetapi membelikan mereka pengalaman itu jauh luar biasa berkesan bagi kehidupan mereka ke depan. Nah, salah satu pengalaman yang pasti berkesan bagi anak-anak adalah umroh bersama orangtua. Mengingat biaya umroh itu tidak murah dan kerumitan urusan dokumennya terhitung tinggi makanya banyak yang harus dipersiapkan orangtua.



Berikut sedikit saran yang harus dipersiapkan orangtua saat akan umroh membawa anak-anak.

1.     Sebaiknya sih usia anak-anak sudah di atas 4 tahun. Ini sesuai juga dengan panduan dalam islam dimana ada perintah Rasulullah bahwa  sebaiknya anak-anak mulai diajari salat saat mereka mulai bias membedakan tangan kanan dan tangan kiri. Di usia segitu biasanya sudah mutqin sekali untuk paham tangan kanan dan tangan kiri. Mengingat umroh itu bagian dari tarbiyah/pendidikan bagi anak.

2.     Pastikan anak sehat secara menyeluruh dengan medical check up beberapa bulan sebelum keberangkatan. Karena kesehatan anak sangat berpengaruh terhadap kenyamanan anak saat perjalanan jauh.

3.     Persiapkan anak jauh-jauh hari dengan memperbanyak mengobrol. Pastikan anak berangkat umroh karena mereka memang ingin berangkat bukan karena kita paksa. Ceritakan tentang besarnya pahala orang-orang yang berhaji dan berumroh. Ceritakan juga bagaimana Allah mencintai orang-orang yang berhaji dan berumroh ke Baitullah.

4.     Bagus lagi sih anak-anak diajak mempersiapkan tabungan haji dan umroh. Agar mereka paham tentang urgensi bahwa berhaji dan umroh itu diwajibkan bagi muslim yang ‘mampu’.

5.     Pilih travel umroh yang terpercaya. Pastikan track record travel umroh yang kita pilih benar-benar bersih. Pastikan paket umroh yang kita pilih memberikan kenyamanan dan keamanan maksimal bagi kita dan anak-anak.

Nah itu beberapa tips yang bias saya berikan bagi teman-teman yang ingin berumroh membawa anak-anak dalam rombongan umrohnya. Insya Allah tidak ada kesedihan saat kita meniatkan perjalanan kita memang dniniatkan sebagai bagian dari ketaatan kepada Allah. Rejeki kita akan Allah ganti dan ukhuwah kita akan dikuatkan oleh Allah. Aamiin.

Tidak ada komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.