melejitkan kecerdasan kognitif si kecil ketika kembali sekolah tatap muka


Hari Pertama sekolah

Setelah dua tahun pandemi dan anak-anak sekolah ‘dirumahkan’ tahun ajaran baru 2022 ini pemerintah memaklumatkan untuk mengembalikan anak-anak ke sekolah. Seperti keponakan saya saat pandemi masuk kelas 1 SD dan tahun ini saat masuk sekolah pertama kalinya langsung duduk di kelas 3. Ibunya curhat, padahal selama dua tahun kemarin pelajaran yang diserap tidak maksimal. Tetapi memang sih kalau mengikuti teori belajarnya John Piaget “ Kecerdasan setiap anak berkembang dengan sejalannya waktu”. Setiap anak mengembangkan kemampuan berpikirnya menurut tahapan yang teratur. Proses berpikir anak merupakan suatu aktivitas gradual, tahap demi tahap dari fungsi intelektual, dari konkret menuju abstrak. Pada suatu tahap perkembangan tertentu akan muncul struktur kognitif tertentu yang keberhasilannya pada setiap tahap bergantung kepada pencapaian tahapan sebelumnya. 


Mempersiapkan Anak Kembali Ke sekolah

Jadi mau tidak mau memang orangtua harus mempersiapkan si kecil untuk kembali ke sekolah. Agar keberhasilan tahap belajar selanjutnya bisa maksimal. Nah beberapa hal berikut bisa dilakukan orangtua untuk menstimulasi kecerdasan kognitif anak. Agar anak siap dengan pembelajaran tatap muka kembali di sekolah.



  1. Memperbanyak aktivitas membaca bersama/Read aloud

membaca buku bersama si kecil diakui mampu menstimulasi kecerdasan kognitif si kecil. Bahkan beberapa jurnal ilmiah membuktikan hal tersebut secara spesifik. Jadi meskipun pandemi dua tahun lalu anak-anak belajar di rumah tetapi diisi dengan memperbanyak bacaan sangat membantu untuk perkembangan kognitif si kecil.

  1. Membuat base project

Membuat kegiatan yang berbasis project diakui menstimulasi kecerdasan kognitif sikecil. banyak kegiatan yang bisa dilakukan berdasarkan materi pelajaran bersama si kecil. Mengajak si kecil membuat kerajinan dan seni akan meningkatkan level kognitifnya. dan Biasanya kegiatan seperti akan lebih menyenangkan dibandingkan belajar teori ansich.

  1. Bermain Bersama, terutama permainan yang membutuhkan kekompakan bersama. 

permainan yang dilakukan bersama anggota keluarga di rumah selain menyenangkan memang secara ilmiah membantu menstimulasi kecerdasan si kecil. Membuat ular tangga raksasa kemudian menjadikan anggota keluarga adalah pionnya tentu saja menyenangkan dan seru. 

  1. Belajar drama dan musik.

Bermain drama bersama anggota keluarga yang lain sangat menyenangkan. Kegiatan berbasis teori belajar kognitif ala John Piaget ini memang mampu menstimulasi kecerdasan kognitif sikecil. Tak hanya bermain drama. Bermain musik dan menyanyikan berbagai lagu juga mampu meningkatkan level kecerdasan kognitif sikecil. Untuk anak yang lebih besar bisa sekaligus dengan menyusun sebuah pertunjukan kecil-kecilan di rumah. Mulai dari materi pertunjukan sampai penataan panggung. Ini sebuah ide menarik yang bisa dilakukan di rumah bersama anak-anak. 




Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Sebelum masuk sekolah PTM 100% dimulai orangtua harus mempersiapkan daya tahan tubuh si kecil. Mengingat pandemi covid-19 ini belum sepenuhnya berlalu. Masih ada beberapa kasus di beberapa daerah. Apalagi liburan panjang meningkatkan berkumpulnya massa pada tempat tertutup lebih banyak dari hari biasa. Bahkan di Jogja sendiri masih ada beberapa kasus covid-19 yang terdeteksi. Belum lagi munculnya varian Covid yang baru dan belum diketahui kadar keganasannya. Tentu saja kita sebagai orangtua harus meningkatkan kewaspadaan dan kesiagaan. 

  1. Vaksin covid untuk anak

Sejak tahun lalu di Jogja sudah dilakukan vaksin untuk anak-anak di atas usia 6 tahun. Bahkan sampai saat ini beberapa sekolah masih memberikan vaksin secara massal di beberapa lokasi di Jogja. Vaksin Covid memang diakui efektif mengurangi keganasan virus covid. Paling tidak anak-anak yang telah mendapat vaksin Covid meningkat imunitas tubuhnya. 

  1. Ajari si kecil tertib menjalankan protokol kesehatan

Tetap minta si kecil untuk tertib menjalankan protokol kesehatan. Mengenakan masker selama di dalam ruangan tertutup. Mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk kelas. Meminta izin tidak sekolah jika merasa tidak enak badan. 

  1. Jaga asupan si kecil.

Jaga asupan dan gizi si kecil. Perhatikan pola makannya dengan baik. Karena saat ini sudah PTM 100% sehingga durasi belajar anak di sekolah sudah normal sebaiknya anak dibuatkan bekal dari rumah untuk menjaga asupan makannya. 

  1. Beri tambahan suplemen 

Pemberian booster suplemen vitamin untuk anak bisa jadi pilihan. Interlac +Vit D3 salah satu pilihan saya saat ini.


Interlac + Vit D3 journal,

Interlac + Vit D3 merupakan suplemen kesehatan yang mengandung Lactobacillus reuteri DSM 17938 dan vitamin D3 400 IU. kandungan probiotiknya mampu menjaga saluran cerna si kecil dengan maksimal. Dan kandungan Vitamin D3-nya mampu menjaga daya tahan tubuh si kecil. 

suplemen saluran cerna ini berbentuk tablet kunyah dengan orange flavor sehingga akan disukai oleh si kecil. Karena rasanya seperti permen jeruk. 

Aturan Pakai: 1 tablet kunyah perhari. atau sesuai anjuran dokter. 




Saat ini Interlac + Vit D3 ini sudah bisa dibeli marketplace. Teman-teman bisa membelinya di Tokopedia ( https://tokopedia.com/interbatstore ). Oia untuk menghindari pembelian produk palsu memang sebaiknya membeli di marketplace yang sudah diverifikasi oleh Interbat secara langsung ya Bu.  Oia Interlac juga bisa dibeli di apotek dan baby shop terdekat.


24 komentar

  1. Allhamdulillah ya mba sekolah udah tatap muka lagi. Semoga anak anak kita bisa kembali bersekolah dengan tenang ya mba. Semoga si virus covid ini cepet musnah. Oh ya, aku juga di rumah buat bantu daya tahan tubuh anakku, aku pakai interlac juga nih di rumah

    BalasHapus
  2. Anakku suka banget ini, karena suplemen saluran cerna Interlac berbentuk tablet kunyah dengan orange flavor rasanya, seperti permen jeruk memang dia bilang. Memang kesiapan sekolah tatap muka lagi butuh persiapan, anak terbiasa dua tahun pandemi belajar dari rumah banyak potensi kecerdasannya yang kurang terasah.

    BalasHapus
  3. Ya ampun itu Miqdad ngemut apa sih hihihi.
    Sekolah tatap muka lagi berarti memang harus menstimulasi kognitif anak termasuk menstimulasi kecerdasan sosial anak juga ya soalnya jarang interaksi juga sama teman-temannya.
    Yang palingutama sih sekolah tatap muka di masa pandemi daya tahan tubuh harus kuat makanay butuh suplemen kaya Interlac

    BalasHapus
  4. wah baru tahu kalau interlac ada yang sama vit D3 yaa.. aku biasa beli yg kuning aja buat anak2. emang bantu bgt sih, itupun sempet stop tp diminta lanjut lg sama dokter.

    buat yg gede aku mau kasih yg ini ah, tentu konsul dulu sih

    BalasHapus
  5. Wah, jagoan mamah sudah kembali ke sekolah nih. Persiapan belajar luring memang banyak hal yang harus diperhatikan ya mbak. Mulai kesehatan, mata pelajaran hinggal bekal ke sekolah. Wah, kini ada suplemen kesehatan Interlac plus Vitamin D3 bentuknya tablet bisa dikunyah ya. Bisa dibawa di tas dikonsumsi siang hari di sekolah. Sehat2 terus ya dek :D

    BalasHapus
  6. Ortu memang kudu cermat persiapkan segala sesuatunya demi buah hati.
    Tips2 mantul bgt nih Mak Irul.
    Semoga bs diterapkan semua Buunda ya

    BalasHapus
  7. Maak, tadi lihat berita, angka covid naik lagi. Astaghfirullah, baru juga seneng-seneng masuk sekolah. Semoga setelah ini angkanya menurun lagi, aamiin... Biar anak-anak bisa belajar dengan tenang di sekolah. Dan memang, anak-anak sebaiknya diberi suplemen tambahan ya, Mak, supaya imunitasnya kuat. Contohnya dengan memberikan Interlac + vit D3 seperti Mak Irul ini.

    BalasHapus
  8. Bener banget ini, kemarin aku pun melakukan persiapan untuk anakku saat akan kembali ke sekolah. Kebetulan sudah 100% jadi memang melatih semuanya, mulai dari membaca, home base learning dan interaksi luar ruang juga. Jadi pas di sekolah sudah siap anaknya.

    BalasHapus
  9. Interlac ini banyak sekali ya mom manfaatnya untuk si buah hati. Terutama untuk daya tahan tubuh. Wajib nih tersedia di rumah

    BalasHapus
  10. Setelah dua tahun pandemi dan sekolah daring, rasanya bahagia banget deh udah bisa tatap muka. Persiapan perlu banget dilakukan, termasuk menjaga kesehatan anak dan memberikannya suplemen.

    BalasHapus
  11. Sekolah tatap muka memang sudah dinanti sama anak anak ya mbak
    Tapi mereka juga harus tetap terlindungi
    Makanya perlu minum suplemen seperti Interlac ini, biar bantu jaga daya tahan tubuh anak

    BalasHapus
  12. Betul banget mbak. Kita nggak boleh lengah, stamina anak harus terus dijaga. Salah satunya dengan menjaga kesehatan pencernaan. Karena sumber penyakit banyak berasal dari pencernaan.. Jika pencernaan sehat, daya tahan juga kuat.

    BalasHapus
  13. Anak saya baru masuk SD tahun ini Mba. Memang untuk daya tahan tubuh anak perlu Kita perhatikan dengan kasih asupan bergizi dan multivitamin juga. Kayanya saya juga perlu sedia Interlac buat anak saya nih

    BalasHapus
  14. Kalo anak sehat dan kuat dia pun siap untuk belajar dan bertumbuh. Semangat ya adekk..

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah satu minggu ini anak2 happy banget karena masuk sekolah 100%, banyak aktifitas bersama teman-temannya di sekolah.

    Mulai masuk 07.30 pulang 14.50 membuat emak rada khawatir, tapi pasrah saja yg penting asupan gizi anak baik dan vitamin tak lupa.
    Interlac cocok buat anak2 krn lengkap kandungannya

    BalasHapus
  16. Nah ini, solusi buat anak2 agar sekolah PTM nya lancar dan menyenangkan. Gablepas dari peran ibu yg selalu peduli mempersiapkan segalanya termasuk suplemen kesehatan.
    Kek Interlac + Vit D3 merupakan suplemen kesehatan yang mengandung probiotiknya mampu menjaga saluran cerna si kecil dengan maksimal. Vitamin D3-nya mampu menjaga daya tahan tubuh si kecil. Lengkaaap.

    BalasHapus
  17. Ngeri ngeri sedap ya memasuki masa tahun ajaran baru kali ini. Antara senang anak sudah bisa belajar tatap muka, sementara khawatir dengan daya tahan tubuh anak secara sekarang banyak diberitakan angka penyebaran covid-19 meningkat lagi di beberapa daerah. Interlac bisa jadi salah satu ikhtiar kita untuk memperkuat daya tahan tubuh anak ya Mak

    BalasHapus
  18. Seneng deh mak bacanya .. runut banget tentang anak anak ini ya

    Kecerdasan si kecil dalam bentuk kognitif dan lain-lainnya ini memang perlu dieksplor

    BalasHapus
  19. Dua tahun di rumah saja, memang membutuhkan persiapan yang matang saat PTM 100% ya mbak, baik itu kognitif maupun kesehatan anak. meningkatkan daya tahn tubuh anak menjadi sangat penting diperhatikan agar anak sehat dan ceria selama sekolah. Interlac + Vit D3 bisa menjadi salah satu booster untuk meningkatkan imun ya mbak

    BalasHapus
  20. Kemarin pesan dari salah satu Ustadzah anak-anak saat terima raport juga gini, kak.. Agar anak tetap membiasakan anak-anak memiliki rutinitas seperti membaca buku dan jangan lupa untuk membaca Al-Qur'an sehingga menjadi habit.

    Alhamdulillah,
    Kini sudah PTM 100% sehingga ditambah booster untuk bantu perkuat imun tubuh anak menggunakan Interlac.

    BalasHapus
  21. Anak-anak pada suka karena gak kayak minum tablet vitamin seperti biasa ya, tapi lebih kayak makan permen gitu, rasa jeruk. Pastinya permen yang satu ini kaya manfaat, enak pula~

    BalasHapus
  22. Ibu2 di masa pandemi gini emang kudu lebih ekstra lagi ya jagain kesehatan anak.
    Selain memberi makanan bernutrisi juga sebaiknya dilengkapi dengan booster vitamin.
    Interlac yang sekarang makin lengkap dengan penambahan vitamin D3 ya mak, yang ok banget utk eningkatkan daya tahan tubuh anak. Apalagi kandungan probiotiknya juga sangat dibutuhkan utk jaga kesehatan pencernaan.

    BalasHapus
  23. Yeaaay setuju banget Mak Irul. Anak anakku sekarang kayanya juga baru mulai mulai peralihan tahap konkret ke abstrak. Senengnya masuk sekolah no worry karena ada interlac buat ngeboost daya tahan tubuh anak yaaa

    BalasHapus
  24. Iya, termasuk salah satu prioritas nih menyediakan suplemen untuk keluarga. Bagi si kecil, bagus nih diberi Interlac untuk menjaga kesehatan pencernaannya. Tubuh jadi bugar kalau pencernaannya terjaga dengan baik.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.