Kembali Ke Lombok Bersama Teman Hidup Traveloka

 

anak gadis yang ingin saya ajak kembali ke Lombok

Beberapa hari lalu anak gadis satu-satunya menyempatkan izin dari asramanya. Ia pulang ke rumah untuk membantu saya membereskan rumah baru kami. Iya kami memutuskan pindah rumah setelah ayahnya tidak ada. Sempat bertahan setahun di rumah lama. Tetapi setelah dipikir-pikir kami butuh suasana baru dan tempat nyaman untuk usaha. Dan anak gadis ini berinisiatif pulang membantu saya membereskan rumah pasca pindahan. Dan saya sangat terbantu sekali dengan kahadirannya. Dan kami jadi punya waktu untuk 'me time' berdua.

Pantai Kuta Mandalika, saat si ayah masih ada


Salma membantu saya membereskan beberapa detail yang tidak bisa diselesaikan oleh abang-abangnya yang sempat pulang juga sebelum Salma pulang. Tak hanya itu kami bahkan mengobrol lama. Bisa dibilang sejak ia masuk sekolah berasrama waktu kami mengobrol berdua berkurang. Dan kemarin hampir setiap malam kami mengobrol. Banyak sekali obrolan kami. Semacam girl talks gitulah hahaha. Sebagai anak perempuan satu-satunya dari 6 bersaudara saya sangat bersyukur memiliki Salma. Meskipun usianya masih terhitung muda tetapi ia dewasa bersikap. Ia sempat bertanya “ Kapan kita bisa liburan lagi seperti dulu?". Saat ayahnya ada kami biasanya liburan ke luar kota bersama satu keluarga. Saya bilang “ Sementara ini mungkin belum bisa. Abang-abang juga sedang persiapan untuk kuliah dan kita harus memprioritaskan pendidikan dibandingkan hal lain”. Ia tersenyum dan mengangguk dan memahami apa maksud saya.

Pelabuhan Haji, Lombok


Saya ingat betul perjalanan kami sekeluarga terakhir bersama ayahnya awal tahun 2020. Beberapa bulan sebelum pandemi covid-19 melanda dunia. Saat itu kami berkunjung ke Jawa Tengah. Dan menginap di Semarang. Setelah itu memang kami tidak pernah bepergian lagi. Dan tak lama tahun 2021 Salma kehilangan ayahnya. Lengkap sudah kesedihan anak gadis kami satu-satunya ini.

Padahal saya pernah berjanji padanya untuk mengajaknya mengunjungi Lombok. Kebetulan Salma bersekolah di sekolah berasrama khusus penghafal qur’an. Dan Salma sangat ingin mengunjungi Lombok karena Lombok terkenal sebagai negeri 1000 masjid. Kebetulan tahun 2018 saya pernah berkunjung ke Lombok dan Sumbawa dan mengunjungi beberapa sekolah tahfidz di dua pulau tersebut. Dan Salma ingin banget menyusuri tempat-tempat tersebut. Termasuk mengunjungi masjidnya yang terkenal dengan menara-menaranya yang tinggi.



Sebenarnya ga heran banyak orang jatuh cinta dengan Lombok. Karena pulaunya seindah dan secantik itu. Eaaa. Dan kembali ke Lombok Bersama teman Hidup Traveloka menjadi bucket list saya tahun ini. Semoga tahun depan bisa kembali menjejakkan kaki ke Lombok ya.

1.     Ribuan masjid dengan menara tinggi yang khas. Iya beneran. Tak heran pulau ini dijuluki “Kota seribu masjid’. Saking mudahnya kita menemukan masjid-masjid dengan menara yang tinggi. Hampir di semua belokan ada masjid dan selalu dipenuhi jamaah di setiap waktu salat. Tak heran Lombok juga menjadi tujuan wisata halal yang digagas oleh kemenkraf. Kehidupan masyarakatnya yang relijius dan ramah terhadap pengunjung membuat kita bakalan betah mampir ke Lombok. Ada banyak sekolah tahfidz di Lombok termasuk madrasah-madrasah yang berdiri sejak ratusan tahun lalu. Iya. Saya pernah mengunjungi sebuah madrasah penghafal quran yang berdiri sejak abad ke-19 di Lombok Timur tepatnya di kota Selong.

Tak hanya itu banyak tempat bersejarah yang ada di Lombok. Termasuk Pelabuhan haji yang dijadikan pusat transit haji untuk jamaah haji Indonesia timur yang sudah ada sejak zaman Belanda. Dan sampai sekarang Pelabuhan Haji ini masih ada lo. Meskipun saat ini sudah tidak difungsikan sebagai pelabuhan kapal haji tetapi tetap menjadi pelabuhan untuk kapal-kapal nelayan.

2.     Pantainya yang cantik

Kalau ke Lombok tidak mampir ke pantainya itu seperti tidak main ke Lombok. Lah, Lombok itu yang terkenal memang pantainya yang cantik kok. Ada banyak pantai dengan view menawan yang tersebar di seluruh pulau Lombok.

Favorit saya ada Bukit Merese dengan pantainya yang berpasir putih dan pantai  Kuta Mandalika. Ke Lombok berarti harus mampir ke dua lokasi ini. Tak hanya itu view di pantai lain pun luar biasa cantik. Teman-teman juga harus menyempatkan menikmati sunrise dan sunset di pantai-pantai di Lombok. Mungkin harus mencoba naik ke Bukit Merese dan mengabadikan sunset dari ketinggian bukit. Masya Allah, mak nikmat Tuhan mana lagikah yang akan kau dustakan. Benar-benar cantik luar biasa.

3.     Kuliner halal nan lezat

Lombok terkenal dengan kuliner khasnya seperti Ayam Taliwang dan aneka hidangan laut yang fresh dan diolah dengan teliti dan menghasilkan kuliner lezat. Selain itu masyarakat Lombok yang mayoritas muslim memudahkan kita untuk menemukan hidangan halal di Lombok.

Kita juga bisa menikmati aneka hidangan laut yang dijual di sepanjang pantai dan diolah dengan bumbu minimalis tetapi rasanya lezat karena ikan yang diolah benar-benar segar. Di pelabuhan haji setiap hari menyediakan aneka ikan laut segar yang bisa diolah langsung oleh penjual dengan harga terjangkau. Kalau ke Lombok tidak mencoba hidangan lautnya beneran kebangetan sih ini.

Nah kalau di Lombok menginap dimana sih? Sebenarnya booking hotel murah di Traveloka bisa dilakukan dengan mudah lo. Saya sendiri beberapa kali dapat hotel bagus dengan harga terjangkau via Traveloka. Salah satu tips mudahnya adalah. Buka fitur Hotel & Holiday Stays di Traveloka. Via fitur ini teman-teman bisa dengan mudah untuk menemukanrekomendasi booking hotel murah lengkap dengan keterangan harga, fasilitas dan foto-foto akomodasinya lo. Tinggal pilih sesuai kebutuhan dan budget.

Saya sendiri karena dulu ketika di Lombok saya menginap di hotel di pusat kota jadi ingin mencoba menginap di villa dekat pantai di Lombok.

1.     Amarsvati Luxury Resort & Villas Lombok.



Terletak tepat di tepian Senggigi Beach. Tentu saja hotel berskala resosrt internasional ini menawarkan pemandangan pantai yang cantik. Jadi pilihan yang mengesankan untuk berlibur jika ke Lombok. Termasuk resort ramah keluarga yang menyediakan area publik di luar kamar. Selemparan batu dari pantai Nipah . Cocok untuk berburu sunset lo.

Harga kamar mulai: Rp 527.439/malam

Fasilitas: pool, restoran, kafe, lounge

 

2.     Sudamala Resort, Senggigi Lombok




Terletak di Senggigi dengan view pantai dan hotel berupa resort yang ramah keluarga. Memiliki fasilitas lengkap. Mulai dari: restoran dengan menu lengkap, kolam renang, bar, lounge dan kafe dan mendapat skala 9.0 di Traveloka.

Harga yang ditawarkan mulai: Rp 1.311.750 dengan fasilitas lengkap tentu saja harganya sangat memuaskan.

3.     Svarga Resort Lombok



Resort yang terletak di wilayah Batu Layar, Lombok ini menawarkan hotel dengan nuansa villa yang sejuk dan nyaman. Dengan fasilitas lengkap mulai dari: restoran, kolam renang, akses wifi dan spa. Selain itu terhitung sebagai villa yang ramah keluarga. Sehingga cocok jika membawa anak-anak berlibur di sini.

Harganya sangat terjangkau mulai dari: Rp 658.000. dengan fasilitas lengkap dan view cantik khas Lombok tentu saja villa ini bakalan jadi pilihan saya kalau berlibur dengan Teman Hidup Traveloka saat ke Lombok.

Kompetisi Blog Traveloka X Blogger Perempuan #LihatDunia

Untuk teman-teman blogger yang tertarik menulis tentang traveling bisa nih bergabung dengan kompetisi blog yang diadakan oleh Traveloka dan Blogger Perempuan yang mengangkat teman #LihatDuniaLagi yang merupakan bagian dari upaya untuk mengembalikan kondisi pariwisata kita pasca pandemi Covid ini. Saya yakin nih teman-teman tidak akan melewatkan kesempatan emas bertabur hadiah dengan total hadiah mencapai 21 juta rupiah ini. Temanya juga sederhana “ Wishlist dan cerita liburan idaman teman-teman dengan destinasi dalam negeri”. Periode loba berlangsung sejak 5 September 2022- 12 Oktober 2022.

Ayuklah ikutan challengenya. Dan Yuk  #LihatDuniaLagi dan bikin #staycationJadi dengan Traveloka! Langsung meluncur ke Traveloka via link https://trv.lk/kompetisi-lihatdunialagi-bloggerperempuan 

Yuk janjian sama saya dan Salma kita kembali ke Lombok.


19 komentar

  1. pastinya bahagia sekali bisa kembali berlibur di lombok bersama teman hidup dan menikmati segala tempat wisata di sana

    BalasHapus
  2. Aku baru sekaliiiii ke lombok, jaman masih perawan ting², sekarang kan udah emak² tung² πŸ˜ΆπŸ˜† pingin bgt eikeh k Lombok sekeluargaaaaa
    Seruuuu bgt pastinyaahh

    BalasHapus
  3. Turut berduka ya bunn...semoga bunda dan anak2 kuat melanjutkan kehidupan. Semoga anak2 mjd anak sholeh sholehah sukses dunia akhirat dan bisa kembali liburan bersama meski tanpa ayah.

    Lombok memang ngangenii cakepp semua dr berbagai sisi hotelpun murah bagus adal jeli memilih promo2nya.

    BalasHapus
  4. Semoga tercapai keinginan Salma untuk pergi ke Lombok yaaah, bermain di pantai, kulineran dan mengunjungi mesjidnya juga. Jadi pengen ngintip2 juga nih lagi ada promo apa yah di Traveloka

    BalasHapus
  5. Lombok ini juga menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi nih, mengingat aku belum pernah ke Lombok dan ingin sekali kesana. Lumayan nih jadi ada rekomendasi kalau suatu saat nanti bisa ke Lombok

    BalasHapus
  6. Salah satu hal yg membuat Aku terpikat dgn Lombok selain Rinjani dan keindahan pantai juga pesona alam lainnya yups karena wilayah berjuluk 1000 masjid ini punya konsep masjid2 yg unik dan mudah di jumpai

    BalasHapus
  7. Naksir banget sama Lombok.
    Keindahan alamnya yang masih virgin, bikin jatuh cinta. Apalagi transportasi da akomodasinya sudah didukung oleh Traveloka. Sehingga gak perlu sulit hanya tinggal booking di tanggal yang sesuai dengan hari travelling selama ke Lombok.

    Melipir dikit bisa ke Labuan Bajo yaa..

    BalasHapus
  8. Semoga bisa liburan lagi nanti sekeluarga ya mbak, aku juga pernah ke Lombok tapi bareng teman blogger. MEmang harus diulang lagi karena Lombok itu memiliki banyak tempat wisata. Aku juga dulu nginap di kotanya, pengen bisa nginap di Gili Trawangan dan Batu Layar

    BalasHapus
  9. Lombok adalah destinasi wisata yang paling aku impikan juga mbak
    Pasti akan bahagia bisa kembali ke Lombok dengan teman hidup ya mbak

    BalasHapus
  10. Sejak menjadi tempat penyelenggaraan motogp, lombok menjadi salah satu destinasi wisata favorit. Molly juga ingin ke sana deh..

    BalasHapus
  11. Salmaaaaa, jadi pingin meluuukkk ihh. Udah gedeee bangettt, dulu pas ktemu kan masih SD.

    Semoga rencana ke Lombok-nya segera terwujudd ya, Maaakk.

    BalasHapus
  12. Lombok itu destinasi wisata yang ingin saya kunjungi juga. Pantainya yang cantik dan viewnya juga cakep. Saya penasaran dengan Kota seribu masjid, pengen lihat langsung masjidnya.

    BalasHapus
  13. Semoga terwujud yaah liburan berdua dengan nak gadis yang udah remaja. Lombok memang secantik ituuuu. Aku suka berwisata ke pantai di Lombok karena sepi. Kecuali 3 gili itu terlalu turistik buatku yang lebih menyukai pantai sepi

    BalasHapus
  14. Lombok merupakan destinasi liburan bersama keluarga. Terutama ingin merasakan keindahan pantai dan kulinernya. Adanya Travelloka membantu banget terutama dalam hal booking hotel

    BalasHapus
  15. Sama sih Mak, saya pun pengen banget ngajak liburan anak-anak ke Lombok. Kayaknya mereka bakalan antusias banget apalagi laut, pantai dan pulau-pulaunya bagus banget.

    BalasHapus
  16. Wow baru tahu dulu Lombok juga ada pelabuhan besar pusat transit utk naik haji pada masanya. Kebayang berapa lama tuh jalan ke tanah Arab pakai kapal.
    Lombok terkenal akan keindahannya ya, aku belum pernah ke sana sama sekali nih, entah kapan yaaa, moga2 ada aja rezekinya nanti ke sana sama keluarga :D

    BalasHapus
  17. Next akupun mau explore Lombok mba.... Apalagi viewnya keren banget...sama nih kemanapun pasti pesannya lewat traveloka..

    Good luck ya mba

    BalasHapus
  18. Lombok sebelahan sama Bali. Aku cuma melintas di atasnya. Pengen juga kapan-kapan ke sana supaya ada pengalaman ke salah satu tempat wisata terkenal di Indonesia.

    BalasHapus
  19. lombok memang indah banget ya, mbak pemandangannya. semoga nanti bisa mengajak anak-anak liburan lagi yaa ke lombok

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.