Prosedur Membawa Bayi Naik Pesawat Pasca Pandemi

 


Bagaimana sih saat ini bepergian membawa bayi naik pesawat?. Tadinya selama pandemi ini saya bepergian naik pesawat itu dalam kondisi yang terhitung ketat. Bahkan saya bela-belain vaksin booster biar bisa naik pesawat tanpa PCR, halagh. Eh ndilalah kemarin di penghujung tahun saya harus mendadak pergi ke Jakarta naik pesawat dan dalam rombongan kami ada bayi berusia setahun.



Padahal sebelumnya saya termasuk ketat nih menjaga prokes. Menurut saya menjaga prokes itu bagian dari ihtiar. Orang ga mau make masker udahlah itu urusan dia. Saya sendiri tetap kemana-mana mengenakan masker. Ndilalah saat kami berangkat bertepatan dengan keputusan pemerintah mencabut kondisi bebas covid di Indonesia. Jadilah sekarang ini membawa bayi pergi bahkan anak-anak sudah bebas seperti sebelum covid. Anak-anak tidak ditanya sudah vaksin atau belum.

Meskipun saya sudah mempersiapkan masker untuk anak-anak dalam rombongan kami tetapi si bayi tidak mengenakan masker. Dan saya lihat di bandara kondisi tidak lagi seketat dulu. Padahal weekend dan akhir tahun. Anak-anak bermain di sekitaran ruang tunggu tanpa masker dan tidak ditegur sama sekali oleh petugas bandara.

Sepertinya kita sudah akan menjalani kehidupan normal kembali. Bahkan beberapa orang menurunkan maskernya sampai ke dagu. Tetapi di dalam pesawat tetap ada himbauan untuk tetap mengenakan masker. Tetapi saat kita melepaskan masker pramugari tidak menegur sama sekali. Bahkan seorang penumpang di belakang saya memindahkan masker ke bagian mata saat ia tidur. Hahaha. Lumayan juga sih jadi punya sleep mask edisi terbatas. Hahaha.

Alhamdulillahnya bayi dan anak-anak dalam rombongan kami tidak rewel. Hanya sedikit geregetan saat penerbangan pulang ke Jogja. Di pesawat ada seorang anak di depan kami yang bermain lato-lato. Dan pramugari tidak menegurnya sama sekali. Mungkin dipikir daripada rewel ga papalah mendengarkan lato-lato sekitar 40-an menit saat penerbangan. Hahaha.

Tidak ada komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.