ASUS Vivobook Pro 14 OLED

 


Dua abege saya sebentar lagi jadi siswa kelas XII. Alias anak kelas tiga SMA. Saya tersadar saat kemarin ada undangan khusus untuk orangtua dalam pemilihan jurusan kuliah anak dari sekolah si sulung. Whua anakku sebentar lagi mau jadi mahasiswa hahaha. Emaknya langsung ngaca ngitung kerutan di ujung mata. Ternyata sebentar lagi anak saya sudah mau kuliah aja. Bahkan kemarin juga sudah diskusi dengan si sulung untuk kebutuhan laptop baru persiapan kuliah. Masya Allah.


Osama sangat menyukai dunia desain grafis sebenarnya. Kemampuan menggambarnya bisa dibilang memadai tinggal diasah saja. Tadinya dia pengen mengambil jurusan teknologi informasi. Tetapi saya sarankan langsung ambil jurusan diskomvis/ desain dan komunikasi visual. Dulu waktu masih SMP dia pernah ambil kelas animasi juga selama satu semester dan mengambil kelas desain grafis juga. Nah kemarin obrolan kami tentang kebutuhan laptopbaru akhirnya mengerucut sampai ke ASUS Vivobook Pro 14 OLED. Sudah lama sih sebenarnya Osama pengen laptop tipe ini.

ASUS Vivobook Pro 14 OLED sendiri adalah laptop yang ringkas. Dengan spesifikasi layarnya memiliki rasio layar 16:10 dengan resolusi 2.8K. Bahkan harus diakui ASUS Vivobook Pro 14 OLED adalah laptop terbaik untuk para Casual Creator. Dan ini juga ditunjang dengan processor  hingga 11th Gen Intel® Core™ i7 processor. Dan juga dengan WiFi 6 & Thunderbolt TM 4. Bisa dibilang ini sangat mampu menunjang pekerjaan kita sebagai content creator. 

Bodi

Bodinya memiliki ketebalan tak lebih dari 2cm sementara bobotnya hanya 1,4Kg. Terhitung ringan dan cocok untuk digunakan oleh anak SMA dan kuliahan. Dengan spesifikasi bodi tersebut, Vivobook Pro 14 OLED dapat mudah untuk dibawa bepergian. Tidak membutuhkan space yang besar di dalam tas. Sehingga para abege tetap bisa membawa barang lain. Karena Osama biasanya memasukkan segala macam ke ranselnya.

Teknologi ASUS OLED

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Vivobook Pro 14 OLED menggunakan layar yang sudah dilengkapi teknologi ASUS OLED. Berbeda dengan teknologi layar lainnya, ASUS OLED menyediakan solusi lengkap bukan hanya sekadar memberikan kualitas visual terbaik. ASUS OLED juga dilengkapi teknologi yang dapat melindungi kesehatan mata, serta telah mengantongi berbagai sertifikasi yang membuat laptop dengan layar ASUS OLED memiliki kualitas layar kelas profesional.

 A picture containing text, case, businesscard

Description automatically generated

Dimulai dari panel yang digunakan, layar ASUS OLED tentu saja menggunakan panel OLED (Organic Light-Emitting Diode). Karena menggunakan panel OLED, layar ASUS OLED memiliki struktur yang sangat berbeda dengan layar laptop pada umumnya yang masih menggunakan panel IPS. Layar ASUS OLED terdiri dari jutaan lampu berukuran sangat kecil sehingga tidak menggunakan lapisan backlight. Struktur tersebut memiliki kelebihan yaitu reproduksi warna yang sangat akurat khususnya untuk warna hitam karena absennya backlight membuat layar ASUS OLED bisa menampilkan warna hitam yang sempurna.

ASUS OLED juga merupakan layar terbaik untuk para video editor. Selain memiliki spektrum warna yang luas dan akurat, layar ASUS OLED juga telah mendukung format HDR atau High Dynamic Range. Bersertifikasi Vesa DisplayHDR, layar ASUS OLED memiliki tingkat kontras warna yang sangat tinggi yaitu dengan rasio hingga 1.000.000:1. ASUS OLED juga memiliki tingkat kecerahan tinggi yaitu hingga 500nits, sehingga dapat tetap nyaman digunakan di luar ruangan.

 

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh ASUS OLED adalah kemampuan untuk menampilkan gambar bergerak secara lebih detail. Berkat response time yang sangat kencang, yaitu hanya 0,2ms, gambar bergerak seperti animasi, video, atau film dapat ditampilkan secara lebih detail dan tajam. Response time yang sangat kencang sangat berguna saat melakukan editing video, yaitu ASUS OLED dapat menampilkan detail video yang lebih baik dan minim efek motion blur.

Sejujurnya untuk urusan teknologi anak-anak zaman sekarang lebih familiar jadi sebagai orangtua saya banyak belajar dengan diskusi kami. Saya sendiri selama ini menggunakan laptop ASUS di rumah untuk bekerja sebagai blogger dan kontributor media dan puas banget dengan kinerja laptop ASUS yang saya miliki saat ini. Tetapi mendengar penjelasan Osama tentang ASUS Pro 14 OLED jadi tertarik pengen punya juga. Apalagi bagi para konten kreator dan desainer grafis.

Powerful untuk Content Creation

Dilengkapi layar khusus untuk content creation tidak akan membuat Vivobook Pro 14 OLED tampil sebagai laptop creator yang mumpuni. Untuk itulah ASUS juga membekali laptop ini dengan spesifikasi yang sangat mumpuni. Hal tersebut dikarenakan kegiatan content creation sangat membutuhkan spesifikasi di atas rata-rata laptop standar karena sebagian besar aplikasi kreatif memang membutuhkan hardware yang cukup powerful agar dapat berjalan secara lancar.

Dimulai dari CPU-nya, Vivobook Pro 14 OLED tidak menggunakan CPU kelas ultrabook seperti laptop lain di kelasnya. Laptop ini hadir dengan CPU 11th Gen Intel Core H Series yang biasanya terdapat di dalam laptop gaming. Tidak hanya itu, Vivobook Pro 14 OLED juga dibekali dengan GPU kelas gaming yaitu NVIDIA GeForce GTX 1650. GPU tersebut dapat membuat berbagai aplikasi kreatif berjalan jauh lebih kencang apalagi ASUS telah memasang NVIDIA Studio Driver di dalam laptop ini.

 

Kita semua tahu bahwa CPU dan GPU kencang saja tidak akan membuat Vivobook Pro 14 OLED kencang untuk kegiatan kreatif jika tidak diimbangi oleh memori dan media penyimpanan yang mumpuni. Vivobook Pro 14 OLED sendiri telah dilengkapi dengan memori RAM DDR4 berkapasitas hingga 16GB dan penyimpanan menggunakan PCIe SSD berkapasitas 512GB. Kombinasi keduanya memungkinkan pengguna Vivobook Pro 14 OLED dapat menjalankan berbagai aplikasi kreatif secara bersamaan dengan waktu loading yang singkat.

ASUS OLED Aman Bagi Mata Remaja Kita

Salah satu efek negatif terbesar ketika menggunakan perangkat elektronik seperti laptop adalah paparan radiasi cahaya biru yang dapat mengganggu kesehatan mata. Untuk mengurangi dampak negatif tersebut, ASUS OLED dilengkapi dengan teknologi yang mampu mengurangi pancarane radiasi cahaya biru secara signifikan tanpa mengurangi kualitas visual.

ASUS OLED juga telah dilengkapi dengan teknologi anti-flicker yang dapat membuat mata tidak mudah lelah, serta telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk teknologi anti-flicker dan low blue light. Sertifikasi tersebut menegaskan bahwa kemampuan ASUS OLED untuk menjaga kesehatan mata bukanlah gimmick belaka.

Buat teman-teman yang tertarik dengan ASUS Vivobook Pro 14 OLED bisa nih langsung mampir ke ASUS catatansiemak  oia jangan lupa masukkan kode voucher ASUSEMAK150K untuk mendapatkan diskon tambahan ya. Selamat berbelanja laptop baru ya emak-emak. Insya Allah para remaja kita bisa memanfaatkan laptop baru mereka dengan sebaik mungkin.

Tidak ada komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.