MANFAAT AIR HANGAT UNTUK BERENDAM

 



Kemarin libur lebaran kami mudik ke rumah kaka di kendal. Dan kebetulan rumah kaka itu di daerah pegunungan gitu. udaranya sejuk banget. Dan kalau mandi pagi maupun sore harus pake air hangat. Makanya tak heran, di rumah mereka ada perapian besar di dapur untuk menjerang air dalam kuali besar untuk mandi sekeluarga. Kamipun ikut mandi air hangat. beda banget dengan rumah kami di Bantul. yang cuacanya, masya allah. Hahaha. Air hangat bukan hanya sekedar berguna untuk membersihkan tubuh. Air hangat juga sangat berguna untuk tubuh kita, baik dalam bentuk fungsional maupun emosional. Berendam dengan air hangat bisa dilakukan di waktu pagi ataupun sore hari, namun keduanya memiliki dampak dan manfaat yang berbeda. Kali ini saya mau  membahas tentang manfaat berendam air panas untuk tubuh kita. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan ketika berendam dengan air hangat:



Manfaat Bagi Fisik

 Selain membersihkan fisik tubuh berendam air hangat juga bermanfaat untuk kesehatan fisik. Berikut ini adalah manfaat yang bisa kita dapatkan dari berendam dengan air hangat:

1.Melenturkan Otot dan Mengurangi Rasa Nyeri

Setelah beraktivitas seharian tubuh kita akan mengalami ketegangan otot. Berendam dengan air hangat menjadi salah satu solusi untuk melenturkan otot yang tegang dan melancarkan peredaran darah. Berendam dengan menggunakan air hangat juga berguna untuk meredakan rasa nyeri terutama pada bagian punggung dan leher.

2.Meringankan Gangguan Pernafasan

Hidung tersumbat dan pilek dapat diatasi dengan berendam dengan air hangat. Uap dari air hangat dapat membersihkan saluran pernafasan yang tersumbat.

3.Membantu Membersihkan Kulit Mati

Tidak hanya bermanfaat pada tubuh, berendam dengan air hangat juga bermanfaat bagi kulit. Berendam dengan air hangat membantu membersihkan sel kulit yang mati serta mencegah kemunculan jerawat.

4.Meningkatkan Suhu Tubuh

Suhu pada air hangat dapat meningkatkan suhu pada tubuh kita. Selain meningkatkan suhu pada tubuh berendam dengan air hangat juga dapat  meningkatkan denyut nadi dan mengoptimalkan fungsi jantung. Efek jangka panjang dari berendam dengan air hangat dapat meningkatkan fungsi vascular

5.Meningkatkan Sirkulasi Darah

Kunci dari tubuh yang sehat adalah memiliki sirkulasi darah yang lancar. Berendam dengan air hangat menjadi salah satu hal yang dapat meningkatkan kinerja pembuluh darah. Organ vital pada tubuh kita akan bekerja secara normal apabila kita memiliki pembuluh darah yang lancar.

 

Manfaat Bagi Mental



Berendam menggunakan air hangat selain bermanfaat bagi fisik  juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Berikut adalah beberapa manfaat yang kita dapatkan dengan berendam menggunakan air hangat untuk kesehatan mental:

1. Mengurangi Rasa Cemas dan Stres

Tidak jarang setelah beraktivitas kita akan mengalami rasa stress dan cemas yang dapat mengganggu kesehatan mental. Berendam dengan air hangat menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi rasa cemas dan stress, sebab tubuh kita akan merasa rileks sehingga beban yang ada di pikiran akan berkurang.

2.Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Tidur nyenyak dan cukup menjadi salah satu kunci dari tubuh yang sehat. Namun, seringkali kita memiliki waktu tidur yang buruk karena lelah beraktivitas. Berendam dengan air hangat sebelum tidur dapat menenangkan pikiran dan badan terasa nyaman sehingga tidur pun menjadi nyenyak.

3.Meningkatkan Mood dan Mengurangi Depresi

Depresi adalah masalah yang serius karena depresi dapat menentukan kualitas hidup seseorang. Gejala depresi dapat diatasi dengan berendam dengan menggunakan air hangat sebab air hangat dapat menenangkan perasaan kita menjadi lebih baik.

4.Meningkatkan Kualitas Hidup

Manfaat dari air hangat baik secara fisik maupun mental akan merubah kualitas hidup menjadi lebih baik, sebab tubuh kita akan merasa lebih sehat dan bahagia setelah berendam dengan air hangat.

 

Gimana Sih Cara Berendam Air Hangat yang Efektif?

Agar mendapatkan hasil dan rasa nyaman yang maksimal begini tips efektif yang bisa kamu lakukan sebelum berendam air panas:

1.Menentukan Suhu Air

Menentukan suhu air menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum berendam dengan air panas. Suhu air yang direkomendasikan adalah berkisar 37-40 derajat celcius, sebab suhu tersebut tergolong nyaman untuk berendam dan tidak menyebabkan kulit terasa terbakar.

2.Gunakan Minyak Aromaterapi

Masukan beberapa tetes minyak aromaterapi ke dalam air hangat, tujuannya adalah untuk memberikan efek relaksasi. Kamu bisa gunakan minyak aromaterapi sesuai dengan kesukaan agar merasa nyaman dengan aroma yang dihasilkan.

3.Minum Air Sebelum dan Sesudah Berendam

Ketika kita berendam dengan air hangat suhu tubuh akan meningkat sehingga tubuh kita akan lebih banyak mengeluarkan keringat. Maka dari itu, tujuan dari meminum air sebelum maupun sesudah berendam adalah menjaga tubuh agar tidak mengalami dehidrasi.

4.Batasi Waktu Berendam

Berendam dengan air hangat terlalu lama juga tidak baik bagi tubuh. Waktu yang efisien untuk berendam adalah 7-10 menit. Karena berendam air hangat terlalu lama akan menyebabkan kulit terasa kering.

5.Gunakan Pelembab Kulit Setelah Berendam

Menggunakan pelembab setelah berendam bertujuan untuk menjaga kulit agar tetap halus dan terasa lembab. Diusahakan juga sebelum memakai pelembab jangan menggosok kulit dengan handuk terlalu keras supaya tidak membuat kulit iritasi dan luka.

5.Gunakan Heatpump water heater Ariston

Tentu ribet ya, kalau harus masak air dulu setelah itu mencampurnya dengan air dingin di bathtub agar suhunya pas dan nyaman untuk berendam. Pengennya yang praktis dan bisa langsung berendam air hangat tanpa harus repot. Oleh karena itu, gunakan heatpump Ariston water heater untuk memudahkan kamu berendam air hangat. 

Terus, apa saja yang harus dihindari ketika berendam air hangat?

 

Berendam menggunakan air hangat memang sangat menyenangkan dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kita berendam menggunakan air hangat. Berikut adalah hal yang harus diperhatikan sebelum berendam menggunakan air panas :

1.Hindari Berendam Air Panas Jika Memiliki Masalah Medis

Jika kita memiliki kondisi medis tertentu seperti darah tinggi, masalah pembuluh darah ,dan masalah jantung sebaiknya kita tidak berendam dengan air hangat. Konsultasi dengan dokter adalah hal yang tepat untuk mengetahui bagaimana membersihkan diri jika memiliki gangguan medis seperti yang sudah disebutkan.

2.Menjaga Kebersihan Bak Mandi

Kebersihan bak mandi adalah hal yang harus diperhatikan sebelum berendam. Sebab, lingkungan yang bersih akan menciptakan kenyamanan dan pengalaman yang menyegarkan.

3.Pastikan Suhu Air Tidak Terlalu Panas

Sebelum kita memasuki bak mandi untuk berendam, sebaiknya kita cek dulu suhu airnya. Sebab, suhu air yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi dan kering.

 

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan ketika berendam dengan air hangat. Selain bermanfaat untuk fisik juga bermanfaat untuk kesehatan mental dan emosional seseorang. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum berendam dengan air hangat. Selain itu, berendam dengan air hangat sifatnya hanya membantu bukan sebagai alternatif pengobatan penyakit tertentu. 

 


Jika kamu malas memasak air kini tersedia alat pemanas air yang menggunakan energi tenaga surya, listrik, dan gas loh sebagai bahan bakarnya. Selain mudah dan praktis alat ini juga sudah teruji bahkan sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Penggunaan alat ini tidak memerlukan daya yang begitu besar untuk pengoperasianya.

 

Kamu masih bingung gimana cara membeli dan apa aja sih yang harus disiapkan ketika mau memasang alat pemanas air? Tenang aja, hubungi Indotech Energi Persada, distributor Ariston terbesar dan terpercaya di Indonesia, untuk mengetahui info lebih lanjut tentang produk pemanas air dan cara pemasanganya. Ayo, segera nikmati kenyamanan berendam dengan air panas untuk menjaga tubuh kita agar selalu sehat.

 

Tidak ada komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.