Film CODA, parenting ala orang tua tunarungu

 


Udah lama banget ga nonton film. Kalau nonton drakor/series beneran skip. Ga sanggup hahaha. Dan ga langganan tv berbayar udah dari beberapa bulan lalu. Lah, kemarin dikasih teman voucher langganan VIU dan Apple TV. Rejeki emak-emak mageran ini mah. Hahaha.


Sementara ini nonton di Viu cuma ‘Bad Presecutor’ itupun karena yang main DO. Tapi sayangnya masih on going. Ga sanggup lah kalau nonton on going. Jadi skip di episode awal. Dan buka Apple TV ketemunya CODA. Oia udah dari tahun kemarin sih pengen nonton CODA ini. Kata teman-teman di twitter kudu nonton CODA sekali seumur hidup, halagh. Dan baca reviewnya juga CODA ini menang beberapa penghargaan di Academy Awards. Ga hanya memenangkan beberapa kategori di Oscar bahkan CODA ini mengantarkan Troy Kotsur sebagai aktor tuli pertama pemenang Oscar lo. Perannya sebagai ayahnya Ruby, seorang nelayan tuli mengantarkannya meraih awards sebagai pemeran pembantu pria terbaik. Keren banget ini CODA.

CODA sendiri adalah istilah dari “ Child of Deaf  Adult“ jadi CODA ini adalah istilah untuk anak-anak dengan orangtua tunarungu. Iyes, CODA ini menceritakan tentang Ruby Morris (diperankan oleh Emilia Jones) seorang anak di penghujung sekolah Menengah Akhir alias kelas XII gitu kira-kira. Ruby ini anaknya minderan. Karena ia terlahir dengan kedua orangtua tunarungu dan punya abang dan juga tunarungu. Jadi bisa dibilang si Ruby istimewa sebenarnya. Hanya dia yang bisa mendengar dan berbicara. Dan istimewanya suaranya bagus banget. Dia pandai menyanyi meskipun orangtuanya itu ga ngerti sama sekali suaranya si Ruby ini kayak gimana. Ya harap maklum orangtuanya Ruby ini tunarungu. Dunia mereka sunyi.

Selain pandai menyanyi si Ruby ini membantu ayah dan abangnya menjadi nelayan. Dan memang syarat izinnya ayahnya si Ruby agar tetap bisa berlayar adalah harus memiliki seorang pekerja yang normal alias bisa mendengar dan berbicara. Dan satu-satunya tumpuan keluarga mereka ya si Ruby ini. Itulah kenapa saat gurunya bertanya “ Kau ingin kuliah dimana?” si Ruby ga punya jawaban karena dia tahu dia ga bisa meninggalkan keluarganya.

Sampai akhirnya si Ruby ini bergabung dengan paduan suara sekolah dan guru musiknya tahu banget si Ruby ini adalah “berlian yang belum diasah”. Akhirnya si Ruby direkomendasikan oleh gurunya untuk mendapat beasiswa sekolah music di Boston yang itu jauh banget dari tempatnya si Ruby. Dilema banget kan. Belum lagi orangtuanya yang ga mendukung kegiatannya si Ruby dalam kegiatan eskul di paduan suara. Kata ibunya “ untuk apa kamu bernyanyi, padahal ibu juga  ga ngerti kamu ngomong apa” duuh patah hati sih ini, tapi ngerti banget kenapa ibunya ngomong gitu. Bahkan ibunya bilang “ Seandainya ibu buta apakah kamu akan tetap melukis” duuh tambah patah hati aku.

https://www.catatansiemak.com/2019/03/cinta-yang-tulus-di-film-instant-family.html

Film ini bagus banget sebenarnya untuk memotivasi kita sebagai orangtua dalam pengasuhan dan juga pelajaran bagus untuk para remaja untuk meraih impiannya. Jujur awal-awal saya masih normal ya ketawa-ketawa, di tengah-tengah uwislah nangis Bombay hahaha. Apalagi saat scene Ruby ikut audisi sekolah musik itu. Ya Allah saya ikutan seneng banget melihat perjuangannya. Para remaja memang harus punya usaha keras untuk mewujudkan impiannya.

Nyesel nonton film ini baru sekarang hahaha. Kemana aja kemarin saya? Halagh. Konfliknya agak mirip-mirip film ‘Wonder’ tetapi kebalik aja sih anaknya yang berkebutuhan khusus dan orangtuanya normal. Ditontolah sana si CODA ini. Oia yang mau voucher gratisan Apple TV selama dua bulan japri saya di twitter ya hahaha. Lumayan kan ya bisa nonton CODA gratis.

Oia mampir juga ya review series dari Apple TV nih 

https://www.catatansiemak.com/2020/06/review-serial-tv-trying.html

24 komentar

  1. mbak aku nih gampang mewek deh kalo nonton tentang parenting, tapi bagus ya film ini

    BalasHapus
  2. Pastinya klo plot cerita cem gini tuh bikin hati hangaaatttt.
    Apple TV Bagus² ya mbaaa pilemnyaaa
    Pengin nonton jugaaa, tapi lagi banyak PR nih mba.

    BalasHapus
  3. Aku baru ngeh soal film CODA ini hehehe. Pasti bikin sedih trus nangis sendirian nih (Kalau sendirian nontonnya :) hahaha. Kisah keluarga seperti ini bagus sekali dan memberikan makna serta pelajaran yang dapat kita ambil. By the way, sebel banget sama ibunya Ruby, kok dia berkata seperti itu ya hiks :(

    BalasHapus
  4. Aku kalau lihat film sukaa baperan apalagi kalau sedih trs cerita tentang kegigihan dkk. Bagus ya jalan ceritanyaa..

    BalasHapus
  5. Kayaknya bakalan nangis bombay dan susah berhenti, perjuangan Ruby udah dilema banget, antara impian tapi masih berat sama keluarga. Film di Apple Tv bagus2 yak

    BalasHapus
  6. Ih aku suka film dengan ilmu parenting seperti ini. Kayaknya harus nonton juga. Iya dia minder karena kondisi keluarga ya walaupun sebetulnya dia punya potensi hebat yang bisa dikembangkan

    BalasHapus
  7. Belum nonton nih mba. Sempat lihat aja. Udah nangis bombay aja ya nonton ini. Ih aku jadi teringat tetangga, cuma ayah ibunya tuna netra tapi anaknya biasa. Kisah kayak gini bikin bersyukur mengingat apa yg udah Allah kasih pada kita ya mbak..

    BalasHapus
  8. iya ini filmnya memang bagus banget, mbak pantas banget menang di oscar

    BalasHapus
  9. Mau..mau voucher Appe TV-nya.. ((iih, belum komen uda nyamber yaak.. monmaap, kak.. Soalnya kemarin uda abis masanya karena buat nonton Pachinko, hiiks))

    Tapi kalau ngobrolin apa maunya anak dan orangtua ini pasti deh berseberangan. Ada yang butuh diperbaiki dari pola pikir sampai cara berkomunikasi 2 arah ini. Karena pastinya mau sama-sama bahagia. Namun cara-nya yang kudu diluruskan.

    Dari film, selalu dapat pelajaran banyak hal ya..
    Kali ini mengenai "mendengar" anak. Tidak hanya mendengar secara harfiah, namun lebih ke "rasa" yang dilibatkan untuk memahami masa depan anak.

    BalasHapus
  10. wah, baguuss yaa ceritanya. tapi takut nangis kalo film film kayak gini tuh, huhuhu.

    BalasHapus
  11. apa aku harus japri mak hairul buat voucher Apple TV? Hahaha.. coba cek platform sebelah, mana tau ada yaa.. Aku baca review mak hairul dan tertarik bangeeeet. Kayaknya harus siap2 lap untuk mengeringkan air mata. Soalnya, gampang mewek aku tu...huhuhu

    BalasHapus
  12. CODA ini masuk list film yang ingin ku tonton. Kemarin dapat penghargaan apa gitu, lupa aku. Habis baca ulasan ini, mau otw deh

    BalasHapus
  13. Orangtua yg tuna rungu, saya jadi ingat adik sepupu saya. Kebetulan ayah dan ibunya memang spesial banget - tuna rungu.

    Adik sepupu saya itu, Alhamdulillahnya.bisa mendengar dan mau belajar bicara.

    Mungkin mereka bisa nonton film ini. Biar orangtua dana anak sama-sama semangat dan berusaha keras untuk mencapai cita-citanya.

    BalasHapus
  14. Baru baca reviewnya aja udah langsung baper, deh. Kalau nonton langsung kayaknya ikutan mewek hehehe...
    Sukaa dengan tema parenting ini, bisa ambil hikmahnya ya

    BalasHapus
  15. Antara pengen nonton tapi udah tau kalo bakalan baper berat nih tapi kayanya sayang juga kalo diskip pasti banyak hikmah yg bisa dipetik

    BalasHapus
  16. Wah, film ini pasti menyentuh y mbak
    Bikin kita jadi makin bersyukur dengan kelengkapan yang kita miliki sekarang

    BalasHapus
  17. Suka sama film-film bertema parenting gini, pasti bawannya suka ikut baper deh...

    BalasHapus
  18. Lah ibunya kok ngomongnya gitu ya. Pan anaknya gak akan idup ngan dia terus. Dia bakal kemana mana, membaur dengan masyarakat. Eh kok baper sih aku. Ini film. Hahahahaha.

    BalasHapus
  19. Kayaknya saya udah nonton deh ini. Etapi ini masih tayang ya? Saya seperti pernah liat soalnya

    BalasHapus
  20. Eh ini iklannya muncul mulu nih di browser maupun twitter ternyata temanya masih gak jauh dari parenting tooo. Jadi pengen nonton juga kyknya banyak yang bisa kita pelajari sebagai ortu ya kalau mrnonton film ini. Agendakan duluuu TFs

    BalasHapus
  21. aak aku jadi pengen nonton nih ummm, pasti seru sih karena aku suka yang ada sentuhan parenting kayak gini. Cusss ah mau nonton, dan aku paling ngga bisa nahan nangis kalo ada yang menyentuh hati

    BalasHapus
  22. Ih, bacanya saya kok merinding ya mbak. Saya juga suka film yang ada muatan parentingnya gini dan bisa buat belajar menjadi orang tua yang baik. Wah, jadi pengen nonton CODA deh, semoga ada di aplikasi nonton yang saya udah bayar hehe

    BalasHapus
  23. Pas baca reviewnya langsung meluncur kebawah dimana nontonnya. Ya ampun, tyt di apple TV. Aku yg cm tau sm Netflix sm bs bengong. Wkwk entar deh coba kepo2 lg sm apple TV.

    BalasHapus
  24. Menarik nih, film nya ada di Netflix ga ? Bisa ditonton remaja juga ya filmnya. Sama sy juga skip film berseri suka lupa diri , lupa kerjaan rumah heuheu

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.