Wadai Ipau, Lasagna Khas Banjar

 


Masa kecil saya dihabiskan di pulau Kalimantan. Bahkan bisa dibilang saya sudah tinggal menetap hampir di semua provinsi di Kalimantan. Mengikuti ayah yang bertugas di beberapa tempat di Kalimantan. Dan saya terbiasa banget dengan yang namanya pasar wadai jika bulan ramadhan tiba. Hampir semua provinsi di Kalimantan ada tradisi pasar wadai/kue khas atau kue tradisional. Bahkan ada beberapa kue yang biasanya hanya ada di bulan puasa.


Nah berikut kue khas yang menjadi favorit saya ketika bulan ramadhan tiba. Dan sejak pindah ke Yogyakarta sulit banget saya mencari kue ini. Akhirnya saya bikin sendiri deh. Udah gitu kebanyakan kuenya adalah kue yang dikukus berjam-jam. Ya ampun lama banget menunggu buat makan kue enak yang lumer di lidah.

Nah saya mau berbagi satu resep kue khas Banjar yang biasanya hanya ada di bulan puasa. Namanya wadai Ipau/Lasagna khas Banjar. Ini persis kayak lasagna khas Itali itu. Tapi ga pake keju. Rasa creamynya diganti santan dan kaldu. Rasanya tuh ya Allah, lumer banget di lidah. Udah gitu dilengkapi sayuran dan daging. Jadi pas banget untuk menu berbuka. Gizinya juga komplit. Ada sayuran melimpah, ada protein baik dari daging atau ayam.



Bahan

Kulit   lumpia

250 gram tepung terigu

2 sdm tepung beras

50 ml santan kental

250 ml air

Aduk semua bahan, lalu buat kulit lumpia menggunakan pan anti lengket. Sisihkan.

 

Isi



300 gram dada ayam, potong kotak

1 buah wortel, potong kotak

5 sdm kacang polong

1 genggam buncis, potong 1 cm

2 siung bawang putih

2 siung bawang merah

2 sdm minyak sayur, untuk menumis

1 bungkus Masako ayam

Tumis ayam dan sayuran setengah matang. Sisihkan.

 

Topping

200 ml santan kental

2 sdm tepung terigu

100 ml air

1 butir telur

Aduk rata semua bahan. Lalu saring sampai tidak ada yang menggumpal.

Cara Membuat

a.     Siapkan pinggan kaca tahan panas

b.     Susun kulit lumpia di dasar pinggan, tambahkan tumisan, siram dengan topping. Ulangi lagi menyusun kulit lumpia, tumisan dan topping. Sampai adonan habis. Paling atas adalah kulit lumpia kemudian disiram topping.

c.      Siapkan kukusan yang sudah dipanaskan. Kukus adonan sekitar 30 menit.

d.     Hidangkan dengan memberi taburan seledri dan bawang goreng.

1 komentar

  1. Jadinya, saya kan pengin menikmati Wadai Ipaunya. Kelihatannya lezat sekali. By the way saya selalu penasaran dengan Kalimantan karena belum pernah ke sana๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.