Kelas Prakerja Di Skill Academy

 


Saat ini banyak profesional yang memutuskan kerja secara mandiri dan mengerjakan pekerjaan secara remote. Alias mengerjakan pekerjaan tidak harus menetap di suatu kantor. Ingat kan dengan viralnya seorang pekerja asing yang menikmati kerja remote dari Bali dengan harga murah tetapi fasilitas luxury. Ada juga memutuskan bekerja secara remote karena ingin menikmati dan memperbaiki kualitas hidup. Karena kebanyakan jika bekerja yang mengharuskan bekerja di kantor biasanya terikat sampai 8 jam di tempat kerja. Dari pukul 8 pagi sampai pukul empat sore. Itu belum waktu di jalan lo ya. Makanya ga heran bekerja secara remote dan freelance menjadi pilihan banyak orang.


Saat ini saya bekerja secara remote dari rumah. Alhamdulillah bisa disambi kuliah S2. Apalagi saat ini kuliah masih berlangsung online karena pandemi. Bahkan sudah tiga semester S2 ini saya lakukan dari rumah. Meskipun sesekali saya ke kampus dan perpustakaan untuk mencari bahan dan riset. Tetapi rasanya menyenangkan bisa bekerja dengan sistem seperti ini. Mungkin banyak orang yang bertanya, apa sih yang sebaiknya yang dikuasai jika kita ingin bekerja secara mandiri dari rumah.

Keahlian Yang Sebaiknya dikuasai



Berikut saya sharing beberapa skill atau keahlian yang sebaiknya dimiliki jika ingin bekerja secara remote atau freelance dari mana saja. Saya tidak bilang harus dari rumah ya. Karena kadang saya menulis konten di perpustakaan atau working space yang saat ini banyak banget bertebaran di Yogyakarta. Thankyou for that. Siapa tahu nantinya teman-teman bisa bekerja secara remote sambil traveling keliling dunia. Atau sambil belajar di Madinah. Kan menyenangkan sekali seperti itu. Saya sendiri ingin sekali bisa bekerja secara remote, lanjut kuliah doktoral dan tinggal di luar negeri. Bukan apa-apa sih. Saya ingin anak-anak bisa bersekolah di tempat yang lebih baik dengan sistem pendidikan yang baik.

1.   Keahlian berbahasa Inggris baik secara aktif maupun pasif. Menguasai Bahasa Inggris bisa dibilang salah satu modal yang sangat menguntungkan untuk pekerja remote. Apalagi jika kita menemui klien asal luar negeri. Karena beberapa pekerjaan yang saya dapat dari klien luar negeri dihargai bisa $100 lebih perartikel loh. Masya Allah.

2.     Desain grafis. Memiliki keahlian menggambar itu anugrah yang menurut saya jangan sampai disia-siakan. Karena namanya bermusik dan menggambar itu bakat dan pemberian khusus yang ga bisa kita pelajari dengan mudah di sekolah formal. Makanya saya seneng banget kalau liat orang pinter gambar dan dia memanfaatkan itu dengan baik. Karena saya aja yang ga bisa gambar sampai berusaha keras untuk belajar canva meskipun dengan tertatih-tatih. Untungnya beberapa anak saya pinter menggambar. Baik dengan tangan maupun dengan komputer.

3.  Story telling dan content writer. Keahlian bercerita dan menuliskannya dengan baik itu mau ga mau jadi salah satu yang bisa ‘dijual’. Ini bisa dipelajari sebenarnya. Jangan bilang dulu “ Aku ga bisa cerita dan ga bisa menulis”. Semua itu bisa dipelajari lo.

Nah, buat yang penasaran dimana sih bisa belajar tiga hal di atas secara online. Teman-teman bisa bergabung di Prakerja Skill Academy.  Ada kelas siap kerja yang disusun secara komprehensif di Skill Academy. Materinya disusun dengan kebutuhan dunia kerja saat ini dan juga mengembangkan keahlian dengan baik agar bisa bersaing di dunia kerja. Kelas Siap Kerja sendiri dibimbing oleh instruktur yang expert dan kredibel di keahlian masing-masing. Dan juga sudah memiliki sertifikasi keahlian yang dibutuhkan.

Bagaimana sih cara mengikuti Program Kartu Prakerja di Skill Academy?1. Pendaftaran. Masuk ke website prakerja.go.id. kemudian mendaftar dengan membuat akun dan mengisis data diri. Verifikasi akan dikirimkan melalui email.

2. Seleksi. Ikuti test motivasi dan kemampuan dasar agar bisa ke gelombang pendaftaran dan tunggu hasil pengumuman.

3. Pilih pelatihan. Pilih pelatihan di aplikasi/website skillacademy.com dan pilih pelatihan dengan label ‘prakerja’. Klik beli kelas online. Kemudian bayar dengan kartu prakerja dan kita akan mendapatkan voucher Skill Academy untuk kelas yang kita pilih.

4. Kembali ke aplikasi/website Skill Academy dan lalu klik tukarkan kode voucher. Ikuti pelatihan dan selesaikan dengan baik ya. Nanti kita akan mendapatkan sertifikat setelah mengikuti pelatihan

5. Berikan ulasan dan rating terhadap pelatihan yang telah kita ikuti di dashboard pekerja.

6. Intensif Pasca pelatihan. Setiap peserta yang mengikuti kelas prakerja akan mendapat insentif 600.000/bulan selama empat bulan setelah mengikuti pelatihan dengan tuntas. Selain itu kita bisa mengisi survey pasca bekerjaan yang bernilai 50.000 setiap selesai mengisi survay.

Demikian sedikit cerita saya tentang kelas Prakerja di Skill Academy. Jangan sampai ga ikutan ya. Agar bisa menambah keahlian yang nantinya sangat bermanfaat untuk kita jika ingin memasuki dunia kerja. Mampir langsung ya ke skillacademy.com

 

 

24 komentar

  1. Menyenangkan sekali ya kalau bisa bekerja dari mana saja, tidak terikat tempat, tidak harus ngantor, apalagi di masa pandemi seperti sekarang.
    Aku mau infoin ke keponakanku ah tentang Skill Akademy ini, sepertinya dia bakal tertarik deh untuk ikutan.

    BalasHapus
  2. Ternyata mengikuti kelas prakerja di Skill Academy banyak sekali manfaatnya ya mbak. Ada insentifnya juga setelah mengikuti syarat tertentu seperti diuraikan di atas. Bener banget, kelas online seperti ini dibutuhkan karena banyak pekerjaan diselesaikan secara online, apalagi semenjak pandemi hadir di tenagh2 kita. Pantengin ah Skill Academy, ceki2 lebih lanjut. TFS.

    BalasHapus
  3. kelas Prakerja ini semacam training gitu ya kalo diadakannya offline, persiapan kerja untuk masyarakat nanti. Semacam bekal keterampilan gitu

    BalasHapus
  4. Beruntung banget di masa pandemi kayak gini, ketika kita lagi susah mau keluar rumah ada Skill Academy yang bisa membantu kita untuk mengembangkan bakat dan potensi kita

    Programnya juga sangat lengkap dan variatif banget yaaah

    BalasHapus
  5. Kalau program di tiap kelas disusun dengan sedemikian dan memperhatikan kebutuhan ril calon pencari kerja pasti jadinya lebih mengena ya buat kelas prakerja di skill academy ini

    BalasHapus
  6. Kelas Prakerja Skill Academy bisa jadi sousi untuk menambah keahlian diri ya, Mak. Soalnya tahu sendiri ilmu murni dari bangku sekolah/kuliah saja tak cukup untuk memasuki dunia kerja. Keren ini banyak pilihan kelasnya lagi

    BalasHapus
  7. Aku pun tambah menyenangkan pekerjaan sekarang, berkah panndemi yang mengharuskan wfh akhirnya bisa ngerempite dari rumah, namanya pekerja online mah dimanapun berada yang penting inet kenceng.
    Btw, kelas prakerja ini memang membantu banget mereka yang membutuhkan skill khusus sesuai dengan bidangnya dan Skill Academy menjawab semuanya itu. Aku mau buat ankku, biar kepo2in ..

    BalasHapus
  8. Aku udah bilang ke anak anak juga mak Irul, sekarang era di mana mereka WAJIB bisa story telling, bisa gambar digital dan punya skill khusus dalam hal bahasa. Masing masing kudu punya satu bahasa wajib lain selain English dan bahasa Emak

    BalasHapus
  9. Bener Mba, jadi pegawai korporat yang almost 8 to 5 bahkan kadang lembur dan itu setiap hari tuh kayaknya mengekang banget deh. loh jadi curhat.
    enaknya memang freelance atau bekerja dari rumah yang bisa kita atur ritmenya. Ya meski pun pasti ada plus minusnya sih. Tapi aku prefer bekerja dari rumah seperti itu. Dan bener deh 3 keahlian yag disebut basic banget dan jadi kunci ya.

    BalasHapus
  10. Banyak sekali keuntungan mengikuti Prakerja Skill Academy jadi ingin ikutan juga skillnya dapat insetifnya juga.

    BalasHapus
  11. Wah keren sama semangatnya mbak, belajar S2 meski sudah sibuk bekerja secara remote
    Iya mbak, buat upgrade skill baiknya ya ikut pelatihan di Skill Academy

    BalasHapus
  12. Pengen banget euy bisa ikutan Skill Academy lewat Prakerja..Ilmunya banyak banget ya di Skill Academy..praktis dan terjangkau juga harganya..Yang gratis juga banyak..

    BalasHapus
  13. Setelah 2 tahun merasakan selang seling WFH dan WFO, saya pun merasakan kalau kerja remote itu menyenangkan mbak, waktu fleksibel yang penting target kerjaan tercapai.

    Ah iya, sekarang prakerja udah gelombang berapa ya, bisa nih ikut kelasnya di skill academy bagi yang lolos pendaftaran kartu prakerja

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah ya mak, saat ini orang udah melek teknologi semua dan mudah sekali melakukan pekerjaan di rumah, asalkan terhubung dengan koneksi internet yang stabil. Bisa disambi kerja juga dan meningkatkan skill ya.

    BalasHapus
  15. Cita-citaku banget bisa kerja secara remote, alhamdulillah pas berkeluarga kesampean, kebetulan suami juga pengennya aku lebih banyak waktu buat keluarga, ga terikat harus ke kantor ninggalin anak. Alhamdulillah sudah menikmati hasil kerja remote juga :D
    Nah saya setuju dengan poin2 keahlian yang mesti dimiliki sebagai syarat untuk mampu mengambil jenis dan model pekerjaan yang kita inginkan. Ikut kelas prakerja di Skill Academy diharapkan bisa membantu untuk itu ya.

    BalasHapus
  16. Kalau aku boleh jujur ya, pandemi tuh juga menjadikan kita banyak belajar. Selain itu jadi nambah skill juga ya mak, apalagi bisa ikutan kelas Prakerja ini lumayan juga buat nambah-nambah pengalaman ya.

    BalasHapus
  17. kelas pekerja di skill academy ngebantu banget ya mak buat para pekerja untuk menimba pengetahuan biar makin cakap di bidangnya. kasih tahu ponakan saya ah biar kemampuannya makin terasah. makasi infonya ya mak :)

    BalasHapus
  18. Di era digital seperti sekarang ini, memang perlu banget untuk ngembangin skill biar bisa kerja remote tapi penghasilan juga melimpah.

    BalasHapus
  19. Kelas Bahasa Inggris ini perlu.
    Dan sebenernya lagi ngincer kelas yang ada hubungannya sama content writer gitu, kak..
    Rasanya semangat belajar di Skill Academy.

    BalasHapus
  20. Namanya juga skill academy tentu aja akan banyak belajar hal2 yang berkaitan dengan apa yang dibutuhkan oleh para pekerja ya, tinggal memilih kebutuhan dan tentu siapkan juga dana, hahahaha

    BalasHapus
  21. Aku jg alumni Skill Academy Um hehe. Dan memang ilmunya sangat aplikatif untuk yg sedang mau nambah skill dan dapetin pekerjaan yg saat ini banyak butuh pekerjaan digital

    BalasHapus
  22. Mantap juga ya mak ada insentifnya bagi yang ikutan kelas prakerja. semoga membantu banget nih untuk yang membutuhkan. Yuuk tingkatkan kemampuan dan keahlian lewat skill academy ini.

    BalasHapus
  23. Skill academy ini emang bagus buat yang ingin upgrade skill ya mbak

    BalasHapus
  24. Tahun lalu saya nyoba daftar Prakerja tapi bukan Skill Academy, udah berhasil terdaftar tapi masih gagal terus untuk dapetin kelasnya. Pengin nyoba lagi deh, lewat Skill Academy kali aja ada rejeki di sana. Kelas2nya menarik banget, rugi kalau gak coba ambil kesempatan ini.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.