Tips Memilih dan Hal-hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memasang IP Camera CCTV

 


IP camera CCTV merupakan kamera CCTV yang bisa dihubungkan ke komputer secara online. CCTV sendiri merupakan singkatan dari Closed Circuit Television yang menjadi perangkat keras untuk merekam suasana atau keadaan di mana CCTV tersebut dipasang. Tujuan dipasangnya CCTV yaitu untuk melihat, memantau serta mengetahui apabila terjadi tindakan kejahatan maupun hal yang mencurigakan lainnya.

Saat menggunakan CCTV mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah IP address yang merupakan alamat yang terdiri dari 1-3 kali blok angka, misalnya 167.543.1.0. Angka atau kode tersebut membedakan sebuah perangkat dengan perangkat lainnya termasuk CCTV. Alamat IP camera CCTV berguna untuk mendeteksi perangkat HP tahu PC jika ingin dihubungkan ke CCTV.

Tips Memilih IP Camera CCTV dan Hal-hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memasangnya

https://www.pexels.com/id-id/pencarian/cctv/

Kamera CCTV yang sudah dilengkapi dengan alamat IP address ini memudahkan seseorang untuk memantau atau melihat hasil rekaman CCTV melalui perangkat smartphone maupun PC. Namun ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan dan hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih atau memasang IP camera CCTV. Berikut beberapa diantaranya

1. NVR (Network Video Recorder)

Hal utama yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan saat mencari IP camera CCTV yaitu media penyimpanannya bernama NVR atau Network Video Recorder. Perangkat ini berisikan hardisk dan bisa ditampilkan dalam satu software. Jika menggunakan IP camera untuk 24 jam NVR bisa menggunakan PC server sebagai media penyimpanan yang lebih kuat.

Anda dapat mengkombinasikan NVR serta PC server supaya kinerja lebih maksimal untuk kamera CCTV 24 jam nonstop di mana PC server ini digunakan sebagai digital forensik.

2. Poe atau DC Power 

Hal yang perlu diperhatikan lainnya dalam mencari ip camera CCTV terbaik yaitu fitur POE atau Power Over Ethernet. Sesuai dengan namanya, fitur ini dijadikan sebagai penyaluran tenaga listrik dengan kabel jaringan yang disalurkan melalui dua core pada kabel UTP.

POE switch digunakan untuk menggabungkan IP camera didalam jaringan yang sudah memiliki port POE yang artinya kamera tidak perlu lagi menggunakan power eksternal. Fitur ini juga digunakan untuk mengaktifkan IP camera beserta merubah channel dari jauh.

3. Memperhatikan Kualitas serta Gambar Umum Kamera

Hal yang paling penting dalam memilih IP camera CCTV yaitu dengan memperhatikan kualitas serta gambaran umum kamera, seperti:

  • Perhatikan garansi yang diberikan oleh toko, biasanya toko akan memberikan garansi sekitar 1 sampai 2 tahun lamanya. 

  • Perhatikan jumlah lampu LED serta IR. Semakin banyak jumlahnya maka semakin bagus kualitas gambar yang diberikan dan semakin terang hasilnya meskipun di kondisi minim cahaya. 

  • Perhatikan fitur yang ada pada ip camera CCTV tersebut seperti SD card support, POE support, mobile support serta dukungan teknis dan lainnya.

  • Memperhatikan main profile dari IP camera apakah MPEG atau H.264 – MPEG akan lebih bagus jika kombinasi keduanya yaitu H.264 – MPEG.

4. NAS Support

Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih IP camera CCTV keempat yaitu penggunaan IP camera yang lokasinya berbeda. Misalnya berbeda gedung, Anda dapat memilih IP camera yang sudah di support dengan fitur NAS atau Network Access Storage.

Pasalnya IP camera CCTV terbaik sudah support dengan fitur NAS untuk bisa mengambil data gambar yang lebih berkualitas dan ditangkap oleh kamera yang sudah tertampung pada HDD lokal tanpa melalui NVR maupun server. Karena apabila kondisinya Anda ingin menggunakan IP camera CCTV di beda lokasi NVR maupun server berperan menjadi traffic set up controller.

Sayangnya, tidak semua brand IP Camera CCTV memiliki fitur NAS untuk mengirim data gambar ke tempat yang lebih jauh menggunakan FTO. Hanya ada beberapa brand IP camera CCTV yang menggunakan fitur ini salah satunya yaitu Hikvision.

CCTV Terbaik? ColorVu dari Hikvision Saja!

Jika ingin IP camera CCTV terbaik dan terpercaya Anda bisa memilih produk ColorVu dari Hikvision. Ada banyak keunggulan yang dimiliki produk CCTV ColorVu Hikvision, di antaranya yaitu,

  • Mempunyai informasi warna yang sesungguhnya

  • Render warna yang asli dan tentunya akurat

  • Memberikan kinerja atau hasil yang optimal meskipun di lingkungan dengan cahaya yang rendah

  • Detail Lebih Banyak

  • Mampu memberikan rekaman informasi yang jelas dengan warna dan detail yang lebih kaya daripada pencitraan hitam serta putih

  • Memiliki kecerahan yang seimbang sehingga jelas dilihat

  • Memiliki pengalaman visual yang lebih baik

  • Aperture super F1.0 dengan sensor lanjutan yang menjamin perenderan yang realistis

Pasalnya produk CCTV atau teknologi Hikvision ColorVu ini berada di industri terdepan untuk merekam video dan memantau kondisi CCTV dipasangkan dengan optimal. CCTV ColorVu Hikvision mampu merekam video dengan warna berkualitas dan jelas selama 24 jam penuh. Hal ini bisa menjadi staff keamanan Anda untuk melindungi properti atau orang sekitar di malam hari dengan rendering tajam layaknya siang hari.

Adapun kemampuan yang didapatkan oleh produk CCTV ColorVu dari Hikvision ini karena teknologinya dapat menangkap detail pencahayaan rendah yang muncul dari 3 terobosan khusus yaitu, pemrosesan gambar yang canggih, perangkat keras yang berkualitas mutakhir serta kehandalan yang super tinggi.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih IP camera CCTV. Ingin membeli IP camera CCTV? Gunakan produk Hikvision ColorVu Saja!


Tidak ada komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.