7 Tips Memilih Asuransi Mobil All Risk, Jangan Sampai Salah!



Kendaraan seperti mobil memiliki nilai yang cukup tinggi. Karena itu, Anda harus lebih berhati-hati dalam merawatnya. Terlebih, resiko kecelakaan yang tinggi di jalan raya membuat Anda patut mempertimbangkan untuk memiliki asuransi mobil. Asuransi mobil punya beberapa jenis dan yang paling umum yaitu Total Loss Only (TLO) dan asuransi mobil All Risk. Lalu, apa perbedaan antara asuransi TLO dan All Risk?

 

Apa Itu Asuransi TLO dan All Risk?

Asuransi TLO atau Total Loss Only menjamin kerusakan mobil lebih dari 75% atau jika hilang karena dicuri. Anda juga bisa mengklaim apabila terjadi kehilangan total. Jika kerusakannya di bawah 75%, Anda tidak bisa mengklaim ganti rugi.

 

Sedangkan asuransi mobil All Risk atau yang juga disebut comprehensive merupakan asuransi yang membayar klaim untuk segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, berat, hingga kehilangan. Jenis asuransi All Risk umumnya lebih mahal daripada TLO.

 

Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat


Ketika Anda membeli asuransi, sebaiknya dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan membayar premi. Jika tidak berhati-hati, pembayaran premi bisa memberatkan Anda. Berikut tips memilih asuransi mobil yang tepat.

 

1.     Melakukan Survei

Lakukanlah survei dari beberapa perusahaan asuransi terlebih dahulu. Biasanya, perusahaan asuransi dengan reputasi baik bisa ditandai dengan banyaknya jumlah nasabah, memiliki platform dengan banyak pengguna, serta mempunyai koleksi produk paling berkualitas. Perhatikan dengan baik dan bila perlu lakukan jga perbandingan untuk menemukan mana produk yang lebih efektif sesuai kebutuhan Anda.

 

2.     Pilih Produk yang Sesuai

Dalam memilih produk asuransi, ketahui dulu kondisi kendaraan pribadi dengan jelas. Anda bisa melihatnya dari kondisi mesin, body, usia, dan berbagai hal lain yang jadi bahan pertimbangan. Setelah memahami kondisinya dengan pasti, Anda bisa dengan mudah mengetahui jenis produk asuransi mana yang paling tepat.

 

3.     Menemukan Layanan Perusahaan Asuransi Terbaik

Perusahaan asuransi saat ini memberikan banyak layanan asuransi kendaraan terbaik. Hindari keputusan terburu-buru yang bisa merugikan Anda di masa mendatang. Beberapa hal berikut bisa dipertimbangkan, antara lain:

 

      Kredibilitas Perusahaan

Pastikan menggunakan layanan asuransi dari perusahaan yang memiliki kredibilitas baik. Pertimbangkan bagaimana reputasinya di tengah-tengah masyarakat, sehingga Anda bisa melihat tingkat kepercayaan mereka terhadap perusahaan asuransi yang dipilih nantinya.

 

      Tingkat Keluhan Pelanggan

Cara menilai apakah sebuah perusahaan asuransi memiliki reputasi baik yaitu dapat dilihat dari tingkat keluhan pelanggan. Anda dapat mencari informasinya secara online dengan melihat situs resmi mereka dan meneliti berbagai forum online terkait calon perusahaan asuransi yang dipilih. Perhatikan besaran tingkat penyelesaian keluhan dari nasabah. Semakin tinggi tingkat penyelesaiannya maka akan semakin baik untuk Anda pilih.

 

      Bengkel Rekanan Perusahaan

Perusahaan asuransi yang memiliki banyak bengkel rekanan dipercaya akan memberi nilai tambah. Ini akan mempermudah Anda dalam melakukan perbaikan kendaraan jika sewaktu-waktu mengalami kerusakan ataupun kecelakaan.

 

Sebaiknya, pilih perusahaan asuransi yang memiliki bengkel rekanan terpercaya dan jaraknya dekat dengan rumah atau kantor Anda. Perhatikan juga rekam jejak bengkel rekanan perusahaan asuransi dan pastikan memiliki kemampuan yang baik dalam memperbaiki kerusakan kendaraan pada klien-klien mereka. 

 

4.     Memperhatikan Kontrak Kerjasama

Seringkali, kita tidak memperhatikan kontrak kerjasama yang padahal itu adalah hal penting. Dokumen yang ditandatangani biasanya berisi informasi tentang proses pembayaran premi dan klaim asuransi yang berjalan mutlak.

 

5.     Faktor Akses Pelayanan

Akses pelayanan adalah faktor penting yang harus menjadi pertimbangan saat memilih asuransi mobil. Misalnya dari segi komunikasi dan kontak darurat. Apakah perusahaan asuransi menyediakan akses yang mempermudah jalur komunikasi untuk nasabah atau tidak. Pilih perusahaan asuransi yang menawarkan pelayanan call center 24 jam. Sehingga, ketika Anda membutuhkan informasi terkait layanan, dapat dengan mudah menghubungi perusahaan asuransi tersebut.

 

Satu hal penting yang harus Anda utamakan juga yaitu kemudahan perusahaan dalam mengajukan klaim. Untungnya, ada banyak perusahaan asuransi yang bisa mengklaim dalam satu hari sebelum kendaraan direferensikan ke bengkel rekanan yang dipilih.

 

6.     Sesuaikan dengan Kemampuan Bayar

Besaran premi ternyata memberi pengaruh pada manfaat dan perlindungan yang Anda dapatkan. Namun, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan kemampuan keuangan pribadi. Jangan memaksakan diri untuk mengambil premi besar tapi diluar jangkauan Anda. Ini akan membuat arus keuangan Anda terganggu dan menimbulkan masalah dalam pos pengeluaran.

 

7.     Mempertimbangkan Rekomendasi Pihak Dealer

Tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan rekomendasi yang diberikan oleh pihak dealer. Biasanya, dealer akan merekomendasikan beberapa perusahaan asuransi yang dapat Anda percaya. Namun, rekomendasi ini tidaklah harus dituruti. Anda masih bisa mencari pilihan perusahaan asuransi lainnya yang paling baik dan tepat untuk kendaraan Anda.

 

Itulah 7 tips memilih asuransi mobil yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Sudahkah memilih asuransi yang tepat? Cobalah bergabung di Qoala App. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai perusahaan asuransi mobil terbaik dan terpercaya. Qoala menghadirkan beragam asuransi mobil dengan premi murah, pilihan lengkap, perlindungan mobil hingga 15 tahun, ditambah memiliki 500+ bengkel rekanan, hingga kemudahan dalam proses klaim.

 

Bagaimana Cara Membeli Asuransi Mobil di Qoala?

Download aplikasi Qoala.app sekarang dan lengkapi informasi seputar mobil Anda lalu pilih produk asuransi yang muncul di aplikasi. Isi formulir dan dokumen yang dibutuhkan dan lanjut ke proses pembayaran. Polis asuransi mobil pun bisa langsung aktif! Jangan ragu lagi, download aplikasi Qoala dan pilih asuransi mobil All Risk atau TLO sesuai kebutuhan Anda!



1 komentar

  1. Semua poin2nya harus benar2 diperhatikan. Dan yang jangan sampai lupa juga cara klaimnya harus simple gak ribet2

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.