Sup Ikan Batam ala rumahan

 


Salah satu daerah yang menurut saya makanannya hanya ada dua: enak dan enak banget adalah Batam. Perasaan ga ada makanan ga enak di Batam. Semua makananya enak banget hahaha. Apalagi menu seafoodnya. Juara menurut saya, lawannya seafoodnya Batam itu ya seafood-nya Indonesia Timur kayak Lombok atau Makassar.


Salah satu menu seafood favorit saya saat berkunjung ke Batam adalah Sup Ikan ala Piayu Laut. Sebagai orang Kalimantan yang kemudian menetap di Jogja jarang banget saya menemukan sup ikan di Jogja. Masakan Jogja itu ga familiar dengan menu ikan. Tak heran saat ketemu sup ikan di Batam saya berasa kembali ke masa kecil. Masyarakat Kalimantan terhitung familiar dengan menu ikan untuk yang di pedalaman lebih familiar dengan ikan sungai yang dijadikan isian sup ikan.

Selama di Batam saya mencoba sup ikan kakap di beberapa tempat saat itu dan saya kemudian menemukan kenapa sup ikan Batam begitu enak dibandingkan sup ikan di daerah lain terutama sup ikan di Jawa. Kuncinya dua: ikannya fresh dan bumbunya minimalis. Saya sampai gugling resep sup ikan laut ala Batam ini. Dan memang bumbunya itu minimalis. Cuma satu masalahnya yang agak sulit saya tiru saat balik ke Jogja. Ikan segarnya susah dicari. Lah di Batam ikan lautnya langsung diambil dari laut dan diolah di tempat. Jadi kita bisa melihat saat ikannya ditangkap. Jadi kebanyakan restoran seafood di Batam itu berupa rumah terapung di atas laut. Dan ikan-nya ditangkar di bagian bawah restoran. Jadi semacam ditempatkan di tangkaran dengan air laut secara langsung. Nah ini yang susah ditiru. Huhuhu.

pemandangan dari arah restoran Piayu laut di Batam


Tetapi tetap saja meskipun agak kesulitan mencari ikan laut segar saya sudah mencoba beberapa kali menu sup ikan ala Batam ini. Dengan rasa yang hampir mirip. Dan jadi favorit orang se-rumah. Alhamdulillah. Tetapi kayaknya kalau kangen sup ikan laut ala Batam mending besok gugling tiket aja deh dan langsung liburan ke Batam aja, hahaha. Aamiin.

Nah ini saya berbagi resep sup ikan ala #catatansiemak ya. Untuk ikannya bisa diganti sih sesuai ketersediaan ikan di pasar hahaha. Kebetulan di Jogja ikan segar yang mudah ditemui adalah nila jadi sup ikan di rumah kami ya seringnya dari ikan nila.

Resep Sup Ikan Batam

Bahan:

3 ekor ikan nila, diambil dagingnya, diiris melebar miring (ikan jenis lain juga bisa, seperti tenggiri atau kakap)

1/2 buah jeruk nipis, diambil airnya

1/2 sendok teh garam

1.000 ml air

1/2 sendok makan ebi, disangrai dan haluskan

3 siung bawang putih, geprek kasar

3 buah tomat hijau, dipotong-potong

2 sendok makan bawang merah goreng

1 sendok makan garam

1/4 sendok teh merica bubuk

1/2 sendok teh gula pasir

1/2 sendok teh kecap ikan

2 tangkai kemangi, dipetiki

Cara membuat:

1.     Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam. Sisihkan.

2. Rebus air, bawang putih geprek, ebi, tomat hijau, garam, gula, dan merica bubuk sampai mendidih dan harum.

3. Masukkan ikan. Masak sampai berubah warna. Tambahkan kecap ikan. Koreksi rasa dengan menambahkan garam, gula pasir.

4. Tambahkan daun kemangi. Aduk rata.

Sajikan hangat dengan taburan bawang goreng. Ini sup ikan ala Bata mini nikmat disajikan dengan nasi panas atau sebagai menu pembuka. Apalagi sup ikan Bata mini berkuah bening cocok juga untuk teman MPASI si kecil. Dengan syarat duri ikan dihilangkan dengan benar sehingga aman dikonsumsi anak-anak.


Tulisan ini diikutsertakan dalam  IDFB blog challenge bersama Indonesian Food Blogger

Tidak ada komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.